Follow Us @soratemplates

Saturday, April 27, 2019

Resep Nasi Goreng Pete ala Meirida

April 27, 2019 0 Comments



Ahaaai ... adakah yang tidak suka nasi goreng di sini? Nasi goreng adalah salah satu menu masakan khas nusantara yang keberadaannya sudah dikenal luas oleh dunia internasional. Bahkan mantan presiden USA Barack Obama saja doyan makan nasi goreng, lho.

Sewaktu kecil dulu, aku pernah didongengkan oleh nenek (alm) tentang asal usul nasi goreng ini.

~Konon~

Pada zaman dulu hiduplah seorang raja dengan seorang ratu, dan 3 putrinya yang cantik. Kecantikan putri-putri raja ini tersohor hingga ke kerajaan lainnya. Ketika para putri beranjak dewasa, datanglah pinangan beberapa pangeran dari kerajaan lain, salah satunya adalah pangeran Durjana yang terkenal dengan kekejamannya.

Raja dan ratu sangat ketakutan. Dia tidak ingin memiliki menantu yang jahat dan kejam, tapi dia juga tidak berdaya untuk menolak. Diam-diam raja mengadakan kerjasama dengan para pangeran lainnya untuk berperang melawan Pangeran Durjana. Demi keselamatan putri-putrinya, raja pun memerintahkan para pengawal setianya untuk mengantarkan putri-putri kesayangannya ke tengah hutan yang tidak terlalu jauh dari kerajaan Pangeran Durjana, untuk bersembunyi dalam sebuah lubang bekas sumur tua. Agar para putri tidak kelaparan, mereka dibekali dengan banyak bahan masakan dan juga beberapa peralatan masak sederhana. Putri-putri dibekali persediaan untuk sekitar 5 hari.

Keesokan harinya, raja menghembuskan desas desus bahwa para putri diculik oleh Pangeran Durjana. Desas desus ini berhasil menimbulkan kemarahan rakyat. Bersama dengan para pangeran dari kerajaan lain, mereka pun menyerang Pangeran Durjana. Ternyata nama besar Pangeran Durjana bukan isapan jempol belaka, perkiraan mereka meleset, Pangeran Durjana masih bertahan walaupun perang telah berlangsung selama 5 hari.

Raja pun mulai risau, dia mengkhawatirkan keselamatan putri-putrinya yang pasti telah kehabisan persediaan makanan. Tetapi untuk mengantarkan tambahan bahan makanan juga tidak mungkin, karena hal itu bisa saja diketahui oleh pasukan Pangeran Durjana.

Berkat perjuangan yang tiada henti, Pangeran Durjana akhirnya dapat dilumpuhkan pada hari ke-7. Tanpa membuang waktu raja pun segera menjemput putri-putrinya. Dalam bayangannya, putri-putri pasti dalam keadaan lemah karena sudah tidak makan selama dua hari. Ternyata raja salah. Saat dikeluarkan dari sumur tua itu, putri-putri tampak segar dan bugar. Ternyata dua hari terakhir dilewati putri-putri dengan makan nasi goreng. Nasi dingin sisa makan sebelumnya mereka olah jadi nasi goreng. Begitulah cara mereka bertahan hidup di lubang yang sempit itu.

Sejak itu, nasi goreng pun menjadi menu masakan di kerajaan mereka.

~Tamat~

Dongengnya ngasal, ya. Sepertinya nenekku ngarang indah biar kami mau makan saat itu.
Hahaha. Tapi usaha nenekku memang ga sia-sia ternyata, karena sampai hari ini nasi goreng adalah salah satu menu makanan kesukaan kami sekeluarga.

Kelezatan nasi goreng memang tidak terbantahkan terutama oleh lidah orang Asia. Buktinya di Korea Selatan juga ada menu nasi goreng kimchi, lho. Di Indonesia sendiri varian rasa nasi goreng ini juga banyak banget, dan satu yang paling populer adalah nasi goreng pete.

Resep nasi goreng pete pun dengan mudahnya kita temukan di internet dalam bervariasi gaya olahan.  Hal ini membuktikan bahwa nasi goreng itu rasanya memang lezat dan sukses bikin nagih.


Resep Nasi Goreng Pete ala Meirida


Yuhuuu, ada yang ga suka pete karena baunya? Hm, tau ga sih aroma pete itu kalo di tambahkan ke nasi goreng bisa bikin kamu lupa jalan pulang, lho. Hahaha.

Ga percaya?

Cobain deh resep nasi goreng pete ala Meirida ini, dan buktikan sendiri efeknya.

Bahan:

  • 400 gr Nasi putih.
  • 4 bh Bawang merah, haluskan.
  • 2 siung Bawang putih, haluskan.
  • 7 bh Cabe rawit, haluskan.
  • 50 gr Pete, dikupas.
  • 2 btr Telur.
  • Daun bawang, iris tipis, secukupnya.
  • Seledri, iris-iris, secukupnya.
  • Garam, secukupnya.
  • 2 sdm, Mentega Blue Band.


Cara membuat:
- Panaskan mentega, tumis bawang yang sudah dihaluskan sampai harum, kemudian masukkan cabe rawit, tumis hingga bau sangitnya hilang.
- Masukkan telur, aduk sampai berbentuk orak-arik.
- Masukkan daun bawang, seledri, pete, dan garam, tunggu sampai daun bawang dan seledrinya layu.
- Masukkan nasi, aduk rata.
- Sajikan dengan tambahan irisan timun, tomat, selada, telur ceplok dan kerupuk.
- Selesai.

Khusus untuk menumis aku pakenya Blue Band, ya, karena ada sensasi rasa yang unik, yang lidah aku ga dapatkan kalo pake minyak goreng biasa. Tapi ini kembali soal selera, ya. Jadi sah-sah aja kalau teman-teman lebih suka menggunakan minyak goreng.

Hm, yummy banget ini, gais.
Rasa pedasnya dapet, gurihnya dapet, dan aroma petenya asli bikin pengen nambah lagi dan lagi. Bagi teman-teman yang menyukai bakso dan sosis, juga bisa ditambahkan ke dalam nasi goreng petenya, dijamin rasanya semakin joss.

Oh ya, ada yang heran mengapa aku tidak menambahkan kecap?
Khusus untuk resep nasi goreng pete ini aku memang tidak menambahkan kecap, karena ingin mempertahankan ke-original-an rasa pete dan rawit yang khas

Nah, teman-teman punya resep nasi goreng pete ala-ala sendiri?
Yuk, share di kolom komentar, ya.

====
Image: cookpad
====


Thursday, April 25, 2019

Agar Anak Kuat Menghadapi Celaan

April 25, 2019 0 Comments


Agar Anak Kuat Menghadapi Celaan-Siang tadi aku syok ketika melihat Aira pulang sekolah dalam keadaan menangis. Aduh, skenario buruk pun mulai muncul di kepala. Setelah ditanya, Aira cerita, ternyata dia sedih karena gambar yang diwarnainya dikatain jelek oleh gurunya. Bukan hanya itu, prakarya bunga dari kertasnya pun dibilang jelek seperti terompet. "Padahal Aira udah capek ngerjainnya, Nda," keluhnya sesegukan.

Melihat buah hati tercinta menangis sesegukan begitu hatiku bener-bener serasa teriris. Ya Tuhan, tidak adakah kata-kata lain yang bisa digunakan untuk menilai karya anak? Tanya batinku dengan getir.

Jujur aja, aku sempat emosi mendengar cerita anak. Nyaris aku telepon gurunya untuk menanyai cerita lengkapnya. Tapi hal itu urung aku lakukan, karena sadar hal itu akan berdampak buruk bagi perkembangan jiwa Aira.

Jika orangtua membiasakan diri untuk selalu maju memberi pembelaan atas masalah yang  dihadapi anak, sampai dewasa nanti anak akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak mandiri dan selalu bergantung pada orangtuanya.

Tentu saja aku tidak mau hal itu terjadi. Sebagai orangtua jelas aku berharap Aira tumbuh menjadi manusia yang cerdas, mandiri, dan bertanggung jawab.

Tetapi membiarkan saja kekerasan verbal dialami oleh anak pun bukanlah pilihan yang bijak. Karena jika dibiarkan, kelak anak akan tumbuh menjadi orang yang tidak percaya diri dan selalu takut akan penilaian orang lain.

Lantas apa yang aku lakukan dalam hal masalah yang dihadapi Aira ini?

Agar anak kuat menghadapi celaan, aku melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Menanamkan keyakinan kepada anak bahwa dirinya berharga, jadi seburuk apapun bentuk penilaian yang diberikan oleh orang lain dia harus tetap tenang karena semua itu tidak selamanya penting.

2. Menanamkan konsep bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna kecuali Allah. Jadi jika ia menerima hinaan atau celaan dari orang lain, yakinlah bahwa orang itu hanyalah makhluk Tuhan yang pasti tidak sempurna. Jadi hinaan dari sesama manusia yang tidak sempurna tidak pantas untuk ditangisi.

3. Berkarya lebih baik dari pada diam tanpa melakukan apapun. Jadi jika karya kita dihina atau dicela oleh orang lain, selow aja, karena tidak semua orang bisa berkarya.

4. Menanamkan rasa syukur atas semua kemampuan yang diberikan oleh Allah. Kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang itu berbeda, jika kita tidak cukup mumpuni di satu bidang, yakin saja ada bidang lain yang lebih baik kita lakukan.


Sepakat dengan peribahasa Jepang yang Mbak Dian Restu Agustina tulis dalam artikelnya yang berjudul Dampak Kata-kata Positif Pada Anak. "Satu kata yang membangun dapat menghangatkan tiga bulan musim dingin."

Peribahasa itu memang tepat sekali. Sejatinya, kritik dan saran itu sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak, hanya saja tentu saja dengan cara yang benar dan tidak menyakitkan. Terutama bagi anak-anak, yang pola pikir mereka masih sangat terbatas dalam mencerna informasi. Meskipun kritik atau pun saran yang kita berikan bertujuan baik, tetapi jika disampaikan dengan cara yang tidak tepat, maka akan berdampak trauma pada jiwa anak.

Mari perlakukan anak-anak di sekitar kita dengan lembut dan penuh kasih sayang, agar mereka pun tumbuh menjadi manusia dengan hati yang penuh cinta kasih, bukan kebencian.

Wednesday, April 24, 2019

Cara Mengurangi Rambut Rontok Pasca Melahirkan

April 24, 2019 0 Comments



Problema wanita memang tidak ada habisnya. Mulai dari rasa nyeri saat siklus bulanan, serba-serbi kehamilan, hingga rambut rontok pasca melahirkan.

Masalah rambut rontok memang terkesan sepele. Siapa sih orang di dunia ini yang tidak mengalami rambut rontok? Tetapi rambut rontok yang dialami oleh wanita pasca melahirkan tidak bisa dianggap enteng, ya. Karena jumlahnya sangat banyak, jika tidak segera dirawat bisa saja mengarah pada kebotakan. Bisa dibayangkan dong betapa paniknya para wanita setelah melahirkan yang mengalami kerontokan rambut.

Menurut ahli medis, sebenarnya kerontokan rambut pada wanita setelah melahirkan itu adalah hal yang normal. Jadi tidak perlu cemas atau khawatir berlebihan, karena kondisi ini terjadi disebabkan oleh kadar hormon esterogen yang semasa hamil mengalami lonjakan kembali ke tingkat normal sehingga menyebabkan pertumbuhan rambut pun kembali ke siklus normal. Karena itulah jumlah rambut rontok terlihat lebib banyak dari biasanya.

Cara mengurangi rambut rontok pasca melahirkan sebenarnya tidaklah sulit. Tanpa mengeluarkan biaya yang banyak, merawat rambut rontok bisa saja dilakukan sendiri di rumah. Penasaran?

Check this out, ya.

  • Hindari menguncir, mengepang, atau mengikat rambut ekor kuda.
Untuk mengurangi tingkat keparahannya, perlakukan rambut dengan lembut, aplikasikan gaya rambut yang minim tekanan. Oleh karena itu gaya rambut seperti menguncir, mengepang, dan ikatan ekor kuda sangat tidak dianjurkan. Untuk mengurangi tekanan berlebih pada rambut potongan rambut pendek adalah solusi yang terbaik.

  • Sisir rambut di saat kering.
Setelah keramas keringkanlah rambut dengan handuk, usap lembut dan perlahan. Jangan sisir rambut di saat basah, karena pada saat ini kondisi rambut lebih rapuh sehingga lebih mudah rontok dan patah. Sisirlah rambut dengan pelan, di saat rambut sudah kering.

  • Hindari alat-alat rambut dengan suhu tinggi.
Untuk menghindari kerusakan lebih parah, hindari penggunaan alat-alat rambut bersuhu tinggi seperti hair dryer dan pelurus rambut. Jika tidak nyaman dengan kondisi rambut yang basah, keringkanlah secara alami dengan cara dikipas, atau bisa juga dengan bantuan kipas angin.

  • Keramas dengan shampoo yang tepat, lengkapi dengan conditioner.
Pemilihan shampoo yang tepat adalah salah satu kunci untuk mengurangi rambut rontok pasca melahirkan. Carilah shampoo dan conditioner yang khusus untuk perawatan rambut rontok yang membantu memberikan nutrisi untuk mengembalikan kekuatan rambut.




  • Konsumsi makanan sehat
Pertumbuhan rambut kembali sangat dibutuhkan untuk menghindari kebotakan akibat rambut rontok. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein dan vitamin, seperti telur, susu, sayuran, dan buah-buahan. Agar rambut tumbuh dengan sehat dibutuhkan zat besi, vitamin D, vitamin C, magnesium, dan omega-3.

  • Konsumsi vitamin prenatal.
Untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi terutama pasca melahirkan dan sedang menyusui, maka konsumsilah vitamin prenatal dengan teratur. Dengan begitu kebutuhan vitamin tubuh yang terkuras saat proses persalinan kembali dapat terpenuhi.


  • Hindari stress
Mungkin sulit untuk dipercaya, namun ini adalah fakta bahwa stress adalah salah satu penyebab rambut rontok. Di saat stress, produksi hormon testosteron akan meningkat sehingga berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Jadi hindarilah stress, usahakanlah untuk membuat tubuh dan pikiran rileks. Bagi wanita yang baru melahirkan mungkin akan sulit, namun bukan tidak mungkin asalkan ada support dari orang-orang terdekat.



Mengatasi permasalahan rambut rontok memang tidak mudah, namun bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Asalkan ada niat dan kemauan, maka rambut rontok bukan lagi sebuah momok yang menakutkan. Kuatkan tekad, dan tanamkan keyakinan dalam hati bahwa rambut yang rontok akan tumbuh kembali.

Tuesday, April 23, 2019

Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Moms Harus Siapkan Sebelum Melahirkan

April 23, 2019 0 Comments


Saat hamil anak pertama dulu, aku benar-benar blank dengan semua kebutuhan bayi. Sebagai ibu muda akhirnya aku mencari saran dari banyak pihak. Ada yang bilang harus beli ini, ada yang bilang harus beli itu. Karena takut kebutuhan bayi baru lahir tidak terpenuhi, aku pun ikuti semua saran yang mereka sebutkan. Ternyata tidak semua barang yang aku beli itu terpakai, lho. Bahkan ada beberapa barang yang akhirnya aku sumbangkan ke orang lain karena memang tidak berguna sama sekali.


Kebutuhan bayi baru lahir itu memang tidak sedikit ya, Moms. Banyak banget yang harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, ini bertujuan agar ketika melahirkan nanti semua yang dibutuhkan pun tersedia.

Berbekal pengalaman hamil anak pertama, waktu hamil anak kedua aku jadi jauh lebih siap dan mengerti mana yang urgent, mana yang primer, dan mana yang bisa ditunda pemenuhannya.

  • Pakaian bayi

Pakaian bayi ini adalah kategori kebutuhan bayi baru lahir yang harus ada, karena ga mungkin dong ntar pas baby-nya brojol dan selesai dimandikan dibiarkan telanjang begitu saja. Ada 6 kebutuhan utama pakaian bayi untuk bayi baru lahir yaitu:

- Baju bayi
- Popok
- Kain bedong
- Kaos kaki
- Sarung tangan
- Topi bayi

Selain itu ada beberapa jenis pakaian lainnya yang bisa ditunda hingga anak berusia beberapa minggu, yaitu:

- Singlet
- Celana panjang
- Celana pendek
- Jacket bayi



  • Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi ini sudah pasti adalah perlengkapan yang wajib ya, Moms, karena agar bayi selalu sehat dia harus dimandikan 2x sehari. Khusus untuk item nomor 5 dan 6, Moms akan butuhkan mulai dari newborn hingga bayi bisa duduk sendiri.

1. Handuk
2. Washlap
3. Sabun
4. Shampoo
5. Perlak/alas mandi
6. Ember mandi


Ada hal yang harus diperhatikan dengan detil ketika Moms memilih produk perlengkapan mandi seperti sabun mandi dan shampoo. Pastikan sabun mandi dan shampoo yang Moms pilih sudah teruji secara klinis aman untuk bayi. 


kebutuhan bayi baru lahir



  • Perlengkapan tidur

Kurang lebih sama dengan perlengkapan mandi, untuk perlengkapan tidur ini juga sangat dibutuhkan ya, Moms. Terutama jika Moms adalah tipikal orangtua yang tidak suka mengenakan diapers pada bayinya, maka item nomor 2 adalah barang wajib untuk disiapkan.

1. Kasur bayi
2. Terpal anti pipis
3. Selimut
4. Bantal guling



  • Perlengkapan sanitasi dan kesehatan

Perlengkapan sanitasi dan kesehatan ini juga tidak boleh lupa ya, Moms, agar bayi selalu terjaga kebersihannya. Jadi pastikan item-item dibawah ini sudah disiapkan sebelum bayi lahir, agar ketika dibutuhkan semua telah tersedia.

- Tissue basah
- Cotton bud
- Minyak telon
- Baby oil
- Keranjang pakaian kotor 


  • Perlengkapan menyusui

Perlengkapan menyusui ini tidak hanya dibutuhkan oleh Moms yang Non-ASI, tetapi juga bagi Moms yang memberikan ASI eksklusif untuk si bayi. Agar persediaan ASI selalu ada disaat Moms tidak berada di tempat, pastikan semua item ini disiapkan ya, Moms.

- Breastpump
- Botol penyimpan ASI
- Termos air panas
- Botol dot
- Alat steril botol 


  • Kebutuhan lain-lain

Terlepas dari semua kebutuhan pokok bayi baru lahir tersebut di atas, masih ada juga beberapa item yang perlu Moms siapkan. Hanya saja menurutku, nih, item-item ini sifatnya tidak mendesak ya, Moms. Jadi masih ada waktu untuk menyiapkannya meskipun bayi sudah berusia beberapa minggu atau bulan.

- Kain gendong
- Kereta bayi
- Tas bayi
- Baju pesta

Nah, itu dia ya Moms daftar kebutuhan bayi baru lahir yang Moms harus siapkan sebelum melahirkan. Ada tambahan lagi, Moms? Drop di kolom komentar, ya.

Tuesday, April 16, 2019

Tips Mencari Tempat Usaha Agar Bisnis Berjalan Baik

April 16, 2019 1 Comments
Seiring perkembangan zaman, pola pikir masyarakat pun mulai mengalami pergeseran. Dari yang dulunya merasa aman dan nyaman menjadi seorang karyawan, hingga sekarang memiliki usaha sendiri. Masyarakat modern tidak lagi ragu untuk memulai usaha sendiri, karena berbisnis di zaman sekarang bukan lagi hal yang menakutkan. Dengan syarat bisnis itu dibangun dengan perencanaan yang matang.

Memiliki bisnis sendiri memang merupakan idaman masyarakat modern saat ini, karena dengan berusaha sendiri kita tidak terikat dengan siapa pun. Apalagi bagi orang yang tidak suka diperintah-perintah oleh orang lain, maka memiliki usaha sendiri adalah cara yang pas untuk menghasilkan uang. Tetapi meskipun tergantung diri sendiri, bukan berarti bisa seenaknya, ya. Jika ingin usaha yang kita bangun berjalan baik untuk waktu yang lama, maka kita harus berkerja keras untuk membuatnya sukses.

Agar bisnis yang kita usahakan berjalan baik, maka ada banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari modal, konsep usaha, target konsumen, hingga tempat usaha yang tepat.



Tidak bisa dipungkiri, tempat usaha merupakan salah satu kunci suksesnya sebuah usaha. Semakin strategis tempat usaha yang kita miliki, maka semakin mudah bagi kita untuk menawarkan produk atau jasa yang kita jual. Tetapi mencari tempat usaha yang tepat itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Selain budget, ada beberapa hal yang harus dijadikan acuan dalam mencari tempat usaha, salah satunya adalah jenis usaha. Contohnya kita memiliki usaha fotocopy dan percetakan, maka lokasi usaha yang tepat adalah di sekitar sekolah, kampus atau perkantoran. Meskipun ada ruko disewakan dengan harga murah, tetapi kalau lokasinya di dekat pasar tradisional tentu saja tidak tepat.

Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam mencari tempat usaha agar bisnis berjalan baik


1. Lokasi mudah terlihat

Semakin terlihat tempat usaha kita, maka semakin banyak orang yang tahu. Jadi tanpa perlu banyak promosi, cukup dengan memasang spanduk di depan tempat usaha saja, orang-orang akan cepat mengetahui produk dan jasa yang kita jual. Apalagi jika ditambah dengan promosi via media sosial, bisnis kita pun akan semakin dikenal.



2. Lokasi mudah diakses

Untuk mendapatkan kunjungan konsumen dengan mudah, maka pastikan tempat usaha yang kita cari memiliki akses yang mudah dan bisa dijangkau oleh kendaraan roda dua atau pun roda empat. Hindari tempat usaha di gang sempit karena sudah pasti kendaraan akan sulit untuk keluar masuk.



3. Dekat dengan konsumen

Seperti yang telah di kemukakan di awal artikel, tempat usaha hendaknya dekat dengan konsumen. Jadi sejak awal tentukan siapa target bisnis kita. Seperti halnya usaha fotocopy tadi, sudah jelas target kita adalah pelajar, mahasiswa, dan karyawan kantoran. Jadi pastikan tempat usaha yang kita cari mudah mereka jangkau.



4. Harga sewa terjangkau

Bukan rahasia, ya. Tempat usaha yang strategis biasanya diiringi oleh harga sewa yang tinggi. Inilah yang harus dicermati sejak awal. Jangan sampai salah pilih, sehingga kita keteteran untuk memenuhi biaya sewa setiap periodenya. Sebelum memutuskan untuk menyewa tempat usaha, pastikan untuk melakukan kalkulasi yang cermat.



5. Legalitas tempat usaha

Meskipun bisnis yang kita jalani masih tergolong bisnis kecil, namun jangan anggap remeh masalah legalitas tempat usaha ini. Pastikan tempat usaha yang kita pilih bebas sengketa dengan pihak lain. Untuk menghindari hal buruk ini terjadi, ada baiknya kita memastikan terlebih dahulu bahwa bangunan tempat usaha memiliki surat-surat perizinan yang sah, seperti IMB, SHM, dan lain sebagainya.



6. Lingkungan yang aman dan kondusif

Memulai usaha di tempat yang aman dan kondusif itu sangat penting agar para pengunjung atau konsumen merasa nyaman. Jangan pilih tempat usaha yang lingkungannya banyak preman atau pun banyak pungutan liar. Sebisa mungkin pilihlah tempat usaha yang sekitarnya sudah ada usaha lainnya.



Oke, itu dia tips mencari tempat usaha agar bisnis berjalan dengan baik. Teman-teman ada tambahan? Jangan sungkan drop di kolom komentar, ya. Sampai jumpa.

7 Kelebihan Menyewa Apartemen

April 16, 2019 1 Comments


Tingginya angka pertumbuhan penduduk di Indonesia oleh sebagian pihak kerap dijadikan sebagai kambing hitam permasalahan sosial. Namun bagi orang-orang yang jeli melihat peluang, kondisi ini justru dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jumlah penduduk yang besar membuat kebutuhan akan tempat hunian pun meningkat. Karena itulah sekarang ini bisnis properti pun semakin diminati. Mulai dari bisnis penyewaan, hingga bisnis jual beli. Tidak tanggung-tanggung, bahkan hunian yang masih dalam tahap pengerjaan pun sudah laku terjual kepada konsumen. Mulai dari bangunan rumah, ruko, hingga apartemen pun laris manis bagaikan kacang goreng di pasar malam.

Khusus untuk apartemen, akhir-akhir ini bisnis sewa apartemen justru mengalami peningkatan yang pesat, terutama di kota besar seperti Jakarta. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup masyarakat yang juga mengalami perubahan, terutama bagi masyarakat perkotaan yang modern. Tinggal di apartemen dianggap lebih memiliki prestise yang tinggi dibandingkan dengan tinggal di rumah biasa. Selain itu lokasi apartemen biasanya juga berada di tempat-tempat strategis yang dekat dengan pusat perekonomian membuat orang-orang dengan produktifitas yang tinggi merasa lebih praktis jika tinggal di apartemen. Karena itulah dari pada menyewa rumah biasa, mereka lebih puas menyewa apartemen. Sewa apartemen Jakarta Selatan, misalnya.

Bagi masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari tempat kerja, maka sewa apartemen akan terasa lebih membantu daripada setiap harinya harus berjibaku dengan kemacetan lalu lintas yang sudah pasti menguras energi dan emosi. Begitu juga bagi orang-orang yang harus melakukan perjalanan dinas, mahasiswa yang sedang melakukan penelitian atau keluarga yang sedang memanfaatkan waktu luang untuk berlibur, menyewa apartemen akan jauh lebih praktis. Dorongan akan kebutuhan-kebutuhan inilah yang membuat bisnis sewa apartemen semakin menjanjikan saat ini.





7 Kelebihan Menyewa Apartemen


· Berada di lokasi strategis

Berbeda dengan kos-kosan yang biasanya berada di pinggiran kota, apartemen biasanya terletak di lokasi strategis di pusat kota. Makanya tidak heran jika kita bisa dengan mudah menemukan apartemen di sekitar kawasan perkantoran, perbelanjaan, pusat hiburan, rumah sakit, dan fasilitas penunjang hidup masyaarakat modern lainnya. Apartemen Kalibata City adalah salah satu contohnya.



· Akses transportasi yang mudah

Karena berada di pusat perekonomian, akses transportasi dari dan ke apartemen juga lebih mudah untuk di akses. Dengan begitu pengguna apartemen tidak perlu pusing karena harus mengalokasikan dana khusus untuk biaya transportasi, karena sudah pasti biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah. Selain itu, pengguna apartemen juga tidak perlu merasakan kemacetan yang menyiksa perjalanan, karena semua fasilitas yang akan dituju berada tidak jauh dari apartemen.



· Sudah dilengkapi perabotan

Sebagian besar apartemen sudah dilengkapi dengan perabotan, sehingga penyewa apartemen tidak perlu repot lagi untuk memenuhi kebutuhan perabot sehari-hari. Jadi tinggal bawa pakaian saja, semua perabot sudah tersedia dan siap untuk digunakan. Bandingkan dengan kos-kosan yang memang biaya sewanya lebih murah, tetapi kita harus menyediakan biaya lebih untuk membeli perabot lagi, padahal ketika suatu saat kita pindah perabot itu juga tidak mungkin untuk dibawa, kalau pun dijual lagi harganya pasti jauh lebih murah.



· Sudah memiliki sistem keamanan yang baik

Sekarang ini sangat rawan terjadi tindak kejahatan di kos-kosan seperti pencurian dan perampokan. Hal ini terjadi karena kos-kosan biasa tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik sehingga membuka peluang bagi pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Berbeda dengan apartemen yang sistem keamanannya sudah berjalan dengan sangat baik karena dilengkapi dengan teknologi modern seperti kamera CCTV. Jadi tindak kejahatan pun bisa dicegah sejak dini.



· Bebas dari permasalahan listrik dan air

Persoalan listrik dan air ini kerap menjadi masalah bagi pengguna kos-kosan karena tidak bisa menggunakannya dengan leluasa. Seperti listrik strip-lah, air habis-lah. Padahal kita sedang terburu-buru untuk segera berangkat ke tempat kerja. Belum lagi sebagian kos-kosan mewajibkan penghuninya untuk membayar sendiri tagihan listrik dan air, itu berarti kita harus menyediakan biaya yang lebih untuk listrik dan air. Nah, permasalahan seperti ini tidak akan ditemukan di apartemen karena pihak apartemen sudah memastikan pasokan listrik dan air akan selalu stabil.



· Bisa menikmati pemandangan kota dengan leluasa

Jika kita memilih tinggal di kos-kosan biasa, maka akan sulit untuk bisa menikmati pemandangan ibukota yang orang-orang bilang tampak sangat indah di malam dan di pagi hari. Tetapi beda ceritanya jika kita tinggal di apartemen. Lokasinya yang strategis memungkinkan kita untuk bisa menikmati pemandangan indah itu dengan sepuasnya, terutama jika kita menyewa apartemen di lantai atas.



· Tersedia jasa perawatan apartemen

Ini merupakan kabar baik bagi kita yang enggan bersih-bersih rumah karena di apartemen sudah tersedia jasa perawatan yang bertugas untuk merawat dan membersihkan apartemen. Jadi waktu luang kita bisa digunakan untuk hal-hal lainnya.



Itu dia 7 kelebihan menyewa apartemen yang berhasil Meirida.my.id kumpulkan. Teman-teman punya pengalaman menyewa apartemen? Silahkan drop komentarnya di bawah, ya. Sampai jumpa.

Tuesday, April 9, 2019

Berbagi Tanpa Rasa Takut via Dompet Dhuafa

April 09, 2019 24 Comments

Pengalaman yang Tidak Terlupakan, Berbagi Tanpa Rasa Takut via Dompet Dhuafa






Peristiwa tahun 2017 silam benar-benar tidak akan pernah terlupakan seumur hidupku. Aku harus menghadapi kenyataan pahit. Perusahaan tempatku berkerja tutup, dan otomatis aku bersama puluhan karyawan lainnya menerima pemutusan hubungan kerja. Kami juga tidak bisa mengharapkan pesangon dari perusahaan karena alasan ditutupnya perusahaan adalah karena pailit.

Beberapa bulan setelah menganggur, aku mulai merasa kewalahan mengelola keuangan keluarga. Tidak bisa dipungkiri, suami adalah satu-satunya pencari nafkah saat itu. Bukan tidak menyukuri nikmat dari Yang Maha Pemberi, tetapi penghasilan suami memang masih kurang untuk memenuhi kebutuhan bulanan keluarga. Saat aku berkerja, kondisi keuangan kami memang bisa dikatakan berlebih, sehingga tidak hanya menabung, waktu itu kami juga masih bisa untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk berbagi dengan yang membutuhkan.

Berbagi disaat kondisi ekonomi sedang berlebih memang tidak akan terasa sama sekali. Tetapi ketika kondisi keuangan sedang terpuruk, ada hutang yang harus dibayar, ada kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, ada sekolah anak yang harus dibiayai, belum lagi biaya operasional sehari-hari yang tidak bisa bilang tidak. Maka memberikan sebagian uang yang ada untuk amal itu memang merupakan sebuah tantangan. Tidak bisa dibohongi terkadang hati berbisik, “untuk makan aja ga cukup, gimana mau kasih ke orang lain?”

Suatu malam di pertengahan bulan, waktu itu aku benar-benar merasa sangat nelangsa. Uang di tangan tersisa 600.000 sedangkan bulan masih tanggal 15. Berarti masih sangat jauh dari periode gajian berikutnya. Hatiku benar-benar merasa gelisah karena khawatir uang yang tersisa tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga akhir bulan. Kegelisahanku ternyata membuat suami terbangun dari tidurnya, dan dia sangat heran ketika mendapati aku yang belum tidur. Ketika suami bertanya ada apa, pertahananku pun jebol. Air mataku jatuh, aku pun menangis sejadi-jadinya. Seperti biasa, ketika aku menangis suami tidak akan banyak bertanya, dia hanya memelukku erat sampai aku tenang dan tangisanku mereda. Setelah tenang, aku pun menceritakan semua kegundahanku kepada suami. Aku bersyukur suamiku merespon dengan bijak semua keluhanku waktu itu, dia tidak mencecarku dengan pertanyaan mengapa uang sisa segitu padahal masih pertengahan bulan. Justru dia mengajukan pertanyaan yang membuatku tersentak.

“Bi, gaji ayah bulan ini, sedekahnya udah dikeluarin belum?” Aku menggeleng.

“Jangan lupa, ya. Ada hak orang lain di rezeki yang Allah kasihkan ke kita,” kata suamiku lagi.

Aku masih terdiam. Bukannya lupa, tetapi aku memang merasa gaji yang ada ga cukup, lha ... kalo sebagian dikeluarkan untuk amal tentu saja semakin gak cukup. Tapi aku ga katakan semua itu kepada suami.

“Ya, udah. Masalah uang yang tersisa tidak usah dipikirkan lagi, ya. Udah malam, istirahat yuk. Inshaa Allah, DIA YANG MAHA MENCUKUPI akan mencukupi kebutuhan kita.”

Deg!

Jantungku bagaikan berhenti berdetak. Ya Allah, betapa kufurnya aku dengan nikmat yang Allah berikan selama ini.

Benar yang suamiku bilang, mengapa aku harus khawatir kalau rezeki tidak akan cukup, ada DIA YANG MAHA KAYA yang akan mencukupi kebutuhan hamba-NYA. Disetiap rupiah yang Allah anugrahkan sebagai rezeki, terselip hak orang lain yang harus diberikan kepada yang berhak. Jadi tidak semestinya aku takut dan khawatir, kemudian menunda-nunda hak orang lain.

Keesokan harinya, tanpa pikir panjang lagi, aku segera mentransfer sejumlah uang ke rekening donasi Dompet Dhuafa. Aku merasa sangat terbantu dengan adanya rekening donasi Dompet Dhuafa ini, karena bisa berdonasi dengan cara praktis. Selain itu berdonasi di Dompet Dhuafa juga membuatku terhindari dari amalan riya. Terkadang sulit disembunyikan, saat aku berbagi secara langsung terselib juga rasa ujub dan bangga pada diri sendiri. Akibatnya aku jadi jauh dari rasa ikhlas. Tapi ketika berbagi via Dompet Dhuafa semua perasaan keduniawian itu tidak muncul sama sekali. Aku pun bisa beramal dengan penuh ikhlas, jauh dari rasa bangga yang menyebabkan riya. Alhamdulillah.


nominalnya ditutup aja yaaaaa





Berbagi Membuka Pintu Rezeki


Setelah menginfakkan sebagian uang yang kami miliki, hatiku pun mulai merasa tenang. Meskipun uang di tangan tersisa 4 lembar, tapi tidak ada sedikitpun kecemasan menggelayut di hatiku. Karena aku yakin, Allah akan mencukupi kebutuhan kami tanpa harus membuat kami terhina karena hutang.

Al-Baqarah : 245

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.


Dan memang benar. Allah membuktikan kekuasaannya. Allah mendatangkan rejekinya lewat blog yang aku miliki. MasyaAllah. Blog yang selama ini hanya tempat menulis curhat, tanpa ku sangka ternyata bisa menjadi jalan rezeki yang nominalnya berkali-kali lipat dari uang yang aku donasikan.

Jadi aku pun semakin percaya. Jangan takut berbagi, karena dengan berbagi sebenarnya yang kamu lapangkan bukan hanya kesulitan orang lain, tapi justru melapangkan jalan rezeki menuju dirimu sendiri.




Berbagi Tidak Harus Menunggu Kaya



Aku percaya kata-kata adalah doa, jadi jangan pernah mengucapkan kata-kata, “Ntar deh, kalo udah kaya baru aku bagi-bagi rezeki. Kalo sekarang makan aja susah, gimana mau bagi-bagi.”

Jika hati dan lisan telah menyepakati sesuatu itu ‘susah’, maka hal itu akan menjadi benar-benar susah. Ucapkanlah kata-kata yang mensugesti diri dengan hal yang baik-baik.


Al-Baqarah : 264

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنْفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا ۖ لَا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِمَّا كَسَبُوا ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari Akhir. Perumpamaannya (orang itu) seperti batu yang licin yang di atasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir.


Berbagi tidak harus menunggu kaya, kok. Berbagi juga tidak ada patokan nominalnya. Bisanya 10.000 silahkan, bisa 100.000 pun silahkan. Yang dituntut hanya keikhlasan kita saja agar yang kita amalkan bernilai ibadah disisi Allah.


Berbagi Tidak Harus Berupa Uang



Ini adalah pengalamanku yang lain saat berbagi dalam kondisi minim. Hanya selang beberapa bulan setelah kejadian yang ku ceritakan di awal tadi. Kontrak kerja suami berakhir disaat aku baru saja memulai usaha di rumah. Otomatis bulan itu kondisi kami sedang minim sekali. Tapi berbekal pengalaman yang telah ada, aku tidak lagi khawatir dan takut untuk berbagi.

Mengingat uang yang ada bener-bener hanya pas untuk biaya operasional, akhirnya aku putuskan untuk berbagi dalam bentuk barang. Aku sangat yakin, berbagi itu tidak harus dalam bentuk uang, tetapi bisa dalam bentuk apapun yang orang lain butuhkan. Kebetulan suamiku hobi memanci ng. Jadi hasil pancingannya kami tampung dalam bak kecil di belakang rumah. Tujuannya disaat kami tidak memiliki cukup uang untuk beli ikan, maka ikan yang ada di dalam bak itu bisa kami manfaatkan. Alhamdulillah, selama ini walaupun kondisi sangat pas-pasan, ikan yang ada di penampungan itu jarang kami gunakan. Ternyata inilah jalannya dari Allah. Ikan-ikan itu aku bagi-bagikan ke beberapa orang tetangga yang kondisinya sedang kurang beruntung. Memang tidak membantu secara finansial, tetapi setidaknya keluarga-keluarga itu bisa makan dengan lauk yang cukup untuk 1-2 hari. Alhamdulillah.

Berbagi memang tidak harus berupa uang. Tetapi bukan berarti bisa dilakukan secara sembarangan. Berikanlah barang yang kondisinya baik, yang kita sendiri menyukainya. Jangan berbagi barang yang tidak layak, yang kita sendiri tidak menyukainya. Apalagi jika barang itu berupa makanan.

Al-Baqarah : 267

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ ۖ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلَّا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya, melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Mahakaya, Maha Terpuji.




Berbagi Sebagai Bentuk Rasa Syukur


Sejak bangun tidur Allah sudah melimpahkan karunianya kepada kita, salah satu karunianya adalah DIA masih memberi kesempatan untuk kita hidup, dan itu berarti DIA telah memberi kita kesempatan untuk berkarya dan beribadah kepadaNYA. Allah masih beri kita kesempatan untuk bertobat dari semua kesalahan kita, dan juga masih beri kita kesempatan untuk melakukan kebaikan lebih banyak lagi. Dan berbagi adalah salah satu kebaikan yang sangat tinggi nilainya di sisi Allah. Jadi sebagai tanda rasa syukur kita atas semua limpahan kebaikan dari Allah, maka kita bisa lakukan berbagi kebaikan kepada sesama bisa berupa materi atau pun non materi.



Berbagi Tanpa Takut Salah Sasaran


Jika konteks berbagi yang kita bahas adalah sedekah, infak dan zakat, maka tentu saja ada syarat dan ketentuan berlaku yang harus dipenuhi agar amal kebaikan kita bernilai ibadah di sisi Allah. Untuk bersedekah misalnya, tidak bisa kita lakukan ke semua orang karena tidak semua orang berhak menerima sedekah. Begitu juga infak, apalagi zakat yang semakin tegas batasan syarat-syaratnya.

Lalu adakah aksi berbagi yang tidak mengenal syarat dan ketentuan berlaku? Kalau menurutku nih, ya. Ada banget, yaitu berbagi kebaikan. Misalnya membantu sesama yang sedang ditimpa musibah, bencana alam, atau korban kejahatan misalnya. Berbagi materi atau pun non materi kepada orang-orang yang mengalami hal itu tentu saja tidak berlaku syarat sebagai mana pada sedekah, infak dan zakat.

Oleh karena itulah, aku merasa sangat terbantu dengan adanya ruang donatur dari Dompet Dhuafa. Aku tidak perlu lagi merasa khawatir kalau pemberianku tidak tepat sasaran, karena Dompet Dhuafa memiliki orang-orang kompeten di bidangnya. Mereka tidak akan salah sasaran dalam menyalurkan donasi dari para donatur.

Aksi berbagi pun semakin mudah dilakukan, bisa transfer antar bank, donatur tinggal pilih rekening tujuan sesuai kebutuhan ada rekening untuk zakat, rekening untuk infak dan sedekah, juga ada rekening untuk dompet kemanusiaan.



Berbagi Membersihkan Hati dan Pikiran juga Mendatangkan Bahagia


Sekarang aku sudah merasakan sendiri manfaat langsung dari berbagi ini. Sejak membiasakan diri untuk selalu berbagi dalam setiap kesempatan aku merasakan hati dan pikiranku jauh dari kekhawatiran. Hati dan pikiran pun jadi bersih dan terhindar dari prasangka buruk terhadap Allah, sehingga rasa bahagia pun datang dengan sendirinya.

Dulu jika dalam keadaan sulit, aku sering berprasangka buruk kepada Allah. Berpikir Allah itu tidak adil-lah, berpikir Allah itu tidak sayang aku-lah, bahkan di puncak kufurnya aku pernah meragukan keberadaan Allah itu sendiri. Astaghfirullahal’adzim.

Jangan pernah ditiru ya, teman-teman. Apa yang aku pikirkan tentang Allah waktu dulu itu adalah SALAH BESAR yang menjurus pada DOSA BESAR.

Tentu saja Allah itu Maha Adil, hanya saja sebagai manusia keserakahan diri yang terkadang membuat pemberian Allah terasa tidak cukup. Padahal manusia itu terlahir dengan rezekinya masing-masing.

Alhamdulillah, sekarang semua prasangka dan pikiran buruk itu telah sirna sepenuhnya. Cukup tanamkan keyakinan di dalam hati, ALLAH itu MAHA KAYA dan MAHA MAMPU. DIA pasti mencukupi kebutuhan hambaNYA yang selalu beriman dan percaya dengan kekuasaanNYA. Tugas kita sebagai manusia hanya berusaha dan berdoa, tunaikan semua kewajiban, berbuat baik kepada sesama, dan berbagi adalah salah satu jalan untuk mewujudkannya. Jadi #JanganTakutBerbagi karena berbagi itu tidak ada batas minimumnya, tidak harus berupa uang, tidak harus menunggu kaya, tapi satu yang pasti rezeki itu bisa membuka pintu rezeki dan juga bisa membersihkan hati dan pikiran kita sehingga rasa bahagia akan selalu memenuhi ruang hati kita.

Nah, Sobatku tersayang. Sudah berbagi apa saja hari ini?



***
“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

Monday, April 8, 2019

5 Hal Yang Tidak Disukai Pengunjung Blog

April 08, 2019 3 Comments


Sebagai bloger, hal yang paling membahagiakan adalah ketika blognya banyak yang mengunjungi. Dan semakin semangat untuk terus menulis ketika para pengunjung itu juga meninggalkan jejak kunjungannya berupa komentar.

Untuk mendatangkan pengunjung yang banyak, bloger pun rela melakukan berbagai riset, bahkan melengkapi artikelnya dengan berbagai foto penunjang dan membuat video khusus demi kepuasan pembaca yang membaca artikelnya.

Selain itu tidak sedikit bloger yang juga memperindah tampilan blognya demi membuat betah para visitor yang sedang berkunjung. Mereka melengkapi blognya dengan berbagai widget, yang mengundang pengunjung untuk terus mengeksplor blog mereka. Hal ini tentu saja bagus, karena meningkatkan indeks sesi kunjungan blog, dan juga bisa memperkecil rasio pentalan di Google Analytics.

Tapi semua hal tersebut di atas tetap saja bukan jaminan akan membuat pengunjung menjadi setia dan terus kembali ke blog kita.


5 Hal Yang Tidak Disukai Pengunjung Blog



Ada 5 hal yang tidak disukai oleh pengunjung blog yang bloger harus hindari, yaitu:



1. Proses loading yang lambat

Kecepatan proses loading sangat menentukan betah atau tidaknya seorang pengunjung di sebuah blog. Para pakar perblogan pernah mengatakan, 4 detik adalah ambang batas maksimal seorang pengunjung menunggu halaman blog terbuka, lebih dari itu pengunjung memilih untuk leave. Oleh karena itu pemilik blog harus jeli mengatur blognya agar proses loading-nya cepat. Salah satu caranya adalah menguragi widget-widget tidak penting atau mengurangi ukuran image yang ada di dalam artikel.



2. Terlalu banyak iklan

Tidak bisa dipungkiri iklan adalah salah satu cara mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi bloger. Namun pemasangan iklan yang tidak pada tempatnya justru akan mengganggu tampilan artikel. Akibatnya pengunjung menjadi jengah karena artikel yang akan dibaca tertutupi oleh iklan. Untuk menyiasatinya, tempatkanlah iklan di sisi kiri-kanan atau bagian atas dan bawah blog. Jika ingin meletakkan iklan di tengah-tengah artikel, maka buatlah jarak yang cukup dengan paragraf atas dan bawah, sehingga tidak mengganggu penampilan artikel.



3. Bahasa yang alay

Artikel yang ditulis dengan bahasa santai memang lebih menyenangkan bagi pengunjung, karena terasa lebih akrab dan tidak kaku. Tapi bukan berarti bloger bebas menggunakan bahasa gaul alay yang tidak dipahami semua pembaca. Bloger harus ingat satu hal bahwa pengunjung blognya berasal dari beragam usia, mulai dari remaja hingga dewasa. Jadi gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai PUEBI. Menggunakan istilah-istilah gaul boleh saja untuk mengurangi kekakuan, tetapi gunakanlah sewajarnya jangan berlebihan.



4. Konten memuat kata-kata dan gambar yang tidak pantas

Content is the king. Bagi seorang bloger kualitas artikel adalah nomor satu karena itu hindari menggunakan kata-kata yang tidak sopan sekalipun artikel yang kamu tulis merupakan sebuah opini. Memang tidak ada aturan tertulis yang mengatur bagaimana bloger harus menulis artikel di blognya. Namun etika tetap tidak bisa diabaikan. Jika artikel memuat kata-kata dan gambar yang tidak pantas, bisa dijamin pengunjung akan merasa jengah kemudian memutuskan untuk menutup blog kamu.



5. Warna template yang melelahkan mata

Pada dasarnya template berfungsi untuk membuat tampilan blog menarik. Makanya tidak aneh jiga banyak bloger yang rela mengeluarkan uang untuk membeli template yang desainnya cantik dan unik. Sayangnya tidak semua bloger juga memahami pentingnya pengaturan warna template pada blog ini, sehingga menggunakan warna yang justru membuat mata pengunjung lelah bahkan sakit. Untuk itu gunakanlah warna-warna yang nyaman di mata, terutama warna untuk latar tulisan artikel. Sebaiknya gunakan warna yang lembut seperti putih atau krem. Hindari menggunakan warna-warna yang gelap atau terlalu terang seperti hitam, coklat, merah, dan strong colour lainnya.



Nah, itu dia 5 hal yang tidak disukai oleh pengunjung blog.

So, Gais. Ingin jumlah pengunjungmu banyak? Hindari 5 hal yang tidak disukai oleh pengunjung blog ini, ya. Oh ya, ada tambahan lagi gak, gais? Jangan sungkan tambahkan di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.



***

Artikel ini diikut sertakan dalam PAS JA Collab Blogging, sebagai tanggapan atas trigger post yang ditulis oleh Damar Aisyah dengan judul Selain Hobi Menulis, Berikut 5 Modal Menjadi Bloger.

Wednesday, April 3, 2019

Semarak Ulang Tahun Cekaja.com, Ajukan Kredit Dapat Hadiah

April 03, 2019 0 Comments
SEMARAK HARI ULANG TAHUN CEKAJA.COM!

Dalam rangka memperingati ulang tahun CekAja.com yang ke-5, ada banyak hadiah yang menanti kamu. Mulai dari Sepeda Motor Scoopy terbaru, Kamera Mirrorless Fuji X-A10, 8 Smartphone Samsung Galaxy M20, dan gratis ribuan asuransi perlindungan kecelakaan diri. Gimana caranya? Cukup ajukan Kartu Kredit, KTA, atau Asuransi, dan masukkan kode voucher "CEKAJA5" untuk mendapatkan kesempatan rebut hadiah utama! Tunggu apalagi? Yuk, ikutan! Ajak keluarga dan teman-temanmu untuk merasakan kemudahan akses finansial di CekAja.com dan jadilah pemenang beruntung!





Semarak Ulang Tahun Cekaja.com,  Ajukan Kredit Dapat Hadiah


Yuhuuuu!

Cekaja.com tebar-tebar hadiah nih, gais. Mengajukan kartu kredit, KTA dan asuransi bisa mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah keren seperti sepeda motor, kamera dan smartphone. Duh, bikin mupeng ga sih, gais.

Tapi tunggu dulu, teman-teman semua sudah pada tahu belum ya apa itu cekaja.com?

Jadi untuk kamu-kamu yang belum tahu nih, ya, cekaja.com itu adalah portal layanan informasi dan perbandingan yang netral untuk membantu masyarakat Indonesia dalam membuat keputusan finansial yang cerdas sehubungan dengan asuransi, segala jenis kredit, tabungan, investasi, dan produk-produk konsumen lainnya.

Penyedia kartu kredit kan banyak, ya. Begitu juga asuransi dan investasi, pilihannya juga banyak. Nah, untuk mendapatkan perbandingan dari semua itu kita tidak perlu capek-capek mengunjungi perusahaan penyedianya satu-persatu. Cukup kunjungi cekaja.com, dengan duduk manis sambil menyeruput segelas teh, maka semua informasi yang dibutuhkan pun tersedia.

Produk-produk yang Ditawarkan oleh Cekaja.com


Cekaja.com menyediakan banyak produk yang pastinya sangat dbutuhkan oleh masyarakat Indonesia belakangan ini. Apa saja produknya?
Check this out ya, gais.

Kartu Kredit

Kamu bisa mendapatkan penawaran kartu kredit terbaik hanya dengan satu kali klik di Cekaja.com. Caranya, klik menu ‘kartu kredit’ di website cekaja.com, kemudian halaman berikutnya akan terbuka berisikan banyak pilihan kartu kredit. Nah, silahkan dibaca dan dibandingkan masing-masing keterangan pada kartu kredit yang ditawarkan. Ada lebih dari 50 pilihan kartu kredit yang tersedia dari bank yang berbeda, lho. Tinggal pilih, trus kalau sesuai klik ‘ajukan sekarang’. Dalam waktu 24 jam kamu bakal dihubungi oleh petugas yang bertugas.





Kredit dan Pinjaman

Bagi kamu yang memiliki kebutuhan akan rumah, kendaraan, atau modal usaha, nah, menu kredit dan pinjaman adalah solusinya. Pada menu ini kamu bisa memilih Kredit Tanpa Agunan, Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor, Kredit Kepemilikan Rumah, dan Kredit Dengan Agunan. Cukup klik disalah satu kategori kredit yang tersedia, kemudian isi form yang ditampilkan berikutnya. Agar kamu mendapatkan tawaran yang terbaik, pastikan untuk mengisi form sesuai dengan data sebenarnya ya, gais. Setelah semua isian terisi, berikutnya kamu akan memperoleh data kredit yang dibutuhkan dari berbagai bank berbeda. Tinggal dicocokkan saja dengan kemampuan kamu dalam membayar.



Asuransi


Selain KTA, kredit dan pinjaman, di Cekaja.com kamu juga bisa mendapatkan perbandingan dari produk asuransi. Sebagai orang yang awam dengan istilah-istilah asuransi, terkadang aku suka bingung saat agen asuransi sedang menjelaskan produk asuransi yang ditawarkannya. Makanya aku lebih nyaman dengan membaca sendiri di web Cekaja.com ini.

Ada beberapa pilihan asuransi yang ditawarkan seperti asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri, asuransi elektronik, asuransi mikro, dan banyak lagi asuransi jiwa dan kesehatan lainnya.

Investasi

Produk yang berikutnya ditawarkan adalah investasi. Serupa dengan asuransi, investasi juga memiliki banyak pilihan, ya. Ada deposito berjangka, deposito syariah, reksadana, logam mulia, dan unit link. Untuk mendapatkan informasi perbandingan dari setiap perusahaan investasi ini, kamu tinggal klik saja salah satu kategori investasi yang diinginkan, selanjutnya akan muncul pilihan produk investasi berikut dengan besaran bunga yang didapat. 




Duh, produk yang ditawarkan super komplit ya, gais.

Dengan adanya cekaja.com ini kita memang terbantu banget nih, gais. Apalagi bagi kamu-kamu yang mungkin sedang kesulitan modal usaha, atau sedang galau karena butuh biaya mendadak, sedangkan periode gajian masih lama. Nah, cekaja.com punya solusi jitu buat kamu, nih, yaitu https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online. Hanya dalam satu kali klik, kebutuhan kamu pun terpenuhi. Tapi aku saranin nih, gais. Jangan pernah menggunakan fitur canggih ini untuk kebutuhan konsumtif, ya. Ajukanlah pinjaman dengan bijak sesuai kebutuhan, dan bayarlah cicilannya tepat waktu agar terhindar dari denda dan bunga cicilan.

Finally, selamat ulang tahun yang ke-5 Cekaja.com. Semoga panjang umur, dan  semakin sukses dalam memberi manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.