Saturday, September 10, 2022

Mengenal Pengertian Gaya Dan Gerak Beserta Perbedaan Dan Jenis – Jenisnya

 


Saat kamu melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, tentunya melibatkan gaya dan gerak. Contohnya, mengayuh sepeda, mengangkat barang, memindahkan kursi, dan menendang bola. 


Namun, gaya dan gerak pada dasarnya adalah dua hal yang berbeda.
Gaya dan gerak memiliki perbedaan sendiri yang akan memudahkan Anda untuk mengidentifikasi apakah aktivitas yang Anda lakukan termasuk gaya atau gerak. 


Lantas, sebenarnya yang dimaksud dengan gaya dan gerak itu apa?
Apa perbedaan antara gaya dan gerak? Apakah keduanya memiliki jenis-jenisnya sendiri?  


Yuk, tambah ilmu pengetahuan kamu mengenai pengertian serta
perbedaan gaya dan gerak , dengan menyimak informasi di bawah ini.


Apa yang Dimaksud Dengan Gaya dan Gerak?


Pengertian gaya adalah sebuah dorongan atau tarikan yang mengakibatkan sebuah benda bergerak.

Sementara pengertian gerak adalah suatu benda dari satu tempat ke tempat lain (bergerak dengan bebas dan tidak memilih). 


Atau gaya pun bisa diartikan sebagai besaran yang memiliki besar dan arah tertentu, sementara gerak merupakan benda yang berpindah dari tempat yang tidak ada akibat adanya gaya. 

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaya merupakan kesanggupan untuk berbuat dan lain sebagainya. Menurut KBBI, gerak merupakan tempat atau lagu yang bagus hanya sekali atau berkali – kali. 

Kemudian sebagaimana dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), gaya merupakan dorongan atau tarikan yang bisa mengakibatkan benda bergerak. Sementara pengertian gerak menurut Kemendikbud adalah akibat dari perpindahan benda dari tempat asalnya adanya gaya. 


Perbedaan Gaya Dan Gerak

Suatu benda bisa bergerak karena adanya pengaruh gaya. Sehingga tidak heran jika antara gerak dan gaya saling berhubungan erat. Contohnya pada sepeda yang bisa bergerak saat ada orang yang mengayuhnya (memberikan gaya). Lantas, apa perbedaan antara gaya dan gerak? 

Berikut rangkuman perbedaan gaya dan gerak :

1. Perbedaan gaya dan gerak yang pertama yaitu gaya bisa menyebabkan benda bergerak, sementara gerak hanya bisa terjadi karena adanya pengaruh gerak. 

2. Perbedaan kedua antara gaya dan gerak adalah gaya bisa membuat gerak benda semakin cepat atau lambat, sementara gerak tidak bisa melambat atau dipercepat tanpa adanya gaya. 

3. Perbedaan gaya dan gerak yang ketiga adalah gaya tidak bisa dilihat namun bisa dirasakan, sedangkan gerak bisa dilihat. 

4. Perbedaan gaya dan gerak selanjutnya adalah gaya mampu mengubah arah gerak benda, sedangkan gerak tidak dapat mengubah arah benda. 

5. Perbedaan berikutnya antara gaya dan gerak adalah gerak dipengaruhi gaya, sementara gaya tidak harus dipengaruhi gerak. 

6. Perbedaan gaya dan gerak selanjutnya adalah gaya bisa mempengaruhi bentuk benda dari dorongan atau tarikannya, sementara gerak tidak mempengaruhi bentuk benda. 

7. Perbedaan gaya dan gerak yang terakhir adalah gerakan pada benda bisa terjadi karena gaya, sementara benda bergerak belum tentu memiliki gaya. 


Jenis – Jenis Gaya Dan Gerak

Jenis – Jenis Gaya

Gaya terbagi menjadi enam jenis yaitu gaya magnet, gaya listrik, gaya otot, gaya gravitasi, gaya pegas, dan gaya keseimbangan. 

Jenis – Jenis Gerak

Gerak bisa mempengaruhi benda berdasarkan jenisnya, yaitu sebagai berikut gerak lurus, gerak parabola, dan gerak awal. 

Sementara berdasarkan percepatannya, gerak terbagi menjadi dua jenis yaitu gerak beraturan dan gerak berubah beraturan. 


No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.