Saturday, October 14, 2017

Tips Memulai Bisnis Budidaya Lele


Tips Memulai Bisnis Budidaya Lele - Menjadi seorang pengusaha yang sukses ternyata gampang-gampang susah tergantung tips dan trik yang digunakan. Berbagai tantangan besar dan risiko sudah tentu menunggu  sehingga beberapa pertimbangan dan persiapan harus dipikirkan dengan matang. Meski pun begitu, tidak perlu muncul rasa kecil hati atau sudah ciut mental sebelum memulai mencobanya karena dalam sebuah bisnis untung dan rugi memang tidak bisa dihindari.

Kebutuhan lele yang meningkat di masyarakat ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu peluang emas bisni, lho. Apalagi jika ternyata di sekitar rumah terdapat banyak sekali penjaja makanan penyet seperti pecel lele dan juga warung makan seperti warung masakan padang maka bisnis budidaya lele ini akan sangat cocok bagi kamu sebagai pemula di dunia bisnis.

Selain itu, pasar tradisional bahkan supermarket juga menyediakan lele sehingga peluang untuk menjadi supplier semakin besar.

Lalu persiapan apa yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini? Pada penjelasan kali ini akan dibahas mengenai langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk memulai usaha budidaya lele tentunya dengan modal kecil.

1.    Pembuatan kolam
Beberapa jenis kolam bisa dipilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Bahkan, bisnis ikan lele ini bisa dijalankan meski pun kamu tidak memiliki modal sepeser pun, lho, gais. Hal ini bisa terjadi karena tentunya kamu masih bisa melakukan Pinjaman tanpa jaminan cepat di beberapa tempat.

Kemudahan dalam prosedur peminjaman tentunya tidak akan menghambat perjalanan bisnis yang direncanakan.

Sebenarnya, ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang sangat mudah dipelihara sehingga kondisi air tidak terlalu mempengaruhi perkembangan karena kondisi apapun air tersebut tetap dapat dijadikan sebagai media untuk pembesaran pada lele.

Terdapat dua jenis kolam yang biasa digunakan untuk budidaya, yaitu kolam beton dan kolam terpal. Untuk ukuran kolam berkisar antara 5m x 2 m meter yang bisa digunakan untuk budidaya lele kurang lebih sebanyak 1000 ekor lele. Jika ternyata jumlah lele yang akan dipelihara lebih banyak dari 1000 ekor maka luas kolam bisa dikalikan atau kelipatan dengan kisaran jumlah lele yang akan dipelihara.

Untuk memudahkan dalam proses pemindahan kolam. Jenis kolam terpal akan sangat cocok digunakan karena pembuatannya lebih mudah dan sangat praktis. Selain itu, produktivitas dari lele akan tetap pada tingkat yang tinggi. Bahaya dari penyakit and juga hama akan lebih mudah dihindari daripada jenis kolam dengan tanah karena memang jenis kolam dengan tanah tidak ada media perantara antara tanah dan lele. Hasil yang tidak optimal tentunya menjadi mimpi buruk pada pebisnis. Syarat hidup ikan lele juga menjadi hal yang pertimbangkan, meski pun ikan lele dapat hidup diberbagai suhu, namun ikan ini hanya bisa hidup di kondisi tempat dengan kisaran PH antara 7-8.

2.    Persiapan sebelum penebaran benih
Dua langkah yang sangat penting dilakukan sebelum menebar benih dalam kolam adalah memastikan air kolam terisi dan sudah melakukan pemupukan.

Bagaimana langkah ini bisa dilakukan?

Untuk mengisi air kolam maka isikan kolam dengan air yang bersih tentunya tidak tercemar oleh limbah apapun kurang lebih dengan tinggi antara 55 cm – 65 cm. langkah selanjutnya yaitu pemupukan yang dilakukan dengan pupuk kandang dari domba atau kambing. Masukkan pupuk tersebut ke dalam karung dan sesuaikan jumlah pupuk dengan luas kolam lele. Biasanya kisaran ukuran yang digunakan yaitu 1,5 kg pupuk digunakan setiap meter persegi.

Nah, pupuk tersebut masukkan ke dalam dua karung dengan bobot yang sama sehingga nantinya ketika dimasukkan ke dalam kolam, setiap kolam terdapat dua karung pupuk kandang. Setelah itu masukkan pupuk kandang yang sudah dimasukkan ke dalam karung ke kolam lele yang sudah disiapkan. Letakkan secara bebas karena nantinya pupuk tersebut akan bergerak bebas sesuai dengan pergerakan air. Biarkan pupuk tersebut berada di dalam kolam kurang lebih dalam waktu satu minggu. Setelah seminggu berlalu, angkat pupuk kandang tersebut dan pastikan bahwa pupuk tersebut sudah terserap secara total oleh air.



3.    Pilihlah bibit yang unggul
Gak bisa dipungkiri, kunci penting untuk sukses berbisnis budidaya ikan lele selain pada tempat budidaya juga sangat bergantung kepada benih yang dipilih. Meski pun harganya jauh lebih mahal daripada bibit lele dengan kualitas yang rendah, namun kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan tentunya mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Jika ternyata biaya yang dimiliki tidak cukup untuk membeli bibit dengan kualitas yang bagus, sangat dianjurkan bagi kamu untuk melakukan pinjaman uang cepat di beberapa tempat yang khusus melayani peminjaman uang dengan prosedur yang mudah dan pencairan uang yang cepat. Jangan takut tidak bisa melunasi pinjaman tersebut karena panen ikan lele dengan optimal sudah tentu akan memberikan banyak keuntungan.
Lalu bagaimana cara mengetahui bibit tersebut unggul atau tidak?

Berikut ini beberapa ciri-ciri bibit lele yang unggul.
a.    Ikan lele yang berkualitas tentunya memiliki bentuk tubuh yang tidak ada cacatnya, pergerakannya ketika di air sangatlah lincah, warnanya hitam mengkilap, sungutnya tidak pucat bahkan berseri-seri, tubuhnya seimbang antara besar kepala dan juga besar tubuhnya, ekornya bergerak-gerak cepat.
b.    Selain ciri di atas, ciri lain dari bibit lele yang berkualitas adalah kecepatan pergerakan ketika di dalam air. Kelincahan tersebut tentunya tidak akan membuat posisi lele menggantung atau vertikal dengan air dan juga tidak akan memiliki posisi tubuh berdiri ketika ada di dalam air. Kondisi ini tentunya bisa memberikan informasi pada Anda jika bibit tersebut tidak beres.


4.    Penebaran benih dengan cara yang ideal
Sebelum bibit lele ditebar dalam kolam, bibit-bibit tersebut bisa dimasukkan dalam baskom plastik lalu dimiringkan pelan-pelan agar benih tersebut masuk ke dalam kolam dengan sangat baik. Penebaran benih tentunya tidak bisa dilakukan sembarangan, terdapat pilihan waktu yang memang dianggap sangat cocok dan efektif dalam penebarannya yaitu pada sore hari atau pagi hari. Hal ini dilakukan agar bibit lele tidak terkena sinar matahari secara langsung dan juga kondisi air yang tertempa sinar matahari tentunya memiliki kondisi yang panas atau hangat sehingga bibit lele bisa saja setres atau bahkan mati dengan sangat mudah.


5.    Pemeliharaan dan waktu panen yang tepat
Pemeliharaan lele tentunya akan jauh lebih mudah dari beberapa jenis lele yang lainnya. Kunci penting dalam pemeliharaan yang pertama adalah pemberian makan dan yang kedua adalah pengelolaan air kolam. Sebelum melakukan panen, pastikan air kolam pernah diganti minimal sekali dan tidak dilakukan dengan teknik sirkulasi karena akan mempengaruhi pH pada tanah. Pemberian pakan juga harus sangat diperhatikan sehingga dalam waktu 2 sampai 3 bulan saja lele tersebut sudah siap untuk dipanen dan dijual.
Bagaimana, gais ?
Minat berbisnis budidaya ikan lele ?

Saturday, October 7, 2017

DIY Projects : Lunch Bag Dari Baju Bekas



DIY Projects : Lunch Bag Dari Baju Bekas-Hai, gais. Apa kabar ? Udah lama ya aku ga posting tentang DIY Projects. Nah ... Dalam rangka lepas kangen, aku pun berpikir keras mencari ide yang kali aja lagi melintas di kepala. ๐Ÿ˜

Oh .. ya. Bagi kamu yang udah follow IG aku @Merida_merry pasti udah lihat postingan aku beberapa hari yang lalu. Hayoooo ... Yang belum follow siapa ?
Follow dong kakaaa ๐Ÿ™

Sesuai janji aku di postingan IG, aku akan share step by step cara menyulap baju bekas menjadi lunch bag.

Stay tune ya, don't go anywhere.

Lunch Bag dari Baju Bekas




Bahan :
Baju bekas berbahan kaos
Busa tipis
Plastik mika dari map bekas
Kancing besar
Karet

Cara membuat :
- Potong baju seperti pada gambar
- Potong busa sesuai ukuran baju
- Jahitkan busa ke bagian dalam baju yang telah di potong
- Beri lapisan furing dari baju bekas lainnya
- Bentuk tapak tas denga menjahit bagian sudut
- Potong plastik mika seukuran tapak tas, bungkus dengan sisa kain yang ada. Setelah selesai pasangkan pada bagian bawah tas.
- Buat 2 buah tali dari sisa kain yang ada, jahitkan pada bagian atas tas.
- Pasangkan kancing baju dan karet pada sisi tali. Kancing dan karet ini juga bisa diganti dengan resleting ya. Sesuai selera aja.
- Selesai

Tadaaa ... Inilah penampakan hasil DIY Projects kali ini. Tas ini sangat cocok untuk membawa bekal ke sekolah, kantor atau pun saat piknik. Dengan adanya busa pada bagian dalam, maka dijamin bekal tetap hangat saat dibuka.

Gimana gais ?
Ga sulit kan ya ?
Selamat mencoba ๐Ÿ˜„






Thursday, October 5, 2017

8 Unsur yang Membuat Apartemen Bergaya Klasik Elegan




8 Unsur yang Membuat Apartemen Bergaya Klasik Elegan-Desain sebuah tempat tinggal merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan dalam sebuah tempat tinggal. Hunian yang layak dengan keindahan nuansa yang pas akan memberikan kedamaian saat berada di dalamnya. 

Apartemen merupakan suatu jenis hunian dengan konsep interior yang sudah maju.  Beragam inovasi sudah diterapkan oleh para arsitek. Salah satunya adalah desain klasik elegan seperti pada apartemen di Bandung pada umumnya. Namun, selain itu, owners juga bisa menciptakan nuansa klasik elegan tersebut dengan beberapa sentuhan seperti di bawah ini.

1.                  Tema Ruangan yang Klasik Elegan

 
Photo by Naomi Hรฉbert on Unsplash

Ruangan yang klasik elegan bisa ditemukan dalam desain interior dari apartemen klasik modern. Tema ruangan dengan pewarnaan yang klasik dengan perpaduan unsur modern bisa diterapkan. Wallpaper dinding dengan pola dan warna klasik, seperti cokelat dan cream, dapat Anda pilih. Unsur warna yang lebih terang seperti merah atau biru dapat menghidupkan suasana menjadi lebih elegan.


2.                  Penggunaan Furnitur Kayu

Photo by Alisha Hieb on Unsplash

Tema klasik elegan juga harus didukung dengan furnitur kayu. Ukirannya yang unik dapat menambah kesan klasik dan mampu memberikan panorama berbeda dari lainnya. Meja, kursi, ataupun rak TV yang terbuat dari kayu memang sesuai untuk konsep klasik elegan ini. Saat ini, model furnitur kayu tersedia dalam beragam pilihan, sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera, termasuk tipe multifungsi.


3.                  Penggunaan Lampion sebagai Penerangan

Photo by Henry McIntosh on Unsplash

Sistem penerangan sangatlah penting dalam setiap tempat, sebagai sumber cahaya pada saat gelap. Dalam desain klasik elegan, pencahayaan lampu di ruang tamu atau ruang keluarga dapat diganti dengan cahaya lampion yang bentuknya beragam. Warna cahaya lampu lampion dapat disesuaikan dengan konsep. Untuk konsep klasik elegan, pilihlah lampion bercahaya kuning agar mendapat kesan hangat yang temaram.


4.                  Pintu Berpola

 
Photo by Daniel von Appen on Unsplash

Siapa sangka ternyata pintu merupakan komponen penting dalam sebuah rumah. Fungsinya pun mulai bergeser dari yang awalnya hanya sebagai jalan masuk ke dalam ruangan menjadi aspek untuk menambah kesan tersendiri pada rumah. Sadar atau tidak, pintu sebenarnya merupakan satu dari berbagai hal yang menjadi pusat perhatian apalagi untuk orang yang berkunjung ke rumah Anda karena merupakan jalan masuk ke dalam rumah dan ruang. 

Pintu berpola sangat cocok diterapkan dalam desain klasik elegan, di mana pola dalam pintu, mampu mempercantik suasana. Pola yang dimaksud adalah pola dari pintu berbahan dasar kayu lengkap dengan ukiran uniknya. Bagi Anda yang tidak terlalu suka kayu,  Anda juga bisa  memilih pintu kombinasi kaca berpola dan kayu ukiran.


5.                  Pintu Kaca sebagai Sekat Ruangan

Photo by Nastuh Abootalebi on Unsplash

Nilai klasik dan elegan harus seimbang. Untuk mengimbangi desain klasik dari furnitur dan pintu kayu, disarankan untuk memilih pintu kaca sebagai sekat ruangan. Dalam penerapannya, tidak perlu semua sekat menggunakan pintu kaca ini, tetapi terapkan pada beberapa bagian saja. Hal ini bertujuan agar suasana ruangan apartemen di Bandung tidak monoton dan Anda bisa memperoleh nuansa lebih leluasa.

Sebagai contoh, bisa diterapkan pada sekat antara ruang makan dengan ruang keluarga, antara dapur dengan taman, atau ruang makan dengan taman. Dengan demikian, terdapat sinergi antara nuansa yang ada di satu ruang dengan ruangan lainnya. Ketika sedang melakukan kegiatan di satu ruang, panorama di ruang lain bisa memberikan kesan lebih luas dan sedap dipandang.



6.                  Taman Kecil di Dalam Apartemen



Taman kecil dengan air mancur bisa menjadi solusi bagi yang ingin memperoleh kesejukan nuansa yang elegan. Apartemen dengan taman kecil di dalamnya ini mampu memberikan panorama indah dan bebas. Anda bisa lebih leluasa menghabiskan waktu bersantai di taman kecil ini. Letaknya yang menyatu dengan apartemen bisa menjadi fasilitas refreshing bagi Anda dan orang-orang terkasih.


7.                  Hiasan Bernilai Seni

Hunian tanpa hiasan ibarat hidup tanpa warna. Usahakan agar apartemen Anda punya hiasan cantik dan unik, sehingga menghadirkan warna baru dan kedamaian saat berada di dalam rumah. Anda dapat memberikan hiasan berupa aksesoris ruangan, hiasan dinding, atau pernak-pernik dinding lainnya, agar mampu menghidupkan suasana dalam setiap ruangan.


8.                  Karpet Lantai Berpola Unik

Lantai dapat didesain sesuai dengan tema ruangan. apabila desain interior menggunakan konsep klasik elegan, Anda bisa memberikan karpet berpola unik dan berwarna cokelat, kuning, abu-abu, atau hitam. Perpaduan warna antara gelap dan terang juga bisa dikombinasikan, asal nuansanya masih seputar klasik dan elegan. Mengenai pola uniknya, Anda bisa menentukannya sesuai selera.

Anda harus memilih jenis apartemen yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan agar nyaman sebagai tempat tinggal. Kenyamanan merupakan hal terpenting dalam memilih tempat tinggal agar menghadirkan kedamaian dalam setiap momen. 8 desain klasik elegan dari apartemen di Bandung tersebut bisa menghadirkan nuansa yang berbeda bagi Anda dan keluarga, saat menempatinya. Setiap momen menjadi lebih berwarna tentunya.

Kalau kamu, suka desain yang mana nih ?
 

Tuesday, October 3, 2017

Tubuh Gemuk Tetap Bisa Tampil Keren Dengan Mix And Match Ala Merve Dagli


 
Tubuh Gemuk Tetap Bisa Tampil Keren Dengan Mix And Match Ala Merve Dagli - Memiliki ukuran tubuh yang di atas normal alias gemuk itu sering kali membuat aku merasa mati gaya. Soalnya bingung mau pake baju yang kayak apa biar enak dilihat. Mau pake rok kok rasanya kayak pake sarung. Mau pake gamis, eh ... buntelan nonjol dimana-mana. Hahaha.

Bikin frustasi banget, kan ?
Akhirnya kemana-mana ya cuman ngandelin celana kulot sama kaos doang.

Apa lagi pakaian yang ada di lemari adalah stok lama semua yang aku ga pernah mengerti mengapa ukurannya kian lama kian menyusut. Waktu beli dulu sizenya kan M, lha kenapa jadi S gini ? 




*malah nyalahin pakaian, situ sehat ?*

Karena bingung harus berdandan seperti apa, akhirnya aku jadi wanita yang males keluar rumah. Kalo gak penting-penting amat, ya ...  di rumah aja.

Tapi apa iya harus jadi orang introvert gitu hanya gara-gara ukuran tubuh ?
Kok rasanya gak adil banget, yah.
Toh kualitas seseorang dinilai bukan dari ukuran tubuhnya. Tapi seberapa bermanfaat orang itu bagi orang-orang di sekitarnya.

Orang bijak bilang, "Don't judge the books by its cover"

Dengan menjauhkan diri dari pergaulan hanya karena tubuh gemuk, berarti aku udah gak menghargai diri sendiri. Sama halnya dengan aku sudah menghina potensi yang ada pada diri sendiri.

Duh ... zhalimnya.

Astaghfirullaah.


Jangan pernah berharap orang lain akan menghargai dirimu, kalau kamu tidak menghargai dirimu sendiri.


Tampil Keren Dengan Mix And Match Ala Merve Dagli


Bagi kamu yang belum tau siapa Merve Dagli, silahkan kepoin akun instagram beliau, yah. Kalo dilihat dari akun instagramnya, dia adalah designer dari negara Turki. CMIIW, yah.



Merve Dagli ini memiliki postur tubuh yang kurang lebih sama dengan kebanyakan ibu-ibu di Indonesia. Tidak tinggi, dan juga tidak langsing. Kalo doski bukan designer mah, bisa dipastiin doski juga ngalemin problema saat beli pakaian jadi. Pilih size M kesempitan, pilih size L kepanjangan. Karena itu kali yah dia akhirnya banting stir jadi designer. Hehehe.

Tapi aku sangat bersyukur doski jadi designer. Karena asli, hasil karyanya bisa banget dijadikan referensi dalam memilih busana, khususnya untuk wanita-wanita bertubuh gemuk seperti akyu.

Biar kamu ga kepo, berikut aku kutip 5 model pakaian mix and match dari Merve Dagli.


  • Dress maxi dan cardigan


Dress maxi berwarna putih yang dipadukan dengan cardigan berhasil memberikan kesan langsing pada tubuh. Meskipun tidak memakai sepatu high heel, tetapi postur tetap tampak lebih jenjang. Dress maxi ini juga bisa diganti dengan rok maxi dan atasan berwarna sama. Kesannya elegan, ya.



  • Blouse selutut, celana panjang dan blazer 


Kali ini setelan simple dari Merve. Memadu padankan celana panjang bermotif warna biru dengan blouse lengan panjang yang menutupi lutut dan blazer berwarna coklat untuk outernya. Simple tapi manis.

  • Celana jeans, kemeja dan rompi panjang
Tubuh gemuk ga cocok pake celana jeans ? Ah ... siapa bilang ? Nih ... buktinya, Merve memadu padankan celana jeans, kemeja dan rompi panjang tetap keliatan keren, lho. Cocok banget untuk di pake saat traveling sama keluarga.

  • Celana jeans, coat panjang dan scarf hijab
Nah  ... yang berikut ini adalah padu padan jeans lainnya dari Merve. Kali ini dia memadukan celana panjang jeans dengan dengan coat panjang menutupi pantat. Dia menambahkan scarf hijab sehingga memberikan efek vertikal. Jadi tampak lebih langsing, ya.



  • Kulot dan Diagonal blouse


Padu padan berikutnya yang paling aku suka nih. Mix and match kulot dengan blouse bergaya diagonal. Pakaiannya tidak ribet, simple tapi manis. Cocok dipakai untuk acara santai atau pun semi-formal.


Gimana, gais ?
Menurut kamu cantik ga ?
Kalo aku sih ... iya. Ga tau deh kalo Anang.



Oh iya, sedikit tips dari aku *dan untuk aku juga pastinya* agar tampak lebih langsing, berikut beberapa hal yang wanita gemuk bisa lakukan dalam berbusana.

  1. Hindari memakai atasan dan bawahan yang perbedaan warnanya mencolok. Ini bertujuan agar tubuh kita tidak tampak seperti terpotong.
  2. Ciptakan vertikal line, bisa dengan menambah asesoris scarf, kalung panjang, atau baju dengan motif garis-garis vertikal.
  3. Pilih blouse dengan motif garis vertikal dan diagonal.
  4. Pilih pakaian longdress satu warna
  5. Hindari memakai pakaian yang bermotif besar agar tubuh gak nampak makin lebar.
  6. Jika ingin memakai ikat pinggang, pilihlah ikat pinggang yang kecil.

Ada tambahan ga, gais ?
Boleh banget drop sarannya di komen.
Terimakasih.

========

Tulisan ini diikutsertakan dalam Collaborative Blogging KEB (Kumpulan Emak Blogger). Sebagai tanggapan dari trigger post yang ditulis oleh Eryvia Maronie Engka dengan tema fashion



Thursday, September 28, 2017

Lakukan Hal Berikut Saat Ada Promo Minyak Goreng Murah



Lakukan Hal Berikut Saat Ada Promo Minyak Goreng Murah - Yang suka berburu promo minyak goreng murah, ngacuuuung !

*ngacung paling tinggi*
Kalo urusan promo minyak goreng murah nih, ibu-ibu pasti berada di barisan paling depan deh. Ya iyalah, minyak goreng kan salah satu sembako yang wajib ada di dapur, kan. Sayangnya, akhir-akhir ini harga minyak goreng melambung tinggi. Akibatnya, setiap kali ada isu promo minyak murah para pembeli yang mayoritas ibu rumah tangga pun berduyun-duyun datang.
Sering kita lihat, kan, baik itu di pasar, di mall, supermarket ataupun di minimarket, kebutuhan pokok seperti gula, beras, mie, dan minyak goreng di jual agak murah atau di diskon, untuk menarik minat pembeli.
Nah, bicara tentang promo minyak goreng murah, nih, aku ada sedikit tips yang sebaiknya kamu-kamu ketahui nih. Memang sah-sah saja jika kita tertarik dengan minyak goreng yang dijual dengan harga murah, namun kudu hati-hati. Jangan sampai gara-gara tergiur harga murah, sampai mengorbankan kesehatan kita, bahkan seluruh anggota keluarga lainnya.
Untuk itu, saat ada promo minyak goreng murah, pastikan cek beberapa hal berikut, agar mendapatkan minyak goreng yang harganya murah namun dengan kwalitas bagus.
1. Pastikan minyak goreng bermerek
Poin pertama yang harus kita pastikan adalah, terkait kwalitas produk yang sedang promo tersebut. Idealnya produk minyak goreng tersebut adalah produk bermerek yang sengaja dijual murah oleh penjual atau toko, sebagai bagian dari strategi marketing mereka.
 
2. Cek tanggal kadaluarsa
Selanjutnya, yang harus kita cek saat melihat promo minyak goreng murah adalah mengecek tanggal kadaluarsa dari produk tersebut. Tentu ini tidak berlaku hanya untuk minyak goreng saja. Semua produk pangan, yang sedang promo, wajib dicek tanggal kadaluarsanya.
Dan biasanya memang ada sebagian penjual yang menjual murah (diskon/promo) suatu produk yang mendekati tanggal kadaluarsa. Misalnya kurang 1 bulan  atau 2 bulan lagi. Nah, untuk yang semacam ini, seharusnya anda jeli. Boleh saja kita membelinya, karena memang untuk saat ini kondisinya belum kadaluarsa, namun idealnya jangan banyak-banyak belinya. Takutnya, barang belum sempat dipakai sudah kadaluarsa duluan. Sebab, tanggal kadaluarsanya tinggal 1 bulan lagi.
3. Perhatikan keaslian produk
Saat ini banyak sekali beredar produk abal-abal atau palsu. Banyak oknum yang ingin mendapat untung cepat dengan menjual produk palsu, yang diatur dan dikemas sedemikian rupa hingga mirip dengan produk asli. Kemudian mereka menjualnya di pasar-pasar tradisional atau di pusat keramaian, seperti pasar malam, bazar dan lainnya, dengan harga murah. Untuk mengelabuhi calon pembeli mereka mengatakan jika sedang cuci gudang, sedang ada promo bersar-besaran, dan tipuan-tipuan sejenis yang memang cukup efektif membuat orang tertarik.
Untuk itu, sebaiknya sebagai pembeli kita harus menjadi pembeli yang cerdas dan bijak. Jangan hanya tergiur kata-kata promo, pastikan di cek betul-betul barang tersebut. Jangan hanya dilihat sepintas, cermati kemasannya, isinya, warnanya, dan lain-lain. Biasanya, sepandai-pandainya membuat produk palsu, jika kita teliti dan jeli, tetap saja ketahuan perbedaannya.
4. Agar lebih aman beli produk promo dari penjual terpercaya
Yang terakhir, agar tidak menyesal saat membeli promo minyak goreng murah. Yaitu, dengan hanya membeli produk promo dari penjual atau toko terpercaya. Misalnya di mini market ternama, atau toko-toko yang sudah terjamin legalitasnya. Sebisa mungkin hindari membeli produk promo dari penjual di pinggir jalan, atau pelapak yang biasa jualan saat pasar minggu atau car free day. Bukannya tidak menghargai usaha mereka, hanya saja kehati-hatian tetap harus diutamakan. Terlebih lagi, di zaman sekarang tidak sedikit orang yang menghalalkan segala cara untuk mengejar keuntungan berlipat ganda.

Nah, itu dia beberapa tips saat membeli promo minyak goreng murah. Tentunya tips diatas, berlaku juga untuk berbagai macam produk lainnya, bukan hanya minyak goreng saja. Intinya jadilah pembeli yang cerdas, agar tidak menjadi korban para oknum yang hanya mengejar keuntungan sesaat.

Ada tambahan, gak, gais ?
Drop di komen ya, thank you.
 

Wednesday, September 27, 2017

Tentang Hobby Suami-Istri Yang Berbeda


Tentang Hobby Suami-Istri Yang Berbeda - Punya pasangan hidup yang hobbynya sama itu pasti seru banget, yah. Seperti mami Uli Hape dan Papi KYH, atau mas Topan sama mba Pungky itu contohnya. Seneng banget liat kekompakan mereka dalam blogging. Sama-sama punya passion dalam dunia tulis menulis, pastinya membuat mereka bisa mendiskusikan banyak hal dengan sangat nyaman. Karena sama-sama paham toh. Jadi ga perlu lagi penjelasan panjang lebar biar satu sama lain mengerti.

Beda bangetlah dengan aku dan Abi.

Kami tuh beda banget, lho, gais.
Orang bilang seperti langit dan bumi, satu tinggi satunya lagi buntet.
Satunya slim, satunya lagi tebal.

Hahaha ...

Jadi ngakak setiap kali menyebut kata ‘tebal’. Aku jadi teringat kata-kata Aira pas di motor waktu itu. Aira bilang gini, “Aira lebih suka boncengan sama ayah lagi dari pada sama bunda. Ayah tu tipis, bunda tebal, susah Aira meluk.”



Yo wes ... rapopo bunda dikatakan tebal, yang penting ayahmu tetap cinta kan, nak ?

Tapi beneran, lho. Aku sama abi memang beda banget kalo bicara soal hobby. Dia suka kegiatan outdoor, seperti mancing dan hiking. Kalo udah menyangkut sama hobby ini dia ga peduli mo hujan badai sekalipun pasti tetap pergi. Sedangkan aku anak rumahan banget. Hobbyku menggambar, buat craft, nulis blog, trus nonton. Pokoknya segala sesuatu yang bisa dikerjakan di rumah aja, yang ga perlu berpanas-panasan, yang ga perlu keluar keringet banyak, dan pastinya bisa sambil leyeh-leyeh.

Trus, kalo nonton, suamiku sukanya film-film hollywood yang genrenya action, horror, thriller dan sejenisnya. Nah ... aku sukanya nonton drama Korea, specially-nya genre komedi romantis. Aih ... bener-bener ga nyambung kan kaminya. Tapi, alhamdulillah, sampai hari ini kami ga pernah rebutan remote tivi.

*karena nontonnya di laptop atau hape masing-masing* Hahaha.
*failed*


Hobby Boleh Beda, Tapi Cita-cita harus sama

Fokus hidup orang yang sudah menikah itu pastinya udah beda jauh dengan orang-orang yang masih lajang. Ketika masa lajang mungkin bisa dibilang, semua hasil jerih payah dalam berkerja bisa saja banyak yang dihabiskan oleh hobby.

Tapi tidak begitu dengan orang yang telah menikah. Tanggung jawab terhadap keluarga tentu saja menjadi prioritas utama. Dengan begitu, hobby yang sangat disukai itu pun seharusnya hanya menjadi media untuk hiburan semata. Hanya sebatas ‘me time’ untuk menghindar sejenak dari hiruk pikuknya rutinitas yang pastinya membuat jenuh.

Makanya meskipun hobby kami jauh berbeda, kesamaan cita-cita dalam pernikahan membuat aku dan abi selalu bisa akur dalam rumah tangga. Cita-cita duniawi kami sederhana banget, kami hanya pengen Aira menjadi manusia yang berbahagia dalam hidupnya. Dan tugas kami adalah memberikan dia bekal yang cukup agar kelak ia bisa mencapai kebahagiaannya itu dengan cara yang benar dan diridhoi Allah.

Kami berusaha sebaik mungkin untuk selalu menjaga sikap di hadapan Aira. Berusaha semaksimal mungkin menjaga emosi dan mengendalikan diri. Salah satu bentuk pengendalian diri kami adalah sehubungan dengan hobby tadi. Contohnya, aku dan abi sepakat, hanya akan menonton film kesukaan kami setelah Aira tidur. Dengan begitu, kami berdua bisa maksimal mendampingi Aira dalam belajar atau pun bermain.

Begitu juga pas weekend. Walaupun aku ngerti banget, weekend itu sangat berarti bagi abi karena udah berhari-hari terjebak dengan rutinitasnya. Pastilah dia pengen refreshing dengan menjalani hobbynya itu disaat libur akhir pekan.

Nah ... biar abi bisa menikmati ‘me time’nya dengan leluasa, sesekali aku mengajak Aira hangout bareng dengan beberapa teman sekolahnya. Kadang kami ke taman bermain, kadang ke mall, kadang ke kolam renang, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya untuk mengisi hari liburnya.


Menerima hobby pasangan dengan hati terbuka


Kedengerannya klise banget, kan, yah. Tapi ga mudah lho untuk dijalani. Kalo kamu memiliki hobby yang bertolak belakang dengan pasangan, pasti ngerti deh kenapa aku bilang sulit. Karena kita menganggap hobbynya itu aneeeeh.

ck..ck..ck..ck

Aku juga sering gitu, lho. Kadang suka mikir sendiri, apa sih enaknya mancing ? Berpanas-panas nungguin ikan memakan umpan, kan, ngebosenin banget, yah.

Mending nonton drama Korea, deh. Ceritanya bagus, aktornya guanteng, aktrisnya cuantik. Puas deh cuci mata sama yang bening. Hehehe.

Belum lagi harga peralatan mancingnya itu yang ga murah. Tali pancingnya aja ada yang ratusan ribu lho, apa lagi reelnya. Hmmm ... ga usah ditanya. Jutaan bowk. Kadang kesel juga sih liat abi bela-belain nabung berbulan-bulan hanya untuk beli reel. KZL.

hosh ... hosh .. hosh
Mending duitnya dipake buat beli quota kan, yah. biar aku bisa download drama korea sampe puas. Hahaha.

Tapi itu kan kata guwe. Nah ... abi kan juga bisa punya pikiran yang sama toh ? Apa bagusnya nonton drama Korea? Mukak orangnya mirip semua gitu !

gak banget !

Makanya aku bilang menerima hobby pasangan dengan hati terbuka itu sulit. Percayalah, gais. Dibutuhkan hati seluas samudra untuk bisa ikhlas liat suami beli reel harga sejeti. Hahahaha.

Tapi aku juga yakin seyakin-yakinnya, abi pasti butuh perjuangan keras melawan pergolakan batinnya ketika membelikan aku CD film terbaru Lee Min Ho waktu itu. Membayangkan dia browsing di google, trus hunting ke toko kaset demi mendapatkan CD itu rasanya bahagiaaaa banget. Berarti selama ini walo pun dia ga begitu suka dengan hobby istrinya, tapi dia tetap memahami kok. Diam-diam mengamati siapa-siapa aktor favorit istrinya. Makacih, ya, bi. Mmmuach ...


ye .. ye .. ye ..


Semua karena cinta dan demi cinta


Pernah berantem gara-gara hobby ? Hmm ... kalo yang kamu maksud dengan berantem itu sampe mata melotot dan teriak-teriak, ya gak pernahlah.

Tapi kalo diam-diaman sih iyah.

Aku sebel liat abi yang kalo mancing suka lupa waktu. Udah diingatin kalo mancing itu pulangnya jangan malam. Sebelum maghrib nyampe rumah. Eeh ... tetep aja bandel. Nyampe rumah malah udah isya.

KZL

Akhirnya abi pun ngeluarin jurus mautnya biar istri tercinta mau tersenyum lagi. “Yank, tadi ayah liat di FB Song Joong Ki ada film baru, ya ? Judulnya Battleship Island. Sepertinya filmnya bagus, yah ?” Mendengar nama Joong Ki disebut-sebut gimana aing bisa tahaaan. Oh ... tollong. Langsung deh semangat 45 ceritain tentang tuh film sama abi. Di sela-sela cerita aku lihat abi menguap beberapa kali, bosen dia pasti. Hahaha. Sebodo ! Siapa suruh sebut-sebut Song Joong Ki.

Gimana mo marah kalo yang dibahas si oppa ganteng ini ?

Hal yang sama pastinya juga pernah dirasain abi. Aku nonton drama Korea marathon mulai pukul 9 malam sampe pukul 3 pagi, akibatnya kesiangan, deh. Bekal abi buat kerja lewaaat, sarapan Aira lewaaat. Bahkan subuh pun nyaris lewat. Aku nyesel banget dalam hati. Ga berani natap mata abi yang pastinya kecewa banget. Wajar sih dia kecewa, karena semalam udah diingatin berkali-kali, kok. Akunya aja yang bandel. Hu..hu..hu.


Karena cinta aku menahan diri untuk tidak marah-marah ketika abi khilaf dengan hobbynya. Karena cinta abi menahan dirinya untuk ceramah panjang lebar ketika aku bangun kesiangan gara-gara nonton drama marathon 6 episode.

Demi cinta kami pun berjanji dalam hati untuk mengurangi kecanduan pada hobby. Demi cinta kami yang semakin membutuhkan perhatian dalam tumbuh kembangnya kami berjanji dalam hati akan menjadikan hobby sebagai selingan semata.

Sulit ? Pasti. Tapi bukannya tidak bisa. Pasti bisa asal ada kemauan. Dimana ada kemauan, pasti ada jalan, ya, kan. Yang pasti usaha terus jangan pernah berhenti.

Kalo kamu, hobbynya sama ngga dengan pasangan ?