Follow Us @soratemplates

Tuesday, October 24, 2017

Nabung Untung di SOBATKU, Dari Recehan Jadi Jutawan

October 24, 2017 0 Comments

Uang Nganggur Tidak Untuk Dianggurkan


Bicara tentang uang nganggur, rasa-rasanya untuk orang-orang dengan golongan ekonomi menengah ke bawah seperti aku ini sulit untuk mendapati uang nganggur di rumah. Jangankan untuk menabung, kebutuhan sehari-hari saja terpenuhi udah syukur banget, lho. Jadi nabung uang nganggur, kok, rasanya mimpi, ya ?

Tapi, yakin loe ga punya uang nganggur di rumah ?
Itu uang recehan sisa belanja di pasar tadi pagi diapain coba ? 
Emangnya disimpen ? 

*rogoh kocek, bongkar dompet*
*nihil*
*ternyata ketemu gopek-an 3 biji di atas tivi*
Hahaha.

Bener, nih.

Kebiasaan buruk banget emang. Jangan ditiru ya, gais. Uang-uang receh sisa-sisa belanja emang sering banget terabaikan. Ga ada niat menelantarkan sih sebenarnya, cuma kadang karena kesibukan ga sempat masukin ke dompet, taroh di suatu tempat, trus lanjut deh kerja. Dan si koin recehan tadi pun terlupakan. Hiks..

Tapi itu dulu. Tak pun dulu-dulu banget, setidaknya beberapa waktu yang lalu lah, ya. Sekarang aku udah ga mau lagi menyia-nyiakan uang receh. Karena setelah dikumpulkan selama sebulan hasilnya lumayan bangeeeet. Bisa untuk beli beras sekarung malah. Duh ... nyesel deh nyia-nyiain uang receh dulu.

Belajar dari pengalaman, uang receh sisa-sisa belanja ga lagi di taroh sembarangan. Kami sekeluarga sepakat untuk mengumpulkannya ke dalam satu tempat. Tapi yang namanya uang receh ya, 100, 200, 500, 1000 kalo dikumpulin ya emang lama. Tapi kalo gak ditungguin dan gak di hitung-hitung sih gak lama juga, ga nyampe sebulan celengan kami pun penuh.

Dan di sinilah drama pun bermula. Ribet euy !
Koin semua kan, ya, jadi ngitungnya lama. Jadi biar mudah itu koin kami lilit deh pake isolasi.

Udah dihitung kerjaan kelar ?

Enggaaak.

Sekarang PR terbesarnya justru datang. Nukerinnya di mana ?
Kalo ke warung-warung dekat rumah mereka ga mau menerima semua. Kudu datangi beberapa warung baru bisa ditukar dengan uang nominal besar. Ribet, kan, yah.
Untunglah alfamart selalu siap sedia menerima tukeran uang receh ini.
Tapiiiii ... ada tapinya lagi lho.
Alfamartnya mau meneriman tukeran uang receh dengan syarat uang tunai di laci kasir juga tersedia.

Jadi gimana caranya biar uang receh hasil tabungan ini bisa dimanfaatkan dengan mudah dalam tempo yang sesingkat-singkatnya ?

Jawabannya adalah SOBATKU. Simpanan Online Sahabatku







SOBATKU adalah produk simpanan atau tabungan online yang dikeluarkan oleh KSP Sahabat Mitra Sejati yang juga dikenal sebagai Sahabat UKM. KSP Sahabat Mitra Sejati dipimpin oleh pengurus yang profesional dan secara langsung didukung oleh Bank Sahabat Sampoerna.

SOBATKU adalah tabungan online berbasis aplikasi yang memungkinkan kita untuk buka tabungan cukup dengan smartphone. Nomor handphone kamu langsung menjadi nomor rekening. Menabung pun bisa lebih mudah, dimana saja, dan kapan saja dan dengan nominal berapa saja. Bahkan dengan uang recehan seperti yang aku bilang di atas pun bisa.

SOBATKU dikembangkan untuk menjawab perkembangan financial technology atau fintech dengan berbagai fitur nabung dan transaksi yang mudah, gratis dan praktis.

Ada 3 cara mudah dan praktis menabung di SOBATKU.
  • Setor tunai di Alfamart/Alfamidi
Datang ke Alfamart/Alfamidi, kemudian katakan kepada kasir bahwa kamu mau setor tunai tabungan Sobatku. Ntar kasir bakal memproses permintaan kamu. Oh .. ya, minimal penyetoran 50.000 ya, gais.

uang recehan yang mudah-mudahan bisa bikin jadi jutawan



  • Transfer via bank
Nah ... kalo cara yang berikut ini kurang lebih sama dengan menabung pada bank-bank konvensional lainnya. Bisa via atm atau internet banking. Caranya mudah, cukup masukkan nomor Virtual Account yang bisa dilihat di menu Akun Saya  pada aplikasi, kemudian masukkan nominal uang yang ditransfer, konfirmasi transaksi, dan selesai.



  • Menabung lewat teman
Cara ini termasuk yang paling asyik, nih. Karena tidak ada batasan nominalnya. Caranya pun mudah, cari teman yang juga memiliki rekening Sobatku. Trus bilang deh, kamu pengen nabung via dia. Ntar si teman tinggal klik menu Transfer Sesama Sobatku di aplikasi SOBATKU di handphonenya, masukkan nomor akun kamu, jumlah dan PIN. Taraaa ... saldo kamu pun bertambah. Eits... jangan lupa kasih uang tunai kamu ke teman itu ya. Jangan sampai lupa lho. Hahaha.


Keunggulan menabung di SOBATKU


Mengapa sih harus pake SOBATKU ? Kan pake rekening tabungan biasa juga bisa, di mobile banking pun bisa transaksi.

Benerrrr. Kamu ga salah, kok. Lewat aplikasi mobile banking dari bank-bank konvensional pun banyak hal yang bisa dilakukan.

Tapi ada beberapa keunggulan SOBATKU ini yang tidak semua dimiliki oleh aplikasi mobile banking lainnya.

  • Aplikasi mudah di download di Google Play atau App Store
  • Nomor rekening = nomor handphone, jadi lebih mudah diingat. 
  • Gratis biaya administrasi dan tanpa saldo minimal
  • Gratis biaya transaksi pembelian pulsa
  • Gratis biaya setor dan tarik tunai di Alfamart/Alfamidi
  • Biaya transfer ke bank lain lebih murah
biaya transfer yang sangat murah


Dan bukan hanya itu saja. Pemilik akun di SOBATKU memiliki kesempatan untuk memenangkan ribuan hadiah dengan undian milyaran rupiah berupa undian bulanan dan undian grand prize senilai 100 juta setiap 3 bulan.

WOW !!

Amazing, yah.

Tapi ada undian, tentunya ada syarat dan ketentuannya juga, ya.

Syarat dan ketentuan mengikuti undian di SOBATKU.

  • Pengguna berstatus UPGRADE dan memiliki saldo rata-rata harian minimal Rp100.000 setiap bulan pengundian.
  • Poin yang dikumpulkan pada akhir bulan diikut sertakan pada pengundian bulan tersebut, dan akan di reset setelah pengundian dilakukan.
  • 1 poin = 1 nomor undian
  • Jumlah poin bisa dilihat pada tanggal 1 setiap bulan.
  • Undian dilakukan dengan cara komputerisasi secara transparan dan di depan notaris pada tanggal 10 setiap bulan.
  • Pengumuman pemenang undian dilakukan mulai tanggal 11 setiap bulan melalui sms/wa/email blast, website dan media sosial.



Kita sudah bicara tentang keuntungan, sudah bicara syarat dan ketentuan. Ngomong-ngomong fitur yang ditawarkan apa saja, sih ?

  • Nabung lebih mudah dimana saja, kapan saja
  • Tarik tunai semudah belanja di Alfa
  • Transfer uang makin mudah dan menyenangkan
  • Praktis bayar dan beli di Sobatku
  • Atur jadwal transaksi sesukamu
  • Setor dan tarik di cabang KSP SMS

SOBATKU Juga Bisa Dipakai Untuk Berbisnis

Selain untuk menabung, SOBATKU juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang, lho, gais. Dengan aplikasi SOBATKU di ponsel, kita bisa melakukan transaksi seperti halnya transaksi di PPOB lainnya. Hal ini karena adanya fitur Bayar & Beli yang ada di aplikasi SOBATKU. Bisa melayani pembayaran tagihan bulanan dan juga bisa melakukan transaksi penjualan pulsa dan token listrik.

layanan SOBATKU yang bisa digunakan untuk bisnis



Nabung Untung di SOBATKU, Dari Recehan jadi Jutawan, Apakah mungkin ?

Jawabannya mungkin banget, gais. Asalkan kamu bisa menjaga saldo harian rata-rata pada jumlah minimal Rp100.000 maka kamu berhak untuk mengikuti undian, berarti peluang pun terbuka.

Perhitungan poin berdasarkan saldo adalah sebagai berikut :
A. Saldo rata-rata < 500 ribu, jumlah poin adalah kelipatan 50 ribu dikali 10 poin
B. Saldo rata-rata 500 ribu sd < 10 juta, jumlah poin setiap kelipatan 50 ribu dikali 30 poin
C. Saldo rata-rata > 10 juta, jumlah poin setiap kelipatan 50 ribu dikali 40 poin.



Dengan poin yang kamu kumpulkan, maka setiap 3 bulan sekali kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan grand prize senilai 100 juta rupiah. Dan mereka yang tersebut di bawah ini adalah bukti pemenang undian bulan sebelumnya.







So, masih ragu untuk memiliki tabungan SOBATKU ?

Udaaah ... ga usah mikir terlalu lama, lho, gais.

Ayo ... buruan, download aplikasinya, buat akunnya, dan tingkatkan terus saldo kamu.



Dari recehan jadi jutawan ?

Ada yang nolak ?

****
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.
****




 







Monday, October 23, 2017

Golongan Darah Anak Beda dengan Orangtua ? Jangan Berpikir Buruk Dulu. Berikut Penjelasan Ilmiahnya.

October 23, 2017 0 Comments

Dulu aku berpikir bahwa golongan darah anak pasti sama dengan golongan darah salah satu orang tuanya. Kalau ayahnya B, ibunya A, maka golongan darah anak pasti A atau B. Gak akan mungkin si anak memiliki golongan darah O atau AB.

Makanya ketika Aira ikut pemeriksaan golongan darah di sekolahnya, aku yakin banget kalo golongan darah Aira pasti sama denganku atau ayahnya. Kalo nggak A ya pasti B, lah. Gitu.

Tapi yang terjadi bener-bener bikin kaget aku dan abi. Sepulang sekolah Aira memperlihatkan laporan hasil pemeriksaan golongan darahnya dan di kartu itu tertulis jelas bahwa golongan darah Aira adalah O.

Lho ... Kok bisa ? Sementara aku B, ayahnya A.

Aku dan abi pun saling pandang dengan pikiran tak menentu.

Sebelum pikiran yang tidak jelas menyesatkan kami berdua, aku pun memutuskan untuk mencari tahu lebih jauh seputar golongan darah ini.

Ternyata, anak dengan orang tua yang  bergolongan darah A dan B juga memiliki kemungkinan untuk bergolongan darah O dan AB.

Mengapa bisa begitu ?

Berikut penjelasan ilmiahnya, berdasarkan informasi yang aku kutip dari berbagai sumber.

Penggolongan darah manusia terdiri atas 4 yaitu A, B, O, dan AB. 


  • Golongan darah A dan B, bersifat homozigot dan heterozigot.
·          A homozigot terdiri dari gen IAIA, sedangkan A heterozigot terdiri dari gen IAIO
·          B homozigot terdiri dari gen IBIB, sedangkan B heterozigot terdiri dari gen IBIO
  • Golongan darah AB, bersifat heterozigot dengan gen IAIB
  • Golongan darah O, bersifat homozigot dengan gen IOIO
Perbedaan genetik inilah yang bisa menyebabkan golongan darah anak berbeda dengan orang tua.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari tabel berikut ini :


Jika orang tua bergolongan darah A (homozigot) dan B (homozigot) maka anak akan bergolongan darah AB. 

Jika salah satu orang tua bergolongan darah A (homozigot) yang lainnya bergolongan darah B (heterozigot) maka kemungkinan anak akan bergolongan darah A atau AB.

Yang terjadi pada keluargaku adalah aku bergolongan darah B (heterozigot) dan suami bergolongan darah A (heterozigot), maka Aira pun memiliki peluang untuk bergolongan darah O.

Trus, gimana caranya biar kita tahu golongan darah kita bersifat homozigot atau heterozigot ?

Tenang, gais. Cara mengetahuinya mudah banget kok.

Homozigot atau heterozigot darah seseorang itu kembali ke darah orang tuanya.

Kemungkinan seseorang bisa memiliki golongan darah A/B homozigot hanya jika kedua orang tuanya memiliki golongan darah yang sama atau salah satunya adalah AB. (Lihat tabel di atas)

Contoh :
Aku bergolongan darah B. Karena ibuku darahnya A, dan ayah B, maka sudah pasti aku adalah B heterozigot.


Tetapi jika aku bergolongan darah B. Ibuku B, ayahku juga B, maka ada peluang sebesar 25% aku akan bergolongan darah B homozigot.

Begitu juga jika aku bergolongan darah B. Ibuku A, ayahku AB. Maka 37,5% kemungkinan aku bergolongan darah B homozigot

Dan ini tidak berlaku untuk golongan darah O.

Karena persilangan golongan darah A, B dan AB dengan O sudah pasti akan melahirkan anak dengan golongan darah yang sifatnya heterozigot.

Nah, ada yang mengalami hal yang sama dengan keluarga kami ?
Share ceritanya dong, gais.








Saturday, October 14, 2017

Tips Memulai Bisnis Budidaya Lele

October 14, 2017 0 Comments

Tips Memulai Bisnis Budidaya Lele - Menjadi seorang pengusaha yang sukses ternyata gampang-gampang susah tergantung tips dan trik yang digunakan. Berbagai tantangan besar dan risiko sudah tentu menunggu  sehingga beberapa pertimbangan dan persiapan harus dipikirkan dengan matang. Meski pun begitu, tidak perlu muncul rasa kecil hati atau sudah ciut mental sebelum memulai mencobanya karena dalam sebuah bisnis untung dan rugi memang tidak bisa dihindari.

Kebutuhan lele yang meningkat di masyarakat ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu peluang emas bisni, lho. Apalagi jika ternyata di sekitar rumah terdapat banyak sekali penjaja makanan penyet seperti pecel lele dan juga warung makan seperti warung masakan padang maka bisnis budidaya lele ini akan sangat cocok bagi kamu sebagai pemula di dunia bisnis.

Selain itu, pasar tradisional bahkan supermarket juga menyediakan lele sehingga peluang untuk menjadi supplier semakin besar.

Lalu persiapan apa yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini? Pada penjelasan kali ini akan dibahas mengenai langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk memulai usaha budidaya lele tentunya dengan modal kecil.

1.    Pembuatan kolam
Beberapa jenis kolam bisa dipilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Bahkan, bisnis ikan lele ini bisa dijalankan meski pun kamu tidak memiliki modal sepeser pun, lho, gais. Hal ini bisa terjadi karena tentunya kamu masih bisa melakukan Pinjaman tanpa jaminan cepat di beberapa tempat.

Kemudahan dalam prosedur peminjaman tentunya tidak akan menghambat perjalanan bisnis yang direncanakan.

Sebenarnya, ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang sangat mudah dipelihara sehingga kondisi air tidak terlalu mempengaruhi perkembangan karena kondisi apapun air tersebut tetap dapat dijadikan sebagai media untuk pembesaran pada lele.

Terdapat dua jenis kolam yang biasa digunakan untuk budidaya, yaitu kolam beton dan kolam terpal. Untuk ukuran kolam berkisar antara 5m x 2 m meter yang bisa digunakan untuk budidaya lele kurang lebih sebanyak 1000 ekor lele. Jika ternyata jumlah lele yang akan dipelihara lebih banyak dari 1000 ekor maka luas kolam bisa dikalikan atau kelipatan dengan kisaran jumlah lele yang akan dipelihara.

Untuk memudahkan dalam proses pemindahan kolam. Jenis kolam terpal akan sangat cocok digunakan karena pembuatannya lebih mudah dan sangat praktis. Selain itu, produktivitas dari lele akan tetap pada tingkat yang tinggi. Bahaya dari penyakit and juga hama akan lebih mudah dihindari daripada jenis kolam dengan tanah karena memang jenis kolam dengan tanah tidak ada media perantara antara tanah dan lele. Hasil yang tidak optimal tentunya menjadi mimpi buruk pada pebisnis. Syarat hidup ikan lele juga menjadi hal yang pertimbangkan, meski pun ikan lele dapat hidup diberbagai suhu, namun ikan ini hanya bisa hidup di kondisi tempat dengan kisaran PH antara 7-8.

2.    Persiapan sebelum penebaran benih
Dua langkah yang sangat penting dilakukan sebelum menebar benih dalam kolam adalah memastikan air kolam terisi dan sudah melakukan pemupukan.

Bagaimana langkah ini bisa dilakukan?

Untuk mengisi air kolam maka isikan kolam dengan air yang bersih tentunya tidak tercemar oleh limbah apapun kurang lebih dengan tinggi antara 55 cm – 65 cm. langkah selanjutnya yaitu pemupukan yang dilakukan dengan pupuk kandang dari domba atau kambing. Masukkan pupuk tersebut ke dalam karung dan sesuaikan jumlah pupuk dengan luas kolam lele. Biasanya kisaran ukuran yang digunakan yaitu 1,5 kg pupuk digunakan setiap meter persegi.

Nah, pupuk tersebut masukkan ke dalam dua karung dengan bobot yang sama sehingga nantinya ketika dimasukkan ke dalam kolam, setiap kolam terdapat dua karung pupuk kandang. Setelah itu masukkan pupuk kandang yang sudah dimasukkan ke dalam karung ke kolam lele yang sudah disiapkan. Letakkan secara bebas karena nantinya pupuk tersebut akan bergerak bebas sesuai dengan pergerakan air. Biarkan pupuk tersebut berada di dalam kolam kurang lebih dalam waktu satu minggu. Setelah seminggu berlalu, angkat pupuk kandang tersebut dan pastikan bahwa pupuk tersebut sudah terserap secara total oleh air.



3.    Pilihlah bibit yang unggul
Gak bisa dipungkiri, kunci penting untuk sukses berbisnis budidaya ikan lele selain pada tempat budidaya juga sangat bergantung kepada benih yang dipilih. Meski pun harganya jauh lebih mahal daripada bibit lele dengan kualitas yang rendah, namun kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan tentunya mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Jika ternyata biaya yang dimiliki tidak cukup untuk membeli bibit dengan kualitas yang bagus, sangat dianjurkan bagi kamu untuk melakukan pinjaman uang cepat di beberapa tempat yang khusus melayani peminjaman uang dengan prosedur yang mudah dan pencairan uang yang cepat. Jangan takut tidak bisa melunasi pinjaman tersebut karena panen ikan lele dengan optimal sudah tentu akan memberikan banyak keuntungan.
Lalu bagaimana cara mengetahui bibit tersebut unggul atau tidak?

Berikut ini beberapa ciri-ciri bibit lele yang unggul.
a.    Ikan lele yang berkualitas tentunya memiliki bentuk tubuh yang tidak ada cacatnya, pergerakannya ketika di air sangatlah lincah, warnanya hitam mengkilap, sungutnya tidak pucat bahkan berseri-seri, tubuhnya seimbang antara besar kepala dan juga besar tubuhnya, ekornya bergerak-gerak cepat.
b.    Selain ciri di atas, ciri lain dari bibit lele yang berkualitas adalah kecepatan pergerakan ketika di dalam air. Kelincahan tersebut tentunya tidak akan membuat posisi lele menggantung atau vertikal dengan air dan juga tidak akan memiliki posisi tubuh berdiri ketika ada di dalam air. Kondisi ini tentunya bisa memberikan informasi pada Anda jika bibit tersebut tidak beres.


4.    Penebaran benih dengan cara yang ideal
Sebelum bibit lele ditebar dalam kolam, bibit-bibit tersebut bisa dimasukkan dalam baskom plastik lalu dimiringkan pelan-pelan agar benih tersebut masuk ke dalam kolam dengan sangat baik. Penebaran benih tentunya tidak bisa dilakukan sembarangan, terdapat pilihan waktu yang memang dianggap sangat cocok dan efektif dalam penebarannya yaitu pada sore hari atau pagi hari. Hal ini dilakukan agar bibit lele tidak terkena sinar matahari secara langsung dan juga kondisi air yang tertempa sinar matahari tentunya memiliki kondisi yang panas atau hangat sehingga bibit lele bisa saja setres atau bahkan mati dengan sangat mudah.


5.    Pemeliharaan dan waktu panen yang tepat
Pemeliharaan lele tentunya akan jauh lebih mudah dari beberapa jenis lele yang lainnya. Kunci penting dalam pemeliharaan yang pertama adalah pemberian makan dan yang kedua adalah pengelolaan air kolam. Sebelum melakukan panen, pastikan air kolam pernah diganti minimal sekali dan tidak dilakukan dengan teknik sirkulasi karena akan mempengaruhi pH pada tanah. Pemberian pakan juga harus sangat diperhatikan sehingga dalam waktu 2 sampai 3 bulan saja lele tersebut sudah siap untuk dipanen dan dijual.
Bagaimana, gais ?
Minat berbisnis budidaya ikan lele ?

Saturday, October 7, 2017

DIY Projects : Lunch Bag Dari Baju Bekas

October 07, 2017 0 Comments


DIY Projects : Lunch Bag Dari Baju Bekas-Hai, gais. Apa kabar ? Udah lama ya aku ga posting tentang DIY Projects. Nah ... Dalam rangka lepas kangen, aku pun berpikir keras mencari ide yang kali aja lagi melintas di kepala. 😁

Oh .. ya. Bagi kamu yang udah follow IG aku @Merida_merry pasti udah lihat postingan aku beberapa hari yang lalu. Hayoooo ... Yang belum follow siapa ?
Follow dong kakaaa 🙏

Sesuai janji aku di postingan IG, aku akan share step by step cara menyulap baju bekas menjadi lunch bag.

Stay tune ya, don't go anywhere.

Lunch Bag dari Baju Bekas

Bahan :
Baju bekas berbahan kaos
Busa tipis
Plastik mika dari map bekas
Kancing besar
Karet

Cara membuat :
- Potong baju seperti pada gambar
- Potong busa sesuai ukuran baju
- Jahitkan busa ke bagian dalam baju yang telah di potong
- Beri lapisan furing dari baju bekas lainnya
- Bentuk tapak tas denga menjahit bagian sudut
- Potong plastik mika seukuran tapak tas, bungkus dengan sisa kain yang ada. Setelah selesai pasangkan pada bagian bawah tas.
- Buat 2 buah tali dari sisa kain yang ada, jahitkan pada bagian atas tas.
- Pasangkan kancing baju dan karet pada sisi tali. Kancing dan karet ini juga bisa diganti dengan resleting ya. Sesuai selera aja.
- Selesai

Tadaaa ... Inilah penampakan hasil DIY Projects kali ini. Tas ini sangat cocok untuk membawa bekal ke sekolah, kantor atau pun saat piknik. Dengan adanya busa pada bagian dalam, maka dijamin bekal tetap hangat saat dibuka.

Gimana gais ?
Ga sulit kan ya ?
Selamat mencoba 😄






Thursday, October 5, 2017

8 Unsur yang Membuat Apartemen Bergaya Klasik Elegan

October 05, 2017 0 Comments

8 Unsur yang Membuat Apartemen Bergaya Klasik Elegan-Desain sebuah tempat tinggal merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan dalam sebuah tempat tinggal. Hunian yang layak dengan keindahan nuansa yang pas akan memberikan kedamaian saat berada di dalamnya. 

Apartemen merupakan suatu jenis hunian dengan konsep interior yang sudah maju.  Beragam inovasi sudah diterapkan oleh para arsitek. Salah satunya adalah desain klasik elegan seperti pada apartemen di Bandung pada umumnya. Namun, selain itu, owners juga bisa menciptakan nuansa klasik elegan tersebut dengan beberapa sentuhan seperti di bawah ini.

1.                  Tema Ruangan yang Klasik Elegan



Ruangan yang klasik elegan bisa ditemukan dalam desain interior dari apartemen klasik modern. Tema ruangan dengan pewarnaan yang klasik dengan perpaduan unsur modern bisa diterapkan. Wallpaper dinding dengan pola dan warna klasik, seperti cokelat dan cream, dapat Anda pilih. Unsur warna yang lebih terang seperti merah atau biru dapat menghidupkan suasana menjadi lebih elegan.


2.                  Penggunaan Furnitur Kayu


Tema klasik elegan juga harus didukung dengan furnitur kayu. Ukirannya yang unik dapat menambah kesan klasik dan mampu memberikan panorama berbeda dari lainnya. Meja, kursi, ataupun rak TV yang terbuat dari kayu memang sesuai untuk konsep klasik elegan ini. Saat ini, model furnitur kayu tersedia dalam beragam pilihan, sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera, termasuk tipe multifungsi.


3.                  Penggunaan Lampion sebagai Penerangan


Sistem penerangan sangatlah penting dalam setiap tempat, sebagai sumber cahaya pada saat gelap. Dalam desain klasik elegan, pencahayaan lampu di ruang tamu atau ruang keluarga dapat diganti dengan cahaya lampion yang bentuknya beragam. Warna cahaya lampu lampion dapat disesuaikan dengan konsep. Untuk konsep klasik elegan, pilihlah lampion bercahaya kuning agar mendapat kesan hangat yang temaram.


4.                  Pintu Berpola



Siapa sangka ternyata pintu merupakan komponen penting dalam sebuah rumah. Fungsinya pun mulai bergeser dari yang awalnya hanya sebagai jalan masuk ke dalam ruangan menjadi aspek untuk menambah kesan tersendiri pada rumah. Sadar atau tidak, pintu sebenarnya merupakan satu dari berbagai hal yang menjadi pusat perhatian apalagi untuk orang yang berkunjung ke rumah Anda karena merupakan jalan masuk ke dalam rumah dan ruang. 

Pintu berpola sangat cocok diterapkan dalam desain klasik elegan, di mana pola dalam pintu, mampu mempercantik suasana. Pola yang dimaksud adalah pola dari pintu berbahan dasar kayu lengkap dengan ukiran uniknya. Bagi Anda yang tidak terlalu suka kayu,  Anda juga bisa  memilih pintu kombinasi kaca berpola dan kayu ukiran.


5.                  Pintu Kaca sebagai Sekat Ruangan


Nilai klasik dan elegan harus seimbang. Untuk mengimbangi desain klasik dari furnitur dan pintu kayu, disarankan untuk memilih pintu kaca sebagai sekat ruangan. Dalam penerapannya, tidak perlu semua sekat menggunakan pintu kaca ini, tetapi terapkan pada beberapa bagian saja. Hal ini bertujuan agar suasana ruangan apartemen di Bandung tidak monoton dan Anda bisa memperoleh nuansa lebih leluasa.

Sebagai contoh, bisa diterapkan pada sekat antara ruang makan dengan ruang keluarga, antara dapur dengan taman, atau ruang makan dengan taman. Dengan demikian, terdapat sinergi antara nuansa yang ada di satu ruang dengan ruangan lainnya. Ketika sedang melakukan kegiatan di satu ruang, panorama di ruang lain bisa memberikan kesan lebih luas dan sedap dipandang.



6.                  Taman Kecil di Dalam Apartemen



Taman kecil dengan air mancur bisa menjadi solusi bagi yang ingin memperoleh kesejukan nuansa yang elegan. Apartemen dengan taman kecil di dalamnya ini mampu memberikan panorama indah dan bebas. Anda bisa lebih leluasa menghabiskan waktu bersantai di taman kecil ini. Letaknya yang menyatu dengan apartemen bisa menjadi fasilitas refreshing bagi Anda dan orang-orang terkasih.


7.                  Hiasan Bernilai Seni

Hunian tanpa hiasan ibarat hidup tanpa warna. Usahakan agar apartemen Anda punya hiasan cantik dan unik, sehingga menghadirkan warna baru dan kedamaian saat berada di dalam rumah. Anda dapat memberikan hiasan berupa aksesoris ruangan, hiasan dinding, atau pernak-pernik dinding lainnya, agar mampu menghidupkan suasana dalam setiap ruangan.


8.                  Karpet Lantai Berpola Unik

Lantai dapat didesain sesuai dengan tema ruangan. apabila desain interior menggunakan konsep klasik elegan, Anda bisa memberikan karpet berpola unik dan berwarna cokelat, kuning, abu-abu, atau hitam. Perpaduan warna antara gelap dan terang juga bisa dikombinasikan, asal nuansanya masih seputar klasik dan elegan. Mengenai pola uniknya, Anda bisa menentukannya sesuai selera.

Anda harus memilih jenis apartemen yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan agar nyaman sebagai tempat tinggal. Kenyamanan merupakan hal terpenting dalam memilih tempat tinggal agar menghadirkan kedamaian dalam setiap momen. 8 desain klasik elegan dari apartemen di Bandung tersebut bisa menghadirkan nuansa yang berbeda bagi Anda dan keluarga, saat menempatinya. Setiap momen menjadi lebih berwarna tentunya.

Kalau kamu, suka desain yang mana nih ?