promo enfa

Thursday, September 24, 2020

7 Gejala Awal Kanker Limfoma, No. 5 yang Sering Diabaikan

September 24, 2020 0 Comments


 
7 Gejala Awal Kanker Limfoma, No. 5 yang Sering Diabaikan


Hai, Teman. Kamu tahu, gak? Kalau setiap tanggal 15 September diperingati sebagai Hari Limfoma Sedunia atau World Lymphoma Awareness Day? Menurut data dari National Cancer Institute, Limfoma merupakan satu dari 10 jenis kanker ganas yang paling mematikan di dunia, lho. Hiyy, serem, ya.


Limfoma dikenal juga dengan sebutan kanker kelenjar getah bening, yaitu sistem limfatik yang merupakan bagian terpenting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.


Sistem limfatik inilah yang menghubungkan kelenjar limfe atau kelenjar getah bening yang ada di seluruh tubuh. 


Limfoma terdiri atas dua jenis, yaitu:

• Limfoma Hodgkins

• Limfoma non-Hodgkins


Apakah Penyebab Limfoma?


Sebab penyakit kelenjar getah bening ini sayangnya sampai saat ini belum bisa diketahui secara pasti. 


Namun, para ahli meyakini bahwa ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit limfoma ini, beberapa di antaranya adalah:


Pernah terpapar virus Eipstein-Barr atau EBV


Virus EBV disebut juga virus herpes manusia 4, merupakan virus yang menyebabkan demam kelenjar atau mononukleosis. 


Mononukleosis ini akrab juga dengan sebutan 'the kissing disease' karena penularannya terjadi melalui air liur atau droplet yang keluar saat bersin dan batuk. 


Secara umum infeksi mononukleosis ini bukanlah infeksi yang serius, namun dalam beberapa kasus bisa menyebabkan komplikasi sehingga proses penyembuhan menjadi lebih lama.


Faktor usia


Orang-orang yang berada dalam kelompok usia 15-30 tahun, dan lansia di atas 55 tahun lebih beresiko mengidap Limfoma Hodgkins. 


Sedangkan Limfoma non-Hodgkins lebih rentan menyapa orang-orang dalam kelompok usia lansia di atas 60 tahun saja. 


Sering terpapar bahan kimia berbahaya seperti herbisida dan pestisida


Herbisida adalah senyawa yang digunakan sebagai penyiang gulma di lahan pertanian.


Pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan sebagai pembasmi hama, sering digunakan untuk mengendalikan, menolak, ataupun membasmi organisme pengganggu seperti serangga, tikus, burung, dan lain-lain.


Sistem kekebalan tubuh yang lemah


Kondisi ini dialami oleh penderita HIV/AIDS, lupus, hepatitis C, dan pengguna obat imunosupresan yaitu jenis obat yang sering diberikan kepada pasien yang menjalani tranplantasi organ.


Faktor genetik


Faktor genetik atau keturunan merupakan salah satu faktor resiko seseorang mengidap limfoma. Artinya jika salah satu anggota keluarga inti mengidap penyakit ini, maka meningkatkan resiko anggota keluarga lainnya mengalami hal yang sama.


Obesitas


Obesitas memang sering kali dikatakan sebagai salah satu faktor resiko seseorang mengidap penyakit-penyakit serius. Dalam hal Limfoma ini, wanita yang mengalami obesitas lebih rentan daripada pria yang obesitas.



Apakah Gejala Awal Limfoma?


Berikut 7 gejala awal limfoma, sayangnya yang nomor 5 sering diabaikan orang karena ciri-cirinya juga serupa dengan gejala penyakit lainnya.


1. Ada benjolan tanpa rasa sakit di leher, ketiak, atau pangkal paha.


Benjolan ini biasanya berukuran kurang lebih 1 cm, dan ukurannya sedikit membesar ketika orang itu sedang demam atau sakit. Namun ukuran benjolan akan kembali mengecil ketika orang itu sembuh dari sakitnya.


Jika diameter benjolan lebih dari 1cm disaat tubuh tidak sedang sakit, ada baiknya lakukan pemeriksaan untuk memastikan benjolan itu tidak berbahaya.


2. Berat badan turun tanpa sebab yang jelas.


Tidak sedang diet, namun berat badan turun terus tanpa diketahui sebabnya. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan jika mengalami hal ini.


3. Demam yang berlangsung tidak normal.


Biasanya kita mengalami demam sekitar 3-7 hari. Waspadailah jika demam berlangsung tidak normal. Terkadang sembuh, namun tanpa alasan yang jelas kambuh lagi secara terus menerus.


4. Keluar keringat berlebih pada malam hari.


Metabolisme tubuh kita sudah berkerja dengan teratur. Normalnya tubuh hanya mengeluarkan keringat di saat kita beraktifitas. Semakin berat aktifitas fisik yang dilakukan maka semakin banyak juga keringat yang keluar.


Malam hari merupakan waktunya tubuh untuk beristirahat. Jika suhu tidak panas, nomalnya tubuh tidak mengeluarkan keringat. 


Waspadailah jika kamu mengalami keringat berlebih pada malam hari.


5. Rasa gatal di seluruh tubuh.


Rasa gatal yang terjadi tanpa alasan yang jelas sering dianggap sebagai reaksi tubuh ketika mengalami alergi. Itu sebabnya gejala ini sering diabaikan oleh orang banyak.


Padahal reaksi alergi hanya akan muncul jika terjadi kontak langsung tubuh dengan alergen atau zat pemicu alergi. Seperti udang, telur, kacang, udara dingin, dan lain-lain. 


Sementara itu, rasa gatal di seluruh tubuh yang terjadi tanpa alasan semestinya patut diwaspadai.


6. Kehilangan nafsu makan.


Makan merupakan kebutuhan primer bagi tubuh. Jadi tubuh secara otomatis akan meminta ketika membutuhkan. 


Namun, jika mengalami gejala awal limfoma, orang akan kehilangan nafsu makan dengan sendirinya. Tubuh tidak lagi menuntut untuk diberi makan, sehingga orang itu pun tidak merasakan lapar.


Kondisi ini jika berlangsung lama bisa menyebabkan tubuh kehilangan energi.


7. Tubuh terasa lemah.


Ketika sel kanker tumbuh, untuk terus berkembang sel kanker akan menyedot semua nutrisi yang ada dalam tubuh.. Akibatnya orang itu akan merasa lemah tidak berdaya. 



Bagaimanakah cara pencegahan Limfoma?


Meskipun penyebab pasti limfoma ini belum diketahui, namun bukan berarti limfoma ini tidak bisa dicegah.


Pencegahan limfoma bisa dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat.


Beberapa hal yang harus dilakukan adalah:

• Perhatikan asupan nutrisi tubuh.

• Rutin berolah raga.

• Cukupi kebutuhan cairan tubuh.

• Jauhi rokok, alkohol, dan narkoba.

• Istirahat yang cukup.


Setiap tahunnya, jumlah kasus kanker Limfoma ini terus meningkat. Pada tahun 2012 saja, Global Burden Cancer mencatat adanya peningkatan jumlah pasien kanker Limfoma (non-Hodgkin) untuk pasien laki laki sebesar 6 persen dan pasien perempuan mencapai 4,1 persen per tahun. 


Data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menunjukan, ada sekitar 1 juta orang di dunia ini menderita kanker Limfoma pada 2013. Ironisnya, dari total tersebut, sebanyak 14.905 pasien berasal dari Indonesia.


So, Teman-teman.


Kitalah yang paling mengenal tubuh kita. Selama jiwa masih berada di dalam raga kita, maka selayaknya kita jaga dan rawat tubuh kita dengan baik.


Mari jaga pola hidup kita dengan menjalankan pola hidup sehat. Mencegah akan selalu jauh lebih baik dari pada mengobati. 


Jangan menunda-nunda jika menemukan adanya gejala limfoma ini. Segera temui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lengkap dan diagnosis yang benar. Semakin cepat ditangani, maka kemungkinan untuk sembuh pastinya juga lebih besar.


Wednesday, September 23, 2020

Deteksi Dini, Kenali Gejalanya, dan Obati Pikun Segera

September 23, 2020 0 Comments


Deteksi Dini, Kenali Gejalanya, dan Obati Pikun Segera


Kenali Gejala Pikun dalam Keluarga


Beberapa waktu lalu kami hampir saja mengalami musibah. Waktu itu sore hari, aku sedang menemani Dek Ziqi bermain di depan tivi, tiba-tiba aku mencium bau sesuatu terbakar. Dengan cepat aku berlari menuju dapur. Aku syok ketika melihat ruangan dapur sudah dipenuhi asap. Di atas kompor yang menyala tampak jelas panci rebusan obat papa sudah hangus, sementara tidak ada seorangpun di dapur.



Tanpa buang waktu segera kumatikan kompor dan membuka jendela dapur untuk mengeluarkan asap. Tidak lupa aku nyalakan kipas angin agar semua asap itu cepat keluar.



"Papa merebus daun obat?" tanyaku setelah berhasil menemukan papa. Papa terkesiap kaget mendengar pertanyaanku.



"Ya, Allaah. Iya, papa lupa. Sudah kamu matikan kompornya? Gimana? Hangus? Duuuh, inilah orangtua nih. Padahal niat papa tadi cuma mau ke depan sebentar kok, tapi lupa. Dasar pikuuuun." Papa memukul-mukul keningnya berkali-kali.



Sejak itu kami tidak izinkan lagi papa untuk beraktivitas di dapur tanpa pengawasan.



"Mer, kamu ada lihat kunci motor papa, gak? Perasaan tadi papa gantungin di sini deh, tapi kok ga ada, ya?" Tanya papa siang itu dengan wajah bingung. Aku yakin dengan karakter papa yang lumayan keras itu, dia pasti sudah mencari lebih dari 10 menit.



Aku tinggalkan aktivitas sejenak, kemudian menghampiri papa. Beberapa langkah mendekati papa, aku melihat ada sesuatu yang tergantung di lehernya.



"Nih, kunci motornya tergantung di leher Papa," jawabku seraya meraih kunci itu.



"Wah, itulah. Udah pikun kali papa nih. Maklumlah ... Faktor U. Hehehe. Makasih, ya," papa mengambil kunci yang tergantung di lehernya dengan wajah sumringah.



Sedangkan aku masih berdiri termangu sambil mengulang-ulang kata yang papa sebutkan tadi.


Pikun ...

Maklumlah ...

Faktor U ...


Pikun, bagi sebagian masyarakat kita sudah dianggap hal yang wajar jika dialami oleh lansia. 



Padahal, pikun merupakan sebuah penyakit yang seharusnya diobati, bukan sesuatu yang bisa dengan santainya dianggap wajar.


Inilah poin penting yang aku dapatkan ketika mengikuti webminar kesehatan dalam rangka Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia yang berlangsung pada hari Minggu, 20 September 2020 lalu.







Apa itu Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia?




Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia merupakan bagian dari Program Kampanye Edukatif #ObatiPikun yang diselenggarakan oleh PT. Eisai Indonesia (PTEI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI), dalam rangka memperingati Alzheimer Awareness Month yang diperingati pada bulan September setiap tahunnya.



Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia ini membahas berbagai topik mengenai Demensia Alzheimer, deteksi dini dan penanganannya, yang keseluruhan kegiatannya tidak hanya ditujukan untuk dokter tetapi juga untuk masyarakat awam.



Festival ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengajak dokter dan masyarakat mengenali gejala dan segera obati pikun, yang di dunia medis disebut dengan Demensia. 


Festival ini menghadirkan beberapa narasumber yang ahli dibidang. Informasi lengkap tentang festival ini aku paparkan di akhir artikel, ya. 



Kali ini aku ingin menyampaikan bahwa acara ini benar-benar berhasil membuka mata dan kesadaranku tentang penyakit pikun atau demensia yang selama ini selalu dianggap hal yang wajar dialami oleh lansia.




Apa itu pikun dan bagaimana gejalanya?



Pikun alias Demensia merupakan sebuah sindrom gangguan penurunan fungsi otak yang dapat memengaruhi fungsi kognitif, emosi, daya ingat, prilaku, dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.






Gangguan penurunan fungsi otak ini menyebabkan penderitanya menunjukkan beberapa gejala berupa penurunan daya ingat dan kecepatan berpikir, serta perubahan prilaku yang membuat seseorang membutuhkan waktu lama untuk mengingat sesuatu dan lupa dengan apa yang baru saja ia lakukan.





Demensia ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

• Demensia Alzheimer

• Demensia Vaskuler

• Demensia Elwy Bodies

• Demensia Frontotemporal

• Demensia Parkinson






Demensia ini memiliki beberapa faktor resiko, yaitu:

• Yang bisa dimodifikasi, seperti penyakit vaskular, hipertensi, metabolik, diabetes, dislipidemia, pasca cedera kepala, depresi, dan pendidikan rendah.

• Yang tidak bisa dimodifikasi, seperti usia lanjut, dan faktor genetik yaitu turunan dari anggota keluarga yang memiliki riwayat demensia alzheimer.






Alzheimer's Disease International dan WHO melansir bahwa terdapat lebih dari 50 juta orang di dunia mengalami demensia, dan hampir 10 juta kasus baru setiap tahunnya. Dari jumlah yang besar itu, Demensia Alzheimer merupakan kasus terbanyak dengan persentase sekitar 60-70%.


Bagaimana dengan Indonesia?


Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang besar, diperkirakan ada sekitar satu juta orang yang mengalami Alzheimer pada tahun 2013. Jumlah ini diprediksi akan meningkat dua kali lipat di tahun 2030, dan menjadi empat kali lipat pada tahun 2020.


Mengapa itu bisa terjadi?


Karena masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit pikun ini. Masyarakat menganggap pikun itu wajar pada lansia, tidak mengenali gejala yang ada, dan tidak melakukan pengobatan. 


Satu hal yang kita harus pahami, bahwa Demensia Alzheimer ini memiliki sifat kronis progresif yang artinya seiring bertambahnya usia maka semakin bertambah pula kerusakan otak yang terjadi.


Seperti yang sudah aku singgung di atas, Demensia Alzheimer merupakan penyebab utama ketidakmampuan dan ketergantungan lansia terhadap orang lain. Hal ini tentu saja berdampak secara fisik, psikologis, sosial, bahkan beban ekonomi tidak hanya bagi penderita tetapi juga orang-orang yang berada di sekitarnya.


Kurangnya pengetahuan dan kesadaran tentang Demensia Alzheimer ini juga mengakibatkan terbentuknya stigma kewajaran di masyarakat sehingga menghambat proses diagnosis dan perawatan.


Oleh karena itu, deteksi dini sangat perlu dilakukan untuk mengurangi percepatan kepikunan ini. Semakin cepat ditangani, maka semakin besar pula peluang untuk memperlambat laju kepikunan ini.




Deteksi Dini Demensia Alzheimer dengan Aplikasi E-MS (Electronic Memory Screening)







Pada acara Festival Digital Bulan Alzheimer yang diadakan pada hari Minggu, 20 September 2020 lalu, diluncurkan aplikasi E-MS atau Electronic Memory Screening.


Aplikasi E-MS ini akan menilai kondisi memori seseorang dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan dan fungsi kognitif yang dimiliki oleh pengguna aplikasi.






Cara kerja aplikasi E-MS ini adalah sebagai berikut:

• Unduh aplikasi E-MS di playstore.

• Daftarkan data pengguna aplikasi.

• Isi data partisipan. Dalam hal ini tidak terbatas hanya pengguna aplikasi saja, namun juga bisa dilakukan pada orang-orang yang pengguna aplikasi daftarkan.

• Jawab beberapa pertanyaan yang muncul di layar.

• Setelah semua pertanyaan terjawab, di akhir akan muncul skor atau nilai. Skor inilah yang menentukan tindakan berikutnya. Jika nilai skor menunjukkan kondisi abnormal, maka selanjutnya pengguna aplikasi akan diarahkan ke menu 'directory' yang memberi rujukan kepada dokter-dokter terpercaya yang ada di sekitar pengguna aplikasi berdasarkan GPS. Dalam daftar directory yang muncul juga tersedia informasi jarak, nama dokter, spesialisasi dokter, serta nomor call center RS yang bisa dihubungi.


Selain memindai memori pengguna, aplikasi ini juga memberikan menu-menu informatif lainnya seperti artikel-artikel akurat seputar demensia, serta tips dan trik dalam merawat Orang Dengan Demensia (ODD). Semua penjelasan dipaparkan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.



Mengapa menggunakan aplikasi? Seberapa efektifkan aplikasi E-MS ini dalam menilai kinerja otak pengguna?



Menurut dr. Pukovisa Prawiroharjo, SP. S(K) yang hadir sebagai salah satu narasumber, teknologi informasi dipercaya bisa menjadi solusi penanggulangan demensia karena beberapa alasan, yaitu:


• Masyarakat Indonesia sudah melek dan aktif menggunakan gadget.

• Infomasi yang dikelola baik melalui IT bisa merubah paradigma masyarakat.

• Terdapat paradigma masyarakat yang menganggap pikun itu merupakan sebuah hal yang wajar dialami oleh lansia.

• Masyarakat butuh edukasi terpercaya dari ahli, deteksi dini berbasis teknologi, dan direktori rujukan yang jelas dan terpercaya.



Terkait aplikasi E-MS ini, dr. Pukovisa Prawiroharjo, SP. S(K) menyatakan bahwa:



E-MS = Alat Deteksi Dini Demensia: Menggunakan AD8-INA, direktori doctor spesialis neurologis dan Rumah Sakit dan artikel demensia E-MS milik PERDOSSI yang disupport oleh PT Eisai Indonesia (PTEI)





Sedangkan untuk Tujuan Utama E-MS, Dokter Pukovisa menjelaskan sebagai berikut: 


• E-MS sebagai Alat Edukasi: E-MS digunakan sebagai alat edukasi untuk masyarakat umum untuk mengetahui tentang penyakit dementia.

• E-MS sebagai Alat Skrining Demensia: E-MS digunakan Alat Skrining untuk deteksi dini demensia.Tersedia direktori/ daftar Rumah sakit yang mempunyai klinik memori dan dokter spesialis neurologis yang praktek



Ragam Informasi Bermanfaat dalam Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia






Festival ini dibuka secara virtual oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan NAPZA Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Siti Khalimah, Sp.KJ, MARS, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) PERDOSSI, DR. dr. Dodik Tugasworo P, SpS(K), dan President Director PT Eisai Indonesia (PTEI), dr. Iskandar Linardi. 


Beberapa topik yang disampaikan pada festival ini terbagi atas 2 yaitu untuk dokter dan masyarakat umum.



Untuk Dokter (dokter spesialis saraf, dokter umum, dokter seminat), topik yang dibahas adalah tentang:

• Pentingnya Pengobatan Sejak Dini Pasien Demensia 

• Kendala dan Tantangan Dokter dalam Pengobatan Pasien Demensia 



Untuk masyarakat umum, topik yang dibahas adalah tentang:

• Obati Pikun dengan Mengenal Gejalanya

• Demensia di Masa Pandemi



Dalam sambutannya saat membuka acara, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Siti Khalimah, Sp.KJ, MARS mengatakan, 



“Saat ini kita mulai memasuki periode aging population, dimana terjadi peningkatan umur harapan hidup yang diikuti dengan peningkatan jumlah lanjut usia (lansia). Indonesia mengalami peningkatan jumlah penduduk lansia dari 18 juta jiwa (7,56%) pada tahun 2010, menjadi 25,9 juta jiwa (9,7%) pada tahun 2019, dan diperkirakan akan terus meningkat dimana tahun 2035 menjadi 48,2 juta jiwa (15,77%). Jumlah lansia yang terus meningkat tersebut dapat menjadi aset bangsa bila tetap sehat dan produktif. Namun lansia yang tidak sehat dan tidak mandiri akan berdampak besar terhadap kondisi sosial dan ekonomi bangsa. Demensia Alzheimer merupakan salah satu ancaman bagi lansia di Indonesia saat ini."




Selanjutnya, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) PERDOSSI, DR. dr. Dodik Tugasworo P, SpS(K) dalam sambutannya mengatakan, 


“Edukasi kepada masyarakat dan tenaga kesehatan secara terus menerus sangat penting. Sebagai bagian dari program kampanye edukatif #ObatiPikun yang kami canangkan bersama dengan PT. Eisai Indonesia (PTEI), maka kami mengadakan Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia ini. Para peserta akan mendapat penjelasan menyeluruh mengenai Demensia Alzheimer dari berbagai narasumber dibawah naungan PERDOSSI. Dalam kesempatan itu pula, peserta akan diperkenalkan pada sebuah aplikasi deteksi dini Demensia Alzheimer bernama aplikasi E-Memory Screening (EMS). Melalui Aplikasi E-MS ini kami berharap semakin banyak masyarakat yang mengetahui gejala awal Demensia Alzheimer dan juga bagaimana penanganannya.”




President Director PT Eisai Indonesia (PTEI), dr. Iskandar Linardi, dalam kesempatan ini menyatakan, 



“PT Eisai Indonesia (PTEI) memiliki filosofi human health care (hhc) dan telah berkontribusi dalam kesehatan masyarakat di Indonesia selama 50 tahun. PT Eisai Indonesia (PTEI) berkomitmen memberikan edukasi mengenai penyakit Demensia Alzheimer, terutama karena penyakit ini dapat dideteksi sejak awal sehingga dapat dilakukan penanganan secepat mungkin. Dalam rangka merayakan 50 tahun PT Eisai Indonesia (PTEI), kami bangga bisa mendukung PERDOSSI melaksanakan program kampanye edukatif #ObatiPikun dan mengembangkan Aplikasi E-Memory Screening (EMS).” 



Pembicara berikutnya, adalah dr. S.B. Rianawati, SpS (K) yang memaparkan seputar "Obati Pikun dengan Mengenali Gejalanya." 





Dokter Rien menyatakan bahwa pikun terjadi karena fungsi kognitif menurun disertai gangguan aktivitas keseharian, misalnya:


• Lupa nama orang yang sering ketemu

• Mengeluh lupa hanya bila ditanya, tidak bisa memberikan contoh apa yang dilupakan

• Sering kesulitan menemukan kata yang tepat saat berbicara

• Sering lupa hal penting, kemampuan bicara sangat terganggu

• Kehilangan minat untuk aktifitas sosial

• Tersesat, bahkan dilingkungan sekitar rumahnya



Dokter Rien juga menegaskan bahwa

Pikun bukanlah hal yang normal dalam proses penuaan. 


Lantas, bagaimanakah cara mengatasi penyebab pikun? Yaitu dengan meringankan gejala, memperlambat perkembangan penyakit serta membuat penderita dapat hidup semandiri mungkin.







Beberapa penanganan pikun ini meliputi:



• Karena tumor otak: operasi dan kemoterapi.

• Karena kurang nutrisi: makan bergizi seimbang; meresepkan suplemen

• Karena obat-obatan: memperbaiki gejala pikun dan meningkatkan fungsi otak

• Terapi stimulasi kognitif: untuk memperbaiki fungsi kognitif, efektif meningkatkan kualitas hidup. berolahraga atau permainan fisik, bermain kata atau angka, membaca buku cerita, menggambar, mewarnai, membuat karya seni, memasak, berkreasi

• Perawatan Paliatif: keadaan yang sudah parah, misal kanker stadium akhir dengan demensia: meningkatkan kualitas hidup di sisa umurnya, mengurangi rasa sakit dan membina kondisi psikisnya, konseling dan dukungan dari teman dan keluarga.


Narasumber selanjutnya adalah Dr. dr. Junita Maja Pertiwi, Sp.S(K), yang memberikan materi dengan tema "Demensia di Masa Pandemi COVID-19".



Menurut beliau, penyakit Alzheimer atau pikun berada di urutan ketiga dalam daftar penyakit yang paling sering menimpa lansia di Indonesia, sehingga pastinya perlu perhatian dari kita semua. Mengingat penyakit ini telah mengganggu fungsi luhur tubuh kita: fungsi tertinggi makluk hidup yang membedakan manusia dengan makluk lainnya.



Dokter Maja mengulas tentang banyaknya masalah yang terjadi pada Orang Dengan Demensia (ODD) maupun Caregiver-nya di masa pandemi COVID-19 ini. 



Dampak Pandemi COVID-19 pada ODD bisa terjadi dari: 


• Faktor Eksternal: risiko terpapar COVID-19, risiko menjadi pasien COVID-19, risiko depresi, risiko perburukan kognitif, risiko perburukan perilaku, risiko perburukan penyakit penyerta

• Faktor Internal: komunikasi verbal berkurang, relasi keluarga berkurang, proses berpikir terganggu, perawatan diri terganggu, higiene diri terganggu, imbalans nutrient, risiko cidera, risiko infeksi, inkontinesia, konstipasi



Sedangkan dampak pandemi pada Caregiver adalah: 



Adaptasi: Menjaga diri, Menjaga kebersihan, Menjaga jarak, Menjaga hati, Menghindari kelelahan, Menghindari stress, Menyadari keadaan



Maka Caregiver perlu Komunikasi Gaya Baru, dan juga Menerima Kenyataan Baru: ketika penyandang DA menjadi seseorang yang lain: buat situasi yang menunjang. Ketika caregivers tidak dapat mengubah keadaan: Menikmati keadaan dan tetap baik, meski ODD tidak lagi mengenali kita, namun mereka masih mengerti akan kebaikan hati (Bahasa hati).



Mendengarkan penjelasan dari beberapa narasumber yang ahli di bidangnya membuatku semakin paham bahwa penyakit pikun ini terjadi karena adanya gangguan penurunan fungsi otak.


Demensia bukanlah hal yang wajar dalam proses penuaan manusia. Bahkan jika kondisinya semakin parah, demensia bisa menyebabkan penderitanya bahkan orang-orang di sekitarnya berada dalam bahaya.. 


Finally, mari bersama-sama kita kenali gejala, deteksi dini, dan obati pikun segera.


Download Aplikasi EMS - Sahabat Kesehatan Otak Keluarga untuk membantu kita mendeteksi dini Demensia Alzheimer.





Semakin cepat dideteksi, semakin cepat didiagnosis, dan semakin cepat pula ditangani oleh para ahli, dengan begitu peluang sembuhnya demensia ini pun semakin besar

Tuesday, September 22, 2020

Mama's Choice Moisturizing Hand Gel, Lindungi Buah Hati dari Kuman dan Bakteri Penyebab Penyakit

September 22, 2020 0 Comments
Hand sanitizer bayi



Tangan merupakan salah satu media penularan penyakit pada tubuh manusia. Kebersihan tangan yang tidak terjaga dengan baik, akan mengantarkan kuman, bakteri, virus-virus penyebab penyakit lewat sentuhan pada mulut, mata, hidung, dan rongga terbuka lainnya. Tidak hanya itu, tangan yang kotor juga bisa mencemari makanan yang disentuh. Itulah sebabnya sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

Terutama bagi bayi dan anak-anak yang masih dalam fase tumbuh kembang, di mana proses pertumbuhan dan perkembangannya berjalan lewat aktivitas bermain.

Bayi yang masih merangkak, selalu mengandalkan tangannya untuk bereksplorasi. Dalam tahap ini, bayi sering memasukkan jari-jari tangannya ke dalam mulut. Bisa dibayangkan, berapa banyak kuman dan bakteri yang menempel pada tangan turut masuk ke mulut bayi.

Itulah sebabnya sebagian orangtua membatasi anaknya dengan mengeluarkan aturan berupa larangan. Jangan begini, jangan begitu. Tidak boleh begini, tidak boleh begitu.

Di satu sisi, mungkin memang anak terhindar dari hal-hal yang kotor ya, Moms. Tapi, membatasi gerak anak dengan banyaknya larangan justru bisa menghambat pertumbuhan anak.

Anak bergerak lincah dan aktif merupakan ciri-ciri anak cerdas dan sehat. Membatasi gerak anak dalam bereksplorasi beresiko menghalangi perkembangan anak.

Maka dari itu, sudah saatnya Moms mengurangi rasa khawatirnya ketika anak tengah bereksplorasi.

Daripada membatasi gerak anak dengan berbagai larangan, sepertinya akan lebih bijak jika Moms memberikan anak perlindungan agar anak terbebas dari kuman dan bakteri.

Mama's Choice Moisturizing Hand Gel, Lindungi Buah Hati dari Kuman dan Bakteri Penyebab Penyakit


Mama's Choice Moisturizing Gel bukan Hand Sanitizer Biasa


Saat ini sudah banyak brand yang mengeluarkan produk-produk berupa hand sanitizer yang bisa digunakan untuk melindungi tangan dari berbagai kuman dan bakteri. Tetapi tidak semua produk itu aman dan ramah bagi anak, apalagi bayi karena produk-produk tersebut mengandung alkohol.






Alkohol dalam hand sanitizer bisa membunuh kuman, tetapi penggunaan yang berulang bisa menyebabkan tangan kering dan iritasi ringan.

Pada 2019, Food and Drug Administration Amerika menyatakan bahwa hand sanitizer yang boleh dipasarkan adalah yang mengandung etil alkohol (etanol), isopropil alkohol (isopropanol), atau benzalkanium klorida. Selain tiga bahan tersebut, produk hand sanitizer tidak efektif membunuh kuman.

Inilah alasan keluargaku menjatuhkan pilihan pada Mama's Choice Moisturizing Hand Gel karena sudah terbukti merupakan hand sanitizer aman untuk bayi.






Kandungan aktif dalam Mama's Choice Moisturizing Hand Gel


Mama's Choice Moisturizing Hand Gel merupakan salah satu rangkaian produk yang khusus di desain dengan formula yang aman dan ramah untuk bayi dan anak-anak.

Terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas alkohol, Mama's Choice Moisturizing Hand Gel memastikan tangan anak selalu bersih dan bebas dari kuman.

Berikut bahan aktif yang ada dalam Mama's Choice Moisturizing Gel:

Benzalkonium Klorida

Merupakan senyawa aktif yang tidak mudah terbakar dan tidak beracun. Penggunaannya di tangan juga sangat efektif dalam memberikan perlindungan terhadap kuman. Selain itu, hand sanitizer non alkohol juga memiliki risiko yang lebih rendah bila tidak sengaja tertelan atau terkena api.

Hypochlorous Acid

Asam hipoklorit terbukti 99,9% mengurangi bakteri. Hal ini ditunjukkan dalam studi in-vitro termasuk beberapa bakteri (misalnya, S. aureus [MRSA], S. pyogenes, Klebsiella spp, P. Aeruginosa, Enterobacter spp,
Proteus mirablis, spora C. difficile, lain-lain) dan Candida albicans.
Asam hipoklorit, tidak seperti pemutih klorin, 100% aman dan tidak menyebabkan iritasi. Tidak menimbulkan bahaya jika
mengenai kulit atau mata.


Apa saja keunggulan Mama's Choice Moisturizing Hand Gel?


Ada 9 keunggulan Mama's Choice Moisturizing Hand Gel yang membuatku semakin yakin memberikannya kepada anak.

1. Bersertifikasi halal.
2. Sudah teruji secara dermatologis
3. Sudah teruji hipoalergenik
4. Terbuat dari bahan yang ramah lingkungan
5. Tidak mengandung alkohol
6. Antibakteri aktif
7. Tidak lengket di kulit
8. Tanpa pewangi buatan
9. Lembut di tangan

Mama's Choice Moisturizing Hand Gel ini berbentuk gel yang tidak mudah lumer di tangan, warnanya bening, dan nyaris tidak berbau lho, Moms. Anak-anak tidak merasa risih dan terganggu meskipun dipakai berkali-kali.


Mama's Choice #KurangiWorry, Mama dan Bayi Aman dari Hati


Mama's Choice merupakan salah satu brand yang concern dan peduli pada kebutuhan bayi dan anak-anak.

Mama's Choice hadir sebagai jawaban atas kekhawatiran para ibu akan terbatasnya pilihan akan produk yang aman dan bebas toksin untuk ibu hamil dan menyusui di Indonesia.

Untuk itulah, bersama para ahli, orangtua, dan praktisi terbaik, Mama's Choice menyediakan rangkaian produk yang aman, halal, natural, dan teruji secara klinis.

'Aman' di sini tidak hanya sekedar lulus sertifikasi BPOM, tetapi juga menyangkut dalam proses pemilihan bahan terbaik dengan mengeliminasi bahan-bahan mengandung toksin yang berbahaya bagi perkembangan janin, bayi, dan kesehatan diri.

Sesuai dengan tagline, "Aman dari Hati, untuk Mama dan Bayi", Mama's Choice berusaha mengurangi kekhawatiran para ibu sejak awal kehamilan, kelahiran, hingga proses membesarkan anak.

Berikut beberapa produk Mama's Choice lainnya yang aku rekomendasi agar Moms bisa #KurangiWorry dalam melindungi buah hati.


1. Mama's Choice Baby Detergent





Mama's Choice Baby Detergent merupakan deterjen khusus bayi, yang diformulasi untuk melindungi kulit bayi yang sensitif.

Deterjen bebas toksin, efektif membersihkan noda pada baju, dan diperkaya dengan anti bakteri alami dari ekstrak Tea Tree.

Mama's Choice Baby Detergent ini bisa digunakan di mesin cuci, namun tetap lembut sekalipun digunakan untuk mencuci dengan tangan.


2. Mama's Choice Baby Liquid Cleanser





Mama"s Choice Baby Liquid Cleanser merupakan sabun pencuci khusus bayi. Aman digunakan untuk membersihkan berbagai macam peralatan bayi seperti peralatan makan bayi, dot, teether, dan aksesoris bayi lainnya.

Mama's Choice Baby Liquid Cleanser ini juga bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayur karena mengandung anti bacterial alami dengan formula food grade.


Mama's Choice Pilihan Aman untuk Mama dan Buah Hati


Sebuah penelitian membuktikan hampir 300 toksin ditemukan pada bayi yang baru lahir karena terpapar melalui tubuh ibunya setiap hari.

Tanpa kita sadari ya, Moms. Aktifitas perawatan tubuh yang kita lakukan sehari-hari ternyata bisa menjadi gerbang masuknya zat-zat berbahaya (toksin) sehingga menyebabkan terpaparnya buah hati.

Mulai dari yang Moms pakai, ataupun yang Moms makan, semuanya akan sampai ke bayi melalui aliran darah, sehingga meningkatkan resiko berbagai penyakit di kemudian hari.

Itu sebabnya sangat penting bagi kita para ibu ini untuk selalu memastikan bahwa produk-produk yang kita gunakan minim dan bebas resiko.

Menghindari akan selalu lebih baik daripada mengobati. Sebelum hal-hal yang buruk terjadi mari kita proteksi diri dan buah hati sedini mungkin.

Saatnya bagi Moms untuk menggunakan produk-produk pilihan berkualitas dari Mama's Choice yang memberi perlindungan dari kuman dan bakteri dengan cara yang aman dan teruji klinis.

Oh, ya.

Sekarang ini sedang ada promo di Shopee Mama's Choice nih, Moms.

Setiap pembelian produk-produk Mama's Choice senilai minimum Rp150.000, Moms bisa dapatkan diskon senilai Rp25.000. Cukup gunakan kode voucher MAMAMRIDA saat berbelanja.

Cara menggunakannya cukup mudah ya, Moms.

1. Buka profile
2. Klik voucher saya
3. Masukkan kode voucher MAMAMRIDA

Jangan keliru ya, Moms. Kode vouchernya MAMAMRIDA dengan huruf besar semua.

Ayo, Moms. Jangan lewatkan kesempatan emas ini. Beli produk-produk berkualitas dari Mama's Choice untuk buah hati tercinta.


Sunday, September 20, 2020

Tips Keuangan Keluarga Guna Mempersiapkan Biaya Pendidikan yang Semakin Mahal

September 20, 2020 0 Comments

Tips keuangan keluarga


Tips keuangan keluarga

Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya biaya pendidikan semakin lama nilainya jadi semakin mahal atau tinggi. Hal inilah yang membuat para orangtua hendaknya harus mempersiapkan sedini mungkin bagaimana caranya agar tidak kelimpungan memikirkan mengenai biaya pendidikan mereka. Karena pastinya setiap orangtua sendiri juga menginginkan pendidikan yang terbaik bagi buah hatinya. Mengingat ini adalah investasi besar untuk masa depan mereka. 


Sehingga jangan disepelekan, pendidikan terbaik akan membantu mereka menuju masa depan yang lebih cerah.

 

Untuk itu ikuti beberapa tips keuangan keluarga dalam menyiapkan biaya pendidikan anak berikut ini, yaitu:

 

  • Tentukan sekolah yang diinginkan buah hati

Ada baiknya bagi kita untuk mulai merencanakan sekolah mana yang akan dimasuki oleh buah hati ke depannya. Apakah ingin disekolahkan ke negeri atau swasta sehingga hal ini akan mempermudah kita untuk melihat rincian biaya yang mungkin dikeluarkan untuk kebutuhan pendidikan buah hati.

  • Riset biaya pendidikan

Ingat bahwa biaya pendidikan setiap tahunnya akan selalu mengalami peningkatan, diantaranya adalah sekitar 10 persen, jadi semakin lama otomatis jadi semakin mahal. 

Itulah mengapa kita harus riset terlebih dahulu berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan untuk pendidikan buah hati tersebut, sehingga mempermudah kita untuk menabung.


  • Mengevaluasi kondisi keuangan

Selanjutnya adalah dengan mengevaluasi kondisi keuangan, mulai di antaranya adalah dari pemasukan sampai dengan pengeluaran keluarga kita. Sehingga akan tahu bagaimana posisi keuangan keluarga kita. 

Kita juga dapat mempersiapkan porsi yang akan ditabung ataupun juga diasuransikan sesuai dengan kondisi finansial tersebut.


  • Memilih antara asuransi atau tabungan pendidikan

Ada banyak sekali produk keuangan yang dapat kita jadikan sebagai pilihan untuk membantu mempersiapkan dana pendidikan bagi buah hati, diantaranya adalah dengan asuransi atau satu diantaranya adalah tabungan. 

Keduanya memiliki plus dan minusnya masing-masing, seperti tabungan pendidikan menjamin uang tetap aman, hanya saja suku bunganya relatif kecil. Asuransi pun pilihan jenisnya lebih banyak lagi, ada yang dwiguna dan juga jenis unit link yang disertai dengan adanya manfaat investasi.


  • Investasi 

Selain itu kita juga dapat mengimbanginya dengan investasi, karena hasilnya lebih jelas dan juga besar. 

Misalkan saja kita berinvestasi di sektor properti, meskipun modal yang harus dikeluarkan untuk memulainya cukup besar. Namun setara dengan pertambahan nilai yang terjadi dari tahun ke tahun, karena semakin besar dan kelak dapat dipersiapkan untuk biaya pendidikan anak.

 

Itulah setidaknya tips keuangan keluarga untuk mempersiapkan biaya pendidikan buah hati yang semakin mahal.

Tidak bisa dipungkiri memang kondisi pandemi Covid 19 seperti sekarang ini berdampak besar pada sumber pemasukan keluarga, sehingga berapapun pemasukan yang kita dapatkan hari ini harus dikelola dengan cermat agar semua kebutuhan tetap terpenuhi dengan baik.

Monday, September 7, 2020

Inilah 5 Kesalahan Penggunaan Skincare yang Sering Dilakukan Pemula

September 07, 2020 0 Comments


Memiliki kulit cerah, bersih, dan berkilau merupakan dambaan semua wanita. Itu sebabnya para wanita berusaha untuk melakukan berbagai perawatan agar kulit wajahnya tampak cantik dan glowing. 


Namun, untuk mendapatkan kulit yang indah tentu saja tidak bisa secara instan. Apalagi jika perawatan kulit wajah ini tidak rutin dilakukan. Maka jangan heran jika kulit wajah tampak kusam dan tidak menarik saat dilihat.


Kulit akan tampak cantik, bersih, dan bercahaya jika kulit itu sehat dan terawat. Bagaimana cara merawat kulit wajah? Caranya adalah dengan menggunakan serangkaian produk skincare, sesuai dengan tahapan yang tepat.


Sayangnya, tidak sedikit kalangan pemula yang enggan melakukan perawatan ini sesuai tahapannya karena mereka menganggap tahapan penggunaan skincare untuk pemula tersebut merepotkan.


Tergiur untuk cantik, mereka malah menggunakan produk skincare yang menjanjikan hasil instan. Hasilnya? Jangan kaget jika kulit wajah justru menjadi rusak.


Inilah 5 Kesalahan Penggunaan Skincare yang Sering Dilakukan oleh Pemula


1. Tidak mengenali jenis kulit


Sebelum membeli produk skincare, hal pertama yang dilakukan adalah mengetahui jenis kulit yang kita miliki.


Menggunakan produk skincare yang tidak cocok dengan jenis kulit beresiko membuat kulit menjadi rusak.



2. Tergiur hasil instan


Kita harus mewaspadai produk-produk skincare yang menjanjikan kulit tampak indah dalam waktu singkat, karena produk tersebut bisa dipastikan mengandung bahan-bahan yang berbahaya. 


Melakukan perawatan kulit sesuai dengan tahapan penggunaan skincare memang tampak ribet dan memakan waktu. Tetapi hasilnya pasti jauh lebih baik, dan pastinya juga minim resiko.


3. Terlalu mengikuti trend


Aktif di media sosial membuat kita menjadi up to date dengan segala sesuatunya, termasuk dengan produk-produk kecantikan. Di media sosial biasanya ada produk skincare yang sedang trending, bisa karena sedang digunakan oleh artis, atau bisa juga karena promo yang mombastis. Tapi, sadarlah wahai wanita. Tidak semua produk yang trending itu cocok untuk kulit kita. 


4. Mengabaikan petunjuk pemakaian


Hal ini cukup sering terjadi di lingkungan masyarakat. Mereka menggunakan produk skincare tapi mengabaikan petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan. Produk skincare untuk malam hari, digunakan pada siang hari. Begitu juga sebaliknya. Padahal kalau kita jeli, pada komposisi bahan pasti ada perbedaan antara krim siang dan krim malam. Jadi jangan heran jika kita tidak mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan karena penggunaan produk yang tidak tepat.


5. Sering berganti produk


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, melakukan perawatan kulit wajah tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Butuh waktu tertentu agar produk skincare yang kita gunakan menampakkan hasil. Jangan latah berganti produk hanya karena setelah satu minggu pemakaian tidak menampakkan hasil.


Nah, itulah 5 kesalahan penggunaan skincare yang sering dilakukan oleh pemula. Sebisa mungkin hindari ya, Teman. 


Bersabarlah dalam melakukan perawatan kulit wajah. Dan yang terpenting sekali rawatlah kulit wajah kita dengan penuh cinta, dengan begitu kulit akan tampak bersih, cerah, dan berkilau.








Friday, September 4, 2020

Layanan COD, Mempermudah Jual Beli Mobil Bekas dari Rumah

September 04, 2020 0 Comments

 


Layanan COD, Mempermudah Jual Beli Mobil Bekas dari Rumah - Transportasi yang memadai merupakan salah satu kebutuhan hidup masyarakat modern. Di zaman sekarang, bagi sebagian orang mobil bukan lagi barang mewah. Tapi sudah masuk kategori kebutuhan, di mana keberadaannya bisa memudahkan urusan dalam banyak hal.


Dengan mengendarai kendaraan pribadi, orang-orang tidak perlu lagi berjibaku di kendaraan umum. Jadi lebih praktis, karena irit waktu dan tenaga.


Padahal, jika dilihat dari kondisi pendapatan rata-rata masyarakat Indonesia, sepertinya belum semua orang mampu membeli mobil.


Tetapi, faktor kebutuhan membuat orang-orang berusaha keras untuk membeli mobil. Itu sebabnya, bursa jual beli mobil bekas di Indonesia tidak pernah sepi peminat.


Harga mobil bekas yang jauh lebih murah dari pada harga mobil baru, juga menjadi alasan lainnya mengapa jual beli mobil bekas menjadi lebih disukai oleh masyarakat.


Kecanggihan teknologi pun turut mempermudah usaha dan transaksi jual beli mobil bekas saat ini.


Jual beli mobil bekas kini tidak lagi harus dilakukan secara offline, di mana calon pembeli langsung mendatangi penjual. Siapa saja sekarang bisa menjual dan membeli mobil bekas secara online langsung dari rumah.


Dibandingkan transaksi offline, menjual atau membeli mobil bekas secara online jauh lebih mudah, dengan potensi keuntungan juga lebih besar. Hal ini terjadi karena sejumlah biaya bisa dipangkas, bahkan dihilangkan.


Layanan COD Mobil88, Mempermudahnya Jual Beli Mobil Bekas dari Rumah



Jual beli mobil bekas dari rumah akan terasa lebih mudah jika dilakukan pada portal. Salah satu portal jual beli mobil bekas yang terpercaya adalah mobil88.astra.co.id, atau kamu juga bisa unduh aplikasinya secara gratis di playstore bagi pengguna android ataupun app store bagi pengguna iphone.


Mobil88 merupakan anak perusahaan Astra yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun di bidang jual beli mobil.


Satu keunggulan dari Mobil88 yang paling aku sukai adalah tersedianya layanan COD atau Car on Delivery.


Apa itu Layanan COD?

Layanan COD atau Car on Delivery ini diberikan oleh Mobil88 dalam rangka mengakomodir kebutuhan masyarakat agar bisa melihat mobil impiannya tanpa harus ke luar rumah, terlebih lagi dalam masa pandemi covid-19 saat ini.


Dengan layanan COD ini, pelanggan bisa melihat dan mengecek, bahkan melakukan test drive mobil yang sebelumnya sudah dipilih di aplikasi Mobil88. Staff dari Mobil88 akan mengantarkan mobil pilihan pelanggan ke rumah, tanpa biaya alias free biaya antar showing.


Bagaimana caranya agar bisa menikmati layanan COD dari Mobil88 ini?


Caranya sangat mudah lho, Teman.

Cukup lakukan booking showing via live chat, baik di website ataupun aplikasi Mobil88.


Selanjutnya jika kamu merasa cocok dan  berminat, kemudian melakukan pembayaran atau booking senilai lima juta rupiah, maka kamu bisa mendapatkan benefit lainnya berupa garansi mesin dan jaminan 100% uang kembali.


Apa saja syarat dan ketentuan layanan COD Mobil88 ini?

• Layanan COD untuk showing mobil dan test drive ini free biaya antar dan tidak harus melakukan DP ataupun booking fee.

• Layanan COD dapat kamu request dengan maksimal lokasi antar 30km dari showroom mobil88 terdekat lokasi kamu tinggal.

• Layanan COD berlaku Senin hingga Sabtu, dengan waktu showing mobil sampai di lokasi mulai pukul 9 pagi hingga maksimal pukul 3 sore.

• Lakukan reservasi untuk layanan COD melalui live chat via website atau aplikasi mobil88 e-store

• Jika kamu berminat untuk membeli mobil yang di showing, pembayaran dapat dilakukan via mobil88 e-store atau transfer. Dokumen mobil beserta mobil yang dibeli akan diantarkan kembali setelah pembayaran dilakukan.

• Saat reservasi untuk jadwal showing dapat disertakan selfie foto diri dengan KTP/SIM/NPWP.

• Benefit extra berupa Garansi Mesin akan didapatkan jika setelah showing, kamu berminat melanjutkan membeli mobil tersebut dengan melakukan pembayaran atau booking senilai 5 juta dilakukan via mobil88 e-store.


So, itu dia layanan COD dari Mobil88 yang patut banget kamu cobain, Teman.


Kalau ada yang memberi kemudahan, mengapa kita harus memilih yang ribet?


Mobil88 dengan layanan CODnya sudah memberikan bukti bahwa kemudahan untuk membeli mobil bekas impian kini berada dalam genggaman.

Wednesday, September 2, 2020

E-Commerce dan Jasa Logistik, sebuah Simbiosis Mutualisme

September 02, 2020 0 Comments
Perusahaan logistik


Peran Penting Logistik dalam Perkembangan E-Commerce


Perusahaan logistik dan industri e-commerce bisa dikatakan,  merupakan sebuah simbiosis mutualisme, di mana mereka harus saling ada dan saling membutuhkan untuk terus maju dan berkembang. Industri e-commerce tidak akan bisa berjalan tanpa ada layanan logistik. Usaha logistik pun berkembang dengan semakin banyaknya pesanan e-commerce yang harus dikirimkan.


Perkembangan industri e-commerce di Indonesia beberapa tahun terakhir ini sangat pesat. Berdasarkan data yang dirilis oleh Bank Indonesia pada tahun 2018, transaksi e-commerce tercatat mengalami peningkatan hingga 151%. Angka ini sudah bisa dipastikan akan terus meningkat seiring dengan perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja yang dari awalnya offline menjadi online.


Perkembangan industri e-commerce yang meningkat tajam ini, membuat kebutuhan akan layanan logistik juga meningkat. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya pesanan produk yang harus segera dikirim ke alamat tujuan.


Ditambah lagi, ketika pandemi covid-19 melanda dunia di awal tahun 2020 ini, yang mengharuskan masyarakat untuk beraktifitas dari rumah. Aktifitas-aktifitas sebelumnya yang biasa dilakukan secara offline, akhirnya dilakukan secara online. Sebut saja contoh kecilnya seperti berbelanja kebutuhan dapur yang biasanya langsung di pasar, namun demi terhidar dari penyebaran virus, masyarakat pun berbelanja kebutuhan online via aplikasi, atau berbelanja langsung via aplikasi chat dengan pedagang di pasar.


Yang pasti, apapun bentuk transaksi pembelian online saat ini, semuanya membutuhkan layanan logistik agar pesanan yang dibeli sampai ke rumah dengan selamat.


Tetapi, sejatinya layanan logistik itu tidak hanya sebatas layanan pengiriman barang ke konsumen. Logistik mencakup hal yang jauh lebih luas, mulai dari pergudangan, manajemen inventori, penagihan, pengemasan, label, cash on delivery, dan banyak lagi lainnya.


Tantangan yang dihadapi perusahaan logistik juga sangat beragam, tidak hanya sebatas memastikan barang konsumen sampai dengan selamat, tetapi juga memberikan layanan berupa pengembalian produk cacat, penukaran tipe barang, dan lain-lain.


Itu sebabnya para penyedia jasa logistik bersaing memberikan layanan terbaiknya kepada pengguna jasa mereka. Semakin lengkap dan baik layanan yang diberikan, maka akan semakin banyak juga konsumen yang berkerjasama dengan perusahaan mereka.




SERA, Perusahaan Logistik Terpercaya Member Group Astra


PT. Serasi Autoraya (SERA) merupakan anak perusahaan PT. Astra International Tbk yang bergerak di bidang layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia.


Selain bisnis solusi transportasi dan penjualan kendaraan bekas, di bawah bendera SELOG, SERA hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa logistik end-to-end dengan layanan yang berbeda-beda.


SERA menyediakan layanan logistik terintegrasi mulai dari perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring melalui jasa contract logistics.


SERA sudah dilengkapi dengan Warehouse Management System (WMS). Dengan adanya sistem ini, pelanggan sangat diuntungkan karena SERA memiliki kemampuan dalam proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, dan pesanan yang sudah selesai.


Tidak hanya sampai di situ, sistem WMS juga memudahkan pelanggan melihat status persediaan barang hingga tingkat persediaan terendah secara real time.


Layanan Kurir yang Lengkap sesuai Kebutuhan


Paham dengan kebutuhan masyarakat yang sangat beragam, SERA memberikan layanan kurir ekspres yang disupport kendaraan-kendaraan di sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.


Layanan kurir yang SERA berikan terbagi atas dua, yaitu:

1. Layanan standar, meliputi Same Day Service, Next Day Service, dan Regular Service.

2. Layanan solusi, meliputi VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau paket dan barang-barang yang terlalu besar untuk dikirim dengan kargo biasa.


Untuk alat berat dan kargo lainnya, SERA menyediakan jasa pengiriman dengan berbagai jenis moda pengangkutan, baik untuk wilayah dalam negeri ataupun luar negeri.


Pelanggan tidak perlu cemas dengan dengan kondisi paket yang dikirimkan karena SERA memberi jaminan berupa keamanan (safety), tepat waktu (ontime), dan zero defect.


Dengan semua layanan yang diberikan oleh SERA ini, maka pelanggan bisa fokus dengan peningkatan mutu sehingga bisa bersaing merebut hati konsumen. Dengan begitu peningkatan keuntungan bisnis pun tercapai.