Follow Us @soratemplates

Friday, November 30, 2018

Minim Resiko, Berikut Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

November 30, 2018 0 Comments

Memiliki usaha sendiri bisa dikatakan adalah impian banyak orang saat ini. Besarnya tekanan dan terbatasnya waktu yang dimiliki kerap membuat orang-orang yang berkerja di perusahaan mengalami stress. Karena itulah, memiliki usaha sendiri tentu saja bagaikan sebuah solusi di tengah-tengah rasa stress yang melanda.

Berbicara tentang usaha, sudah pasti kaitannya adalah modal. Banyak orang yang telah memimpikan untuk memiliki usaha sendiri, tapi urung terwujud karena terkendala modal usaha. Tidak bisa dipungkiri memang, modal adalah faktor utama yang harus dimiliki jika ingin membuka usaha sendiri. Besar atau kecilnya modal, tentu saja tergantung jenis usaha apa yang akan didirikan.

Hidup di zaman yang modern saat ini tentu saja merupakan sebuah keberuntungan bagi kita, karena untuk mendapatkan modal usaha tidak melulu harus dengan cara konvensional seperti mengajukan pinjaman ke bank. Saat ini banyak cara bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha, asalkan ada kemauan, ada kreatifitas, maka modal yang dicita-citakan pun akan berada di tangan.

Minim Resiko, Berikut Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha


Menabung
Menabungkan sebagian penghasilan adalah salah satu cara mendapatkan modal usaha dengan cara aman dan bebas resiko, karena tidak perlu pusing memikirkan cicilan dan bunga pinjaman. Meskipun membutuhkan waktu, tetapi jika cara ini konsisten dilakukan setiap bulan maka modal yang diimpikan pasti didapat. Misalnya, saat ini kamu adalah seorang karyawan yang menerima gaji setiap bulannya. Sisihkan 30% dari gajimu untuk dijadikan tabungan modal usaha. Tetapi sebelumnya, tentu saja kamu harus punya dulu gambaran usaha yang ingin dibuat, sehingga bisa memetakan besaran modal yang dibutuhkan. Dengan begitu kamu juga bisa memprediksi jangka waktu yang dibutuhkan untuk menabung.

Menjual Aset
Tidak sabar untuk segera memulai usaha, tetapi jika menunggu tabungan terkumpul rasanya masih lama,  maka menjual aset adalah salah satu cara mendapatkan modal dengan cara mudah, aman dan minim resiko. Sama halnya dengan tabungan, setiap bulannya kita tidak perlu pusing memikirkan cicilan dan bunga pinjaman. Coba, deh. Amati sekeliling rumah kita. Ada ga sih barang-barang berharga tapi jarang digunakan, yang bisa ‘dilepas’ untuk mendapatkan modal. Seperti gadget merk lama, elektronik tua, kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Menggadaikan Aset
Merasa sayang menjual aset? Hm... wajar, sih. Aku sendiri juga termasuk tipikal orang yang merasa sayang kalo ingin menjual barang-barang milik pribadi. Selain sulit mendapatkannya, barang-barang tersebut juga terlanjur memiliki nilai history sendiri. Jadi daripada menjual, menggadaikan aset mungkin bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan modal usaha. Hanya saja, nilai gadai tentu saja tidak sebesar nilai jual, kan. Tapi jika modal yang dibutuhkan tidak begitu besar, menggadaikan aset ini merupakan cara yang sangat aman. Seperti gadai BPKB mobil, gadai perhiasan, gadai tanah, bahkan gadai elektronik juga bisa dilakukan. Jangan lupa siapkan dokumen-dokumen resmi seperti faktur pembelian disaat menggadaikan aset ya, gais.

Pinjam dari Kerabat
Salah satu cara mendapatkan modal usaha tanpa resiko adalah dengan pinjaman dari kerabat seperti teman dan keluarga dekat. Meskipun sulit untuk mendapatkan dalam jumlah besar, tetapi pinjaman dari kerabat tentu saja bebas bunga dan juga jangka waktu yang lebih fleksibel. Tetapi, untuk mendapatkan pinjaman dari kerabat ini tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan kepercayaan yang besar dari mereka sehingga mau meminjamkan uang kepada kita. Jadi jika ingin mendapatkan modal dengan cara ini, pastikan track record kamu bagus. Jujur, disiplin, perkerja keras, taat beribadah, dan hemat adalah beberapa poin yang kudu kamu miliki untuk mendapatkan kepercayaan dari orang. Jika hal-hal tersebut luput dari kepribadian kamu, sepertinya akan sulit mendapatkan modal dengan cara ini.

Joint Venture
Masih sulit untuk mendapatkan modal dengan 4 cara tersebut di atas? Cara yang ke-5 ini layak banget kamu pertimbangkan, yaitu Joint Venture. Kamu bisa mengajak teman atau saudara untuk membuka usaha bersama dengan patungan modal. Cara ini menguntungkan, karena modal dan perkerjaan akan dibagi rata, termasuk resiko seperti kerugian. Untuk menghindari kesalahpahaman dikemudian hari, pastikan untuk membuat perjanjian tertulis tentang segala sesuatu hal yang berkaitan dengan kerjasama ini. Mulai dari pembagian tanggung jawab, hasil dan resiko yang kemungkinan terjadi.

Modal dari Pelanggan
Wah, apakah cara ini mungkin dilakukan? Mungkin banget, ya. Tetapi tentu saja dengan syarat usaha sudah berjalan. Caranya yaitu dengan meminta uang muka atas jasa yang kamu jual. Nah, uang muka ini bisa digunakan sebagai modal untuk memproses perkerjaan hingga selesai sampai mendapatkan pembayaran seluruhnya. Beberapa contoh usaha yang bisa menerapkan cara ini adalah bengkel, katering, laundry dan sablon.

Modal dari Vendor
Jika usaha sudah berjalan, tapi kesulitan modal, maka berbekal kepercayaan bisa banget mendapatkan modal dari vendor barang. Misalnya usaha katering, bisa lho menggunakan sistem ‘pay later’ dengan toko-toko langganan yang menjual bahan. Begitu pembayaran diterima dari konsumen, baru deh bahan-bahan yang digunakan tadi dibayar. Pastikan kamu melakukan pembukuan yang jelas untuk semua transaksi yang dilakukan, ya.

Nah, demikian cara mudah mendapatkan modal usaha yang minim resiko. Dari 7 poin di atas, kamu nyamannya yang mana, gais?



Monday, November 19, 2018

3 Jenis Minyak Goreng Sehat

November 19, 2018 0 Comments

Hai, Moms.

Memasak merupakan hal yang paling menyenangkan bagi ibu rumah tangga. Tapi sudahkah Moms memperhatikan bahan yang digunakan untuk memasak?

Biasanya para ibu rumah tangga hanya memikirkan yang penting ada makanan di meja makan, tapi tidak memikirkan sehat atau tidak bahan yang digunakan. Salah satunya adalah minyak goreng.

Minyak goreng adalah bahan utama yang paling banyak dibutuhkan untuk memasak. Namun, para ibu rumah tangga biasanya hanya menggunakan minyak goreng biasa saja, yaitu minyak goreng yang dibeli di warung atau minimarket terdekat. Padahal minyak goreng jenis ini mengandung bahan yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Minyak goreng yang dijual banyak di pasaran adalah jenis minyak yang mengandung lemak tak jenuh yang dapat memicu penyakit jantung. Untuk itu segeralah beralih ke minyak goreng sehat yang dapat membuat Moms dan keluarga sehat.

Apa saja sih minyak goreng sehat tersebut? Berikut 3 jenis minyak goreng yang sehat.

Minyak Konola

Pernah mendengar tentang jenis minyak yang satu ini, Moms?

Minyak konola mungkin sangat jarang dijual di pasaran. Namun Moms bisa memesannya secara online atau mencari di toko yang khusus menjual bahan organic.

Minyak konola baik untuk memasak karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Sehingga sangat baik digunakan untuk menumis masakan.

Di dalam proses pembuatannya, minyak konola diproses dengan disuling berkali-kali dan juga sistem suling rumit. Sehingga menghasilkan minyak goreng yang sehat.

Bagi tubuh sendiri, minyak konola ini dapat membuat kolesterol jadi rendah.


Minyak Zaitun

Berbeda dengan minyak konola, pasti Moms udah sering mendengar tentang minyak zaitun. Memang biasanya minyak zaitun digunakan untuk mempercantik kulit wajah dan juga rambut. Namun selain dapat mempercantik diri dari luar, minyak zaitun juga sangat sehat untuk digunakan memasak. Sehingga kesehatan jantung akan sangat baik.

Minyak ini baik untuk kesehatan jantung kita karena kaya akan antioksidan dan juga mengandung polifenol yang sangat baik untuk jantung. Moms bisa membeli minyak zaitun dimana saja. Di swalayan pun dijual minyak ini. Minyak zaitun juga sangat bagus untuk lemak tambahan makanan bayi tercinta.


Minyak Biji Wijen

Ternyata biji wijen tak hanya digunakan untuk membuat kue, namun juda dapat dibuat menjadi minyak goreng.

Minyak yang terbuat dari biji wijen ini sangat baik untuk Moms yang mempunyai riwayat penyakit diabetes. Jadi dengan mengonsumsi atau memasak menggunakan minyak wijen, plasma glukosa yang ada pada penderita diabetes akan meningkat dan tentu sangat baik untuk bagi kesehatan.

Di dalam minyak biji wijen juga terdapat kandungan pythosterol yang dapat membuat kolesterol turun. Selain untuk mencegah diabetes dan kolesterol, minyak biji wijen ini juga sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Nah, itu dia 3 jenis minyak goreng sehat yang patut banget para Moms ketahui. Ketiga minyak goreng di atas memang sangat baik untuk kesehatan kita sehingga Moms bisa mulai mempertimbangkan untuk mengganti minyak goreng dari sekarang.

Selain itu menurut beberapa ahli gizi penggunaan minyak goreng yang baik adalah yang tidak digunakan untuk berkali-kali. Jadi alangkah lebih baik gunakan minyak goreng sekali saja dalam memasak satu jenis makanan. Jadi misalnya minyak goreng habis digunakan untuk menggoreng ayam. Setelah itu jangan dipakai lagi, ganti minyak goreng jika ingin menggoreng bahan lainnya. Penggunaan minyak goreng yang digunakan untuk berkali-kali sangat membahayakan kesehatan jantung dan dapat memicu kolesterol naik.

Kalau Moms suka pake minyak goreng yang mana, nih?

Saturday, November 10, 2018

Sepenggal Cerita dari Konser Guns N' Roses, dari Dandanan Tempoe Doeloe Hingga Aroma Minyak Angin

November 10, 2018 0 Comments
Sumber: gunsnroses.com


Hai, Gais!

Penggemar GNR ayok ngacung!

Duaduduu, generasi zaman now sih aku ragukan mereka kenal GNR, karena memang grup musik aliran rock ini hits-nya di tahun 90-an, sih, ya.

Aku sendiri baru akrab mendengarkan musik GNR ini waktu kuliah semester satu, sekitar tahun 2000. Itu pun karena cowokku saat itu adalah penggemar berat GNR ini. Setiap kali ngapel pasti nenteng gitar, trus nyanyiin lagu-lagu dari GNR. Untuuunglah suaranya ga ngecewain, jadinya petikan gitarnya yang piawai cukup imbang dengan suara sehingga menyajikan harmonisasi nada yang enak di telinga.

Karena sering mendengar lagu-lagu GNR ini dari si mantan, aku pun jadinya suka sama lagu-lagu GNR ini. Tapi, dari sekian banyak lagunya, yang paling aku suka ada Sweet Child O Mine dan November Rain. Aku suka intronya, suka musiknya dan juga suka liriknya. Paket komplit, deh.

Nah, perhelatan konser GNR di Gelora Bung Karno tanggal 8 November 2018 kali ini bener-bener berhasil membuat aku bernostalgia ke masa-masa pacarannya mahasiswa kampus. Hahaha. Meskipun ga bisa nonton secara langsung, tapi dengan melihat rekaman demi rekaman yang ada di youtube, ditambah dengan cerita teman-teman di media sosial sudah bisalah mewakili euforia yang aku rasakan di sudut negeri antah berantah ini.

Dari sekian banyak cerita yang aku lihat di beranda media sosial, aku merasa tergelitik dengan status beberapa teman yang menceritakan pengalaman mereka saat menonton langsung konser GNR itu di GBK. Apa saja sih cerita unik mereka?

Check this out, gais.

Areal Konser Dipenuhi Orang-orang dengan Dandanan ala Tempoe Doeloe

Bukan hal yang aneh lagi, dalam perhelatan musik salah satu yang menjadi perhatian adalah dandanan para penontonnya. Begitu juga dalam konser GNR kali ini yang sukses mengundang para penontonnya untuk hadir dan kompak mengenakan pakaian hitam dengan sablonan besar ala kaos-kaos tempoe doeloe. Tentu saja tidak lupa dengan asesoris bandana besar dan kaca mata hitam. Hahaha.

Berasa kembali ke zaman baheula.

Pada zamannya, dandanan seperti ini adalah yang paling keren, nih.


Kebanyakan penonton memang old generation, ya. Menghadiri konser GNR ini seolah membuka kembali nostalgia masa muda mereka dulu yang memang sehari-harinya diwarnai oleh musik-musik GNR.


Ada Aroma Minyak Angin yang Menyusup Diantara Aroma Parfum Penonton

Hahaha, aku numpang ngakak dulu. Jadi ada teman yang share cerita di media sosial, katanya saat lagi asyik-asyiknya melihat pertunjukan Axl, Slash, dan kawan-kawan tiba-tiba tercium aroma minyak angin yang cukup kuat. Tentu saja ini cukup menarik perhatian, ya. Jadi ketahuan deh yang nonton konser angkatan berapa. Wakakaka. Pulang nonton konser langsung minta dikerokin deh, tuh.



Meskipun begitu, antusiasme para penonton yang tak lagi muda ini memang patut banget diacungin jempol. Kebayang gak kalo mereka ga nonton langsung, trus milih nonton di youtube aja, betapa sepinya konser GNR kali ini.

So, big applause deh buat para sepuh yang udah berjuang menonton dan mengapresiasi karya-karya GNR secara langsung.


Nafsu Kuat, Fisik Tak Mampu

Ini adalah salah satu keluhan yang dilontarkan oleh teman yang lain di media sosial. Ekspektasinya ketika melangkahkan kaki dari rumah adalah, ntar saat konser bakal ikut nyanyi, teriak-teriak plus jingkrak-jingkrak bareng Axl. Faktanya, baru di lagu ke dua, nafas udah ngos-ngosan, mata berkunang-berkunang nyaris pingsan. Yang awalnya pengen teriak nyanyi, malah teriak 'haussss'. Hahaha. Usia emang ga bisa bohong ya, gais.


Nah, itulah sepenggal cerita dari konser Guns N' Roses di Jakarta, 8 November 2018 lalu yang aku rangkum dari status teman-teman di media sosial.

Ada yang nonton langsung ga, nih?
Bagi ceritanya dong di kolom komentar.
Terimakasih.







Friday, November 9, 2018

Tips Menyajikan Menu MPASI Untuk Bayi

November 09, 2018 0 Comments



Hai, Moms.

Bayi di atas 6 bulan sudah diperbolehkan memakan menu selain ASI atau disebut juga dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Hal ini akan membantu anak untuk mengenali rasa dan juga membuat anak kita kenyang lebih lama nih, Moms. Karena anak di usia 6 bulan ke atas biasanya sudah memiliki rasa lapar yang berlebih.

Selain itu mereka juga tidak akan merasa kenyang jika hanya mengonsumsi ASI. Maka Moms bisa menyiapkan menu MPASI 6 bulan yang sehat dan juga lezat untuk bayi tercinta. Sesuai tahapan usia bayi, WHO menjelaskan makanan apa saja yang baik dan juga sehat untuk bayi, termasuk tekstur dan juga rasa.

Tips Menyajikan Menu MPASI Untuk Bayi


Untuk bayi yang memulai menu MPASI atau untuk bayi 6 bulan, Moms bisa memperkenalkan mereka dengan rasa yang berbeda terlebih dahulu. Artinya Moms memberi mereka 1 variasi makanan. Misalnya memberi pure alpukat saja untuk hari pertama dan kedua. Kemudian hari berikutnya Moms bisa memberikan pure pisang dan seterusnya.

Kenapa buah?

Hal ini dikarenakan buah sangat baik untuk bayi ya, Moms. Maka untuk menu MPASI pertama mereka, Moms bisa memberikan buah. Selain pisang dan alpukat Moms juga bisa memberikan pure papaya dan buah sehat lainnya.

Setelah bayi cukup familiar dengan buah, Moms mulai bisa memberikan menu dari bahan lainnya. Namun tetap satu macam ya, Moms. Ini bertujuan agar anak bisa mengenali rasa dengan baik dan juga Moms bisa melihat apa ada reaksi elergi yang timbul pada tubuh bayi.

Selanjutnya Moms bisa memberikan bubur kentang saja atau nasi, dan bisa juga memberikan telur atau udang yang dihaluskan. Dengan begitu akan ketahuan apakah anak memiliki reaksi alergi atau tidak. Dikarenakan ada anak yang memiliki alergi terhadap kedua makanan tersebut.

Nah, jika anak mengalami gatal-gatal atau muncul tanda ruam di bagian tubuh tertentu setelah makan telur atau udang, maka Moms bisa langsung berkonsultasi ke dokter anak. Kemudian jangan berikan lagi kedua bahan tersebut kepada anak ya, Moms. Untuk asupan proteinnya mungkin bisa diganti dengan daging sapi, daging ayam atau ikan.

Setelah anak diberi makanan 1 jenis bahan saja selama 2 atau 3 minggu berturut-turut, Moms bisa mulai mencampur makanan dengan bahan lain. Misalnya membuat bubur nasi dengan dicampur ikan atau ayam. Moms juga bisa mencampur kentang dan wortel, atau bisa membuat jagung dan wortel. Jika Moms ingin mencampur menjadi 3 bahan makanan juga bisa. Moms bisa berkreasi dengan membuat bubur nasi, ikan dan brokoli. Moms tinggal merebus semua bahan tersebut lalu haluskan dengan blender.

Setelah anak mampu memakan bubur halus, Moms bisa mulai mencoba menu MPASI dengan bubur disaring dengan saringan kawat. Biasanya bayi usia 7 bulan ke atas sudah bisa memakan makanan yang disaring. Namun jangan terlalu memaksakan juga apabila mereka belum mampu ya, Moms. Banyak toko bayi yang menjual satu set peralatan makan yang ada saringannya. Jadi Moms tak perlu cemas. Misalnya Moms rebus kentang, wortel dan brokoli. Kemudian jangan diblender tetapi disaring dengan saringan kawat.

Dalam menu MPASI, Moms juga bisa menambahkan lemak tambahan untuk bayi. Selain untuk menghangatkan tubuh bayi, lemak tambahan ini juga bisa menambah berat badan bayi. Karena lemak tambahan tersebut biasanya mengandung vitamin yang baik untuk tubuh. Moms bisa mencampurkan margarine atau keju dalam menu MPASI bayi tercinta. Namun, harus diingat. Gunakanlah margarin dan keju yang dikhususkan untuk bayi. Hal ini dikarenakan keju dan margarine untuk bayi lebih banyak mengandung susu dan bebas dari lemak jahat.


Nah, demikian tips sederhana dalam menyajikan MPASI untuk bayi versi Meirida ya, Moms. Ada masukan berupa kritik dan saran? Jangan sungkan tambahkan di kolom komentar, ya. Semoga bermanfaat. 

Cara Jitu Mendapatkan Pinjaman Kredit Usaha Kecil

November 09, 2018 0 Comments
Kredit usaha kecil atau disebut juga Kredit Usaha Rakyat (KUR)  merupakan salah satu solusi yang bisa dipilih dalam membangun sebuah usaha, namun terkendala modal. Demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerintah telah menunjuk sejumlah bank dan lembaga keuangan untuk membantu program kredit usaha rakyat ini.

Kredit usaha rakyat sendiri diberikan kepada pelaku usaha kecil menengah yang layak atau feasible tetapi belum tersentuh teknologi perbankan.

Suatu usaha dinyatakan layak jika memenuhi kriteria sebagai-berikut:
1.       Layak secara hukum, tidak bertentangan dengan peraturan dan norma yang berlaku.
2.       Layak secara teknis, dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.
3.       Layak secara pasar, dapat dijual dan memiliki pangsa pasar yang jelas.
4.       Layak secara sosial ekonomi, memberi manfaat kepada masyarakat.
5.       Layak secara finansial, menghasilkan arus kas positif yang dapat menutupi semua kewajiban dan memberikan keuntungan.
6.       Layak secara manajemen, dapat dikelola dengan baik.

Tidak cukup hanya sebatas layak, pengajuan pinjaman kredit usaha kecil juga harus bersifat bankable, atau memenuhi persyaratan dari bank yang biasanya akan diberikan oleh bank setiap ada pengajuan pinjaman.

Setelah semua persyaratan yang diminta oleh bank terpenuhi, selanjutnya pihak bank akan melakukan analisa dengan menerapkan rumus 5C + 3R yaitu:
·         Charakter (karakter atau moral peminjam kredit)
·         Collateral (agunan tambahan yang dimiliki peminjam kredit)
·         Capital (modal sendiri dan semangat kerja dalam berusaha)
·         Capacity (kemampuan peminjam dalam membayar)
·         Condition (produktivitas usaha yang dimiliki peminjam)
·         Return (hasil yang diperoleh dari usaha peminjam)
·         Repayment (kemampuan membayar kredit yang diajukan)
·         Risk (resiko yang mungkin akan terjadi)

Rumus analisa ini diterapkan oleh bank dan lembaga keuangan lainnya merupakan sebagai salah satu bentuk kehati-hatian dalam menyetujui permohonan kredit dari calon peminjam.


Apa sih keunggulan Kredit Usaha Rakyat ini jika dibandingkan dengan Kredit Tanpa Agunan?

Kredit Tanpa Agunan, dilihat dari namanya memang tampak sangat menggiurkan, karena tanpa menyerahkan agunan atau jaminan apapun peminjam bisa mendapatkan pinjaman untuk usaha. Tetapi segala sesuatu yang tampak menggiurkan tidak selamanya terasa manis ya, gais.

Bagi kamu yang penasaran dengan perbandingan kedua jenis kredit usaha ini, silahkan lihat tabel perbandingan berikut ini, ya.


Bagaimana, gais? Sudah lihat perbedaannya, ya.
Dari tabel di atas tampak jelas terlihat bahwa pinjaman kredit usaha rakyat jauh lebih menguntungkan dari pada kredit tanpa agunan.


Cara Jitu Mendapatkan Pinjaman Kredit Usaha Kecil


Kecanggihan teknologi dan akses informasi yang begitu mudah membuat para pelaku UKM tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan pinjaman bagi usahanya karena saat ini sudah banyak bank dan lembaga keuangan lainnya yang memberikan fasilitas kredit usaha rakyat ini. Sebut sajalah nama banknya mulai dari BRI, Mandiri, hingga BNI memiliki fasilitas kredit usaha rakyat ini.

Namun, selain bank apakah teman-teman tahu bahwa ada pihak yang memberikan pinjaman bagi pelaku UKM dengan mudah dan suku bunga rendah? Jika teman-teman masih belum tahu, nih. Sini aku bisikin ya.

Sekarang sudah ada fasilitas Pinjaman UKM dari CekAja.com.
Pernah dengar? Atau jangan-jangan malah udah pernah bertransaksi di CekAja.com, nih?
Hehe.

CekAja.com merupakan portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia dalam membuat keputusan finansial yang cerdas. Dengan bantuan teknologi yang canggih, CekAja.com memberikan pilihan produk finansial dan asuransi secara cepat, mudah, dan singkat. Tidak hanya itu, layanan CekAja.com juga didukung oleh tenaga profesional yang berpengalaman di bidang teknologi, finansial, dan asuransi.

Selain menyediakan produk kredit atau pinjaman perorangan, pinjaman UKM adalah salah satu produk dan fasilitas terbaik yang diberikan oleh CekAja.com bagi pelaku usaha kecil menengah. Didukung oleh bank-bank ternama, pinjaman UKM dari CekAja.com bisa diajukan secara online.




Mengapa CekAja.com layak dijadikan pertimbangan untuk pengajuan pinjaman UKM?

-          Cara pengajuannya mudah, tanpa harus mendatangi bank, pinjaman bisa diajukan via online di mana saja dan kapan saja.
-          Suku bunga cukup rendah.
-          Persyaratan mudah.
-          Tersedia pilihan jenis kredit sesuai kebutuhan.

Syarat umum pengajuan Pinjaman UKM di CekAja.com adalah sebagai berikut:

-          WNI berdomisili di Indonesia.
-          Berusia minimal 21 tahun, atau sudah menikah, dan maksimal 60 tahun saat kredit lunas.
-          Usaha minimum 2 tahun di lokasi dengan bidang usaha yang sama.
-          Belum pernah menerima fasilitas kredit, atau pernah memperoleh fasilitas kredit dengan kolektibilitas lancar, atau tidak dalam kondisi kredit bermasalah.


Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan Pinjaman UKM di CekAja.com adalah sebagai berikut:

-          Bukti diri berupa KTP, KK serta Surat Nikah (bagi yang telah menikah).
-          Khusus untuk kredit di atas 50 juta melampirkan dokumen legalitas usaha, seperti NPWP, SIUP, dan SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)
-          Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kelurahan atau otorita setempat, dimana usaha didirikan.
-          Surat Izin Usaha
-          Fotocopy rekening tabungan 6 bulan terakhir.


Berbagai Jenis Pinjaman UKM dari CekAja.com:

-          Kredit Modal Kerja (KMK)
Pinjaman yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha, atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti membiayai inventory, piutang atau proyek.

-          Kredit Investasi
Fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, dan/atau kebutuhan khusus terkait investasi.

-          Kredit BPR
Kredit pembiayaan modal kerja kepada BPR (Bank Perkreditan Rakyat) untuk digunakan dalam rangka penyaluran kredit kepada usaha kecil dalam bentuk Executing atau Asset Buy.

-          Kredit KopKar
Pinjaman modal kerja yang diberikan kepada Koperasi Karyawan untuk disalurkan kepada para anggotanya guna berbagai keperluan.

-          Kredit Syariah
Pembiayaan kredit syariah modal kerja, investasi dan trade finance dengan skema Mudharabah dan Murabahah untuk UMKM).

Untuk lebih lengkapnya tentang Pinjaman UKM CekAja.com ini silahkan klik aja link berikut ini ya, https://www.cekaja.com/small-business-banking.

Dengan beragam kemudahan di depan mata kita, seharusnya masalah modal bukan lagi menjadi kendala utama dalam mengembangkan usaha. Mari tingkatkan kualitas diri dengan terus belajar agar apapun usaha yang kita jalani akan tetap survive dalam menjawab tantangan zaman.

Bagaimana, gais?
Siap untuk menjadi pengusaha?

Cara Mudah Bikin Stiker WhatsApp di Android

November 09, 2018 0 Comments


Hai, Gais.

Sudah pada tahu belum, nih? WhatsApp sudah menambah fitur baru sehingga memungkinkan para penggunanya untuk saling berkirim stiker. Sayangnya, pilihan stiker yang dimiliki WhatsApp itu masih sangat sedikit. Tapi, pengguna ga perlu berkecil hati, ya. Meskipun koleksi stiker yang dimiliki WhatsApp itu sedikit, para pengguna bisa tetap bisa untuk tampil kreatif dengan menambahkan stiker sendiri.

Nah, udah ga sabar pengen tau caranya? Kepoin step-by-step berikut ini, ya.

Oh, ya. Jangan lupa sebelum bersenang-senang dengan stiker WhatsApp ini, upgrade dulu aplikasi WhatsApp kamu ke versi 2.18.329 atau di atasnya lagi, ya.

Cara Mudah Bikin Stiker WhatsApp di Android


  • Siapkan minimal 3 (tiga) buah foto. Pilih foto dengan berbagai ekspresi ya, gais.
  • Install aplikasi Personal Sticker for WhatsApp, Background Eraser dan PixelLab (atau aplikasi edit image sejenis lainnya).
  • Pilih satu foto, kemudian hapus background foto dengan menggunakan aplikasi Background Eraser, setelah selesai 'simpan'.
Hapus background fotonya terlebih dahulu.

  • Buka aplikasi PixelLab (atau aplikasi edit image lainnya yang kamu punya), silahkan tambahkan kata-kata agar lebih menarik, setelah itu 'simpan'.

Tambahkan teks pake aplikasi edit image.

  • Kemudian buka aplikasi Personal Sticker for WhatsApp, klik 'add' untuk menambahkan stiker.
Stiker yang dibuat sudah muncul di aplikasi Personal Sticker for WhatsApp, nih.

  • Selesai. Untuk menggunakannya, tinggal buka WhatsApp kemudian lihat pada bagian stiker, pilih dan kirim deh.

Personal sticker siap digunakan. yeay!


Gimana, gais?
Mudah banget kan, yaaaah.

Yuk, ah. Foto-foto lagi, biar makin banyak stiker kita.
Hehe.




Wednesday, November 7, 2018

Berikut Deretan Mobil Keluaran Terbaru 2018 Yang Menjadi Favorit

November 07, 2018 0 Comments
Hai, gais.

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi ya, bahwa mobil saat ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat Indonesia. Ada pun mengenai berbagai aktifitas yang dapat mereka lakukan dengan mobil tersebut seperti antar jemput anak sekolah, tuntutan pekerjaan, untuk urusan bisnis, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada sebagian dari mereka yang membeli mobil hanya untuk menaikan pamor semata.

Terlepas dari semua hal itu, saat ini pasar otomotif di Indonesia sedang diramaikan oleh mobil-mobil keluaran terbaru yang dibekali dengan fitur canggih. Menurut informasi yang didapat, mobil jenis SUV-lah yang paling mendominasi pasaran. Ya, hal itu dikarenakan sebagian besar konsumen di Indonesia lebih tertarik pada mobil penumpang terbaik  yang ruang kabinnya luas, sehingga dapat dijadikan sebagai mobil keluarga. 

Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah deretan mobil keluaran terbaru yang paling favorit saat ini.

 1. Tesla Roadster

Mobil keluaran terbaru 2018 pertama yang menjadi favorit, yakni bernama Tesla Roadster. Mobil ini tampil dengan desain yang begitu mewah, elegan, dan sporty. 

Sumber : theverge.com


Pada urusan dapur pacunya, Tesla Roadster ini mengusung mesin tipe tercanggih sehingga ia mampu berlari dari 0 – 60 Mph hanya dalam waktu 1.9 detik saja, lho. Selain itu, ia juga dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 250 Mph yang dapat menempuh jarak sejauh 620 miles atau yang setara dengan 997 km. Melihat akan hal itu, maka tak heran jika Tesla Roadster ini juga mendapat predikat sebagai salah satu mobil tercepat di dunia. Yang lebih menariknya lagi, ternyata Tesla Roadster ini merupakan jenis mobil listrik, lho. 


2. Ford Expedition

Saat pertama kali melihat mobil Ford Expedition, maka Anda akan merasakan aroma sporty yang begitu kental. Ya, mobil pabrikan asal Amerika Serikat ini memang memiliki ciri khas dari bagian bodinya yang terkesan gagah, garang, sporty, dan elegan. Bagian dalam interiornya terdapat 3 baris kursi serta ruang kabinnya yang terbilang besar, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai mobil keluarga. 

Sumber : cochran.com


Pada bagian dapur pacunya, Ford Expedition ini mengandalkan mesin tipe Ecoboost berkapasitas 3.5 L, yang juga berpadu dengan teknologi intercooled turbochargers. Tak hanya sampai disitu saja, ia juga dibekali dengan fitur panoramic vista root yang dapat memberikan kenyamanan maksimal bagi para pengemudinya, lho. Namun sayang, harga dari mobil Ford Expedition ini masih menjadi misteri.


3. DFSK Glory 580

Deretan mobil keluaran terbaru berikutnya yang jangan sampai Anda lewatkan, yakni bernama DFSK Glory 580. Mobil China yang satu ini boleh dikatakan sebagai pendatang baru di bursa otomotif Indonesia. Meski demikian, DFSK Glory 580 ini pun langsung menjadi trending topic di seanteronusantara, lho. 

Sumber : paultan.org


DFSK Glory 580 itu sendiri tampil dengan desain yang begitu mewah, gagah, sporty, dan elegan. Dalam urusan dapur pacunya, ia menggunakan mesin tipe turbocharged, sehingga dapat menghempaskan tenaga maksimum sebesar 147.5 dk pada perputaran 6.000 rpm. 

Terdapat 5 varianmobil yang tersediasebagaiberikut :

- DFSK Glory 580 1.8L Comfort SMT (Rp 245,9 juta)
- DFSK Glory 580 1.5T Comfort CVT (Rp 282 juta)
- DFSK Glory 580 1.5T Luxury 6MT (Rp 295 juta)
- DFSK Glory 580 1.5T Luxury CVT (Rp 308 juta)
- DFSK Glory 580 1.8L Luxury CVT (Rp 308 juta).


Itulah beberapa deretan mobil keluaran terbaru 2018 yang menjadi favorit. Bagaimana, gaaais? Tertarik untuk membeli salah satunya?

Lee Jong Suk Dideportasi Karena Salah Visa? Yuk, Kenali 4 Jenis Visa yang Berlaku di Indonesia

November 07, 2018 0 Comments



Annyeong, chingu.

Saat ini lagi heboh tentang Lee Jong Suk yang di-deportasi dari Indonesia, ya? Ada yang ngikutin beritanya ga, nih? Sebagai pencinta drakor, aku yakin banget pasti para chingu lebih update berita tentang ini.

Jadi dari info yang aku dapat nih, tanggal 3 November 2018 ini Lee Jong Suk mengadakan acara fan meeting di Jakarta. Hmm... sebuah acara yang udah ditunggu-tunggu banget oleh para penggemar aktor dari drama-drama populer ini.


Meskipun tetap bisa menyapa para penggemarnya di acara fan meeting, tetapi apa yang Lee Jong Suk alami di bandara tetaplah hal memalukan, yang seharusnya bisa dihindari terjadi.

Seperti berita yang dilansir oleh beberapa media, kepulangan Lee Jong Suk berserta tim sempat tertunda karena paspor dan visa-nya disita oleh pihak imigrasi bandara dengan alasan melanggar aturan penggunaan jenis visa. Jenis visa yang digunakan oleh Lee Jong Suk berserta tim adalah Visa Kunjungan saat kedatangan atau visa on arrival, yang peruntukannya hanyalah untuk kegiatan wisata, bukan untuk berkerja.

Sedih? Kecewa?
Ga usah ditanya lagi. Apalagi, gara-gara kejadian ini Lee Jong Suk yang seharusnya kembali ke Korea pada tanggal 4 November 2018 jadi tertunda satu hari. Kalau untuk orang-orang non-sibuk kayak aku sih no problemo ya ketunda 1 atau 2 hari. Lha, kalo bagi Lee Jong Suk yang jadwalnya seabrek gitu, gimana ga pusing me-reschedule ulang semua agendanya.

Nah, biar kita ga saling tuding menyalahkan pihak-pihak tertentu, sambil menunggu klarifikasi yang jelas, yuk kita cari tahu dulu apa sih sebenarnya 'visa' itu? Kenapa tokoh sekelas Lee Jong Suk bisa sampai berurusan dengan dokumen yang satu ini.

Menurut pasal 1 angka 18 Undang-undang No. 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, visa adalah keterangan tertulis yang diberikan oleh pejabat yang berwenang di Perwakilan Republik Indonesia atau di tempat lain yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang memuat persetujuan bagi Orang Asing untuk melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia dan menjadi dasar untuk pemberian Izin Tinggal.

Setiap orang asing yang masuk ke Indonesia, wajib memiliki visa yang sah dan masih berlaku, kecuali ditentukan lain berdasarkan UU dan perjanjian internasional.


4 Jenis Visa yang Berlaku di Indonesia




Secara umum, visa terbagi atas 4 yaitu:

  • Visa Diplomatik
Visa Diplomatik adalah visa yang diberikan kepada orang asing pemegang paspor diplomatik dan paspor lain untuk masuk ke wilayah Indonesia guna melaksanakan tugas yang bersifat diplomatik seperti, Duta Besar, Wakil Dubes, Menteri Residen, Kuasa Usaha Dubes, dan lain-lain.

  • Visa Dinas
Visa Dinas diberikan kepada orang asing yang memegang paspor dinas dan paspor lain yang akan melakukan perjalanan ke Wilayah Indonesia dalam rangka melaksanakan tugas resmi yang tidak bersifat diplomatik dari pemerintah asing yang bersangkutan atau organisasi internasional.


  • Visa Tinggal Terbatas
Visa Tinggal Terbatas adalah visa yang diberikan kepada orang asing dengan kriteria sebagai berikut:


1. Dalam rangka berkerja, meliputi:

a. sebagai tenaga ahli
b. berkerja di atas kapal, alat apung, atau instalasi yang beroperasi di perairan nusantara, laut teritorial, atau landas kontinen, serta Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia.
c. melakukan tugas rohaniawan
d. melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan profesi dengan menerima pembayaran.
e. melakukan kegiatan dalam rangka pembuatan film yang bersifat komersial dan telah mendapat izin dari instansi yang berwenang.
f. melakukan pengawasan kualitas barang atau produksi
g. melakukan inspeksi atau audit pada cabang perusahaan di Indonesia.
h. melayani purna jual
i. memasang dan mereparasi mesin
j. mengadakan pertunjukan kesenian, musik, dan olahraga.
k. mengadakan kegiatan olahraga profesional
l. melakukan pengobatan
m. melakukan perkerjaan non-permanen dalam rangka konstruksi
n. calon tenaga kerja asing dalam uji coba kemampuan

2. Tidak dalam rangka bekerja, meliputi:

a. melakukan penanaman modal asing
b. mengikuti pelatihan dan penelitian ilmiah
c. mengikuti pendidikan
d. penyatuan keluarga
e. repatriasi
f. wisatawan lanjut usia mancanegara.

Visa Tinggal Terbatas ini diberikan untuk jangka waktu paling lama:
a. Dua tahun, untuk orang asing yang tidak dalam rangka berkerja
b. Satu tahun, enam tahun, 30 tahun dan 90 tahun dapat diberikan kepada orang asing yang dalam rangka berkerja.


  • Visa Kunjungan
Visa Kunjungan diberikan kepada orang asing yang akan melakukan perjalanan ke Wilayah Indonesia dalam rangka kunjungan tugas pemerintahan, pendidikan, sosial budaya, pariwisata, bisnis, keluarga, jurnalistik, atau singgah untuk meneruskan perjalanan ke negara lain.

Visa Kunjungan ini pun terdiri atas 3, yaitu:

1. Visa Kunjungan 1 (satu) kali perjalanan

Visa Kunjungan 1 (satu) kali perjalanan ini diberikan kepada orang asing untuk tinggal di Wilayah Indonesia paling lama 60 (enam puluh) hari, dalam rangka:
a. wisata
b. keluarga
c. sosial
d. seni dan budaya
e. tugas pemerintahan
f. olahraga non komersial
g. studi banding
h. bimbingan atau penyuluhan
i. perkerjaan darurat dan mendesak
j. jurnalistik yang telah memiliki izin dari instansi berwenang
k. pembuatan film non komersial, yang telah mendapat izin dari instansi berwenang
l. melakukan pembicaraan bisnis
m. melakukan pembelian barang
n. memberikan ceramah atau mengikuti seminar
o. mengikuti pameran nasional
p. mengikuti rapat yang diadakan di kantor pusat atau perwakilan Indonesia
q. melakukan audit pada cabang perusahaan di Indonesia
r. calon tenaga kerja asing dalam uji coba kemampuan
s. meneruskan perjalanan ke negara lain
t. bergabung dengan alat angkut yang berada di wilayah Indonesia.


2. Visa Kunjungan beberapa kali perjalanan

Visa Kunjungan beberapa kali perjalanan diberikan kepada orang asing dengan masa berlaku visa selama 5 (lima) tahun untuk tinggal di wilayah Indonesia paling lama 60 (enam puluh) hari, dalam rangka:
a. keluarga
b. sosial
c. seni dan budaya
d. tugas pemerintahan
e. melakukan pembicaraan bisnis
f. melakukan pembelian barang
g. mengikuti seminar
h. mengikuti pameran internasional
i. mengikuti rapat yang diadakan di kantor pusat atau perwakilan Indonesia
j. meneruskan perjalanan ke negara lain


3. Visa Kunjungan saat kedatangan (visa on arrival)

Visa Kunjungan saat kedatangan (visa on arrival) diberikan kepada orang asing untuk tinggal di wilayah Indonesia paling lama 30 hari. Visa kunjungan saat kedatangan ini diberikan kepada orang asing dalam rangka:
a. wisata
b. keluarga
c. sosial
d. seni dan budaya
e. tugas pemerintahan
f. olahraga non komersial
g. studi banding
h. perkerjaan darurat dan mendesak
i. melakukan pembicaraan bisnis
j. melakukan pembelian barang
k. memberikan ceramah atau mengikuti seminar
l. mengikuti pameran internasional
m. mengikuti rapat yang diadakan di kantor pusat atau perwakilan Indonesia
n. meneruskan perjalanan ke negara lain
o. bergabung dengan alat angkut yang berada di wilayah Indonesia.

Nah, itu dia 4 jenis visa yang berlaku di Indonesia ya, gais.
Semoga kita bisa mengambil hikmah dari kejadian yang dialami oleh oppa Jong Suk ini. Jangan lupa ya, gais. Sebelum berpergian ke luar negeri, cari tahu dulu dengan sebaik-baiknya semua info yang berkenaan dengan masalah keimigrasian di negara tujuan. Agar nantinya tidak mengalami kejadian pahit seperti dideportasi ini.

Padahal kalo dipikir-pikir, tanpa dideportasi pun Lee Jong Suk dan rombongan kan emang udah jadwalnya pulang, ya. Mengapa siiiih, harus pake kata-kata 'deportasi' yang artinya negatif banget. 

Tapi, hukum adalah hukum yang tetap harus dipatuhi. Meskipun tidak sepenuhnya kesalahan Lee Jong Suk dan timnya, semoga saja yang terjadi ini tidak membuat Lee Jong Suk kapok untuk datang lagi ke Indonesia.




Monday, November 5, 2018

Saldo PayPal Tertahan 21 Hari? Jangan Panik. Berikut 6 Langkah Mudah Mengatasi Saldo Tertahan di PayPal

November 05, 2018 0 Comments


Yuhuuuu....
Apa kabar, gais?

Kita obrolin PayPal lagi, yok.
Beberapa waktu lalu aku udah pernah bahas 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang PayPal. Jadi yang masih merasa abu-abu tentang PayPal, silahkan baca-baca dulu postingan aku itu, ya.

Nah, kali ini aku pengen membahas tentang saldo tertahan 21 hari di PayPal.
Ada yang pernah mengalami hal ini?

Saldo tertahan ini terjadi karena beberapa alasan, salah satunya adalah karena akun PayPal yang digunakan masih baru, atau memiliki tingkat transaksi yang masih kurang dari lima. Dengan kata lain, pihak PayPal belum menganggap kamu sebagai penjual yang mapan nih, gais.

PayPal memberlakukan sistem penahanan saldo ini demi membuat lingkungan pembayaran yang aman, nyaman dan berlandaskan kepercayaan antara penjual dan pembeli.

Bagaimana caranya agar terhindar dari sistem penahanan saldo oleh PayPal ini?


  • Paypal kamu setidaknya sudah pernah menerima 5 pembayaran tanpa ada masalah dan sengketa.
  • Akun paypal kamu setidaknya telah menerima pembayaran dengan akumulasi $100
  • Paypal kamu telah menerima pembayaran selama 60 hari.


  • Trus, bagi yang akunnya masih baru, atau akunnya baru digunakan untuk transaksi apa iya harus menunggu 21 hari dulu baru saldonya bisa digunakan?

    Ini dia, gais, yang harus dicari solusinya.

    Waktu menerima pemberitahuan ini dari PayPal, jujur aja aku sempat shock banget, lho.
    Waduh, gimana, nih. Mana uangnya perlu banget untuk membayar royalti klien.

    Tapi, sebagai warga digital shock-nya ga lama-lama dong, yah. Segera deh berburu cara untuk melepaskan diri dari status penahanan dana oleh PayPal ini.

    6 Langkah Mudah Mengatasi Saldo Tertahan di PayPal

    Agar saldo yang tertahan bisa segera mendarat menjadi saldo utama, kemon gais, lakukan langkah-langkah berikut, ya.

    1. Login ke akun PayPal, pilih menu 'wallet'. Kemudian pada rincian saldo, klik-lah pada bagian saldo yang 'ditahan'.
    2. Kemudian akan tampil data aktifitas terakhir. Klik 'perincian'.
    3. Klik 'status pesanan'.
    4. Pada menu status pesanan, akan ada pilihan untuk status barang yang ditransaksikan. Nah, buatlah menjadi sebagai berikut:

    5. Kirim email dengan subjek 'confirmation about payment status' ke webform@apac.paypal.com, dengan isi email kurang lebih sebagai berikut :

    6. I have received some payments amount ....... (tuliskan nominal saldo yang tertahan) at ...... (tuliskan tanggal transaksi pembayaran diterima) from ...... (tuliskan nama pengirim uang), then I confirm that the payments were based on my services.

      I want that payment goes to the main balance. I hope for a positive response and waiting for your good news. Thank you.




    7. Setelah email terkirim, proses selanjutnya adalah menunggu respon dari pihak PayPal. Biasanya tidak lebih dari 2x24 jam pihak PayPal akan menghubungi via telepon. Bagi yang ga bisa bahasa Inggris ga perlu kuatir, ya. Karena CS yang menghubungi bakal menggunakan bahasa Indonesia kok. Hehehe.
    Untuk mempercepat proses pemulihan status saldo yang tertahan, kamu juga bisa lakukan inisiatif dengan menghubungi pihak pengirim uang agar memberikan konfirmasi atas status pesanan yang kamu buat pada langkah sebelumnya (No. 4).

    Jika pihak pengirim uang tidak mengetahui caranya, arahkan mereka untuk mengikuti langkah-langkah berikut :
    • Login ke akun PayPal.
    • Klik 'transaksi' pada menu bagian atas, klik 'pembayaran' yang akan di konfirmasi.
    • Klik 'confirm receipt' pada kotak notifikasi berwarna kuning.
    • Klik 'yes' untuk mengonfirmasi bahwa pesanan telah diterima.
    Setelah 4 hal ini dilakukan oleh pihak pengirim uang, dijamin gak sampai 1x24 jam saldo yang tertahan tadi akan mendarat mulus di saldo utama.

    Bagaimana, gais?
    Cukup mudah kan, yah?
    Oh ya, kamu pernah mengalami hal yang sama ga nih?