Follow Us @soratemplates

Friday, December 28, 2018

Tips Perencanaan Keuangan untuk Karyawan dengan Penghasilan Terbatas

December 28, 2018 1 Comments


Beberapa hari yang lalu aku menerima curhat dari seorang teman. Dia galau bin pusing karena setiap bulannya selalu mengalami masalah keuangan. Gaji suami seakan tidak pernah cukup, akibatnya dia harus cari pinjaman untuk mencukupi kebutuhan hingga akhir bulan. Padahal kalau dihitung-hitung pendapatan suaminya sudah tergolong cukup untuk hidup di kota dengan skala ibu kota kecamatan. Tapi entah mengapa, dia selalu merasa kekurangan.

Pernah mengalami hal yang sama ga, gais?

Toss dulu kita. Aku pun pernah mengalami hal yang sama. Tetapi hidup ini tidak akan berarti jika kita hanya terus mengeluh dengan keadaan, kan? Daripada berkeluh kesah, mengapa tidak mencari solusi saja?

Sebelum mencari solusi untuk masalah keuangan keluarga, terlebih dahulu aku menggali hal-hal penyebab gagalnya aku dalam mengelola keuangan keluarga. Jika kita udah tau nih, apa saja yang menyebabkan gaji suami selalu terasa tidak cukup, maka selanjutnya kita bisa menentukan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Berdasarkan pengalamanku pribadi, gaji bulanan selalu terasa tidak cukup adalah karena gaya hidup yang salah. Ketika awal bulan, ketika uang gaji masih utuh di tangan, aku cenderung larut dalam pola hidup konsumtif. Begitu jumlah uang menipis, baru deh sadar, OMG ... akhir bulan masih lama. Hiks..

Nah, agar kondisi keuangan keluarga selalu terjamin sampai periode gajian berikutnya, aku punya sedikit tips nih, gais. Untuk kamu yang pengen tahu boleh kepoin, yah.

Tips Perencanaan Keuangan untuk Karyawan dengan Penghasilan Terbatas




Pahami Kebutuhan Bulanan Keluarga
Untuk merencanakan keuangan keluarga, hal pertama yang harus dikuasai adalah berapa sih jumlah kebutuhan keluarga setiap bulannya? Buatlah daftar kebutuhan bulanan keluarga mulai dari yang primer hingga sekunder.

Ada beberapa rumus perencanaan keuangan yang orang-orang gunakan saat ini. Seperti prinsip 10-20-30-40 dari Rudiyanto Zh, yaitu 10% untuk kebaikan, 20% untuk masa depan, 30% untuk cicilan, dan 40% untuk kebutuhan. Jadi jika gaji kamu adalah 4 juta rupiah, maka 400 ribu adalah untuk kebaikan, 800 ribu untuk masa depan, 1.2 juta untuk cicilan, dan sisanya 1.6 juta untuk kebutuhan.

Jujur saja, rumus ini tidak bisa aku terapkan dalam rumah tanggaku sendiri. Akhirnya aku modifikasi dengan cara mentotal semua kewajiban bulanan mulai dari cicilan kredit, sewa kontrakan, hingga tagihan air dan listrik. Nah, setelah menyisihkan semua biaya yang wajib itu, baru aku terapkan rumus perencanaan keuangan keluarga versiku sendiri dari jumlah uang yang tersisa, seperti 5% untuk amal, 10% untuk masa depan, dan sisanya adalah untuk kebutuhan bulanan. Agar cukup hingga periode gajian berikutnya, sisa gaji terakhir itu aku bagi 30 hari. Nah, jumlah itu adalah budget belanja kebutuhan harian yang aku jaga komitmennya.




Jumlahnya tampak tidak masuk akal, ya? Hm, ini bukan ikut-ikutan berita yang viral itu ya. Lima puluh ribu dapat apa? Jumlah segitu memang terasa tidak cukup jika belanja harian dibuat seperti menu rumah makan padang. Coba deh, diskusikan dengan suami dan anak-anak. Budget harian kita segini, nih, biar cukup sampai akhir bulan. Segala sesuatunya jika dikomunikasikan dengan baik, pasti akan baik-baik saja. Aku yakin banget suami dan anak-anak tidak akan banyak tuntutan karena mereka mengerti bahwa itu adalah kondisi real yang keluarga hadapi.


Silahkan dibaca juga: Menyiasati Makan Hemat namun Tetap Enak di Akhir Bulan



Dapatkan Penghasilan Tambahan
Kesalahan terbesar pada banyak rumah tangga adalah terlalu mengandalkan suami sebagai satu-satunya pencari nafkah, sedangkan istri hanya bergelut dalam urusan domestik semata. Padahal tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga pun sekarang ini para istri tetap bisa mendapatkan penghasilan dari rumah.

Silahkan dibaca juga: Modal 100 Ribuan, Ini Dia Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Mempercayakan pengasuhan anak kepada orang lain demi ibu berkerja di luar rumah akhir-akhir ini memang sangat besar resikonya. Maka dari itu, ibu rumah tangga harus turut kreatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan agar kebutuhan rumah tangga terpenuhi. Banyak cara yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti berjualan makanan, jualan pulsa, menjahit, mengikuti kuis online, atau menjadi blogger seperti aku. Hehehe. Seperti pepatah lama bilang, ‘tak satu jalan ke Roma’. Dimana ada kemauan pasti ada jalan.

Silahkan dibaca juga: 5 Peluang Usaha Rumahan Ini Terbukti Menguntungkan


Jangan Hamburkan Uang untuk Keperluan yang Tidak Bermanfaat
Nah, ini yang aku sebut dengan pola hidup konsumtif tadi nih, gais. Tergiur oleh diskon, promo dan segala hantu belau-nya, wanita (seringnya wanita sih, ya) sering khilaf terus kalap dalam berbelanja. Padahal barang yang dibeli tidak terlalu bermanfaat. Akibatnya uang yang seharusnya cukup untuk kebutuhan bulanan jadi habis sebelum waktunya. Jadi, agar teman-teman tidak terjerat jebakan pusat perbelanjaan ini, aku sarankan untuk membuat daftar belanja sesuai kebutuhan rumah tangga. Jadi sekalipun berada di depan label diskon dan promo, kamu gak bakalan tergiur lagi.


Segeralah Mulai Menabung
Tidak sedikit orang yang menunda-nunda waktu untuk menabung. Padahal tabungan ini akan terasa sangat bermanfaat disaat ada kondisi darurat yang terjadi. Jangan tunggu uang berlebih di akhir bulan baru mulai menabung, karena aku yakin banget nih, hal itu gak bakalan bisa terjadi. Yah, gimana mo nabung kalau uang untuk kebutuhan bulanan aja gak cukup sampai akhir bulan?

Silahkan dibaca juga: Tips Menabung dengan Aplikasi Menabung Akuntansi Orak-arik

Nah, dengan adanya perencanaan keuangan seperti yang aku sebutkan pada poin pertama, maka sekian persen yang kamu sisihkan untuk masa depan itu bisa digunakan untuk menabung.



Miliki Asuransi Jiwa yang Sesuai Kebutuhan
Manfaat asuransi jiwa dalam perencanaan keuangan tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dengan adanya asuransi jiwa maka hidup akan menjadi lebih tenang. Kamu gak perlu merasa khawatir jika sewaktu-waktu ajal menjemput, karena kebutuhan keuangan keluarga akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Tetapi, memilih asuransi jiwa juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Pastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki rekam jejak yang baik, memiliki izin yang jelas, dan terdaftar di OJK pastinya. Pilihlah paket asuransi yang sesuai kebutuhan. Jangan sampai karena tergiur oleh beragam benefit yang ditawarkan, tetapi premi yang harus dibayarkan melebihi kemampuan. Pilihlah produk asuransi dengan nilai premi sesuai dengan budget masa depan yang telah kamu rencanakan.

Untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang beragam produk asuransi ini, kamu bisa mengunjungi Futuready, yaitu supermarket asuransi online yang telah berlisensi OJK. Di sini kamu bisa mencari, membandingkan dan membeli asuransi yang paling lengkap mulai dari asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan, dan juga asuransi mobil.

Perlu digaris bawahi, Futuready tidak membuat produk asuransi sendiri, tetapi hanya memilih produk-produk asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka, kemudian menawarkannya kepada calon nasabah dengan informasi yang ringkas, jujur dan tidak memihak.

Jangan Takut untuk Mulai Berinvestasi
Alih-alih menabung secara konvensional, berinvestasi adalah salah satu cara menabung yang menguntungkan. Jadi jangan takut untuk mulai berinvestasi. Banyak cara untuk berinvestasi seperti bermain saham, membeli emas, dan membeli properti. Yang pasti pilihlah investasi yang sesuai dengan kemampuan.


Hindari Utang
Betapapun sulitnya, hindarkanlah diri dari utang. Oleh karena itu buatlah perencanaan keuangan bulanan agar terhindar dari hutang. Salah satu godaan terbesar untuk berhutang adalah kartu kredit. Kemudahan pembayaran, suku bunga yang kompetitif, hingga aneka promo produk kerap membuat orang khilaf mata sehingga menjadi konsumtif. Jika memang butuh, gunakanlah kartu kredit secara bijak.

Silahkan dibaca juga: Pengaruh Utang Terhadap Psikologis Manusia

Oke, ya, gais. Itu dia tips perencanaan keuangan untuk karyawan dengan penghasilan terbatas ala Meirida. Semoga bermanfaat, ya.

Thursday, December 27, 2018

Siasat Makan Hemat namun Tetap Enak di Akhir Bulan

December 27, 2018 0 Comments
sumber: hspirit.com

Bagi sebagian orang, makan enak di akhir bulan itu hanya impian. Kebanyakan mengeluh uang bulanan sudah menipis dan hanya bisa pasrah menunggu waktu gajian tiba. Akhirnya jatah makanlah yang harus dihemat agar bisa bertahan hidup sampai bulan berikutnya.


Dengan jatah anggaran untuk makan yang tinggal sedikit tersebut, sepertinya sulit ya untuk bisa makan dengan menu lezat? Padahal, ada banyak strategi yang bisa dipakai agar tetap bisa makan enak dan hemat di akhir bulan lho. Ada baiknya sobat simak terlebih dahulu beberapa tips di bawah ini.

Siasat Makan Hemat namun Tetap Enak di Akhir Bulan



Cobalah untuk Berkreasi dengan Masakan Sendiri

sumber: cdn.idntimes.com

Makan enak biasanya diidentikkan dengan makanan mahal di restoran atau menu kekinian di kafe tempat nongkrong favorit. Terkadang ada satu menu yang menjadi andalan ketika menyambangi tempat-tempat makan itu dan sobat idam-idamkan saat akhir bulan. Nah, jika sudah hafal dengan bentuk makanan favorit tersebut dan rasanya, mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah?

Memasak sendiri di rumah tentu akan lebih menghemat uang dibanding harus jajan di luar. Sobat tinggal membeli bahan-bahan yang dibutuhkan lalu mencontek resep masakan yang kini banyak berseliweran di internet. Selain murah, ada kepuasan tersendiri saat mengetahui bahwa rasa masakan sobat bisa sama enaknya dengan menu favorit di restoran. Hal ini tentu juga akan bisa jadi mood booster di akhir bulan meski belum gajian.

Jika sobat tidak terbiasa memasak, justru inilah saatnya mengasah keterampilan demi berhemat. Mulailah dengan mencoba menu yang sederhana, sandwich misalnya. Sobat tinggal menggoreng telur dan sosis atau daging ham sebagai isian, lalu menambahkan selada dan tomat serta saus di antara tumpukan dua roti tawar sebagai pelengkapnya. Atau, coba juga untuk memasak nasi dan lauk sederhana seperti sup ayam. Selain enak dan murah, dengan bahan yang dibeli sendiri sobat bisa memasaknya untuk beberapa porsi sekaligus.


Bawalah Hasil Masakan Sobat Sebagai Bekal ke Tempat Kerja


Setelah lancar memasak, coba bawa bekal makanan tersebut ke tempat kerja. Dengan demikian, sobat akan lebih menghemat anggaran untuk makan siang. Selain itu, bekal yang dibawa tentu lebih sehat dan higienis. Jika ada rekan kerja yang bertanya, katakan dengan bangga bahwa makanan tersebut adalah hasil masakan sendiri. Siapa tahu mereka kemudian tertarik untuk mencicipi. Jika kemudian masakan sobat diakui kelezatannya, itu bisa menjadi peluang sobat untuk mencoba berbisnis makanan, lho.


Selalu bawa bekal minuman dalam botol milik sendiri
sumber: i.pinimg.com
Jika dicermati, sebenarnya yang menyumbang harga mahal di restoran atau tempat makan kebanyakan adalah harga minumannya. Nah, siasat yang satu ini bisa sobat terapkan untuk berhemat. Dengan demikian, sobat tak perlu takut anggaran membengkak jika ada yang mengajak makan di luar saat akhir bulan karena telah membawa minuman sendiri. Tak usah merasa malu, katakan saja jika sobat sedang memulai gaya hidup sehat. Pada kenyataannya, air putih yang dimasak sendiri di rumah memang lebih menyehatkan dan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh sehari-hari.

Sediakan mi instan untuk berjaga-jaga 

sumber: loop.co.id
Nah, kalau yang satu ini, hampir semua orang pasti setuju. Mi instan selalu menjadi menu yang tidak pernah gagal memuaskan lidah, harganya pun murah. Apalagi kini telah ada bermacam rasa yang unik seperti rasa rendang, sambal goreng, salted egg, dsb. Tak ada salahnya memilih mi instan saat akhir bulan untuk menyiasati anggaran. Namun, sebaiknya jangan terlalu mengandalkan menu mi instan agar sobat tidak kekurangan nutrisi. Seminggu dua kali sudah cukup untuk bisa makan mi instan enak. Cara lain, sobat bisa menambahkan bahan tambahan seperti telur dan sayuran agar gizinya tetap terjaga.

Manfaatkan promo KFC terbaru dari Shopback 

sumber: momtraveler.com

Terbayangkah sobat bahwa di akhir bulan masih bisa menikmati menu istimewa seperti olahan ayam lezat dari KFC? Namun, bagaimana dengan anggaran belanja yang menipis? Tenang saja, jika mau sedikit rajin mencari, kini ada banyak promo potongan harga murah berseliweran di internet. Salah satunya bisa sobat cek di https://www.shopback.co.id/kfc

Selain informasi tentang promo KFC terbaru, sobat juga bisa mengecek promo dari gerai makanan lain yang akan membantu penghematan di akhir bulan. Apalagi jika berbelanja online melalui Shopback, sobat berkesempatan mendapat cashback tiap kali habis transaksi. Wah, sangat menguntungkan bukan?

Perhitungkan anggaran makan sejak awal bulan

sumber: moneycrashers-com

Saat menerima gaji di awal bulan, sebaiknya sobat sudah memperkirakan dan memisahkan berapa anggaran yang akan dipakai untuk makan ataupun kebutuhan lain. Jika sudah dipisah, konsistenlah dengan rancangan anggaran tersebut. Jangan hanya karena lapar mata lalu sobat menghabiskan sebagian besar gaji di awal untuk hal yang tidak perlu. Jika bisa berhemat di awal bulan, saat akhir bulan tiba sobat tidak akan khawatir dan bahkan bisa menikmati makan enak karena uang gaji masih banyak tersisa.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk menyiasati anggaran makan di akhir bulan. Sebenarnya, kunci utama makanan itu terasa enak atau tidak ada pada rasa syukur kita terhadap makanan. Bersyukurlah jika sobat masih bisa makan hari itu, meski dengan menu yang sederhana. Ada banyak orang di luar sana yang mungkin tidak bisa makan sama sekali. Selain itu, jangan membuang-buang makanan yang sudah tersedia karena mendapatkannya tidaklah mudah. Selamat mencoba, ya!




Sunday, December 23, 2018

5 Tips Memilih Coworking Space yang Tidak Akan Membuat Klien Menyesal

December 23, 2018 0 Comments
Sebuah perusahaan pastinya membutuhkan ruangan untuk bekerja atau mengadakan pertemuan. Sayangnya, untuk beberapa perusahaan terutama yang baru didirikan, mereka masih belum memiliki fasilitas ruangan yang lengkap. Dari permasalahan ini, munculah jasa-jasa sewa yang menghadirkan ruangan untuk bekerja dan rapat. Ruangan ini disebut dengan coworking space. Contohnya adalah go-work. Adanya go-work sangat membantu perusahaan-perusahaan baru yang membutuhkan banyak ruang untuk bekerja.


go-work chubb square 1.0



5 Tips Memilih Coworking Space yang Tidak Akan Membuat Klien Menyesal


Saat ini, jasa sewa ruangan ini sudah ada banyak dan tersebar di berbagai kota besar. Berbagai fasilitas dan fitur ditawarkan untuk menarik klien. Namun, apa saja yang sebenarnya harus kita perhatikan sebelum menyewa? 

Berikut adalah tips-tips saat memilih coworking space.

1. Budaya

Ketika memilih ruangan kerja, pastikan tempat tersebut memiliki relasi dan kultur kerja yang sesuai dengan idealis masing-masing. Sebuah survei dari Globeforce tahun 2014 menunjukkan bahwa peningkatan kualitas hidup bergantung dengan relasi kerja. Meskipun nantinya klien akan bekerja sendiri bersama dengan timnya, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana kultur budaya orang-orang yang biasa bekerja di tempat tersebut. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimana budaya di tempat tersebut agar klien bisa memilih tempat yang sesuai dengan idealis tim.


2. Lokasi strategis dan akses menuju tempat tersebut

Lokasi merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan. Lokasi yang strategis akan memudahkan klien untuk menjangkau suatu tempat karena lokasinya diketahui oleh semua orang. Umumnya, orang akan memilih coworking space yang berada di kawasan perkantoran atau di tengah kota. Suasana ini akan tentunya akan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Selain itu, tempat yang berlokasi strategis umumnya juga memiliki akses yang mudah baik dari rute ke tujuan maupun kondisi jalannya.


3. Kebersihan dan kenyamanan

Pengelolaan suatu kantor yang baik akan membantu meningkatkan suasana kerja menjadi lebih produktif. Kantor yang bersih akan membuat orang yang bekerja di dalamnya merasa nyaman. Selain itu, kantor yang bersih juga membuat suasana hati menjadi baik, lebih semangat, dan tidak membuat hati dongkol. Klien juga akan lebih leluasa bergerak. Sehingga kebersihan dan kenyamanan ini sangat penting.


4. Fasilitas lengkap

Adanya coworking space tanpa dilengkapi dengan fasilitas sama seperti sebuah rumah megah tanpa perabotan di dalamnya. Fasilitas inilah yang akan membantu klien dalam bekerja. Paling tidak, ada beberapa fasilitas yang umum ada dalam sebuah kantor atau ruang rapat seperti meja, kursi, proyektor, dan sebagainya. Tanpa fasilitas, klien juga akan kesusahan karena harus menyediakan banyak barang sendirian. Pastikan klien memilih tempat dengan fasilitas yang dibutuhkan. Oleh karena itu, fasilitas merupakan faktor yang harus diperhatikan sebelum memilih tempat yang akan disewa.


5. Harga sewa yang masuk akal

Dalam menyewakan suatu tempat, klien akan bertanya mengenai harga sewa dan kemungkinan adanya tambahan-tambahan biaya lain. Klien bisa mencari jasa persewaan yang lebih terbuka mengenai harga sewa kantor tersebut serta tambahan biaya yang ada. Selain itu, klien juga perlu menimbang-nimbang apakah harga sewa sesuai dengan fasilitas yang didapatkan selama menyewa. Pastikan selama menyewa kantor atau ruangan kerja, klien tidak merasa rugi karena merasa tidak mendapatkan fasilitas yang selayaknya.


Berikut adalah tips dalam memilih coworking space. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Menyewa di go-work sudah mencakup tips-tips di atas. Sebelum menyewa, klien bisa berkunjung dan melihat-lihat bagaimana kondisi di dalamnya. Klien tinggal menentukan tanggal dan waktu di web go-work.com, dan menunggu konfirmasi dari pihak go-work.

Nah, hari ini kita meeting di mana, Sobat?

Peran Penting Venture Capital bagi Startup Pemula

December 23, 2018 0 Comments


Halo, Sobat.

Pernah mendengar istilah Venture Capital?

Venture Capital (VC) merupakan lembaga keuangan permodalan yang mentargetkan perusahaan pemula atau yang dikenal sebagai perusahaan startup. Permodalan yang diberikan dalam bentuk dana yang akan dikelola secara manajerial dan diawasi oleh lembaga ini. VC memperoleh dana untuk dialokasikan dari para investor yang kemudian disebut Limited Partners (LP). Peran lembaga ini sangat penting dalam dunia permodalan bagi perusahaan pemula.

Cara kerjanya bagaimana, ya?


Berikut Alur Peran Venture Capital bagi Startup


Cara kerja lembaga ini sederhananya adalah sebagai berikut: investor meminjamkan dana kepada VC. VC kemudian mencari perusahaan startup yang layak untuk didanai dan tidak menutup kemungkinan perusahaan akan mendapat intervensi. Tujuannya agar perusahaan startup berhasil mengembalikan modal yang telah diberikan menjadi sebuah investasi jangka panjang kepada para investor (LP). Adapun berikut ini alur peran venture capital bagi para perusahaan startup.

1.     Rancangan Bisnis
Lembaga permodalan ini dapat menemukan perusahaan startup melalui rancangan bisnis yang diajukan oleh perusahaan startup yang membutuhkan permodalan. Proses seleksi akan memakan waktu kurang lebih satu bulan untuk memperoleh perusahaan startup yang dianggap layak mendapatkan sejumlah modal. Peran lembaga ini kemudian melihat potensi sebuah perusahaan startup dan meminimalkan probabilitas resiko yang terkandung dalam usaha agar modal perusahaan dapat kembali ke investor (LP).

2.     Due Dilligence dan Dokumen Perjanjian
Due Dilligence merupakan tahap dimana perusahaan startup yang lolos akan mendapat banyak evaluasi bisnis, wawancara, beserta detail lainnya terkait kelayakan bisnis startup dan prospeknya. Keseriusan perusahaan pada due dilligence akan menjadi pertimbangan oleh venture capital.Selanjutnya perusahaan startup yang lolos akan mendapat dokumen perjanjian untuk disetujui. Kontrak dapat dinegosiasi bersama agar kedua pihak yakni perusahaan dan VC mendapatkan keputusan terbaik.

3.     Investasi Tahap Seed Capital
Investasi pertama yang akan diberikan kepada perusahaan startup berupa investasi pendanaan untuk riset pasar terhadap produk perusahaan startup. Riset pasar dibutuhkan untuk menganalisa potensi produk di pasar dan skala kebutuhannya atau permintaan produk tersebut. Aspek ini perlu dilakukan riset agar produk yang ditawarkan ke pasar nantinya tidak flop atau tidak laku beserta rencana pengembangannya. Sejumlah modal tahap seed akan diberikan sebagai upaya mengenalkan produk kepada pasar.

4.     Investasi Tahap Startup Capital
Merupakan tahap investasi untuk perusahaan yang menghasilkan produk dan sudah memperoleh hasil. Pendanaan diberikan selain berkaitan untuk riset juga untuk mengoptimalkan performa produk. Ini bertujuan untuk menghasilkan produk terbaik sehingga mendapatkan atensi pasar dan menggaet sejumlah konsumen potensial yang dapat mengembalikan modal awal.

5.     Investasi Tahap Early Stage dan Expansion Capital
Early stage merupakan investasi untuk perusahaan yang sudah berjalan kurang lebih selama 3 tahun. Pendanaan digunakan sebagai optimalisasi produktivitas perusahaan dan meningkatkan efisiensi perusahaan untuk bekerja lebih baik. Sedangkan expansion capital adalah investasi diberikan oleh venture capital kepada perusahaan startup yang sudah berjalan dan beroperasi cukup stabil. Peran pendanaan dan intervensi VC akan berfokus pada optimalisasi sektor pemasaran perusahaan tersebut.

Itulah pentingnya VC bagi perusahaan startup sebagai sumber pendanaan serta membantu efisiensi operasi perusahaan. Perannya yang sangat vital akan membantu perusahaan startup untuk berkembang. Salah satu venture capital yang beroperasi di Indonesia adalah Convergence Ventures yang telah berpengalaman dalam membangun dan tumbuh bersama berbagai perusahaan startup di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Ingin tahu lebih banyak tentang Convergence Ventures?

Silahkan kunjungi  convergencevc.com, ya. Link itu merupakan website resmi Convergence Ventures untuk Sobat mengenal lebih dekat Convergence Ventures VC.

4 Langkah Mudah Mengatasi Infeksi Jahitan Jalan Lahir

December 23, 2018 0 Comments



Halo, Sobat.

Apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat, ya. Aamiin.

Bulan November lalu aku baru saja melahirkan anak kedua lewat persalinan normal. Alhamdulillah, anakku cowok, jadi udah sepasang deh. Sebagai bentuk doa, baby boy kami beri nama Dzikri.

Silahkan baca juga: Pengalaman Melahirkan Normal dengan Biaya BPJS

Sama halnya dengan saat melahirkan Aira dulu, kali ini perineum-ku juga dijahit. Perineum adalah daerah antara vagina dan rektum atau anus. Untuk mempermudah proses melahirkan, dilakukan tindakan bedah minor untuk memperlebar jalan lahir, yaitu dengan cara menggunting kulit dan otot-otot yang ada di daerah perineum. Nah, tindakan medis ini disebut juga dengan episiotomi.

Tindakan episiotomi ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah keluarnya kepala bayi. Selain itu tindakan ini juga bertujuan untuk mencegah robekan spontan yang tidak beraturan sehingga akan menyulitkan saat proses menjahit kembali.

Saat melahirkan Aira dulu, aku harus mengalami banyak jahitan pada perineum. Makanya masa pemulihannya pun cukup lama. Aku ingat banget, Aira sudah berusia 2 bulan baru deh aku berani jongkok. Itupun dengan perasaan was-was. Hehehe.

Nah, beberapa saat setelah Dzikri lahir, aku sempat bertanya jumlah jahitan perineum-ku ke bidan. Alhamdulillah, bidannya bilang jahitannya gak banyak. Mendengar jawaban bidan itu, aku langsung pede deh, luka jahitannya bakal cepat sembuh.

Sesuai saran dari dokter, perawatan luka jahitan perineum itu menggunakan kain kasa yang dilumuri dengan cairan obat luka. Di hari ke-5 aku merasa jahitan perineum-ku sudah cukup kering. Jadi karena kesibukan mengurus bayi, aku tidak lagi menggunakan kain kasa untuk merawat luka.

Di hari ke-7, aku merasa ada yang berbeda saat buang air kecil. Jahitan perineum terasa nyeri dan berdenyut. Wah, ada apa ini? Tanyaku bingung.

Penasaran dengan kondisi jahitan perineum, akupun mengambil ponsel lalu memotretnya. Masyaa Allah, ternyata jahitan perineum menampakkan gejala infeksi. Kulit di sekitar jahitan memerah dan ada beberapa bintik putih seperti nanah di ujung jahitan.

Waduh, aku langsung panik saat itu, karena kebayang jahitan perineum infeksi, trus ntar harus dibongkar lagi untuk reparasi. Membayangkan proses jahitan lagi, perutku langsung mulas.

Karena takut akan dijahit ulang, aku pun bertekad untuk mencoba perawatan sendiri. Pengen tahu cara aku mengatasi infeksi jahitan jalan lahir? Yuk, simak yang berikut ini, ya.

4 Langkah Mudah Mengatasi Infeksi Jahitan Jalan Lahir


  • Jaga kebersihan area jahitan
Infeksi terjadi karena area jahitan kurang terjaga kebersihannya. Salah satu penyebabnya adalah cara cebok yang salah, sehingga bakteri E-Coli dari anus menginfeksi luka jahitan. 

Nah, agar area jahitan selalu terjaga kebersihannya, maka gunakanlah cairan antiseptik saat cebok, dengan begitu serangan dari bakteri E-Coli bisa dicegah.

  • Pastikan area jahitan selalu kering dan higienis
Area jahitan yang lembab juga adalah salah satu penyebab bakteri betah bersarang. Terlebih lagi saat itu merupakan masa nifas, yang mengakibatkan kelembaban area jahitan tinggi karena darah nifas yang masih keluar. 

Untuk menjaga area jahitan selalu kering, pastikan selalu mengeringkan area jahitan setiap kali habis buang air kecil atau buang air besar. Selain itu, pastikan ganti pembalut setiap habis buang air, agar area jahitan higienis bebas dari kuman yang menumpuk di pembalut kotor.

  • Rawat luka dengan obat luar

Agar ASI aman dan tidak terkontaminasi obat, hindari menggunakan obat makan untuk mengobati luka jahitan perineum, kecuali atas rekomendasi dari dokter. Agar lebih aman, gunakanlah obat luar yang khusus untuk mengobati luka. Lumuri kain kasa dengan cairan obat luka, kemudian tempelkan pada area jahitan. Pastikan untuk mengganti kain kasa setiap habis buang air kecil ataupun besar.

Penggunaan antibiotik sebenarnya bisa mempercepat proses penyembuhan, tetapi penggunaan antibiotik bisa berdampak buruk pada bayi yang minum ASI. Mintalah saran ke petugas medis jika memang ingin menggunakan antibiotik.



  • Konsumsi makanan dengan kandungan Vitamin C dan protein
Sebagaimana yang diketahui, protein berperan penting dalam regenerasi sel tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang mengandung protein akan mempercepat proses penyembuhan luka. Sedangkan vitamin C berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, kombinasi vitamin C dan protein akan mempercepat terbentuknya jaringan baru pada area luka.


Demikian 4 langkah mudah mengatasi infeksi jahitan jalan lahir versi Meirida, ya.

Saturday, December 22, 2018

Indahnya Pantai Wisata Jawa Barat yang Wajib Anda Kunjungi

December 22, 2018 3 Comments
Bicara soal pantai, Indonesia memang juaranya! Simak empat pantai wisata Jawa Barat yang tidak boleh Anda lewatkan.

Menurut Anda, lokasi mana yang lebih menarik, gunung atau pantai? Sebagian orang memang memilih pantai karena senang bermain dengan pasir dan air. Terlebih lagi, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tepi pantai. Keseruannya nampak tak habis-habis.
Nah, sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki garis pantai yang sangat panjang, tidak terkecuali di Jawa Barat. Provinsi yang berbatasan langsung dengan pantai di ketiga sisinya ini menyimpan banyak sekali keindahan tropis.
Kalau Anda lebih memilih pantai untuk berlibur, empat pantai di wisata Jawa Barat ini harus masuk ke dalam daftar tujuan Anda.

1.     Batukaras, Pangandaran

Pangandaran memang terkenal dengan pantai-pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sebagai salah satu area andalan di wisata Jawa Barat, pengelolaan pangandaran sudah memadai.

Sumber: jejakpiknik.com


Batukaras adalah satu di antaranya. Pantai yang berada di teluk ini dihiasi dengan bukit dan tebing tinggi di sekelilingnya. Garis pantainya luas dengan air yang cukup bersih. Jika pergi sedikit ke tengah laut, Anda akan bertemu dengan gulungan ombak yang menjadi favorit para peselancar.

Tidak tanggung-tanggung, banyak peselancar amatir dan profesional dari dalam dan luar negeri datang untuk merasakan dinamika ombak pantai di Selatan Jawa Barat ini. Di sekitar pantai, Anda bisa menemukan berbagai penginapan dan rumah makan yang bernuansa alam.

2.     Santolo, Garut

Terkenal sebagai penghasil dodol dan domba berkualitas, ternyata Garut juga menyimpan keindahan surgawi di garis pantainya. Pantai Santolo, Garut, memiliki bentangan pantai yang cukup panjang.

Sumber: yukpiknik.com


Pantai ini tidak terlalu ramai dengan pengunjung karena daerahnya yang masih asri dan alami. Di sana terdapat tempat sandar kapal nelayan yang biasanya mau menjual ikan hasil tangkapannya secara langsung. Penginapan yang tersedia juga berada di area kampung nelayan yang menyewakan rumahnya untuk pengunjung.

Pantai Santolo bisa ditempuh dalam waktu 3,5 jam dari pusat Kota Garut. Walaupun perjalanannya sedikit jauh, memandang langit tenggelam serta jembatan Santolo yang fenomenal di sore hari akan memberikan pemandangan yang tiada dua.

3.     Pananjung, Sukabumi

Apakah Anda senang diving dan snorkeling? Kalau iya, Pantai Pananjung di Sukabumi bisa menjadi tujuan Anda berikutnya. Pantai yang ramai ini memiliki pasir lembut yang berwarna putih.

Laut di sekitar pantai juga masih jernih, sehingga memudahkan pengunjung untuk melihat biota laut yang ada. Walaupun sudah ada banyak warung makan dan pedagang di sekitar pantai, Pananjung tetap terlihat bersih dengan panorama yang memukau.

4.     Tanjung Pakis, Karawang

Satu pantai lagi di wisata Jawa Barat yang belum terlalu ramai, Tanjung Pakis di Karawang. Hamparan pantai berpasir putih dengan laut biru yang relatif tenang menjadi keistimewaan tersendiri dari Tanjung Pakis.

Pantai bagian Utara Jawa Barat memang terkenal dengan airnya yang lebih tenang dibandingkan pantai di Selatan. Inilah yang membuat Tanjung Pakis cocok dikunjungi bersama keluarga terutama yang membawa anak-anak.

Di sekitar pantai, sudah terdapat berbagai pilihan penginapan dan rumah makan. Lokasinya terletak sekitar 70 kilometer dari pusat kota. Tiket masuknya sendiri cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp25.000 per orang.

Sekarang, tergantung pilihan Anda, memilih pantai yang masih alami atau yang sudah ramai dengan berbagai fasilitas. Rata-rata, lokasi pantai wisata Jawa Barat tersebut bisa ditempuh melalui jalur darat. Walaupun memakan waktu yang cukup lama, pemandangan dan pengalaman yang akan didapat tentu sebanding dengan perjalanan yang sudah ditempuh. 

Review K-Movie Rampant: Perjuangan Pangeran yang Terbuang

December 22, 2018 0 Comments
Annyeong, Chingu!

Aku review k-movie lagi, nih. Sebuah karya yang masih dibintangi oleh Hyun Bin. Setelah kembali dari wamil, Hyun Bin sepertinya balas dendam yah. Mengerjakan banyak project dalam waktu yang berdekatan. Sebagai penggemar aku senang bangetlah. Apalagi karakter yang dimainkan berbeda semua. Aku excited banget, nih. Ada yang ngerasain hal yang sama?

Silahkan baca juga film Hyun Bin lainnya : 

Kali ini aku mereview film Korea yang berjudul The Rampant. Sebuah film bergenre thriller dengan latar belakang era Joseon. Filmnya seru habis nih, gais. Gimana keseruannya? Yuk, simak sinopsis singkat dan reviewnya ala Meirida yah.




Sinopsis Rampant

Lee Cheong (Hyun Bin) adalah pangeran yang tidak berhak atas tahta, oleh karena itu dia dinamai Ganglim Daegun. Khawatir dengan keberadaannya yang bisa membahayakan posisi Putra Mahkota, sejak anak-anak Ganglim Daegun telah diasingkan ke Dinasti Qing. Di Dinasti Qing ini Daegun hidup bebas tanpa memikirkan hiruk pikuk perpolitikan di Joseon. Setiap hari kerjanya cuma bermain-main menikmati hiburan dan perempuan.



Busyeet, pangeran yang satu ini emang flamboyan banget deh. Dalam pikirannya cuma satu, perempuan. Hahaha. Mungkin dia berprinsip gini, buat apa mikirin Joseon, toh aku juga ga berhak atas tahtanya. Mending kayak gini, hidup bebas tanpa mikirin yang berat-berat tapi semua fasilitas dipenuhi. Enaknya jadi dirimu Daegun.

Berita kematian Putra Mahkota pun sampai ke telinga Daegun. Tidak lama setelah itu dia menerima surat, dan ternyata surat itu adalah wasiat dari Putra Mahkota sebelum mati bunuh diri. Di surat itu tertulis, Daegun harus kembali ke Joseon untuk menjemput Gyeong Bin yang tengah hamil.

Daegun pun kembali ke Joseon. Sesampai di daratan Joseon, Daegun sempat bingung karena tidak ada utusan yang menjemput kedatangannya. Bersama pembantunya, Daegun pun terpaksa berjalan kaki menuju istana.

Sampai di sebuah desa, Daegun terkejut karena mendapati desa itu sepi tak berpenghuni. Sementara dia melihat bekas pembakaran mayat manusia dimana-mana. Waktu terus berjalan, hingga malam pun mulai merambat pelan, sedangkan Daegun masih saja berjalan-jalan penuh keheranan di tengah-tengah desa itu. Tiba-tiba beberapa orang berkuda datang, memperkenalkan diri sebagai utusan untuk menjemput Daegun.



Tampang boleh selengek-an, sifat boleh cuek dan flamboyan, tetapi sebenarnya Daegun ini adalah pendekar pedang berilmu tinggi yang juga pintar. Dia tahu bahwa yang berada di hadapannya bukanlah utusan untuk menjemputnya, tetapi pembunuh bayaran yang ditugasi untuk menghabisi nyawanya. Pertarungan pun tidak terelakkan.

Dalam serunya pertarungan, tiba-tiba dari arah yang tidak terduga muncul orang-orang dengan tampang seperti mayat hidup. Mata putih, sementara mulutnya berlumuran darah. Seringai mereka menyeramkan, tak ubahnya vampir yang haus darah. Daegun kaget, tapi kekagetannya tidak lantas menghilangkan akal sehatnya. Dia pun mengayunkan pedangnya dengan beringas kearah zombie yang terus merangsek tanpa henti.

ketemu ginian tengah malam, belum digigit udah modar duluan


Jumlah zombie yang semakin banyak membuat Daegun mulai kewalahan, untunglah disaat-saat kritis datang bantuan dari sekelompok orang tidak dikenal. Dari caranya tampak jelas bahwa mereka telah terbiasa menghadapi kawanan zombie ini. Dalam waktu singkat, zombie-zombie itu berhasil dikalahkan.

Ternyata pertolongan itu datang dari Park Jongsa yang oleh istana dinyatakan sebagai kelompok pemberontak. Park Jongsa ini adalah tangan kanan Putra Mahkota. Dari Park Jongsa inilah Daegun akhirnya tahu, bahwa kematian Hyungnim-nya bukan karena telah merencanakan kudeta. Secara tidak langsung Hyungnim-nya telah dibunuh oleh sekawanan elit politik yang justru adalah pelaku kudeta sebenarnya.

putra mahkota bunuh diri di hadapan raja


Sadar bahwa kematian Hyungnimnya tidak wajar, muncullah rasa ingin balas dendam di hati Daegun.

Aku salut lho sama Daegun ini. Walaupun secara terang-terangan telah dinyatakan tidak berhak atas tahta, kemudian dia pun diasingkan dari kerajaan, tetapi dia tetap menyayangi dan menghormati Hyung-nya.

Sementara itu di istana, pembunuh bayaran yang berhasil meloloskan diri dari zombie, menghadap kepada Mentri Militer Kim Ja Joon (Jang Dong Gun) memberi tahu bahwa Daegun telah mati dibunuh oleh kawanan zombie.

Perihal zombie ini sama sekali tidak mengejutkan Kim Ja Joon. Ternyata diam-diam dia telah membuat rencana untuk menggulingkan pemerintahan dengan memanfaatkan zombie ini.

Kim Ja Joon, manusia tanpa ekspresi. 


Daegun berhasil sampai di istana. Tanpa membuang waktu, setelah menghadap raja, dia pun segera menemui kakak iparnya Gyeong Bin untuk membawanya ke Dinasti Qing.

Ternyata setelah kematian Putra Mahkota, Gyeong Bin menjalani hidup penuh tekanan. Salah satu tekanan datang dari selir raja bernama Se Jong. Dia menghasut raja untuk mengusir Gyeong Bin karena merupakan istri pemberotak. Se Jong merasa dengan begitu dia bisa menguasai hati raja. Se Jong tidak sadar, bahwa dia sendiri sedang dimanfaatkan oleh Kim Ja Joon.

Suatu malam Se Jong diundang oleh Kim Ja Joon ke tempat mereka biasa bertemu, sesampai disana bukan Kim Ja Joon yang menanti Se Jong, ternyata sesosok zombie.

Keesokan paginya, Se Jong menghadiri acara sarapan bersama raja dan juga selir-selir lainnya. Di tengah-tengah acara, ketika raja sedang berbicara dengan semangatnya, tiba-tiba Se Jong berubah menjadi zombie, kemudian menyerang raja dengan beringas. Para pengawal raja bertindak cepat, langsung membunuh Se Jong, tapi naas tangan raja udah terlanjur kena gigit.



Sepertinya ini memang rencana busuknya Kim Ja Joon. Jika raja terinfeksi zombie, maka menggulingkan raja dari posisinya tentu lebih mudah.

Benar saja, hari itu adalah hari besar dimana para utusan Kaisar Dinasti Qing datang. Seperti biasa, istana membuat acara penyambutan yang meriah. Di tengah-tengah acara, tiba-tiba raja berubah menjadi zombie dan menyerang para penari. Sementara itu Kim Ja Joon dengan tatapan tanpa ekspresi melihat semua itu. Tepat di saat raja sedang menyerang penari, Kim Ja Joon bangkit dari tempat duduk dan langsung menghujamkan pedang ke jantung raja. Raja pun tewas seketika.



Istana gempar karena berita tentang keberadaan zombie selama ini bukan hoax semata. Tetapi mereka tidak sempat berpikir panjang, karena dari berbagai penjuru para zombie terus merangsek masuk ke istana. Sedangkan Kim Ja Joon beserta para pengikutnya dengan langkah cepat segera meninggalkan area upacara menuju tempat aman.

Tidak jauh dari posisi raja, Daegun tertegun melihat jasad ayahnya yang telah kaku. Dia tidak menyangka pria yang telah mengasingkannya itu harus berakhir tragis dan mati dalam bentuk zombie. Tapi Daegun segera sadar, tanpa buang waktu dia segera mencari Gyeong Bin kemudian membawanya pergi meninggalkan aula.

Sesuai tujuan awalnya, begitu Gyeong Bin berhasil dia bawa, Daegun akan langsung kembali ke dinasti Qing. Tetapi niatnya tidak bisa terealisasi dengan lancar, karena Gyeong Bin menolak untuk ke dinasti Qing tanpa melakukan apapun untuk Joseon. Gyeong Bin meminta Daegun untuk berjuang memusnahkan para zombie. Tapi Daegun menolak, karena itu bukan tugasnya, itu adalah tugas raja. Gyeong Bin tidak menyerah, dia sangat paham walau pun tampak cuek dan masa bodo, jauh di dasar hatinya Daegun adalah orang yang baik dan berhati hangat.



Setelah melalui perdebatan sengit, akhirnya Daegun bersedia berjuang untuk memusnahkan zombie, tapi dengan syarat setelah ia berhasil memusnahkan zombie, Gyeong Bin harus mau ikut dia ke Dinasti Qing. Hahaha ... jurusnya Daegun itu mulu, ya. Waktu di desa, pemanah Deok Hee juga diancam dengan cara yang sama. Dasar Daegun, isi kepalanya masih aja perempuan. Hahaha.







Bersama-sama dengan pengikut Park Jongsa, Daegun pun membuat rencana untuk memusnahkan zombie. Sementara itu, Kim Ja Joon juga sedang berjuang membebaskan dirinya dari virus zombie, karena tangannya sempat digigit oleh salah satu zombie. Ngeri liat adegan ini. Ja Joon memotong tangannya sendiri dengan pedang. Hiiyyy.

Sayangnya tidak berjalan mulus, perlahan tapi pasti Kim Ja Joon pun mulai berubah menjadi zombie.

Ketika malam mulai menjelang, Daegun and the gank pun mulai menjalankan rencana mereka. Sesuai kesepakatan, Park Jongsa yang bertugas di lapangan, sementara Daegun dan yang lainnya meninggalkan istana. Tapi rencana mereka tidak berjalan lancar karena Kim Ja Joon menggagalkannya. Park Jongsa pun meregang nyawa.

Sadar bahwa rencana mereka tidak berjalan lancar, Daegun pun memutuskan untuk turun tangan. Pertarungan super sengit terjadi antara Daegun dan zombie, juga antara Daegun dan Ja Joon. Ja Joon yang notabene adalah mentri militer, tentu saja memiliki ilmu bela diri yang bagus, tapi karena dia telah menjadi zombie kekuatannya pun menjadi berkali lipat.

Daegun mulai kelelahan dan dilanda putus asa. Jumlah zombie semakin banyak dan Ja Joon yang semakin kuat. Tetapi Tuhan Maha Baik dong, ya. Selalu ada pertolongan bagi mereka yang teraniaya. Nah, film ini sedikit banyak ngajarin kita nih untuk ga menyerah dengan doa dan usaha. Di tengah rasa putus asanya, tiba-tiba Daegun melihat anak panah berapi menancap di tiang istana. Ternyata itu adalah ulah Deok Hee. Melihat panah berapi itu semangat Daegun kembali menyala. Dengan sisa-sisa tenaga yang ada, Daegun pun bangkit lalu meraih panah berapi itu, kemudian menjatuhkannya ke lantai. Seketika istana pun berubah menjadi lautan api.


Deok Hee, wanita pemanah


Sebelum berubah menjadi bebek panggang, Daegun pun segera menjauhkan diri dari kobaran api. Dengan susah payah, akhirnya Daegun bisa lolos dari kepungan api. Tetapi belum lagi dia bernafas lega, sekonyong-konyong di hadapannya muncul Ja Joon. Iiiih... zombie yang satu ini gigih banget, sih. Sebel!

Pertarungan super sengit kembali terjadi. Daegun sadar ini adalah kesempatan terakhirnya untuk menghabisi Ja Joon. Meski lelah jiwa raga, Daegun terus berjuang. Menyerang, bertahan, menghindar, menyerang lagi sampai akhirnya momen yang ditunggu pun tiba, Daegun berhasil menyarangkan pedang tepat ke jantung Ja Joon. Sempat meronta beberapa kali, tapi akhirnya Ja Joon harus mengakui kekalahannya.

Wuuh... seru!


Review K-Movie Rampant

Dalam skala 10, film Rampant ini aku beri nilai 8.
Hmm... cukup tinggi, yah. Berarti aku puas dong dengan film ini. Ada alasannya, gais.
Bagiku k-movie Rampant ini memiliki banyak kelebihan.


  • Premis yang Segar dan Menarik
Tidak seperti cerita drama era Joseon kebanyakan, Rampant menyajikan konflik yang lebih segar. Intrik-intrik politik memang masih ada, tetapi karena dibalut dengan zombie makanya premis terasa lebih segar dan menarik. 

  • Penampilan Karakter yang Tegas 
Pengembangan karakter tampil tegas sejak awal, jadi dari awal pemutaran film penonton sudah bisa melihat dengan jelas mana yang antagonis, mana yang protagonis. Seperti karakter Ja Joon misalnya, dari awal film memang selalu tampak dingin tanpa ekspresi, jadi sudah bisa ditebak kalau dia adalah tokoh antagonis.

Sayang karakter raja tidak jauh berbeda dengan karakter raja di film-film era Joseon lainnya, selalu tunduk dan berada di bawah bayang-bayang parlemen. Hmm... sepertinya memang cuma di film The King's Case Note deh rajanya yang beda, nyentrik dan berani.

Silahkan dibaca juga: 

Aku paling suka dengan karakter Ganglim Daegun yang cuek, masa bodo, mata keranjang, tapi berani, jago beladiri dan juga pintar ini. Dengan karakter tokoh utama yang seperti ini film terasa lebih hidup dan segar. Begitu juga karakter asisten Daegun yang lucu, konyol tapi setia, membuat film menjadi tidak membosankan.




  • Adegan Action yang Artistik
Mengingat film ini ada adegan action-nya, maka adegan pertarungan adalah salah satu poin yang menjadi sorotan. Menurut aku adegan action di film Rampant ini cukup artistik. Pertarungan demi pertarungan berjalan dengan cepat dan mulus seolah-olah para aktor yang berlaga adalah satria-satria pedang sungguhan.

Efek-efek yang diberikan pun sangat membantu jalannya cerita, sehingga penonton bisa merasakan perasaan takut dan ngeri ketika zombie menyerang. Penampilan zombienya pun cukup meyakinkan dengan bola mata putih, urat-urat membiru di sekujur tubuh, dan taring-taring tajam yang haus darah, cukup membuat aku membaca doa berkali-kali sebelum tidur. 



  • Sound Effect dan Sountrack yang Mendukung
Salah satu kelebihan Korea dalam menggarap karya mereka adalah dalam pemilihan soundtrack dan sound effect. Aku merasa sound effect dan soundtrack yang ada disepanjang film sangat cocok dengan alur cerita. Membuat cerita semakin mudah dicerna oleh penonton.


  • Bebas dari Adegan Dewasa
Film Rampant ini adalah salah satu film yang aku tidak merasa was-was ketika menontonnya di siang hari. Karena tidak ada adegan dewasanya. Jadi cukup aman jika sewaktu-waktu anak lewat dan melihat beberapa adegannya.

Hanya saja, aku tetap tidak rekomendasikan film ini ditonton oleh anak-anak, karena terdapat adegan kekerasan. Di film ini jelas bertaburan adegan kekerasan seperti penggal kepala, penusukan, dan lain-lain yang memperlihatkan darah muncrat dan bertaburan di mana-mana. Jadi untuk bijaknya, tontonlah film ini di saat anak sudah tidur.

Sekian banyak kelebihan, tidak adakah kekurangannya?

Ya, pasti adalah. Tapi sepanjang pengamatanku, kekurangannya cuma satu. Asal muasal zombie ini ada kurang diceritakan dengan jelas. Dalam salah satu dialog cuma disebutkan bahwa zombie ini berasal dari kapal di tengah laut. Nah, itu doang. Ga dijelasin tuh, digigit atau disambar apa, gitu.

Overall, film ini layak untuk ditonton. Bisa banget dimasukin ke watching list kala liburan.
Nah, kamu sudah nonton film ini belum?