Follow Us @soratemplates

Sunday, August 18, 2019

Kesalahan Terbesar Ketika Menentukan Penggunaan Asuransi Jiwa

August 18, 2019 0 Comments



Hai, Gais.

Ketika kamu harus memutuskan untuk menggunakan layanan dari salah satu asuransi jiwa terpercaya, sudah pasti kamu diharuskan untuk mengambil keputusan itu dengan lebih banyak pertimbangan. Mengapa begitu? Karena banyak terjadi, ada beberapa kesalahan ketika memilih perusahaan asuransi sehingga berujung pada kerugian.

Tidak mau hal itu terjadi, kan?

Yuk, mari kenali beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika memilih asuransi jiwa.


Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Memilih Asuransi Jiwa



1. Tidak sesuai dengan kapasitas yang dimiliki

Dalam memilih sebuah perusahaan asuransi ada beberapa hal yang memang harus kamu perhatikan dengan detail, karena ketika salah dalam memilih tentu akan merugikan. Apalagi jika kamu merasa tidak yakin dengan pilihan yang ditentukan. Jangan sampai buru-buru untuk menentukan pilihan yang terbaik. Minta penjelasan kepada agen dan coba perhitungkan kembali dengan kapasitas keuangan yang kamu miliki supaya tidak terjadi gagal bayar dan premi kamu pun akan hangus percuma.



2. Memilih paket asuransi yang salah

Ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan paket untuk asuransi jiwa atau asuransi pendidikan terbaik yang bisa kamu gunakan, akan tetapi perlu untuk kamu ketahui ada beberapa jenis persyaratan atau hal yang harus kamu pertimbangkan ketika akan mendaftar. Disinilah kamu akan merasa kebingungan untuk menjadi salah seorang yang diuntungkan, terutama untuk memilih paket dari layanan asuransi yang ditawarkan.

Banyak orang yang terkecoh saat ini dengan berbagai pilihan paket yang diberikan oleh perusahaan asuransi, terutama ketika kamu tidak ingin berada di posisi orang yang dirugikan. Maka perhatikan terlebih dahulu paket yang akan kamu akan gunakan untuk kedepannya. Jika paket itu tidak sesuai dari apa yang kamu butuhkan, maka ada baiknya jika kamu meminta opsi paket lainnya dan mempertimbangkan kembali.



3. Berpatokan pada premi yang murah

Memang sebagian orang akan memikirkan jika tagihan untuk bunga atau denda yang harus dibayarkan menjadi hal utama, karena itulah premi yang murah akan terlihat lebih menggiurkan. Inilah yang harus kamu hindari, Gais. Jangan pernah berfikir jika perusahaan asuransi yang memiliki premi murah adalah yang terbaik untuk kamu.

Lebih baik kamu memilih produk yang sesuai kebutuhan, lihat dulu kesanggupan kamu dalam membayar setiap bulannya. Apabila manfaat yang kamu inginkan memiliki premi yang tidak sesuai dengan alokasi dana, maka kamu bisa mengambil premi yang sesuai dengan kondisi keuangan terlebih dahulu, karena kemudian hari manfaat bisa ditambahkan jika kamu sudah memiliki cukup dana.





Tiga kesalahan tersebut di atas cukup rentan terjadi, terutama bagi orang-orang yang baru akan bergabung dengan asuransi. Oleh karena itu, agar kesalahan-kesalahan tersebut tidak terjadi, tidak ada salahnya kamu mencari referensi terlebih dahulu. Mintalah saran dari orang-orang kompeten yang telah berpengalaman di bidangnya. Jangan cepat tergiur dengan tawaran untung yang besar, karena pada dasarnya asuransi jiwa lebih untuk memberikan perlindungan saat dibutuhkan, bukan benefit dalam bentuk uang.

Monday, August 5, 2019

Pengaruh Kadar pH Tinggi Pada Air Mineral

August 05, 2019 0 Comments
air mineral ph tinggi terbaik



Tubuh yang kekurangan cairan atau lebih dikenal dengan istilah dehidrasi dapat membuat seseorang merasa sakit kepala, mual, dan muntah. Saat dehidrasi menyerang tubuh kita, kadar pH tubuh akan menjadi sangat asam. Adapun salah satu cara cepat sekaligus ampuh untuk mengembalikan pH tubuh kembali seperti semula dengan minum air alkali yang bersifat basa dengan pH mulai dari 8 keatas. Sebenarnya air alkali tidak berbeda jauh dengan air mineral biasa, hanya saja air alkali memiliki pH yang lebih tinggi dari air mineral pada umumnya. Air alkali yang bersifat basa sangat baik bagi tubuh karena mengandung mineral Oxidation Reduction Potential (ORP). ORP sendiri berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh, dimana kadar ORP yang makin rendah menyebabkan kadar antioksidanyang tinggi. Minum air alkali juga berguna untuk menyeimbangkan dan menetralkan pH di dalam tubuh, karena air alkali bersifat tidak asam dan tidak terlalu basa.

Air alkali diproduksi dengan menggunakan proses elektrolisis air yang memicu disosiasi. Elektrolisis air sendiri adalah proses elektrokimia yang memisahkan air untuk membentuk hidrogen dan oksigen. Air alkali terbaik memiliki ukuran molekul air yang lebih kecil (microwater) yang menjadikan air alkali ini dapat lebih cepat diserap oleh tubuh. Dan pastinya memiliki pH yang lebih tinggi (pH 8 - 9) untuk menetralisir limbah asam yang menumpuk di dalam tubuh kita dan menjaga keseimbangan pH tubuh.

Proses ionisasi yang dilakukan pada saat pembuatan air alkali menghasilkan air minum pH tinggi (8,3 – 8,5), sehingga air minum yang tadinya bersifat netral berubah menjadi basa atau alkalin. Selain proses ionisasi, air alkali yang bagus juga melewati tahapan proses multifiltrasi, yaitu sebuah sistem filtering dengan komponen kasat mata yang berukuran hingga 0,04 mikron. Sehingga menghasilkan air minum dengan mikro molekul yang membuat air alkali dapat lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, beberapa studi juga mengatakan bahwa air alkali dengan pH 8 – 9 mampu menurunkan asam lambung karena bersifat basa. Jadi, air alkali sangat disarankan untuk kita yang ingin mengonsumsi air mineral dengan berbagai manfaat lebih di dalamnya.

Friday, August 2, 2019

Tips Menjaga Kesehatan Retina Mata

August 02, 2019 0 Comments



Teman-temaaan, Tuhan telah menganugerahkan lima panca indra kepada kita manusia. Indra penglihatan (mata), pendengaran (telinga),  pembau (hidung), pengecap (lidah) dan indar peraba (kulit). Segala perangkat indra yang diberikah oleh-Nya tentunya wajib kita jaga sebaik-baiknya. Salah satu indra yang harus dijaga adalah mata.  Bagaimana tips menjaga kesehatan retina mata di era kini di mana kita acap terpapar dengan segala bentuk polusi. Selain itu, perkembangan zaman juga semakin banyak membiaskan makanan. Yang dulu aman-aman saja, menjadi tidak biasa dikonsumsi dan menjadi dampak buruk bagi kesehatan.

Waktu kecil, acap diajarkan jika wortel adalah salah satu makanan untuk kesehatan mata. Aku jadi teringat masa kecil dulu, ketika pulang sekolah dan saat musim panen aku gak segan meminta dan mencari sendiri wortel yang tidak lagi digunakan oleh petani. Ada yang dibiarkan begitu saja, ada juga yang aku harus mencabut sendiri. Lalu betulkah wortel bisa menjadi vitamin mata? Makanan apa saja yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata?

Berikut akan diulas sedikit mengenai tips kesehatan retina mata. 

  1. Menjaga olahraga mata
Olahraga mata merupakan salah satu cara yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Mata juga sama seperti bagian tubuh lainnya yang memiliki otot. Jadi, olahraga mata merupakan salah satu kepentingan seperti olahraga untuk tubuh. Memutar bola mata adalah salah satu olahraga mata yang dianjurkan. Untuk lebih meyakinkan diri bagaimana olahraga mata yang baik, tentu saja kita wajib mendatangi dokter supaya mendapatkan tips terbaik. Mengistirahatkan mata sebentar dari terus menerus menghadap komputer adalah salah satu bentuk olahraga mata.


  1. Kurangi setres
Setres adalah sumber dari segala sumber penyakit. Kesehatan mata juga bisa dipengaruhi oleh hal tersebut. Setres, tekanan mental dan kelelahan yang berlebihan bisa menyebabkan mata kurang sehat. Coba saja kita mengurangi jatah tidur, tak sedikit kantung mata menjadi hitam. Istirahat yang cukup bisa memberikan sedikit ketenangan kepada mata karena mata tak lelah diajak terus menerus bekerja.
 

  1. Rawat Mata Kita
Berapa jam Anda menghadap komputer dalam sehari? Dalam masa menghadap komputer tersebut, apakah tidak pernah melakukan istirahat? Jika, ya, Anda menjadi orang yang kejam kepada hak badan. Bagaimana pun mata juga ada lelahnya seperti bagian tubuh yang lain. Ia butuh istirahat seperti anggota badan yang lain. Untuk yang menggunakan lensa mata, pastikan bahwa lensanya rajin dibersihkan. Pun bagi perempuan yang menggunakan make up, hati-hatilah saat memakai eye liner dan seumpama lainnya di dekat mata. Jangan lupa untuk memakai kacamata pelindung di tengah panas teriknya matahari.


  1. Jaga kesehatan makanan
Pola makan berlebihan bisa merugikan badan. Berusahalah menjaga pola makan yang seimbang karena itu sangat penting untuk penglihatan yang lebih sehat. Bagaimana pun, nutrisi makanan akan diserap oleh tubuh hingga sampai ke mata. 

Pesan orang tua dahulu mengenai wortel untuk kesehatan mata ada benarnya juga. Karena selain sayur berwarna hijau, wortel juga menjadi salah satunya. Wortel adalah salah satu sayur yang banyak  mengandung vitamin A. Selain vitamin A untuk mata, ada juga vitamin C, E juga antioksidan untuk kesehatan badan. Sayur mayur berwarna hijau juga kacang-kacangan. Usahakanlah ia menjadi konsumsi berganti-ganti  setiap hari.


  1. Berhenti merokok
Selama ini, kita hanya tahu jika rokok menyebabkan penyakit kanker dan gangguan janin. Ternyata bahayanya bukan cuma itu, nikotin dalam rokok bisa memperlambat aliran darah ke retina dan dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah di sekitar mata. Kejaidan ini bisa menimbulkan degenarsi makula dan penyakit mata yang tak diharapkan. Dan prosesnya bisa tiga kali lebih cepat ketika penderita merokok. Jangan segan untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan mata Anda.


  1. Periksalah Mata Secara rutin
Menjaga kesehatan memang mahal. Salah satunya ya menjaga mata ini. Untuk keberlangsungan kesehatan mata kita, tak ada salahnya kira rajin berkunjung ke dokter setidaknya enam bulan sekali. Nggak semua penyakit mata memiliki keluhan, salah satunya adalah glaukoma. Kalau sudah memeriksakan mata secara rutin, kita bisa lebih dini mengetahui dan pencegahan bisa lebih maksimal. Dengan begitu, tingkat kesembuhan pun bisa semakin baik. Salah satu klinik mata yang bisa dipercaya adalah KMN EyeCare. Di klinik ini Anda bisa mendapatkan layanan yang berkaitan dengan mata termasuk retina.


Tips menjaga kesehatan retina mata bisa dilakukan sejak dini oleh diri sendiri. Tapi berkunjung kepada ahlinya sangat dianjurkan. KMN EyeCare salah satu layanan kesehatan mata terpercaya yang berada di beberapa daerah di Jakarta sangat direkomendasikan untuk Anda. Dilayani oleh perawat dan dokter-dokter yang berpengalaman, KMN EyeCare menjadi salah satu tempat untuk memeriksakan kesehatan mata yang bisa dipercaya. 

Review K-Drama: Abyss, Bikin Penasaran yang Nggak Habis-habis

August 02, 2019 0 Comments
Annyeong, Chingudeul.

Udah sampai lagi kita di awal bulan, ya. Udah ga galau lagi pastinya, karena dompet sudah terisi lagi. Buahaahaha. 
*fix ini realitaku sendiri, sih, hehehe*

Untuk melengkapi keceriaan hari ini, aku mau berbagi cerita tentang drama Korea Abyss, yang menurut aku, nih, ya. Ceritanya sukses membuat rasa penasaranku gak habis-habis.

drama korea abyss


Menurut kamu, bagaimana sih jadinya kalau genre komedi dan thriller disatupadankan dalam satu drama Korea? Sudah tentu penonton dibuat seperti naik roller coaste, kan? Setelah ketawa ngakak sampai guling-guling, trus tau-tau ada aja adegan thriller yang bikin merinding dan takut untuk tidur sendiri. Pantas saja Abyss yang tayang sejak Mei 2019 silam ini menjadi favorit yang selalu ditunggu kelanjutan episodenya. Rating-nya yang tinggi semakin membuat penasaran penonton untuk mengikuti perjalanan Park Bo-Young dan juga Ahn Hyo-Seop yang menjadi pemeran utama drama ini.


Abyss Juga Menyimpan Genre Fantasy dan Romance yang Gila!

Aku beneran ga nyangka banget kalau Abyss tidak hanya menampilkan genre komedi dan thriller saja, ternyata Abyss adalah paket komplit! Dengan konsep romance yang manis, Abyss juga bergenre fantasi yang membuat kita merasa tercengang. Dengan bola kristal super ajaib yang bernama Abyss, seorang yang telah mati bisa kembali hidup, dan bisa membalas dendamnya pada pembunuh yang telah merenggut nyawanya. Uniknya, bukan pembunuh yang mengejar si peran utama, namun kebalikannya karena Park Bo-Young yang memerankan Ko Se-Yeon serta Ahn Hyo-Seop sebagai pemeran Cha Min justru menjadi sepasang partner yang terus mengejar pembunuh yang dulu telah membunuh Ko Se-Yeon.

Ko Se-Yeon dikisahkan sebagai seorang dewi kejaksaan yang sekarang telah mengalami reinkarnasi sebagai seorang wanita yang biasa-biasa saja. Ko Se-Yeon telah meninggalkan dunia dan meninggalkan reputasinya sebagai jaksa kejam dan dingin sejak kecelakaan yang merenggut nyawanya. Namun berkat kehadiran Abyss, Ko Se-Yeon dapat kembali hidup dengan identitas dan wajah yang baru.

Begitu pula dengan Cha Min yang awalnya memiliki hidup bergelimang harta karena sebelumnya ia adalah seorang chaebol atau orang kaya generasi yang kedua. Ia memiliki segala kesempurnaan namun tidak dengan tampilan fisiknya. Setelah ia meninggal dan bereinkarnasi dengan kekuatan bola Abyss, Cha Min kembali hidup namun kali ini adalah sebagai pria yang super tampan dan akhirnya jatuh cinta dengan Ko Se-Yeon dan akhirnya mereka terlibat dalam pengejaran kasus pembunuh yang kembali hidup.


Daya Tarik Cerita Drama Korea Abyss

Kebayang tidak sih, bagaimana jadinya konsep kerja sama Ko Se-Yeon dan Cha Min dalam mengejar kasus ini? Ko Se-Yeon yang sebenarnya memiliki darah seorang jaksa yang sangat akrab dengan kasus-kasus kriminal, memiliki karakter berkebalikan dengan seorang Cha Min yang memiliki hidup sempurna dan lancar tanpa kasus-kasus kriminal.?

Selain dibingungkan oleh genre thriller tersebut, Abyss juga sangat menyentuh dengan konsep romansanya yang membuat penonton greget. Bagaimana tidak, ternyata Cha Min sebelum bereinkarnasi, memiliki cinta yang ia pendam sejak SMA. Cinta pertamanya yang tak lain dan tak bukan adalah Ko Se-Yeon yang ada pada kehidupan sebelumnya.

Kecelakaan yang merenggut nyawa Ko Se-Yeon yang disengaja oleh seorang pembunuh ternyata cukup membuat Cha Min sangat terpukul. Untung saja Cha Min bisa bertemu dengan benda seajaib Abyss yang bisa menghidupkan kembali wanita yang dicintainya walaupun harus bereinkarnasi menjadi sosok wanita yang memiliki wajah berbeda. Uniknya, walau Ko Se-Yeon bukan lagi jaksa jenius yang super cantik dan seksi, ternyata Cha Min tidak berhenti mencintai Ko Se-Yeon dengan begitu tulus.

Justru Cha Min bertekad akan menemukan siapa pembunuh yang telah merenggut semua kehidupan Ko Se-Yeon yang nyaris sempurna. Jejak petualangan mereka ini tentu saja penuh risiko karena pembunuh yang mereka cari adalah seorang pembunuh berantai yang sangat berbahaya. Lalu, dalam proses pemburuan pembunuh berantai ini, apakah salah satu dari mereka akan kembali meninggalkan dunia?

Aww..aww.. ceritanya bener-bener bikin penarasan, khaaaan.
Kamu udah nonton belum, nih?



Tuesday, July 30, 2019

Apa Itu Masa Tunggu Asuransi Kesehatan dan Kenapa Penting Banget

July 30, 2019 1 Comments


Asuransi kesehatan bukan lagi barang baru di era sekarang. Lebih-lebih saat pemerintah menggalakkan program BPJS Kesehatan. Orang jadi ngeh bahwa asuransi kesehatan itu perlu buat semua kalangan. Buktinya, pemerintah mewajibkan semua warganya ikut BPJS Kesehatan.
Bahkan bayi orok juga semestinya langsung didaftarkan BPJS Kesehatan. 

Mereka yang tergolong masyarakat miskin juga wajib ikut, tapi mendapat subsidi dari pemerintah alias tak perlu bayar premi. Meski begitu, pelayanan BPJS Kesehatan yang dianggap belum sekeren asuransi kesehatan swasta membuatnya dipandang sebelah mata. Padahal BPJS Kesehatan gak kalah penting dibanding asuransi swasta. Keduanya malah bisa disatukan dalam program coordination of benefit. Jadi peserta bisa menyedot manfaat asuransi kesehatan swasta dan BPJS Kesehatan sekaligus. Toh, dua-duanya bertujuan sama, yaitu melindungi peserta asuransi dari risiko yang mengancam keuangan di masa depan.

Bicara soal kesamaan, ada satu poin lagi yang sama antara BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan. Hal itu adalah masa tunggu alias masa aktivasi polis. 

Jadi gini. 

Setelah mendaftar dan membayar premi pertama, polis kita gak otomatis langsung aktif. Itu berarti kita gak bisa langsung menggunakan asuransi itu buat berobat.

Masa Tunggu BPJS Kesehatan

Menurut Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2015, pembayaran iuran premi pertama paling cepat 14 hari setelah pendaftaran. Setelah membayar, kartu peserta baru bisa dicetak dan diambil.
Pengambilan kartu ini sekaligus menandai aktivasi akun BPJS Kesehatan peserta itu. Dengan demikian, masa tunggu BPJS Kesehatan minimal 14 hari setelah pendaftaran.

Masa Tunggu Asuransi Kesehatan Swasta

Di asuransi kesehatan swasta, masa tunggu bervariasi karena setiap perusahaan asuransi punya kebijakan sendiri-sendiri. Umumnya masa tunggu asuransi kesehatan swasta berlaku selama 30 hari.
Masa tunggu dihitung dari terbitnya polis setelah pembayaran premi pertama. Namun masa tunggu asuransi kesehatan swasta dibeda-bedakan menjadi setidaknya empat poin.
Sebab, layanan asuransi kesehatan swasta lebih kompleks. Selain asuransi utama, ada rider alias asuransi dengan manfaat tambahan.



Masa tunggu asuransi utama dan rider berbeda. Begitu juga untuk manfaat asuransi pre-existing condition.

1. Masa tunggu awal

Hampir semua perusahaan asuransi punya ketentuan serupa mengenai masa tunggu awal, yakni 14 hingga 30 hari. Harus digarisbawahi bahwa masa tunggu ini hanya berlaku untuk penanganan rawat inap di rumah sakit.

Jadi kalau harus opname karena sakit tifus, misalnya, gak bisa langsung pakai asuransi untuk biaya perawatan kalau belum lewat masa tunggu. Namun ada pengecualian khusus buat korban kecelakaan atau insiden tak terduga.

Jika peserta asuransi mengalami kecelakaan dan harus dirawat inap, bisa langsung pakai asuransi kesehatan yang dipunyai. Ini berlaku untuk asuransi kesehatan dengan sistem reimburse ataupun cashless.

2. Masa tunggu pre-existing condition

Beberapa produk asuransi menerima peserta yang punya kondisi medis sebelum mendaftar asuransi (pre-existing conditon). Kondisi medis ini adalah gangguan kesehatan yang bisa mempengaruhi peserta asuransi di kemudian hari.

Misalnya punya riwayat penyakit jantung. Suatu saat, penyakit itu bisa saja kumat dan membuat peserta asuransi kudu diopname dan menjalani pengobatan intensif yang butuh biaya segunung.
Pihak asuransi akan memeriksa riwayat medis calon peserta untuk mengetahui ada-tidaknya pre-existing conditon ini. Dalam pemeriksaan itu akan diperiksa level dan frekuensi kondisi medis tersebut.

Nah, masa tunggu untuk pre-existing condition tergantung hasil pemeriksaan medis tersebut. Masa tunggu tercepat adalah satu bulan. Sedangkan terlama bisa sampai dua tahun.
Bagusnya, masa tunggu pre-existing condition bisa ditawar. Jadi jaminan mendapat tanggungan perawatan untuk kondisi medis itu bisa lebih cepat diperoleh.


3. Masa tunggu penyakit kritis

Mirip dengan pre-existing condition, masa tunggu penyakit kritis lebih lama daripada masa tunggu asuransi utama. Biasanya perlindungan atas penyakit kritis dalam asuransi tergolong rider atau tambahan.

Adapun contoh penyakit kritis dalam asuransi antara lain gagal ginjal, diabetes, stroke, alzheimer, dan multiple sclerosis. Pihak asuransi punya daftar penyakit kritis yang bisa ditanggung.
Umumnya masa tunggu penyakit kritis antara 1 bulan dan 2 tahun. Ada pula yang sampai 3 tahun. Baca dulu polis asuransi dengan teliti biar gak salah paham.

4. Masa tunggu persalinan

Khusus masa tunggu ini berlaku untuk asuransi kesehatan yang menjamin biaya persalinan. Masa tunggunya paling cepat sembilan bulan, sesuai dengan usia kandungan rata-rata sebelum bersalin.
Ada juga asuransi yang menerapkan masa tunggu hingga 12 bulan. Karena itu, jika berharap mendapat perlindungan dari asuransi untuk persalinan, segera daftar sebelum merencanakan kehamilan.

Asuransi kesehatan menawarkan segudang manfaat, tapi penting untuk mengetahui segala ketentuan yang menyertai. Salah satunya soal masa tunggu ini.

Dengan begitu, kita gak keliru mengartikan manfaat asuransi yang dijanjikan saat mendaftarkan diri. Sebaiknya teliti satu per satu penawaran asuransi kesehatan untuk mencari masa tunggu dengan durasi tersingkat bila ingin segera menyedot manfaatnya.


Apa Pengaruh Cahaya Lampu untuk Kesehatan Mata?

July 30, 2019 0 Comments


Apa Pengaruh Cahaya Lampu untuk Kesehatan Mata? Lampu adalah spektrum cahaya tampak dengan panjang gelombang terpendek dan energi tertinggi, dan mirip dengan sinar ultraviolet, lampu memiliki manfaat dan bahaya.

Kali ini aku akan mencoba untuk berbagi berinformasi tentang pengaruh cahaya lampu bagi kesehatan mata.

So, berikut adalah tujuh hal penting yang harus kamu ketahui tentang lampu.


Lampu ada di mana-mana

Sinar matahar yang merupakan sumber utama cahaya, juga merupakan sumber lampu terbesar di dunia ini. Berada di luar ruangan pada siang hari adalah saat sebagian besar dari kita mendapatkan paparan maksimum terhadap lampu. Tetapi ada juga banyak sumber cahaya buatan manusia di dalam ruangan, termasuk lampu neon dan LED dan televisi layar datar.

Terutama, layar tampilan komputer, notebook elektronik, smartphone, dan perangkat digital lainnya memancarkan lampu dalam jumlah yang signifikan. Jumlah cahaya HEV yang dipancarkan perangkat ini hanya sebagian kecil dari yang dipancarkan oleh matahari.

Tetapi jumlah waktu yang dihabiskan orang menggunakan perangkat ini dan kedekatan layar ini dengan mata pengguna, adalah penyebab keprihatinan bagi banyak dokter mata dan profesional perawatan kesehatan lainnya.



Sinar cahaya HEV membuat langit terlihat biru

Sinar cahaya dengan panjang gelombang pendek dan berenergi tinggi di ujung biru spektrum cahaya tampak lebih mudah tersebar daripada sinar cahaya tampak lainnya ketika mereka menyerang molekul udara dan air di atmosfer. Semakin tinggi tingkat penyebaran sinar-sinar ini membuat langit tak berawan tampak biru.



Mata tidak bisa memblokir cahaya lampu

Struktur anterior manusia dewasa mata (kornea dan lensa) sangat efektif dalam menghalangi sinar UV dari mencapai retina yang peka terhadap cahaya di bagian belakang bola mata. Faktanya, kurang dari satu persen radiasi UV dari matahari mencapai retina, jika Anda tidak memakai kacamata hitam.


Apa Saja Pengaruh Cahaya Lampu untuk Kesehatan Mata?


Ingat, kacamata hitam yang menghalangi 100 persen UV sangat penting untuk melindungi bagian mata ini dan lainnya dari kerusakan yang dapat menyebabkan katarak dan bahkan kanker. Di sisi lain, hampir semua lampu yang terlihat melewati kornea dan lensa dan mencapai retina.






Paparan sinar biru dapat meningkatkan risiko degenerasi makula

Fakta bahwa lampu menembus hingga ke retina (lapisan dalam belakang mata) adalah penting, karena penelitian laboratorium menunjukkan bahwa terlalu banyak terpapar lampu dapat merusak sel-sel peka cahaya di retina.

Ini menyebabkan perubahan yang menyerupai degenerasi makula, yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan permanen.

Banyak penyedia perawatan mata khawatir bahwa paparan lampu yang ditambahkan dari layar komputer, smartphone, dan perangkat digital lainnya dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami degenerasi makula di kemudian hari.

Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk menentukan berapa banyak lampu alami dan buatan manusia adalah "terlalu banyak lampu" untuk retina.



Lampu berkontribusi terhadap ketegangan mata digital

Karena panjang gelombang pendek, energi tinggi lampu lebih mudah tersebar daripada cahaya tampak lainnya, ia tidak mudah fokus. Saat Anda melihat layar komputer dan perangkat digital lainnya yang memancarkan lampu dalam jumlah besar, "noise" visual yang tidak fokus.

Ini mengurangi kontras dan dapat berkontribusi pada ketegangan mata digital . Penelitian telah menunjukkan bahwa lensa yang menghalangi lampu dengan panjang gelombang kurang dari 450 nm (lampu-ungu) meningkatkan kontras secara signifikan.

Oleh karena itu, dalam Cahaya Lampu dengan menggunakan kacamata komputer dengan lensa berwarna kuning dapat meningkatkan kenyamanan saat Anda melihat perangkat digital untuk jangka waktu yang lama.

So, Gais.

Mari jaga kesehatan mata kita, karena mata merupakan organ yang paling vital dalam hidup kita. Akan menjadi penyesalan yang begitu besar dalam hidup kita nanti jika mata ini mengalami gangguan hingga kebutaan hanya karena kelalaian kita dalam menjaganya. 

Friday, July 26, 2019

Insto Dry Eyes Solusi untuk Atasi Gejala Mata Kering

July 26, 2019 1 Comments



Teman-temaaaan, pernah gak kalian merasakan tidak nyaman pada mata? Seperti ada yang mengganggu di permukaan mata. Mata juga terasa lebih pegel dan lelah. Jika dibawa untuk membaca lama, mata terasa sepet dan perih. Waspadailah, Teman, karena itu semua adalah gejala mata kering.

Gejala mata kering inilah yang aku rasakan seminggu terakhir ini. Sebagai seorang blogger, aktifitas di depan layar gadget memang sulit untuk dibatasi. Apalagi jika batas waktu penulisan artikel mepet deadline, membuat aku terkadang harus begadang untuk menyelesaikannya. Lama di depan layar gadget, ditambah lagi dengan begadang semalaman, lengkap sudah aku memforsir mata dalam bertugas. Akibatnya mataku terasa pegal, dan perih.

Satu, dua hari berlalu rasa pegal dan perih di mata yang kurasakan itu masih aku abaikan, karena berpikir ini hanya temporary, tidak lama lagi juga bakal hilang.

Ternyata aku salah besar, kenyataannya dihari ketiga mataku terasa semakin tidak nyaman. Mataku terasa sepet. Melihat aku yang berusaha mengedipkan mata berkali-kali, mama mertua pun heran.

"Mata kamu kenapa, Mer?"

"Ga tau, Mah. Ini rasanya perih banget. Bola mata pun rasanya pegal sekali," jawabku menjelaskan.

"Nih, coba pakai Insto ini. Mama sih kalo udah merasa ga nyaman gitu di mata, mama kasih Insto aja," mama menyodorkan Insto kepadaku. Di botolnya tertulis jelas Insto Dry Eyes.

Tanpa banyak tanya lagi aku pun segera meneteskan Insto Dry Eyes ke mata. Setelah beberapa saat, alhamdulillah rasa perih sudah berkurang.

"Wah, efektif ya, Ma. Kok mama tau kalau obatnya Insto?" tanyaku penasaran.

"Ya, taulah. Sejak kamu masih kecil Insto itu kan sudah ada," jawab mama santai sambil berlalu.

Duh, kalah update deh dari mama.

😅


Apa itu Mata Kering?

Mata kering adalah sebuah kondisi di mana mata tidak mendapat pelumasan maksimal dari air mata. Akibatnya mata mengalami kesulitan untuk menghilangkan debu dan benda asing lainnya yang mengganggu.


Normalnya ketika berkedip, kornea mata akan dialiri oleh air mata yang mengandung senyawa campuran dari air, lemak, lendir, dan lebih dari 1500 protein. Nutrisi dari air mata inilah sejatinya yang bisa melindungi kornea dari lingkungan luar, membuat permukaan mata tetap licin dan halus.


Apa sih yang menyebabkan mata kering?


Mata kering bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti perubahan hormon, proses penuaan, kondisi medis, efek samping dari mengonsumsi obat dan masalah pada struktur kelopak mata. Selain itu penggunaan lensa kontak dan kosmetik juga bisa menyebabkan mata kering.


Tetapi, sebenarnya ada beberapa kondisi dari aktivitas harian kita yang justru membuat gejala mata kering semakin parah. Nah, lho. Apa saja itu, ya?


Mata terpapar debu


Ketika beraktifitas di luar ruangan, paparan debu adalah salah satu hal yang menyebabkan mata kering. Selain itu debu juga bisa mengiritasi mata, karena itu hindari mengucek mata disaat mata sedang terpapar debu. Partikel debu yang sangat halus sedang menempel di mata, nah... jika di kucek maka akan membuat mata tergores. Fatalnya, kornea mata bisa rusak, hingga beresiko pada kebutaan. Na'udzubillahi mindzalik.


Mata terpapar angin


Cuaca yang panas otomatis membuat badan kita terasa gerah. Pengennya segera mencari tempat yang adem untuk menyegarkan diri. Kipas angin dan AC adalah benda yang paling dicari saat ini. Nah, tanpa disadari mata yang terpapar angin kipas dan udara dingin dari AC itu bisa membuat mata menjadi kering.


Mata terpapar asap


Salah satu sumber asap yang sering diabaikan orang adalah rokok. Duh, Gusti. Rokok ini benar-benar lah, ya. Sudahlah merusak organ tubuh dengan zat yang di dalamnya, asapnya juga bisa merusak mata. Asap rokok bisa mengiritasi mata sehingga merusak lapisan minyak yang melindungi mata. Tapi udah tahu efek negatif rokok itu banyak,orang-orang masih saja menghisapnya tanpa rasa sesal. Huft!


Jadi meskipun kamu bukan perokok aktif, hanya perokok pasif tetap saja resiko mata kering bisa kamu alami karena berada di sekitar orang-orang merokok membuat mata kamu terpapar asap. Coba saja berdiri di dekat orang yang sedang merokok. Ga perlu lama, karena dalam hitungan detik asapnya pasti berhasil membuat mata perih.


Mata terpapar radiasi layar

Nah, ini adalah salah satu penyebab mata kering yang paling banyak saat ini. Penggunaan gadget yang telah menyentuh semua lapisan umur membuat siapa saja beresiko mengalami mata kering. Radiasi layarnya beresiko membuat mata pegel.

radiasi layar komputer bisa menyebabkan mata kering


Disaat menggunakan gadget, tanpa disadari orang-orang akan jarang berkedip. Hal ini tentu saja tidak baik untuk mata, karena sesungguhnya berkedip bisa melancarkan aliran air mata ke permukaan mata.

Selain itu, pancaran cahaya dari layar gadget lambat laun akan mempengaruhi kemampuan penglihatan, sehingga membuat mata sepet dan silau terkena cahaya.


Mata kurang istirahat

Seperti halnya tubuh, mata juga membutuhkan istirahat yang cukup agar terhindar dari resiko mata lelah. Aktifitas seharian yang padat membuat mata terus berkerja tanpa henti, sehingga otot-otot mata pun menjadi tegang. Ditambah lagi dengan kebiasaan begadang, maka resiko mata kering pun semakin bertambah.


Jika karena perkerjaan membuat kita harus begadang, maka berilah waktu untuk mata istirahat sejenak. Pejamkan mata sekitar 30 menit, agar otot mata yang tegang kembali kendur.


Insto Dry Eyes Solusi untuk Atasi Gejala Mata Kering


Paparan radiasi layar, paparan angin, dan paparan asap adalah tiga kondisi yang sulit terelakkan saat ini. Orang-orang sulit untuk menghindar dari paparan radiasi layar gadget karena hampir semua aktivitas di zaman digital ini pasti melibatkan gadget.

Orang juga sulit untuk menghindar dari penggunaan AC dan kipas angin karena keduanya merupakan benda yang sangat dibutuhkan dalam kenyamanan beraktivitas dalam ruangan.

Rendahnya kesadaran orang akan pentingnya menjaga kesehatan, membuat jumlah perokok semakin meningkat setiap tahunnya. Karena itulah semakin sulit rasanya untuk melepaskan diri dari para perokok ini.

Lantas apakah solusi yang tepat bagi para penderita mata kering ini agar tetap bisa survive dalam semua keadaan?

Bersiaplah untuk meneriakkan "Bye mata kering!" dengan lantang.

Dengan cara mengantongi Insto Dry Eyes di mana saja kita berada. 
Jadi begitu mata tidak terasa nyaman, mata pegel, mata lelah, mata perih, mata sepet, semua itu adalah gejala mata kering ya, Teman. Segera teteskan Insto Dry Eyes agar semua keluhan mata kering berkurang.

Bye Mata Kering!


Ini serius ya, Teman.


Insto Dry Eyes mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl selulose atau dikenal juga dengan sebutan Hypromellose dan Benzalkonium Chloride. Kedua zat ini bermanfaat untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata.

Hypromellose ini selain mengatasi mata kering, juga digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan mata seperti radang kornea (keratitis) dan penurunan sensitivitas kornea. Zat ini akan mengembalikan dan menjaga kelembapan mata, membantu melindungi mata dari cedera dan infeksi, dan mengurangi gejala mata kering, seperti sensasi terbakar, gatal, dan iritasi.

Hypromellose ini memiliki karakteristik seperti air mata alami. Kandungan methyl dan hyrdoxypropyl di dalamnya dapat mencegah kerusakan konjungtiva dan kornea yang terajadi akibat ketidak stabilan sekresi dari kelenjar lakrimal.

Benzalkonium Chloride adalah zat amonium yang umumnya terdapat dalam antiseptic. Zat ini berkerja dengan menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri, virus, dan jamur yang bisa membahayakan tubuh. Selain itu zat ini juga digunakan sebagai bahan penyusun produk obat yang bermanfaat sebagai bahan untuk pengamatan (preparat) mulut, dan juga menangani gangguan ringan pada mata.

Dengan kandungan kedua zat aktif tersebut di atas, Insto Dry Eyes mampu berkerja efektif mengatasi mata kering. Cara pakainya pun mudah sekali ya, Teman. Cukup teteskan 1-2 tetes pada mata yang sakit, lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

teteskan Insto Dry Eyes untuk mengurangi gejala mata kering


Untuk pemakaian pertama, mata akan terasa sedikit gatal dan perih. Jangan khawatir, itu adalah hal yang wajar karena proses detoksifikasi sedang berlangsung. Tidak lama kok, Teman. Paling hanya sekitar 1 menit saja. Setelah itu yakin deh kita bisa ucapin "Bye Mata Kering!" dengan gembira.

Ingat ya, Teman. Jangan kucek mata di saat cairan Insto Dry Eyes ini sedang berkerja, karena akan mengganggu proses pengobatan.

Kemasan Insto Dry Eyes ini juga mungil banget ya, jadi mudah deh untuk dibawa-bawa. Dimasukin ke dompet bisa, dimasukin ke kantong juga bisa, apalagi dimasukin ke tas, bisa banget pastinya.

Satu lagi yang aku suka dari kemasan Insto Dry Eyes ini adalah penampilannya yang cukup transparan. Jadi tanpa perlu mengocok dulu, kita udah bisa tau berapa banyak cairan yang tersisa di dalamnya.

Untuk harga juga ga memberatkanlah. Beberapa hari yang lalu aku beli di apotik harganya Rp15.000, di minimarket Rp14.500. Jadi masih sangat terjangkau, kok.


Tips Mencegah Mata Kering


Apapun kondisinya, mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Pepatah lama ini juga berlaku untuk kasus mata kering.

Jika bisa dihindari, mengapa harus mengobati?

Nah, berikut tips mencegah mata kering ala Meirida, ya.

  1. Gunakan kaca mata pelindung saat beraktifitas di luar ruangan.
  2. Sering-seringlah berkedip di saat berada di ruangan ber-AC.
  3. Kurangi penggunaan kosmetik di sekitar area mata.
  4. Batasi penggunaan lensa kontak.
  5. Tidur yang cukup.
  6. Atur waktu penggunaan gadget. Jangan terpaku berjam-jam di depan layar, hentikan aktifitas sejenak, pejamkan mata sekitar 10-15 menit setiap satu jam sekali.
  7. Jauhi rokok dan asapnya.
  8. Konsumsi vitamin A yang cukup.

Mata adalah organ vital yang harus dijaga dengan baik agar bisa berfungsi maksimal hingga akhir hayat kita. Akan sangat disayangkan jika organ vital ini rusak akibat kebiasaan-kebiasaan buruk kita sendiri. So, mari kita jaga kesehatan mata kita dengan senantiasa menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak mata. Jika gejala mata kering sudah terasa, jangan tunda dan buang waktu lagi. Segara lakukan pengobatan agar gejalanya tidak semakin parah.