Follow Us @soratemplates

Tuesday, April 16, 2019

Tips Mencari Tempat Usaha Agar Bisnis Berjalan Baik

Seiring perkembangan zaman, pola pikir masyarakat pun mulai mengalami pergeseran. Dari yang dulunya merasa aman dan nyaman menjadi seorang karyawan, hingga sekarang memiliki usaha sendiri. Masyarakat modern tidak lagi ragu untuk memulai usaha sendiri, karena berbisnis di zaman sekarang bukan lagi hal yang menakutkan. Dengan syarat bisnis itu dibangun dengan perencanaan yang matang.

Memiliki bisnis sendiri memang merupakan idaman masyarakat modern saat ini, karena dengan berusaha sendiri kita tidak terikat dengan siapa pun. Apalagi bagi orang yang tidak suka diperintah-perintah oleh orang lain, maka memiliki usaha sendiri adalah cara yang pas untuk menghasilkan uang. Tetapi meskipun tergantung diri sendiri, bukan berarti bisa seenaknya, ya. Jika ingin usaha yang kita bangun berjalan baik untuk waktu yang lama, maka kita harus berkerja keras untuk membuatnya sukses.

Agar bisnis yang kita usahakan berjalan baik, maka ada banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari modal, konsep usaha, target konsumen, hingga tempat usaha yang tepat.



Tidak bisa dipungkiri, tempat usaha merupakan salah satu kunci suksesnya sebuah usaha. Semakin strategis tempat usaha yang kita miliki, maka semakin mudah bagi kita untuk menawarkan produk atau jasa yang kita jual. Tetapi mencari tempat usaha yang tepat itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Selain budget, ada beberapa hal yang harus dijadikan acuan dalam mencari tempat usaha, salah satunya adalah jenis usaha. Contohnya kita memiliki usaha fotocopy dan percetakan, maka lokasi usaha yang tepat adalah di sekitar sekolah, kampus atau perkantoran. Meskipun ada ruko disewakan dengan harga murah, tetapi kalau lokasinya di dekat pasar tradisional tentu saja tidak tepat.

Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam mencari tempat usaha agar bisnis berjalan baik


1. Lokasi mudah terlihat

Semakin terlihat tempat usaha kita, maka semakin banyak orang yang tahu. Jadi tanpa perlu banyak promosi, cukup dengan memasang spanduk di depan tempat usaha saja, orang-orang akan cepat mengetahui produk dan jasa yang kita jual. Apalagi jika ditambah dengan promosi via media sosial, bisnis kita pun akan semakin dikenal.



2. Lokasi mudah diakses

Untuk mendapatkan kunjungan konsumen dengan mudah, maka pastikan tempat usaha yang kita cari memiliki akses yang mudah dan bisa dijangkau oleh kendaraan roda dua atau pun roda empat. Hindari tempat usaha di gang sempit karena sudah pasti kendaraan akan sulit untuk keluar masuk.



3. Dekat dengan konsumen

Seperti yang telah di kemukakan di awal artikel, tempat usaha hendaknya dekat dengan konsumen. Jadi sejak awal tentukan siapa target bisnis kita. Seperti halnya usaha fotocopy tadi, sudah jelas target kita adalah pelajar, mahasiswa, dan karyawan kantoran. Jadi pastikan tempat usaha yang kita cari mudah mereka jangkau.



4. Harga sewa terjangkau

Bukan rahasia, ya. Tempat usaha yang strategis biasanya diiringi oleh harga sewa yang tinggi. Inilah yang harus dicermati sejak awal. Jangan sampai salah pilih, sehingga kita keteteran untuk memenuhi biaya sewa setiap periodenya. Sebelum memutuskan untuk menyewa tempat usaha, pastikan untuk melakukan kalkulasi yang cermat.



5. Legalitas tempat usaha

Meskipun bisnis yang kita jalani masih tergolong bisnis kecil, namun jangan anggap remeh masalah legalitas tempat usaha ini. Pastikan tempat usaha yang kita pilih bebas sengketa dengan pihak lain. Untuk menghindari hal buruk ini terjadi, ada baiknya kita memastikan terlebih dahulu bahwa bangunan tempat usaha memiliki surat-surat perizinan yang sah, seperti IMB, SHM, dan lain sebagainya.



6. Lingkungan yang aman dan kondusif

Memulai usaha di tempat yang aman dan kondusif itu sangat penting agar para pengunjung atau konsumen merasa nyaman. Jangan pilih tempat usaha yang lingkungannya banyak preman atau pun banyak pungutan liar. Sebisa mungkin pilihlah tempat usaha yang sekitarnya sudah ada usaha lainnya.



Oke, itu dia tips mencari tempat usaha agar bisnis berjalan dengan baik. Teman-teman ada tambahan? Jangan sungkan drop di kolom komentar, ya. Sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.