Follow Us @soratemplates

Thursday, September 12, 2019

Suka Menunda Perkerjaan? Siap-siap Rezeki Melayang

September 12, 2019 0 Comments



Bagiku ini pengalaman berharga banget, gais. Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu aku menerima email, berupa penawaran kerjasama blog. Setelah nego-nego rate, akhirnya deal, jobnya berupa CP dengan fee sekian. Lumayan deh dari pada lu manyun. Hehe.

Selang beberapa menit email berikutnya masuk lagi. Aku ga langsung buka, karena dari notifikasi keliatan pengirimnya adalah pemberi job tadi. Jadi aku udah yakin aja yang dia kirim pasti CP tadi.

Qadarullah, Dzikri demam malam itu, jadi fix job itu belum aku sentuh sama sekali, karena fokus merawat Dzikri yang sedang rewel.

Dua-tiga hari berselang, Alhamdulillah Dzikri udah pulih, tinggal batuk pilek aja, selintas ingatan tentang job itu melintas di kepala. Dalam hati membatin, ntar malam aja deh tunggu Dzikri tidur dulu biar bisa fokus.

Then, you know what, guys? Ternyata 6 hari sudah berlalu, dan aku masih belum menyentuh kerjaan itu sama sekali.

Oh my God.

Rasa bersalah pun membuncah di dada. Mumpung Dzikri lagi tidur siang, aku pun segera membuka email dan mengunduh file yang mereka kirimkan.

Ma syaa Allah.
Ternyata CPnya ga cuma satu, gaiiiiss.
Ditotalin nominalnya jadi sangat lumayan jumlahnya.

Allah beneran masih sayang aku.

Langsung aku kebut deh ngerjain itu artikel sambil ga berhenti mengucap syukur. Walaupun terselip rasa sesal yang luar biasa.

Ya, ini pelajaran yang sangat berharga. Aku ga tau apa yang terjadi jika aku masih saja menunda-nunda mengerjakan job ini. Bisa jadi rezeki yang seharusnya mendarat di rekening, berpindah 'bandara' lalu mendarat di rekening blogger lainnya.

So, jangan pernah menunda-nunda perkerjaan ya, gais. Bisa-bisa rezeki kita melayang, lho.


Wednesday, September 11, 2019

Sebelum Berganti Tahun, Yuk Nikmati Beragam Promo Menarik dari Kartu Kredit BCA

September 11, 2019 0 Comments


Menjelang akhir tahun, sejumlah bank baik milik pemerintah ataupun swasta pasti menyediakan promo menarik terutama bagi mereka yang memegang kartu kredit. Umumnya kartu kredit digunakan untuk membayar segala jenis barang dengan sistem kredit dimana toko tersebut menyediakan diskon ataupun cashback bagi pemilik kartu dari bank terkait. Salah satu promo menarik dari bank yang kerap kali bekerjasama dengan beberapa toko ataupun restaurant ternama adalah promo kartu kredit BCA.


Promo Kartu Kredit BCA Tahun 2019


Sebelum akhir tahun 2019, kamu bisa memanfaatkan sederet promo menarik jika menggunakan kartu kredit BCA. Promo tersebut hadir dengan lebih banyak lagi merchant dan pastinya cocok digunakan untuk mengisi liburan akhir tahun. Tanpa berlama-lama, yuk kita simak apa saja promonya berikut ini.

1. Promo Kartu Kredit BCA, “Shibuya Quarter”

Siapa yang gemar makanan Jepang? Nah, kartu kredit BCA sedang memberikan penawaran berupa potongan harga hingga 20% dengan melakukan transaksi minimal Rp 150 ribu di restaurant ternama Shibuya Quarter di Paris Van Java, Bandung. Menariknya, promo ini berlaku setiap hari loh. Selama kamu menggunakan kartu kredit BCA, Debit BCA, Flazz, dan Sakuku. Masa periode nya sendiri terbilang cukup lama, mulai dari 16 Maret 2019 hingga 15 September 2019.

2. Promo Kartu Kredit BCA, “Optik Melawai & Optik Keluarga”

Bosan dengan kacamata yang digunakan saat ini? Coba saja datangi Optik Melawai dan Optik Keluarga. Karena optik tersebut sedang mengadakan promo seperti beli 1 gratis 1 khusus pengguna kartu kredit BCA dan Debit BCA. Promo ini juga berlaku di seluruh outlet Optik Melawai dan Optik Keluarga dengan ketentuan frame atau sunglasses yang kedua (gratis) maksimum seharga 80% dari produk pertama. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi optik tersebut karena promo tersebut hanya berlaku hingga 12 September 2019.

3. Promo Kartu Kredit BCA, “Gramedia”

Sebuah pepatah pernah mengatakan bila buku adalah gudangnya ilmu, maka dari itu kamu harus memanfaatkan promo dari kartu kredit BCA berupa potongan harga sebesar 25% untuk membeli buku di toko buku ternama Gramedia. Syarat dan ketentuannya sangat mudah, cukup datangi Gramedia di hari Jumat atau Sabtu dan belilah buku terbitan Kompas Gramedia dengan sistem pembayaran Sakuku, kartu kredit BCA, Flazz, dan tahapan Xpresi BCA. Promo ini juga berlaku sampai 28 Desember 2019, yuk segera kunjungi Gramedia di daerah terdekatmu.

4. Promo Kartu Kredit BCA, “Calais”

Pecinta bubble tea pasti sudah tidak asing dengan produk minuman yang satu ini. Hingga 25 November 2019, Calais memberikan penawaran berupa beli 2 gratis 1 untuk pengguna kartu kredit BCA, Flazz, Sakuku, dan tahapan Xpresi BCA. Promo tersebut berlaku di beberapa outlet Calais seperti Kalimantan Selatan, Banten, Bekasi, Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Padang, Pekanbaru, dan beberapa kota lainnya. Kalau kamu penasaran apakah kotamu juga termasuk, coba saja di cek melalui laman situs promo BCA.

5. Promo Kartu Kredit BCA, “Grand Hyatt Jakarta”

Untuk mengisi liburan akhir tahun, kamu bisa menggunakan promo potongan harga 20% dan harga special kamar Rp 4, 75 juta untuk 2 malam di Grand Hyatt Jakarta. Hotel bintang 5 yang terletak di Plaza Indonesia ini tidak hanya memberikan penawaran berupa room program saja, tetapi juga dining program berupa beli 1 gratis 2 dan diskon 15% untuk restaurant di Grand Hyatt Jakarta yang meliputi Burgundy, C’s Steak and Seafood Restaurant, Fountain Lounge, Grand Café, Seafood Terrace, dan Sumire Japanese Restaurant dengan minimum transaksi Rp 500 ribu. Promo ini hanya berlaku hingga 31 Desember 2019 untuk jenis pembayaran BCA Card Platinum, BCA Mastercard (Platinum, Black, World, BWS), BCA Visa (Platinum, Black, SQ, Corporate), dan BCA American Express Platinum.



Itulah beberapa promo kartu kredit BCA yang tidak boleh kamu lewatkan sebelum pergantian tahun 2019. Tunggu apalagi? Segera kunjungi merchant-merchant diatas ataupun ajukan pembuatan kartu kredti BCA jika kamu belum memilikinya. Informasi lain mengenai promo kartu kredit BCA juga bisa kamu baca di https://www.cekaja.com/banks/bca/kartu-kredit/promo.

6 Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

September 11, 2019 0 Comments



Bagi bayi tidur yang nyenyak sangat penting karena berpengaruh pada perkembangannya. Bayi yang kurang tidur akan rentan diserang penyakit karena daya tahan tubuhnya kurang.

Tidak sedikit orangtua yang mengeluhkan bahwa tidur bayinya tidak nyenyak, akibatnya bayi rewel sepanjang malam. Jika ini dibiarkan berlarut-larut tentu saja tidak baik bagi kesehatan bayi. Bukan hanya itu, ibu yang kurang istirahat juga menjadi mudah terserang penyakit. Jika ibu sakit, akan banyak dampak buruknya terhadap bayi. Bayi jadi kurang terurus, dan juga bayi bisa beresiko tertular penyakit dari ibunya. Itulah sebabnya tidur yang berkualitas bagi bayi itu sangatlah penting.

Ketika bayi mendapatkan tidur yang berkualitas, maka hormon-hormon pertumbuhannya akan berkerja secara maksimal dan juga memperbaiki sel-sel yang rusak.

Bagaimanakah ciri-ciri bayi telah mendapatkan tidur yang berkualitas?

Ciri-ciri bayi tidur berkualitas sangat mudah diketahui. Wajahnya rileks, ototnya lemas, dan juga saat bangun dia tampak ceria. Nah, jika bayi Anda nampak memiliki ciri-ciri seperti itu, maka berbahagialah karena itu tandanya si bayi telah mendapatkan tidur yang berkualitas.

Lantas bagaimanakah caranya agar bayi bisa mendapatkan tidur yang berkualitas?

Ada beberapa cara yang ibu harus siapkan sebelum menidurkan bayi agar bayi mendapatkan tidur yang berkualitas.

1. Ciptakan suasana yang tenang.

Sejak dalam kandungan bayi sudah terbiasa mendengarkan irama circadian atau suara-suara alami yang tercipta pada jam biologis tubuh. Bayi menyukai irama circadian ini, sehingga tubuhnya pun mengikutinya.Ssampai saat ia dilahirkan kemudian beradaptasi dengan lingkungan. Agar bayi tidur nyenyak, ciptakan suasana yang tenang dan tentram, dengan begitu secara otomatis tubuh bayi akan bereaksi dan mengenali bahwa itu adalah saatnya untuk tidur.



2. Pastikan perut bayi kenyang.

Sebelum tidur, berilah bayi susu agar bayi tidak terbangun karena lapar atau haus. Bayi yang mengonsumsi ASI akan tetap terbangun setiap 2-3 jam sekali untuk menyusu, tetapi itu adalah hal yang wajar karena ASI lebih mudah dicerna oleh tubuh, beda dengan susu formula yang membuat metabolisme tubuh bayi menjadi lebih lambat.



3. Gunakan popok dengan daya serap tinggi.

Bayi terbangun dari tidurnya bukan hanya karena bayi merasa lapar atau haus, tetapi juga bisa disebabkan karena bayi merasa resah oleh popoknya yang basah. Oleh karena itu gunakanlah popok dengan daya serap tinggi sehingga bayi tidak akan terbangun meskipun sudah pipis beberapa kali.



4. Mandikan dengan air hangat.

Air hangat bisa menenangkan dan membantu anak untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, karena itu memandikan atau membasuh bayi dengan air hangat sekitar 2-3 jam sebelum tidur bisa membuat bayi merasa rileks dan tidur lebih lama.



5. Atur pola tidur bayi sedini mungkin.

Untuk bayi usia 0-4 bulan memang belum bisa diterapkan pola tidur yang khusus, karena bayi yang baru lahir masih terbawa kebiasaannya dalam rahim. Tetapi untuk bayi yang telah berusia di atas 4 bulan sudah bisa mulai diatur pola tidurnya karena otak anak sudah bisa mengenali siang dan malam. Terapkan tidur siang dan tidur malam dengan waktu yang konsisten. Usahakan waktu tidur siang lebih pendek dari tidur malam, karena siang adalah waktunya bayi untuk bereksplorasi dalam pertumbuhannya. Jika waktu siang dihabiskan dengan banyak tidur maka bayi akan mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya.



6. Gunakan ayunan bayi yang berkualitas.


Tidak bisa dipungkiri bayi tidur bayi akan lebih nyenyak apabila diayun. Tetapi pemilihan ayunan yang tidak tepat justru membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga tidurnya pun tidak nyenyak. Ayunan bayi yang kualitasnya tidak bagus biasanya ditandai dengan suara yang berisik, gerak ayunan yang tidak stabil, dan bantalan ayunan yang keras sehingga membuat bayi kesakitan. Karena itu gunakanlah ayunan bayi yang berkualitas tinggi.

Jadi, kualitas tidur bayi memang tidak bisa diabaikan sama sekali karena berpengaruh besar dalam tumbuh kembangnya. Jika ingin bayi Anda tumbuh dengan optimal, selain memberikan asupan nutrisi yang terbaik, maka pastikan bayi Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.


Tuesday, September 10, 2019

Langkah Praktis Pinjam Uang Hingga Puluhan Juta, Dijamin Tanpa Ribet

September 10, 2019 0 Comments



Meminjam uang hingga puluhan juta rupiah sering kali terkendala lantaran proses yang diminta pihak penyedia pinjaman terbilang rumit. Padahal sekarang ini sudah banyak bermunculan penyedia pinjaman online atau fintech yang mana prosedurnya sangatlah mudah. Cukup sertakan dokumen pendukung seperti KTP, NPWP dan fotokopi slip gaji terakhir, kamu sudah bisa pinjam uang bahkan sampai puluhan juta sekalipun.


Langkah Praktis Pinjam Uang Praktis


1. Tentukan prioritas dan tujuan

Sebelum kamu memutuskan untuk pinjam uang melalui pihak penyedia pinjaman seperti bank dan lembaga keuangan, coba buat terlebih dahulu daftar prioritas beserta tujuan dari meminjam uang tersebut. Apakah untuk modal usaha atau memenuhi kebutuhan lainnya yang mendesak. Sebaiknya hindari meminjam uang untuk memenuhi keinginan yang mungkin saja tidak terlalu dibutuhkan. Karena ditakutkan saat masa jatuh tempo pembayaran telah tiba, kamu tidak bisa melunasi tagihan. Lantaran sudah membeli barang yang harganya selangit jauh dari kondisi keuangan pribadi.

2. Buat Perencanaan Keuangan

Setelah menentukan apa saja prioritas dan tujuan kamu dalam meminjam uang, buatlah daftar perencanaan keuangan agar kamu bisa memperkirakan total bersih pendapatan kamu setelah menghitung berapa pendapatan setiap bulan dan dikurangi seluruh pengeluaran. Tujuannya untuk mengetahui apakah keuangan kamu masih aman setelah adanya pengeluaran berupa cicilan kredit yang harus dibayarkan setiap bulannya.

3. Melakukan riset dan membandingkan

Sudah sepatutnya kamu melakukan riset kecil-kecilan melalui internet atau bertanya langsung kepada kerabat yang mungkin sudah paham betul mengenai seluk-beluk pihak penyedia pinjaman uang. Setelah data-data sudah terkumpul, selanjutnya coba bandingkan atara satu dan bank lainnya yang menawarkan pinjaman baik secara agunan (jaminan) maupun tanpa agunan. Salah satu jasa penyedia pinjam uang terpercaya dan sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bisa kamu gunakan adalah CekAja.com. Startup dibidang finansial ini akan memberikan kamu seluruh data bank yang turut bekerja sama untuk membantu masyarakat Indonesia meminjam uang dengan cicilan ringan dan bunga rendah.



4. Cek suku bunga

Ketika kamu melakukan riset terhadap beberapa bank atau lembaga keuangan, cek juga suku bunga yang diberikan tiap lembaga. Dengan melakukan perbandingan dari segi suku bunga, kamu bisa mengetahui lembaga atau bank mana yang menerapkan suku bunga paling rendah. Apalagi bila kamu ingin pinjam uang hingga puluhan juta rupiah yang mana biasanya suku bunga diberikan tak kalah besar.

5. Lengkapi segala persyaratan

Setelah menentukan lembaga keuangan mana yang ingin dituju, persiapkan pula beberapa dokumen pendukung. Catat apa saja dokumen yang diminta pihak lembaga keuangan karena satu lembaga dengan lembaga lainnya itu memiliki persyaratan berbeda terkait identitas diri calon nasabah. Salah satu contohnya seperti CekAja.com yang memiliki persyaratan berbeda meliputi calon nasabah wajib menyertakan bukti kewarganegaraan Indonesia (WNI) dan harus berusia 21 tahun hingga 55 tahun dengan penghasilan tetap setiap bulannya minimal Rp 2,5 juta.

Itulah beberapa langkah praktis yang bisa kamu lakukan sebelum melakukan pinjam uang hingga puluhan juta rupiah. Ingat, jangan pernah meminjam uang kepada pihak rentenir kalau kamu tidak mau besaran suku bunga yang diberikan melebihi kemampuan dan kondisi bayar. Pinjamlah uang di pinjaman online yang terpercaya dan pastinya sudah mengantongi izin dari OJK. Cukup kunjungi laman situs https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/ dan rasakan seluruh kepuasan dalam meminjam uang.







Monday, September 9, 2019

Apa yang Menyebabkan Bibir Mengelupas?

September 09, 2019 0 Comments



Apa yang Menyebabkan Bibir Mengelupas? Bibir terbuat dari kulit yang lembut dan halus. Akibatnya, bibir dapat dengan mudah retak dan terbelah dalam kondisi tertentu.

Meskipun bibir mengelupas bisa terasa sakit, berdarah dan membelah biasanya tidak mengindikasikan masalah serius. Meskipun demikian, kondisi ini bisa menyusahkan, jadi penting untuk memahami penyebab bibir pecah-pecah dan cara-cara untuk mempromosikan penyembuhan.

Penyebab bibir pecah


Karena bibir yang pecah dapat berkembang secara bertahap, mungkin sulit untuk menentukan penyebab pastinya. Memahami kemungkinan alasan dapat membantu kamu menentukan cara terbaik untuk mengobati dan mencegah perpecahan di masa depan.

Penyebab umumnya meliputi:

Peradangan bibir

Bibir pecah-pecah adalah bentuk peradangan bibir yang dipicu oleh iritasi kulit. Bibir dapat menjadi sangat kering dan pecah-pecah setiap saat sepanjang tahun karena faktor lingkungan seperti cuaca dingin, udara kering, dan paparan angin.

Cheilitis angular secara spesifik memengaruhi sudut mulut dan dapat disebabkan oleh faktor lingkungan dan sejumlah penyebab lainnya.

Bibir sangat rentan terhadap pengelupasan, pengelupasan, pembelahan, dan kekeringan karena mereka tidak memiliki perlindungan yang sama dari unsur-unsur seperti kulit lainnya. Mereka juga tidak dapat menghasilkan uap air sendiri.

Kerusakan akibat sinar matahari

Kami menggunakan tabir surya untuk melindungi tubuh kita dari sinar UV yang berbahaya dari matahari. Penting juga untuk melindungi bibir kamu.

Mengekspos bibir yang tidak terlindungi dari sinar matahari dapat menyebabkan peradangan. Paparan jangka panjang menyebabkan bibir menjadi kaku dan kering, menyebabkan retak atau pecah.


Apa saja Penyebab Bibir Mengelupas?



Cidera bibir

Bibir pecah juga dapat terjadi setelah cedera. Ini termasuk pukulan ke mulut, jatuh dan mengenai mulut Anda, menggigit bibir, atau memotong kertas. Selain bibir pecah, kamu juga mungkin mengalami pendarahan dan pembengkakan.

Dehidrasi

Kadang-kadang, bibir pecah karena masalah medis yang mendasarinya seperti dehidrasi. Ini adalah saat tubuh kamu tidak memiliki jumlah cairan yang cukup. Kamu bisa mengalami dehidrasi karena muntah, diare, berkeringat hebat, dan sakit.

Ada juga risiko dehidrasi jika kamu tidak minum cukup cairan. Dehidrasi membuat tubuh kamu lebih sulit untuk berfungsi dengan baik. Dehidrasi parah bisa mengancam jiwa.

Kekurangan vitamin dan mineral


Vitamin B termasuk tiamin, niasin, biotin, asam folat, dan riboflavin. Ini adalah vitamin yang larut dalam air yang berperan dalam metabolisme, menyediakan energi, dan membantu tubuh kamu melawan penyakit.

Karena vitamin B juga berkontribusi pada kulit yang sehat, kekurangan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, bibir pecah-pecah, kekeringan, dan ruam. Kadar seng dan zat besi yang rendah juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, terutama di sudut mulut.

Alergi

Reaksi alergi terhadap lipstik, pasta gigi, pelembab, dan benda apa pun yang diaplikasikan pada atau di sekitar bibir kamu dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Gejala lain dapat berupa kekeringan parah, iritasi dan gatal-gatal, atau ruam seperti eksim akut pada bibir.

Jika kamu mengalami masalah bibir setelah menggunakan produk bibir baru, hentikan penggunaan dan lihat apakah kondisi kamu membaik. Kondisi ini dapat menjadi berkelanjutan jika masalah yang menyebabkan alergi tidak teridentifikasi dan diperbaiki.

Kapan harus ke dokter

Banyak kasus bibir pecah dapat disembuhkan dengan pengobatan rumahan. Hal ini terutama berlaku pada kasus-kasus yang disebabkan oleh pecah-pecah atau kering, sering sebagai akibat dari panas ekstrem, dingin, atau angin.

Tetapi karena bibir mengelupas dan bibir yang pecah juga bisa mengindikasikan masalah medis yang mendasarinya, temui dokter jika bibir kamu memburuk atau jika ada gejala lain.

Sunday, September 8, 2019

Fakta-Fakta Menarik Dibalik Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

September 08, 2019 0 Comments


Setelah pertimbangan secara matang mengenai bagian lokasi Indonesia manakah yang layak untuk dijadikan sebagai ibu kota baru pengganti Jakarta, keputusanpun telah ditetapkan untuk menjadikan Provinsi Kalimantan Timur, yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Sebagian Kabupaten Kutai Negara sebagai Ibu Kota Baru Republik Indonesia.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hingga kini kegiatan seluruh perekonomian berpusat di Pulau Jawa, khususnya di Jakarta, yang membuat Pulau Jawa semakin padat dibandingkan di pulau-pulau lainnya. Hal ini tentunya menimbulkan kesenjangan karena secara tidak langsung kemajuan perubahan infrastruktur pun juga menjadi lebih berpusat kepada pulau Jawa, yang membuat pulau-pulau di bagian Indonesia lainnya menjadi lebih tertinggal.

Maka dari itu, sekaligus dalam rangka pemerataan, bapak Joko Widodo (Jokowi) selaku Presiden Republik Indonesia memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Baru ke luar pulau Jawa, yakni dengan keputusan akhir yaitu di Pulau Kalimantan, lebih tepatnya di Kalimantan Timur.

Dikarenakan inilah, Pulau Kalimantan menjadi buah bibir yang saat ini tengah banyak dibicarakan oleh masyarakat luas. Lalu, apa saja sih fakta-fakta menarik dibalik pindahnya Ibu Kota ke Kalimantan Timur? Yuk kita simak ulasannya bersama-sama.


Fakta-Fakta Menarik Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur




1. Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai Lokasi Ibu Kota Baru

Sesuai dengan yang telah diumumkan oleh Presiden Jokowi pada hari Senin, 26 Agustus silam, ibu kota baru akan resmi dipindahkan ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Menurut Jokowi itu sendiri, keputusan tersebut diambil setelah pemerintah melakukan kajian dan mengintensifkan studi selama tiga tahun terakhir.

Mengapa Kalimantar Timur? Selain memasuki urutan ke-3 sebagai pulau terbesar di dunia, pulau Kalimantan juga dinilai aman dari bencana alam seperti gempa bumi yang saat ini sudah mulai mengancam Jakarta. Dihuni oleh berbagai kelompok etnis yang beragam juga membuat Kalimantan memiliki karakteristik keberagaman budaya dengan mencerminkan ‘Bhineka Tunggal Ika’ yang dianut oleh Indonesia saat ini.

2. Mengusung Konsep ‘Green City’

Pemerintah tengah mempersiapkan desain moda transportasi massal yang pada nantinya akan siap melayani para penduduk di calon ibu kota baru Indonesia kelak. Transportasi massal tersebut juga akan saling terintegrasi dengan konsep ramah lingkungan. Tujuannya agar moda angkutan massal ini akan dijadikan sebagai pilihan utama bagi masyarakat dalam bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.



Jenis moda transportasi yang saat ini tengah dipersiapkan ialah dimulai dari MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit), hingga BRT (Bus Rapid Transit). Nah, keinginan Jokowi dalam membangun kota ramah lingkungan tidak hanya diwujudkan dengan menyediakan berbagai fasilitas moda transportasi, melainkan juga dengan dibangunnya RTH (Ruang Terbuka Hijau) dan memperbaiki kawasan konservasi hutan.

3. Jakarta Akan Menjadi Pusat Bisnis

Layaknya kota New York di Amerika, Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis dan perdagangan, baik itu di ranah nasional maupun internasional, sehingga perbaikan infrastruktur pun akan tetap dilakukan di Jakarta. Perpindahan ibu kota hanya berpengaruh terhadap pusat pemerintahan saja, tetapi tidak kepada pusat bisnis.

Mulai dari kemacetan yang tidak terkontrol, peningkatan jumlah penduduk, hingga terjadinya gempa bumi membuat Jakarta sudah tidak layak untuk dijadikan sebagai ibu kota, dan hal inilah yang mendasari Presiden Jokowi untuk memindahkan ibu kota ke pulau yang jauh lebih aman dan nyaman, khususnya sebagai pusat pemerintahan.

Perpindahan ibu kota sepertinya menjadi langkah terbaik agar jumlah penduduk tidak terlalu melonjak di pulau Jawa saja. Perlu diketahui bahwa sebelum Indonesia, ada beberapa negara lainnya yang juga pernah memindahkan ibu kota nya dan telah terbukti lebih memajukan negara mereka lho, seperti Australia yang pernah memindahkan ibu kotanya dari Melbourne ke Canberra atau Brazil yang memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke kota baru bernama Brasilia.

Banyak sekali fakta-fakta dibalik pindahnya ibu kota baru yang menarik untuk kamu ketahui. Ingin mengetahui fakta-fakta lainnya? Baca saja berita lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/ibu-kota-baru-di-kalimantan-timur-ini-fakta-faktanya/


Note:
Image source: https://nasional.sindonews.com/read/1400059/12/ibu-kota-pindah-dari-jakarta-ke-luar-jawa-akan-diseriusi-1556588317

Saturday, September 7, 2019

Yang Belum Banyak Diketahui dari Drama Korea Arthdal Chronicles

September 07, 2019 0 Comments


Jika kamu mengikuti kabar dari aktor tampan Song Joong-Ki, sudah tentu tidak lagi asing dengan drama korea berjudul Arthdal Chronicles, bukan? Sejak Maret 2018 silam, Song Joong-Ki telah dilirik menjadi peran utama pria dalam drama korea yang berkonsep unik ini. Arthdal Chronicles yang sering disebut dengan The Chronicles of Aseudal ini hadir dengan warna baru di antara jajaran drama korea yang pernah ada selama ini, karena konsep ceritanya akan dipenuhi dengan latar belakang sejarah atau Sageuk.


Mengenal Tokoh-Tokoh Arthdal Chronicles




Kim Young-Hyun bersama Park Sang-Yeon sebagai penulis skenario dari drama ini menciptakan sebuah tanah fiksi yang mereka namakan dengan Aseudal. Dengan latar zaman yang kuno, Song Joong-Ki yang memerankan tokoh Eun-Sum diceritakan lahir dengan nasib sebagai pembawa bencana di Aseudal karena Blue Star (bintang kehancuran atau Star of Disaster) yang mengalir di dalam energinya.

Biarpun begitu, Eun-Sum memiliki seorang ibu yang menyelamatkannya hingga ia tumbuh besar. Saat tumbuh dewasa, Eun-Sum mengalami begitu banyak kesulitan, namun ia tetap bisa kembali ke Aseudal setelah mengembara dari Blue Stone Village. Tepat setelah kehilangan kedua orang tuanya, Eun-Sum kemudian tinggal bersama Suku Wahan. Ia kemudian terkenal akan kepribadian, kemampuan, dan penampilannya yang luar biasa.

Jang Dong-Gun yang memerankan Ta-Gon justru diceritakan sebagai seorang pahlawan di dalam perang Aseudal dengan pengalamannya selama 20 tahun merebut kemenangan dalam setiap perang. Dengan mimpi dan ambisinya untuk menjadi raja pertama Aseudal, Ta-Gon telah berjasa banyak dalam membuka jalan kemakmuran bagi Aseudal. Ta-Gon adalah tokoh yang sangat berkuasa di Aseudal.

Sedangkan Kim Ji-Won yang memerankan Tan-Ya, diceritakan sebagai generasi dari Suku Wahan yang hidupnya dipenuhi dengan ambisi menjadi seorang polisi wanita yang pertama ada. Tan-Ya yang padahal seorang putri mahkota pertama di dalam Kekaisaran Arthdal ini justru menyimpan energi kutukan yang sama dengan Eun-Sum. Ketika Eun-Sum bertemu dengannya, Tan-Ya dengan mudahnya menjadi cinta pertama di hati Eun-Sum.

Berbeda lagi dengan Taeal-Ha yang diperankan oleh Kim Ok-Vin. Taeal-Ha yang berasal dari suku Hae memiliki reputasi sebagai wanita tercantik di Aseudal. Sayangnya, Taeal-Ha harus menjadi seorang mata-mata atau Yeomari Suku Hae untuk mengamati Ta-Gon dan juga ayahnya, San Hanung, dalam misi menaklukkan Arthdal.


Yang Membuat Arthdal Chronicles Berbeda dari Drama Korea Kebanyakan



Tentu saja selain konsepnya yang fantasi di-mix dengan konsep historikal, Arthdal Chronicles menyimpan berbagai keunikan yang tidak bakal kamu temukan di drama korea yang lain. Apa saja itu? Keunikan drama korea ini dimulai dari konflik utamanya yang tidak melulu dibumbui dengan konsep romansa, tetapi cenderung tentang ambisi untuk merebut kekuasaan dan adegan saling membunuh.

Ada banyak sekali intrik dan teka-teki yang membuat kamu tidak rela mengakhiri episode yang sedang kamu tonton. Dikemas dengan sinematografi yang tidak main-main dan pemilihan pemain yang berkualitas, Arthdal Chronicles semakin epik untuk disaksikan. Apalagi faktanya drama korea ini diproduksi dengan budget yang super mewah.

Dimulai dari pemilihan pemain, efek visual berbasis CGI, pemilihan properti, hingga penulis skenario terkenal, drama yang menghabiskan 40 miliar won ini tentu saja bukan drama kacangan yang dapat dianggap sebelah mata. Jika boleh diberi analogi, Arthdal Chronicles merupakan film Game of Thrones-nya negara Korea. Kalau saja kedua peran utama ini benar-benar menghancurkan Arthdal, apa yang akan dilakukan oleh Ta-Gon, ya?



Friday, September 6, 2019

Baru Pertama Kali Dapet Panggilan Interview? Tidak Perlu Gugup! Ini Dia Pertanyaan yang Paling Sering Muncul

September 06, 2019 0 Comments

Bagi fresh graduate, mencari kerja menjadi tantangan tersendiri yang mau tidak mau harus mereka hadapi, meskipun memang tidak mudah. Perlu diakui bahwa mencari kerja pertama bagi fresh graduate cenderung lebih sulit dibandingkan orang-orang yang telah memiliki pengalaman sebelumnya, apalagi bila fresh graduate tersebut sama sekali belum memiliki aktivitas yang berarti selama kuliah, seperti pengalaman magang, freelance, organisasi, dan sebagainya, yang tentunya harus mencari strategi bagaimana agar CV mereka dapat terlihat menarik dihadapan para HRD atau rekruiter.

Nah, bagi kamu yang saat ini tengah menanti telepon panggilan interview dari perusahaan incaran, janganlah hanya menunggu. Mending pelajari saja mengenai pertanyaan interview yang paling sering muncul dari HRD dan persiapkanlah jawabanmu sebaik-baiknya. Siapa tahu kamu bisa langsung diterima kerja.


Pertanyaan Interview yang Paling Sering Muncul




1. Ceritakan Tentang Dirimu

Meskipun terdengar sepele, menceritakan dirimu sangatlah penting bagi HRD untuk menilai latar belakang sekaligus caramu berkomunikasi. Tidak dapat dihindari, sesi interview di berbagai perusahaan manapun pasti akan dimintai untuk menceritakan dirimu secara merinci. Tetapi perlu diketahui bahwa jangan cerita terlalu dalam atau yang bersifat pribadi.

HRD tidak akan perduli dengan kisah percintaanmu atau konflik yang pernah kamu hadapi. Mereka hanya ingin tahu mengenai pendidikan serta pengalaman yang pernah kamu miliki sebelumnya agar dapat menilai apakah latar belakang yang kamu miliki akan cocok dengan perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

Jadi, kalau diminta untuk menceritakan mengenai dirimu, jangan bertele-tele dan langsung saja mengarah kepada keluarga, pendidikan, serta prestasi apa saja yang pernah kamu capai. Mulai dari pengalaman organisasi baik itu di dalam dan di luar kampus, pengalaman olimpiade yang pernah kamu ikuti, pertukaran pelajar, dan masih banyak lagi. 


2. Sebutkan Kelebihan dan Kekuranganmu

Jika diminta untuk menyebutkan kelebihan yang kamu miliki, berusahalah untuk tidak sombong dan tetap rendah hati. Cobalah untuk mencari kelebihan yang berhubungan dengan posisi yang tengah kamu lamar. Sebagai contoh bila kamu melamar sebagai finance, maka kamu bisa mengakatakan bahwa kelebihanmu adalah cepat berhitung dan teliti. Selain itu, kamu juga sebaiknya menyebutnya kelebihan seperti ‘mudah beradaptasi’, ‘fast learner’, dan sebagainya. Jangan lupa pula untuk memberikan contoh atau mendemonstrasikan bagaimana kamu dapat mengaplikasikan kelebihan tersebut ke dalam lingkungan pekerjaan.

Nah, sedangkan untuk menyebutkan kekurangan, sesi ini mungkin akan sedikit lebih sulit karena ketika kamu salah menyebutkan sebuah kata, bisa saja HRD justru akan menganggapmu sebagai sosok yang bermasalah dan tidak cocok bagi perusahaan. Untuk mensiasatinya, carilah sesuatu yang bukan menjadi keunggulanmu tetapi sedang berusaha kamu perbaiki. Semisal, kamu mengatakan bahwa kamu merupakan sosok yang pelupa, maka cara mensiasatinya ialah dengan selalu membawa buku catatan untuk mencatatat berbagai hal penting. Contoh lainnya bila kamu kurang berani dalam hal public speaking, kamu bisa menyebutkan bahwa saat ini kamu sudah membiasakan diri untuk bertemu dengan banyak orang di luar, seperti bergabung ke dalam organisasi atau komunitas.

3. Gaji yang Diinginkan

Mendapatkan gaji pertama setelah berjuang selama bertahun-tahun mengenyam pendidikan pasti merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Hanya saja, sebagai fresh graduate ada baiknya untuk tidak blak-blakan mengenai gaji yang diinginkan, apalagi bila kamu belum memiliki pengalaman ataupun skill yang terbilang mumpuni.

Bukannya tidak boleh, hanya saja seorang fresh graduate yang langsung meminta gaji tinggi terkadang akan menjadi bad impression di mata HRD. Sebagai permulaan, ada baiknya bila kamu diawali dengan menjawa ‘saya tahu bahwa kemampuan saya masih tergolong minim, maka saya akan menyesuaikan dengan standar perusahaan terlebih dahulu’.

Meskipun gaji pertama kamu masih diawali dengan sebatas UMR, angka tersebut akan semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya pengalaman dan skill yang kamu miliki. Makanya, jangan langsung rendah diri dulu ya.

Sesi interview memang merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu namun juga sekaligus menegangkan. Karena disinilah yang akan menjadi penentu apakah kamu akan berhasil mendapatkan pekerjaan atau tidak. Nah, agar momen interviewmu berjalan dengan lancar dan kamu berhasil mendapatkan pekerjaan yang telah menjadi impianmu, ada baiknya untuk mencari tahu beberapa hal yang berhubungan dengan pertanyaan interview sebelumnya.

Pastinya kamu tahu kan bahwa pewawancara tidak akan hanya menanyakan 3 pertanyaan yang telah disebutkan di atas? Selain ketiga poin yang baru saja disebutkan, masih banyak lagi jenis-jenis pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan oleh HRD ketika wawancara kerja. Ingin tahu jenis pertanyaan lainnya? Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/jangan-gugup-ini-10-pertanyaan-yang-sering-muncul-di-sesi-interview-kerja/



Tuesday, August 27, 2019

Spesifikasi dan Harga Vivo S1 yang Bikin Mupeng

August 27, 2019 0 Comments


Hai, Gais.

Kabar baik bagi kamu para pencinta gadget, nih. Saat ini telah hadir gadget dengan spesifikasi mumpuni dengan harga yang masih sangat terjangkau.

Yup, apa lagi kalau bukan keluaran dari Vivo yaitu Vivo S1. 



Bersaing di pasar kelas menengah, harga Vivo S1 dibanderol senilai Rp3.170.000 dengan spesifikasi 4GB RAM dan storage mencapai 128 GB. Tentu saja ini menjadi angin segar bagi para penggiat digital, karena tanpa memori card tambahan pun, Vivo S1 ini sudah bisa menampung banyak file.

Untuk dapur pacunya pun cukup sangar karena didukung oleh Octa-core 2x2.0 GhzCortex A75, dan 6x1.7 Ghz Cortex A55. Jadi sudah pasti bisa banget diandalkan untuk aktifitas multitasking.

Selain itu, Vivo S1 ini sudah menggunakan Android 9.0 (pie);Funtouch 9 yang membuat kamu bisa berselancar di dunia maya dengan sangat nyaman.

Untuk dimensinya pun sangat ringan di tangan, hanya berbobot 179 gram saja, lho. Bisa dijamin tangan ga bakalan cepat pegal dan lelah. Ukurannya pun sangat pas di genggaman, 159.53 x 75.23 x 8.13 mm.

Fitur kamera Vivo S1 ini pun sangat memanjakan penggunanya. Terdapat kamera depan dengan resolusi 32 MP, sudah pasti hasil jepretan selfie kamu jadi super bening. Untuk kamera belakang pun tidak kalah mentereng, ada 3 kamera dengan kedalaman berbeda, memberikan pengalaman fotografi yang pastinya tidak mengecewakan.

Bagaimana dengan koneksi internet? Don't worry, gais. Faktanya Vivo S1 ini sudah suport jaringan 4G LTE. Tersedia juga 2 slot nano card untuk GSM.

Sayangnya belum tersedia fitur NFC, sehingga Vivo S1 ini belum bisa digunakan untuk fitur pembayaran.

Vivo S1 sudah dilengkapi dengm fitur sidik jari sebagai jendela keamanan. Hanya saja belum diketahui pasti apakah sudah menerapkan teknologi AI atau belum.

Namun yang pasti teknologi yang digunakan oleh Vivo S1 ini sudah sangat canggih karena tidak lagi menggunakan fingerprint konvensional, untuk keamanan Vivo S1 sudah dilengkapi sensor yang lebih canggih yaitu fingerprint under display.

Selain itu, Vivo S1 ini juga dibekali baterai dengan kapasitas 4500 mAh, cukup untuk aktifitasmu seharian. Tidak hanya itu, Vivo S1 ini juga sudah support fast charging 18W, jadi kalau kepepet lagi lowbat, tidak perlu waktu lam untuk pengecasan.

Dengan semua kualitas yang dimilikinya, aku yakin banget Vivo S1 ini bisa memenuhi gaya hidup kaum milenial. Tersedia 2 pilihan warna ya, Gais. Ada Cismic Green dan Skyline Blue, yang pastinya ga bakal malu-maluin untuk kamu ajak nongkrong.

So, kamu sukanya warna apa, nih?

Sunday, August 25, 2019

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sabun Bayi

August 25, 2019 0 Comments



Halo, Moms.

Momen memandikan bayi merupakan saat-saat yang tidak terlupakan oleh seorang ibu, karena pada saat mandi ini ibu bisa mengamati dengan detail kondisi kulit bayi. Seperti yang kita tahu bahwa kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa. Merawat kulit bayi tidak boleh sembarangan, salah satunya dalam memilih sabun. Memilih sabun bayi yang aman wajib diperhatikan. Untuk itu pilihlah sabun bayi anti iritasi dari Sleek Baby yang memiliki kualitas yang baik. Dengan memilih sabun bayi yang bagus, maka kulit bayi dapat terjaga dengan baik. Memang sekarang banyak sekali produk sabun bayi, namun jangan sampai anda terkecoh dengan penawaran menarik sebuah produk. 

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sabun bayi, diantaranya:

1.     Bahan kandungan didalamnya
Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah bahan yang terkandung di dalam sabun tersebut. Terutama bagi bayi yang memiliki kulit sensitif, bahan sabun harus sangat jeli diperhatikan. Pilihlah sabun bayi dengan formula yang ringan dan mampu menjaga keseimbangan pH kulit bayi. Tidak hanya itu pilihlah sabun yang mengandung bahan menyehatkan, seperti minyak zaitun, coconut oil, dan lain sebagainya agar kulit ternutrisi dengan baik.

2.     Perhatikan tanggal kadaluarsanya
Jangan anggap sepele tanggal kadaluarsa ini, jika tidak ingin bayi kita mengalami masalah kulit. Untuk itu telitilah sebelum membeli. Perhatikan tanggal kadaluarsa yang tercantum dalam kemasan sabun. Pastikan juga produk yang anda beli mencantumkan tanggal kadaluarsanya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jangka waktu pemakaian sabun yang aman.



3.     Gunakan jenis sabun bayi yang tepat
Selain bahan, Moms juga wajib memperhatikan jenis sabun yang tepat. Seperti yang kita tahu sabun bayi ada yang bentuk cair juga batangan. Untuk Moms yang senang menggunakan sabun bayi batangan, pastikan sabun tersebut mengandung alkali yang rendah. Pasalnya sabun jenis ini dapat mengatasi kulit iritasi dan kering pada bayi. Sedangkan sabun cair terbilang paling lembut dibandingkan sabun batang. Sangat bagus untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit bayi.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih sabun bayi. Maka dari itu aku rekomendasikan Moms semua untuk menggunakan sabun bayi dari Sleek Baby, yang merupakan sabun khusus kulit bayi sensitif yang memiliki kualitas yang baik.

Sunday, August 18, 2019

Kesalahan Terbesar Ketika Menentukan Penggunaan Asuransi Jiwa

August 18, 2019 0 Comments



Hai, Gais.

Ketika kamu harus memutuskan untuk menggunakan layanan dari salah satu asuransi jiwa terpercaya, sudah pasti kamu diharuskan untuk mengambil keputusan itu dengan lebih banyak pertimbangan. Mengapa begitu? Karena banyak terjadi, ada beberapa kesalahan ketika memilih perusahaan asuransi sehingga berujung pada kerugian.

Tidak mau hal itu terjadi, kan?

Yuk, mari kenali beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika memilih asuransi jiwa.


Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Memilih Asuransi Jiwa



1. Tidak sesuai dengan kapasitas yang dimiliki

Dalam memilih sebuah perusahaan asuransi ada beberapa hal yang memang harus kamu perhatikan dengan detail, karena ketika salah dalam memilih tentu akan merugikan. Apalagi jika kamu merasa tidak yakin dengan pilihan yang ditentukan. Jangan sampai buru-buru untuk menentukan pilihan yang terbaik. Minta penjelasan kepada agen dan coba perhitungkan kembali dengan kapasitas keuangan yang kamu miliki supaya tidak terjadi gagal bayar dan premi kamu pun akan hangus percuma.



2. Memilih paket asuransi yang salah

Ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan paket untuk asuransi jiwa atau asuransi pendidikan terbaik yang bisa kamu gunakan, akan tetapi perlu untuk kamu ketahui ada beberapa jenis persyaratan atau hal yang harus kamu pertimbangkan ketika akan mendaftar. Disinilah kamu akan merasa kebingungan untuk menjadi salah seorang yang diuntungkan, terutama untuk memilih paket dari layanan asuransi yang ditawarkan.

Banyak orang yang terkecoh saat ini dengan berbagai pilihan paket yang diberikan oleh perusahaan asuransi, terutama ketika kamu tidak ingin berada di posisi orang yang dirugikan. Maka perhatikan terlebih dahulu paket yang akan kamu akan gunakan untuk kedepannya. Jika paket itu tidak sesuai dari apa yang kamu butuhkan, maka ada baiknya jika kamu meminta opsi paket lainnya dan mempertimbangkan kembali.



3. Berpatokan pada premi yang murah

Memang sebagian orang akan memikirkan jika tagihan untuk bunga atau denda yang harus dibayarkan menjadi hal utama, karena itulah premi yang murah akan terlihat lebih menggiurkan. Inilah yang harus kamu hindari, Gais. Jangan pernah berfikir jika perusahaan asuransi yang memiliki premi murah adalah yang terbaik untuk kamu.

Lebih baik kamu memilih produk yang sesuai kebutuhan, lihat dulu kesanggupan kamu dalam membayar setiap bulannya. Apabila manfaat yang kamu inginkan memiliki premi yang tidak sesuai dengan alokasi dana, maka kamu bisa mengambil premi yang sesuai dengan kondisi keuangan terlebih dahulu, karena kemudian hari manfaat bisa ditambahkan jika kamu sudah memiliki cukup dana.





Tiga kesalahan tersebut di atas cukup rentan terjadi, terutama bagi orang-orang yang baru akan bergabung dengan asuransi. Oleh karena itu, agar kesalahan-kesalahan tersebut tidak terjadi, tidak ada salahnya kamu mencari referensi terlebih dahulu. Mintalah saran dari orang-orang kompeten yang telah berpengalaman di bidangnya. Jangan cepat tergiur dengan tawaran untung yang besar, karena pada dasarnya asuransi jiwa lebih untuk memberikan perlindungan saat dibutuhkan, bukan benefit dalam bentuk uang.

Monday, August 5, 2019

Pengaruh Kadar pH Tinggi Pada Air Mineral

August 05, 2019 0 Comments
air mineral ph tinggi terbaik



Tubuh yang kekurangan cairan atau lebih dikenal dengan istilah dehidrasi dapat membuat seseorang merasa sakit kepala, mual, dan muntah. Saat dehidrasi menyerang tubuh kita, kadar pH tubuh akan menjadi sangat asam. Adapun salah satu cara cepat sekaligus ampuh untuk mengembalikan pH tubuh kembali seperti semula dengan minum air alkali yang bersifat basa dengan pH mulai dari 8 keatas. Sebenarnya air alkali tidak berbeda jauh dengan air mineral biasa, hanya saja air alkali memiliki pH yang lebih tinggi dari air mineral pada umumnya. Air alkali yang bersifat basa sangat baik bagi tubuh karena mengandung mineral Oxidation Reduction Potential (ORP). ORP sendiri berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh, dimana kadar ORP yang makin rendah menyebabkan kadar antioksidanyang tinggi. Minum air alkali juga berguna untuk menyeimbangkan dan menetralkan pH di dalam tubuh, karena air alkali bersifat tidak asam dan tidak terlalu basa.

Air alkali diproduksi dengan menggunakan proses elektrolisis air yang memicu disosiasi. Elektrolisis air sendiri adalah proses elektrokimia yang memisahkan air untuk membentuk hidrogen dan oksigen. Air alkali terbaik memiliki ukuran molekul air yang lebih kecil (microwater) yang menjadikan air alkali ini dapat lebih cepat diserap oleh tubuh. Dan pastinya memiliki pH yang lebih tinggi (pH 8 - 9) untuk menetralisir limbah asam yang menumpuk di dalam tubuh kita dan menjaga keseimbangan pH tubuh.

Proses ionisasi yang dilakukan pada saat pembuatan air alkali menghasilkan air minum pH tinggi (8,3 – 8,5), sehingga air minum yang tadinya bersifat netral berubah menjadi basa atau alkalin. Selain proses ionisasi, air alkali yang bagus juga melewati tahapan proses multifiltrasi, yaitu sebuah sistem filtering dengan komponen kasat mata yang berukuran hingga 0,04 mikron. Sehingga menghasilkan air minum dengan mikro molekul yang membuat air alkali dapat lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, beberapa studi juga mengatakan bahwa air alkali dengan pH 8 – 9 mampu menurunkan asam lambung karena bersifat basa. Jadi, air alkali sangat disarankan untuk kita yang ingin mengonsumsi air mineral dengan berbagai manfaat lebih di dalamnya.

Friday, August 2, 2019

Tips Menjaga Kesehatan Retina Mata

August 02, 2019 0 Comments



Teman-temaaan, Tuhan telah menganugerahkan lima panca indra kepada kita manusia. Indra penglihatan (mata), pendengaran (telinga),  pembau (hidung), pengecap (lidah) dan indar peraba (kulit). Segala perangkat indra yang diberikah oleh-Nya tentunya wajib kita jaga sebaik-baiknya. Salah satu indra yang harus dijaga adalah mata.  Bagaimana tips menjaga kesehatan retina mata di era kini di mana kita acap terpapar dengan segala bentuk polusi. Selain itu, perkembangan zaman juga semakin banyak membiaskan makanan. Yang dulu aman-aman saja, menjadi tidak biasa dikonsumsi dan menjadi dampak buruk bagi kesehatan.

Waktu kecil, acap diajarkan jika wortel adalah salah satu makanan untuk kesehatan mata. Aku jadi teringat masa kecil dulu, ketika pulang sekolah dan saat musim panen aku gak segan meminta dan mencari sendiri wortel yang tidak lagi digunakan oleh petani. Ada yang dibiarkan begitu saja, ada juga yang aku harus mencabut sendiri. Lalu betulkah wortel bisa menjadi vitamin mata? Makanan apa saja yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata?

Berikut akan diulas sedikit mengenai tips kesehatan retina mata. 

  1. Menjaga olahraga mata
Olahraga mata merupakan salah satu cara yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Mata juga sama seperti bagian tubuh lainnya yang memiliki otot. Jadi, olahraga mata merupakan salah satu kepentingan seperti olahraga untuk tubuh. Memutar bola mata adalah salah satu olahraga mata yang dianjurkan. Untuk lebih meyakinkan diri bagaimana olahraga mata yang baik, tentu saja kita wajib mendatangi dokter supaya mendapatkan tips terbaik. Mengistirahatkan mata sebentar dari terus menerus menghadap komputer adalah salah satu bentuk olahraga mata.


  1. Kurangi setres
Setres adalah sumber dari segala sumber penyakit. Kesehatan mata juga bisa dipengaruhi oleh hal tersebut. Setres, tekanan mental dan kelelahan yang berlebihan bisa menyebabkan mata kurang sehat. Coba saja kita mengurangi jatah tidur, tak sedikit kantung mata menjadi hitam. Istirahat yang cukup bisa memberikan sedikit ketenangan kepada mata karena mata tak lelah diajak terus menerus bekerja.
 

  1. Rawat Mata Kita
Berapa jam Anda menghadap komputer dalam sehari? Dalam masa menghadap komputer tersebut, apakah tidak pernah melakukan istirahat? Jika, ya, Anda menjadi orang yang kejam kepada hak badan. Bagaimana pun mata juga ada lelahnya seperti bagian tubuh yang lain. Ia butuh istirahat seperti anggota badan yang lain. Untuk yang menggunakan lensa mata, pastikan bahwa lensanya rajin dibersihkan. Pun bagi perempuan yang menggunakan make up, hati-hatilah saat memakai eye liner dan seumpama lainnya di dekat mata. Jangan lupa untuk memakai kacamata pelindung di tengah panas teriknya matahari.


  1. Jaga kesehatan makanan
Pola makan berlebihan bisa merugikan badan. Berusahalah menjaga pola makan yang seimbang karena itu sangat penting untuk penglihatan yang lebih sehat. Bagaimana pun, nutrisi makanan akan diserap oleh tubuh hingga sampai ke mata. 

Pesan orang tua dahulu mengenai wortel untuk kesehatan mata ada benarnya juga. Karena selain sayur berwarna hijau, wortel juga menjadi salah satunya. Wortel adalah salah satu sayur yang banyak  mengandung vitamin A. Selain vitamin A untuk mata, ada juga vitamin C, E juga antioksidan untuk kesehatan badan. Sayur mayur berwarna hijau juga kacang-kacangan. Usahakanlah ia menjadi konsumsi berganti-ganti  setiap hari.


  1. Berhenti merokok
Selama ini, kita hanya tahu jika rokok menyebabkan penyakit kanker dan gangguan janin. Ternyata bahayanya bukan cuma itu, nikotin dalam rokok bisa memperlambat aliran darah ke retina dan dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah di sekitar mata. Kejaidan ini bisa menimbulkan degenarsi makula dan penyakit mata yang tak diharapkan. Dan prosesnya bisa tiga kali lebih cepat ketika penderita merokok. Jangan segan untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan mata Anda.


  1. Periksalah Mata Secara rutin
Menjaga kesehatan memang mahal. Salah satunya ya menjaga mata ini. Untuk keberlangsungan kesehatan mata kita, tak ada salahnya kira rajin berkunjung ke dokter setidaknya enam bulan sekali. Nggak semua penyakit mata memiliki keluhan, salah satunya adalah glaukoma. Kalau sudah memeriksakan mata secara rutin, kita bisa lebih dini mengetahui dan pencegahan bisa lebih maksimal. Dengan begitu, tingkat kesembuhan pun bisa semakin baik. Salah satu klinik mata yang bisa dipercaya adalah KMN EyeCare. Di klinik ini Anda bisa mendapatkan layanan yang berkaitan dengan mata termasuk retina.


Tips menjaga kesehatan retina mata bisa dilakukan sejak dini oleh diri sendiri. Tapi berkunjung kepada ahlinya sangat dianjurkan. KMN EyeCare salah satu layanan kesehatan mata terpercaya yang berada di beberapa daerah di Jakarta sangat direkomendasikan untuk Anda. Dilayani oleh perawat dan dokter-dokter yang berpengalaman, KMN EyeCare menjadi salah satu tempat untuk memeriksakan kesehatan mata yang bisa dipercaya. 

Review K-Drama: Abyss, Bikin Penasaran yang Nggak Habis-habis

August 02, 2019 0 Comments
Annyeong, Chingudeul.

Udah sampai lagi kita di awal bulan, ya. Udah ga galau lagi pastinya, karena dompet sudah terisi lagi. Buahaahaha. 
*fix ini realitaku sendiri, sih, hehehe*

Untuk melengkapi keceriaan hari ini, aku mau berbagi cerita tentang drama Korea Abyss, yang menurut aku, nih, ya. Ceritanya sukses membuat rasa penasaranku gak habis-habis.

drama korea abyss


Menurut kamu, bagaimana sih jadinya kalau genre komedi dan thriller disatupadankan dalam satu drama Korea? Sudah tentu penonton dibuat seperti naik roller coaste, kan? Setelah ketawa ngakak sampai guling-guling, trus tau-tau ada aja adegan thriller yang bikin merinding dan takut untuk tidur sendiri. Pantas saja Abyss yang tayang sejak Mei 2019 silam ini menjadi favorit yang selalu ditunggu kelanjutan episodenya. Rating-nya yang tinggi semakin membuat penasaran penonton untuk mengikuti perjalanan Park Bo-Young dan juga Ahn Hyo-Seop yang menjadi pemeran utama drama ini.


Abyss Juga Menyimpan Genre Fantasy dan Romance yang Gila!

Aku beneran ga nyangka banget kalau Abyss tidak hanya menampilkan genre komedi dan thriller saja, ternyata Abyss adalah paket komplit! Dengan konsep romance yang manis, Abyss juga bergenre fantasi yang membuat kita merasa tercengang. Dengan bola kristal super ajaib yang bernama Abyss, seorang yang telah mati bisa kembali hidup, dan bisa membalas dendamnya pada pembunuh yang telah merenggut nyawanya. Uniknya, bukan pembunuh yang mengejar si peran utama, namun kebalikannya karena Park Bo-Young yang memerankan Ko Se-Yeon serta Ahn Hyo-Seop sebagai pemeran Cha Min justru menjadi sepasang partner yang terus mengejar pembunuh yang dulu telah membunuh Ko Se-Yeon.

Ko Se-Yeon dikisahkan sebagai seorang dewi kejaksaan yang sekarang telah mengalami reinkarnasi sebagai seorang wanita yang biasa-biasa saja. Ko Se-Yeon telah meninggalkan dunia dan meninggalkan reputasinya sebagai jaksa kejam dan dingin sejak kecelakaan yang merenggut nyawanya. Namun berkat kehadiran Abyss, Ko Se-Yeon dapat kembali hidup dengan identitas dan wajah yang baru.

Begitu pula dengan Cha Min yang awalnya memiliki hidup bergelimang harta karena sebelumnya ia adalah seorang chaebol atau orang kaya generasi yang kedua. Ia memiliki segala kesempurnaan namun tidak dengan tampilan fisiknya. Setelah ia meninggal dan bereinkarnasi dengan kekuatan bola Abyss, Cha Min kembali hidup namun kali ini adalah sebagai pria yang super tampan dan akhirnya jatuh cinta dengan Ko Se-Yeon dan akhirnya mereka terlibat dalam pengejaran kasus pembunuh yang kembali hidup.


Daya Tarik Cerita Drama Korea Abyss

Kebayang tidak sih, bagaimana jadinya konsep kerja sama Ko Se-Yeon dan Cha Min dalam mengejar kasus ini? Ko Se-Yeon yang sebenarnya memiliki darah seorang jaksa yang sangat akrab dengan kasus-kasus kriminal, memiliki karakter berkebalikan dengan seorang Cha Min yang memiliki hidup sempurna dan lancar tanpa kasus-kasus kriminal.?

Selain dibingungkan oleh genre thriller tersebut, Abyss juga sangat menyentuh dengan konsep romansanya yang membuat penonton greget. Bagaimana tidak, ternyata Cha Min sebelum bereinkarnasi, memiliki cinta yang ia pendam sejak SMA. Cinta pertamanya yang tak lain dan tak bukan adalah Ko Se-Yeon yang ada pada kehidupan sebelumnya.

Kecelakaan yang merenggut nyawa Ko Se-Yeon yang disengaja oleh seorang pembunuh ternyata cukup membuat Cha Min sangat terpukul. Untung saja Cha Min bisa bertemu dengan benda seajaib Abyss yang bisa menghidupkan kembali wanita yang dicintainya walaupun harus bereinkarnasi menjadi sosok wanita yang memiliki wajah berbeda. Uniknya, walau Ko Se-Yeon bukan lagi jaksa jenius yang super cantik dan seksi, ternyata Cha Min tidak berhenti mencintai Ko Se-Yeon dengan begitu tulus.

Justru Cha Min bertekad akan menemukan siapa pembunuh yang telah merenggut semua kehidupan Ko Se-Yeon yang nyaris sempurna. Jejak petualangan mereka ini tentu saja penuh risiko karena pembunuh yang mereka cari adalah seorang pembunuh berantai yang sangat berbahaya. Lalu, dalam proses pemburuan pembunuh berantai ini, apakah salah satu dari mereka akan kembali meninggalkan dunia?

Aww..aww.. ceritanya bener-bener bikin penarasan, khaaaan.
Kamu udah nonton belum, nih?



Tuesday, July 30, 2019

Apa Itu Masa Tunggu Asuransi Kesehatan dan Kenapa Penting Banget

July 30, 2019 0 Comments


Asuransi kesehatan bukan lagi barang baru di era sekarang. Lebih-lebih saat pemerintah menggalakkan program BPJS Kesehatan. Orang jadi ngeh bahwa asuransi kesehatan itu perlu buat semua kalangan. Buktinya, pemerintah mewajibkan semua warganya ikut BPJS Kesehatan.
Bahkan bayi orok juga semestinya langsung didaftarkan BPJS Kesehatan. 

Mereka yang tergolong masyarakat miskin juga wajib ikut, tapi mendapat subsidi dari pemerintah alias tak perlu bayar premi. Meski begitu, pelayanan BPJS Kesehatan yang dianggap belum sekeren asuransi kesehatan swasta membuatnya dipandang sebelah mata. Padahal BPJS Kesehatan gak kalah penting dibanding asuransi swasta. Keduanya malah bisa disatukan dalam program coordination of benefit. Jadi peserta bisa menyedot manfaat asuransi kesehatan swasta dan BPJS Kesehatan sekaligus. Toh, dua-duanya bertujuan sama, yaitu melindungi peserta asuransi dari risiko yang mengancam keuangan di masa depan.

Bicara soal kesamaan, ada satu poin lagi yang sama antara BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan. Hal itu adalah masa tunggu alias masa aktivasi polis. 

Jadi gini. 

Setelah mendaftar dan membayar premi pertama, polis kita gak otomatis langsung aktif. Itu berarti kita gak bisa langsung menggunakan asuransi itu buat berobat.

Masa Tunggu BPJS Kesehatan

Menurut Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2015, pembayaran iuran premi pertama paling cepat 14 hari setelah pendaftaran. Setelah membayar, kartu peserta baru bisa dicetak dan diambil.
Pengambilan kartu ini sekaligus menandai aktivasi akun BPJS Kesehatan peserta itu. Dengan demikian, masa tunggu BPJS Kesehatan minimal 14 hari setelah pendaftaran.

Masa Tunggu Asuransi Kesehatan Swasta

Di asuransi kesehatan swasta, masa tunggu bervariasi karena setiap perusahaan asuransi punya kebijakan sendiri-sendiri. Umumnya masa tunggu asuransi kesehatan swasta berlaku selama 30 hari.
Masa tunggu dihitung dari terbitnya polis setelah pembayaran premi pertama. Namun masa tunggu asuransi kesehatan swasta dibeda-bedakan menjadi setidaknya empat poin.
Sebab, layanan asuransi kesehatan swasta lebih kompleks. Selain asuransi utama, ada rider alias asuransi dengan manfaat tambahan.



Masa tunggu asuransi utama dan rider berbeda. Begitu juga untuk manfaat asuransi pre-existing condition.

1. Masa tunggu awal

Hampir semua perusahaan asuransi punya ketentuan serupa mengenai masa tunggu awal, yakni 14 hingga 30 hari. Harus digarisbawahi bahwa masa tunggu ini hanya berlaku untuk penanganan rawat inap di rumah sakit.

Jadi kalau harus opname karena sakit tifus, misalnya, gak bisa langsung pakai asuransi untuk biaya perawatan kalau belum lewat masa tunggu. Namun ada pengecualian khusus buat korban kecelakaan atau insiden tak terduga.

Jika peserta asuransi mengalami kecelakaan dan harus dirawat inap, bisa langsung pakai asuransi kesehatan yang dipunyai. Ini berlaku untuk asuransi kesehatan dengan sistem reimburse ataupun cashless.

2. Masa tunggu pre-existing condition

Beberapa produk asuransi menerima peserta yang punya kondisi medis sebelum mendaftar asuransi (pre-existing conditon). Kondisi medis ini adalah gangguan kesehatan yang bisa mempengaruhi peserta asuransi di kemudian hari.

Misalnya punya riwayat penyakit jantung. Suatu saat, penyakit itu bisa saja kumat dan membuat peserta asuransi kudu diopname dan menjalani pengobatan intensif yang butuh biaya segunung.
Pihak asuransi akan memeriksa riwayat medis calon peserta untuk mengetahui ada-tidaknya pre-existing conditon ini. Dalam pemeriksaan itu akan diperiksa level dan frekuensi kondisi medis tersebut.

Nah, masa tunggu untuk pre-existing condition tergantung hasil pemeriksaan medis tersebut. Masa tunggu tercepat adalah satu bulan. Sedangkan terlama bisa sampai dua tahun.
Bagusnya, masa tunggu pre-existing condition bisa ditawar. Jadi jaminan mendapat tanggungan perawatan untuk kondisi medis itu bisa lebih cepat diperoleh.


3. Masa tunggu penyakit kritis

Mirip dengan pre-existing condition, masa tunggu penyakit kritis lebih lama daripada masa tunggu asuransi utama. Biasanya perlindungan atas penyakit kritis dalam asuransi tergolong rider atau tambahan.

Adapun contoh penyakit kritis dalam asuransi antara lain gagal ginjal, diabetes, stroke, alzheimer, dan multiple sclerosis. Pihak asuransi punya daftar penyakit kritis yang bisa ditanggung.
Umumnya masa tunggu penyakit kritis antara 1 bulan dan 2 tahun. Ada pula yang sampai 3 tahun. Baca dulu polis asuransi dengan teliti biar gak salah paham.

4. Masa tunggu persalinan

Khusus masa tunggu ini berlaku untuk asuransi kesehatan yang menjamin biaya persalinan. Masa tunggunya paling cepat sembilan bulan, sesuai dengan usia kandungan rata-rata sebelum bersalin.
Ada juga asuransi yang menerapkan masa tunggu hingga 12 bulan. Karena itu, jika berharap mendapat perlindungan dari asuransi untuk persalinan, segera daftar sebelum merencanakan kehamilan.

Asuransi kesehatan menawarkan segudang manfaat, tapi penting untuk mengetahui segala ketentuan yang menyertai. Salah satunya soal masa tunggu ini.

Dengan begitu, kita gak keliru mengartikan manfaat asuransi yang dijanjikan saat mendaftarkan diri. Sebaiknya teliti satu per satu penawaran asuransi kesehatan untuk mencari masa tunggu dengan durasi tersingkat bila ingin segera menyedot manfaatnya.


Apa Pengaruh Cahaya Lampu untuk Kesehatan Mata?

July 30, 2019 0 Comments


Apa Pengaruh Cahaya Lampu untuk Kesehatan Mata? Lampu adalah spektrum cahaya tampak dengan panjang gelombang terpendek dan energi tertinggi, dan mirip dengan sinar ultraviolet, lampu memiliki manfaat dan bahaya.

Kali ini aku akan mencoba untuk berbagi berinformasi tentang pengaruh cahaya lampu bagi kesehatan mata.

So, berikut adalah tujuh hal penting yang harus kamu ketahui tentang lampu.


Lampu ada di mana-mana

Sinar matahar yang merupakan sumber utama cahaya, juga merupakan sumber lampu terbesar di dunia ini. Berada di luar ruangan pada siang hari adalah saat sebagian besar dari kita mendapatkan paparan maksimum terhadap lampu. Tetapi ada juga banyak sumber cahaya buatan manusia di dalam ruangan, termasuk lampu neon dan LED dan televisi layar datar.

Terutama, layar tampilan komputer, notebook elektronik, smartphone, dan perangkat digital lainnya memancarkan lampu dalam jumlah yang signifikan. Jumlah cahaya HEV yang dipancarkan perangkat ini hanya sebagian kecil dari yang dipancarkan oleh matahari.

Tetapi jumlah waktu yang dihabiskan orang menggunakan perangkat ini dan kedekatan layar ini dengan mata pengguna, adalah penyebab keprihatinan bagi banyak dokter mata dan profesional perawatan kesehatan lainnya.



Sinar cahaya HEV membuat langit terlihat biru

Sinar cahaya dengan panjang gelombang pendek dan berenergi tinggi di ujung biru spektrum cahaya tampak lebih mudah tersebar daripada sinar cahaya tampak lainnya ketika mereka menyerang molekul udara dan air di atmosfer. Semakin tinggi tingkat penyebaran sinar-sinar ini membuat langit tak berawan tampak biru.



Mata tidak bisa memblokir cahaya lampu

Struktur anterior manusia dewasa mata (kornea dan lensa) sangat efektif dalam menghalangi sinar UV dari mencapai retina yang peka terhadap cahaya di bagian belakang bola mata. Faktanya, kurang dari satu persen radiasi UV dari matahari mencapai retina, jika Anda tidak memakai kacamata hitam.


Apa Saja Pengaruh Cahaya Lampu untuk Kesehatan Mata?


Ingat, kacamata hitam yang menghalangi 100 persen UV sangat penting untuk melindungi bagian mata ini dan lainnya dari kerusakan yang dapat menyebabkan katarak dan bahkan kanker. Di sisi lain, hampir semua lampu yang terlihat melewati kornea dan lensa dan mencapai retina.






Paparan sinar biru dapat meningkatkan risiko degenerasi makula

Fakta bahwa lampu menembus hingga ke retina (lapisan dalam belakang mata) adalah penting, karena penelitian laboratorium menunjukkan bahwa terlalu banyak terpapar lampu dapat merusak sel-sel peka cahaya di retina.

Ini menyebabkan perubahan yang menyerupai degenerasi makula, yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan permanen.

Banyak penyedia perawatan mata khawatir bahwa paparan lampu yang ditambahkan dari layar komputer, smartphone, dan perangkat digital lainnya dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami degenerasi makula di kemudian hari.

Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk menentukan berapa banyak lampu alami dan buatan manusia adalah "terlalu banyak lampu" untuk retina.



Lampu berkontribusi terhadap ketegangan mata digital

Karena panjang gelombang pendek, energi tinggi lampu lebih mudah tersebar daripada cahaya tampak lainnya, ia tidak mudah fokus. Saat Anda melihat layar komputer dan perangkat digital lainnya yang memancarkan lampu dalam jumlah besar, "noise" visual yang tidak fokus.

Ini mengurangi kontras dan dapat berkontribusi pada ketegangan mata digital . Penelitian telah menunjukkan bahwa lensa yang menghalangi lampu dengan panjang gelombang kurang dari 450 nm (lampu-ungu) meningkatkan kontras secara signifikan.

Oleh karena itu, dalam Cahaya Lampu dengan menggunakan kacamata komputer dengan lensa berwarna kuning dapat meningkatkan kenyamanan saat Anda melihat perangkat digital untuk jangka waktu yang lama.

So, Gais.

Mari jaga kesehatan mata kita, karena mata merupakan organ yang paling vital dalam hidup kita. Akan menjadi penyesalan yang begitu besar dalam hidup kita nanti jika mata ini mengalami gangguan hingga kebutaan hanya karena kelalaian kita dalam menjaganya. 

Friday, July 26, 2019

Insto Dry Eyes Solusi untuk Atasi Gejala Mata Kering

July 26, 2019 0 Comments



Teman-temaaaan, pernah gak kalian merasakan tidak nyaman pada mata? Seperti ada yang mengganggu di permukaan mata. Mata juga terasa lebih pegel dan lelah. Jika dibawa untuk membaca lama, mata terasa sepet dan perih. Waspadailah, Teman, karena itu semua adalah gejala mata kering.

Gejala mata kering inilah yang aku rasakan seminggu terakhir ini. Sebagai seorang blogger, aktifitas di depan layar gadget memang sulit untuk dibatasi. Apalagi jika batas waktu penulisan artikel mepet deadline, membuat aku terkadang harus begadang untuk menyelesaikannya. Lama di depan layar gadget, ditambah lagi dengan begadang semalaman, lengkap sudah aku memforsir mata dalam bertugas. Akibatnya mataku terasa pegal, dan perih.

Satu, dua hari berlalu rasa pegal dan perih di mata yang kurasakan itu masih aku abaikan, karena berpikir ini hanya temporary, tidak lama lagi juga bakal hilang.

Ternyata aku salah besar, kenyataannya dihari ketiga mataku terasa semakin tidak nyaman. Mataku terasa sepet. Melihat aku yang berusaha mengedipkan mata berkali-kali, mama mertua pun heran.

"Mata kamu kenapa, Mer?"

"Ga tau, Mah. Ini rasanya perih banget. Bola mata pun rasanya pegal sekali," jawabku menjelaskan.

"Nih, coba pakai Insto ini. Mama sih kalo udah merasa ga nyaman gitu di mata, mama kasih Insto aja," mama menyodorkan Insto kepadaku. Di botolnya tertulis jelas Insto Dry Eyes.

Tanpa banyak tanya lagi aku pun segera meneteskan Insto Dry Eyes ke mata. Setelah beberapa saat, alhamdulillah rasa perih sudah berkurang.

"Wah, efektif ya, Ma. Kok mama tau kalau obatnya Insto?" tanyaku penasaran.

"Ya, taulah. Sejak kamu masih kecil Insto itu kan sudah ada," jawab mama santai sambil berlalu.

Duh, kalah update deh dari mama.

😅


Apa itu Mata Kering?

Mata kering adalah sebuah kondisi di mana mata tidak mendapat pelumasan maksimal dari air mata. Akibatnya mata mengalami kesulitan untuk menghilangkan debu dan benda asing lainnya yang mengganggu.


Normalnya ketika berkedip, kornea mata akan dialiri oleh air mata yang mengandung senyawa campuran dari air, lemak, lendir, dan lebih dari 1500 protein. Nutrisi dari air mata inilah sejatinya yang bisa melindungi kornea dari lingkungan luar, membuat permukaan mata tetap licin dan halus.


Apa sih yang menyebabkan mata kering?


Mata kering bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti perubahan hormon, proses penuaan, kondisi medis, efek samping dari mengonsumsi obat dan masalah pada struktur kelopak mata. Selain itu penggunaan lensa kontak dan kosmetik juga bisa menyebabkan mata kering.


Tetapi, sebenarnya ada beberapa kondisi dari aktivitas harian kita yang justru membuat gejala mata kering semakin parah. Nah, lho. Apa saja itu, ya?


Mata terpapar debu


Ketika beraktifitas di luar ruangan, paparan debu adalah salah satu hal yang menyebabkan mata kering. Selain itu debu juga bisa mengiritasi mata, karena itu hindari mengucek mata disaat mata sedang terpapar debu. Partikel debu yang sangat halus sedang menempel di mata, nah... jika di kucek maka akan membuat mata tergores. Fatalnya, kornea mata bisa rusak, hingga beresiko pada kebutaan. Na'udzubillahi mindzalik.


Mata terpapar angin


Cuaca yang panas otomatis membuat badan kita terasa gerah. Pengennya segera mencari tempat yang adem untuk menyegarkan diri. Kipas angin dan AC adalah benda yang paling dicari saat ini. Nah, tanpa disadari mata yang terpapar angin kipas dan udara dingin dari AC itu bisa membuat mata menjadi kering.


Mata terpapar asap


Salah satu sumber asap yang sering diabaikan orang adalah rokok. Duh, Gusti. Rokok ini benar-benar lah, ya. Sudahlah merusak organ tubuh dengan zat yang di dalamnya, asapnya juga bisa merusak mata. Asap rokok bisa mengiritasi mata sehingga merusak lapisan minyak yang melindungi mata. Tapi udah tahu efek negatif rokok itu banyak,orang-orang masih saja menghisapnya tanpa rasa sesal. Huft!


Jadi meskipun kamu bukan perokok aktif, hanya perokok pasif tetap saja resiko mata kering bisa kamu alami karena berada di sekitar orang-orang merokok membuat mata kamu terpapar asap. Coba saja berdiri di dekat orang yang sedang merokok. Ga perlu lama, karena dalam hitungan detik asapnya pasti berhasil membuat mata perih.


Mata terpapar radiasi layar

Nah, ini adalah salah satu penyebab mata kering yang paling banyak saat ini. Penggunaan gadget yang telah menyentuh semua lapisan umur membuat siapa saja beresiko mengalami mata kering. Radiasi layarnya beresiko membuat mata pegel.

radiasi layar komputer bisa menyebabkan mata kering


Disaat menggunakan gadget, tanpa disadari orang-orang akan jarang berkedip. Hal ini tentu saja tidak baik untuk mata, karena sesungguhnya berkedip bisa melancarkan aliran air mata ke permukaan mata.

Selain itu, pancaran cahaya dari layar gadget lambat laun akan mempengaruhi kemampuan penglihatan, sehingga membuat mata sepet dan silau terkena cahaya.


Mata kurang istirahat

Seperti halnya tubuh, mata juga membutuhkan istirahat yang cukup agar terhindar dari resiko mata lelah. Aktifitas seharian yang padat membuat mata terus berkerja tanpa henti, sehingga otot-otot mata pun menjadi tegang. Ditambah lagi dengan kebiasaan begadang, maka resiko mata kering pun semakin bertambah.


Jika karena perkerjaan membuat kita harus begadang, maka berilah waktu untuk mata istirahat sejenak. Pejamkan mata sekitar 30 menit, agar otot mata yang tegang kembali kendur.


Insto Dry Eyes Solusi untuk Atasi Gejala Mata Kering


Paparan radiasi layar, paparan angin, dan paparan asap adalah tiga kondisi yang sulit terelakkan saat ini. Orang-orang sulit untuk menghindar dari paparan radiasi layar gadget karena hampir semua aktivitas di zaman digital ini pasti melibatkan gadget.

Orang juga sulit untuk menghindar dari penggunaan AC dan kipas angin karena keduanya merupakan benda yang sangat dibutuhkan dalam kenyamanan beraktivitas dalam ruangan.

Rendahnya kesadaran orang akan pentingnya menjaga kesehatan, membuat jumlah perokok semakin meningkat setiap tahunnya. Karena itulah semakin sulit rasanya untuk melepaskan diri dari para perokok ini.

Lantas apakah solusi yang tepat bagi para penderita mata kering ini agar tetap bisa survive dalam semua keadaan?

Bersiaplah untuk meneriakkan "Bye mata kering!" dengan lantang.

Dengan cara mengantongi Insto Dry Eyes di mana saja kita berada. 
Jadi begitu mata tidak terasa nyaman, mata pegel, mata lelah, mata perih, mata sepet, semua itu adalah gejala mata kering ya, Teman. Segera teteskan Insto Dry Eyes agar semua keluhan mata kering berkurang.

Bye Mata Kering!


Ini serius ya, Teman.


Insto Dry Eyes mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl selulose atau dikenal juga dengan sebutan Hypromellose dan Benzalkonium Chloride. Kedua zat ini bermanfaat untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata.

Hypromellose ini selain mengatasi mata kering, juga digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan mata seperti radang kornea (keratitis) dan penurunan sensitivitas kornea. Zat ini akan mengembalikan dan menjaga kelembapan mata, membantu melindungi mata dari cedera dan infeksi, dan mengurangi gejala mata kering, seperti sensasi terbakar, gatal, dan iritasi.

Hypromellose ini memiliki karakteristik seperti air mata alami. Kandungan methyl dan hyrdoxypropyl di dalamnya dapat mencegah kerusakan konjungtiva dan kornea yang terajadi akibat ketidak stabilan sekresi dari kelenjar lakrimal.

Benzalkonium Chloride adalah zat amonium yang umumnya terdapat dalam antiseptic. Zat ini berkerja dengan menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri, virus, dan jamur yang bisa membahayakan tubuh. Selain itu zat ini juga digunakan sebagai bahan penyusun produk obat yang bermanfaat sebagai bahan untuk pengamatan (preparat) mulut, dan juga menangani gangguan ringan pada mata.

Dengan kandungan kedua zat aktif tersebut di atas, Insto Dry Eyes mampu berkerja efektif mengatasi mata kering. Cara pakainya pun mudah sekali ya, Teman. Cukup teteskan 1-2 tetes pada mata yang sakit, lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

teteskan Insto Dry Eyes untuk mengurangi gejala mata kering


Untuk pemakaian pertama, mata akan terasa sedikit gatal dan perih. Jangan khawatir, itu adalah hal yang wajar karena proses detoksifikasi sedang berlangsung. Tidak lama kok, Teman. Paling hanya sekitar 1 menit saja. Setelah itu yakin deh kita bisa ucapin "Bye Mata Kering!" dengan gembira.

Ingat ya, Teman. Jangan kucek mata di saat cairan Insto Dry Eyes ini sedang berkerja, karena akan mengganggu proses pengobatan.

Kemasan Insto Dry Eyes ini juga mungil banget ya, jadi mudah deh untuk dibawa-bawa. Dimasukin ke dompet bisa, dimasukin ke kantong juga bisa, apalagi dimasukin ke tas, bisa banget pastinya.

Satu lagi yang aku suka dari kemasan Insto Dry Eyes ini adalah penampilannya yang cukup transparan. Jadi tanpa perlu mengocok dulu, kita udah bisa tau berapa banyak cairan yang tersisa di dalamnya.

Untuk harga juga ga memberatkanlah. Beberapa hari yang lalu aku beli di apotik harganya Rp15.000, di minimarket Rp14.500. Jadi masih sangat terjangkau, kok.


Tips Mencegah Mata Kering


Apapun kondisinya, mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Pepatah lama ini juga berlaku untuk kasus mata kering.

Jika bisa dihindari, mengapa harus mengobati?

Nah, berikut tips mencegah mata kering ala Meirida, ya.

  1. Gunakan kaca mata pelindung saat beraktifitas di luar ruangan.
  2. Sering-seringlah berkedip di saat berada di ruangan ber-AC.
  3. Kurangi penggunaan kosmetik di sekitar area mata.
  4. Batasi penggunaan lensa kontak.
  5. Tidur yang cukup.
  6. Atur waktu penggunaan gadget. Jangan terpaku berjam-jam di depan layar, hentikan aktifitas sejenak, pejamkan mata sekitar 10-15 menit setiap satu jam sekali.
  7. Jauhi rokok dan asapnya.
  8. Konsumsi vitamin A yang cukup.

Mata adalah organ vital yang harus dijaga dengan baik agar bisa berfungsi maksimal hingga akhir hayat kita. Akan sangat disayangkan jika organ vital ini rusak akibat kebiasaan-kebiasaan buruk kita sendiri. So, mari kita jaga kesehatan mata kita dengan senantiasa menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak mata. Jika gejala mata kering sudah terasa, jangan tunda dan buang waktu lagi. Segara lakukan pengobatan agar gejalanya tidak semakin parah.