Friday, November 9, 2018

Kredit usaha kecil atau disebut juga Kredit Usaha Rakyat (KUR)  merupakan salah satu solusi yang bisa dipilih dalam membangun sebuah usaha, namun terkendala modal. Demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerintah telah menunjuk sejumlah bank dan lembaga keuangan untuk membantu program kredit usaha rakyat ini.

Kredit usaha rakyat sendiri diberikan kepada pelaku usaha kecil menengah yang layak atau feasible tetapi belum tersentuh teknologi perbankan.

Suatu usaha dinyatakan layak jika memenuhi kriteria sebagai-berikut:
1.       Layak secara hukum, tidak bertentangan dengan peraturan dan norma yang berlaku.
2.       Layak secara teknis, dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.
3.       Layak secara pasar, dapat dijual dan memiliki pangsa pasar yang jelas.
4.       Layak secara sosial ekonomi, memberi manfaat kepada masyarakat.
5.       Layak secara finansial, menghasilkan arus kas positif yang dapat menutupi semua kewajiban dan memberikan keuntungan.
6.       Layak secara manajemen, dapat dikelola dengan baik.

Tidak cukup hanya sebatas layak, pengajuan pinjaman kredit usaha kecil juga harus bersifat bankable, atau memenuhi persyaratan dari bank yang biasanya akan diberikan oleh bank setiap ada pengajuan pinjaman.

Setelah semua persyaratan yang diminta oleh bank terpenuhi, selanjutnya pihak bank akan melakukan analisa dengan menerapkan rumus 5C + 3R yaitu:
·         Charakter (karakter atau moral peminjam kredit)
·         Collateral (agunan tambahan yang dimiliki peminjam kredit)
·         Capital (modal sendiri dan semangat kerja dalam berusaha)
·         Capacity (kemampuan peminjam dalam membayar)
·         Condition (produktivitas usaha yang dimiliki peminjam)
·         Return (hasil yang diperoleh dari usaha peminjam)
·         Repayment (kemampuan membayar kredit yang diajukan)
·         Risk (resiko yang mungkin akan terjadi)

Rumus analisa ini diterapkan oleh bank dan lembaga keuangan lainnya merupakan sebagai salah satu bentuk kehati-hatian dalam menyetujui permohonan kredit dari calon peminjam.


Apa sih keunggulan Kredit Usaha Rakyat ini jika dibandingkan dengan Kredit Tanpa Agunan?

Kredit Tanpa Agunan, dilihat dari namanya memang tampak sangat menggiurkan, karena tanpa menyerahkan agunan atau jaminan apapun peminjam bisa mendapatkan pinjaman untuk usaha. Tetapi segala sesuatu yang tampak menggiurkan tidak selamanya terasa manis ya, gais.

Bagi kamu yang penasaran dengan perbandingan kedua jenis kredit usaha ini, silahkan lihat tabel perbandingan berikut ini, ya.


Bagaimana, gais? Sudah lihat perbedaannya, ya.
Dari tabel di atas tampak jelas terlihat bahwa pinjaman kredit usaha rakyat jauh lebih menguntungkan dari pada kredit tanpa agunan.


Cara Jitu Mendapatkan Pinjaman Kredit Usaha Kecil


Kecanggihan teknologi dan akses informasi yang begitu mudah membuat para pelaku UKM tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan pinjaman bagi usahanya karena saat ini sudah banyak bank dan lembaga keuangan lainnya yang memberikan fasilitas kredit usaha rakyat ini. Sebut sajalah nama banknya mulai dari BRI, Mandiri, hingga BNI memiliki fasilitas kredit usaha rakyat ini.

Namun, selain bank apakah teman-teman tahu bahwa ada pihak yang memberikan pinjaman bagi pelaku UKM dengan mudah dan suku bunga rendah? Jika teman-teman masih belum tahu, nih. Sini aku bisikin ya.

Sekarang sudah ada fasilitas Pinjaman UKM dari CekAja.com.
Pernah dengar? Atau jangan-jangan malah udah pernah bertransaksi di CekAja.com, nih?
Hehe.

CekAja.com merupakan portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia dalam membuat keputusan finansial yang cerdas. Dengan bantuan teknologi yang canggih, CekAja.com memberikan pilihan produk finansial dan asuransi secara cepat, mudah, dan singkat. Tidak hanya itu, layanan CekAja.com juga didukung oleh tenaga profesional yang berpengalaman di bidang teknologi, finansial, dan asuransi.

Selain menyediakan produk kredit atau pinjaman perorangan, pinjaman UKM adalah salah satu produk dan fasilitas terbaik yang diberikan oleh CekAja.com bagi pelaku usaha kecil menengah. Didukung oleh bank-bank ternama, pinjaman UKM dari CekAja.com bisa diajukan secara online.




Mengapa CekAja.com layak dijadikan pertimbangan untuk pengajuan pinjaman UKM?

-          Cara pengajuannya mudah, tanpa harus mendatangi bank, pinjaman bisa diajukan via online di mana saja dan kapan saja.
-          Suku bunga cukup rendah.
-          Persyaratan mudah.
-          Tersedia pilihan jenis kredit sesuai kebutuhan.

Syarat umum pengajuan Pinjaman UKM di CekAja.com adalah sebagai berikut:

-          WNI berdomisili di Indonesia.
-          Berusia minimal 21 tahun, atau sudah menikah, dan maksimal 60 tahun saat kredit lunas.
-          Usaha minimum 2 tahun di lokasi dengan bidang usaha yang sama.
-          Belum pernah menerima fasilitas kredit, atau pernah memperoleh fasilitas kredit dengan kolektibilitas lancar, atau tidak dalam kondisi kredit bermasalah.


Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan Pinjaman UKM di CekAja.com adalah sebagai berikut:

-          Bukti diri berupa KTP, KK serta Surat Nikah (bagi yang telah menikah).
-          Khusus untuk kredit di atas 50 juta melampirkan dokumen legalitas usaha, seperti NPWP, SIUP, dan SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)
-          Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kelurahan atau otorita setempat, dimana usaha didirikan.
-          Surat Izin Usaha
-          Fotocopy rekening tabungan 6 bulan terakhir.


Berbagai Jenis Pinjaman UKM dari CekAja.com:

-          Kredit Modal Kerja (KMK)
Pinjaman yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha, atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti membiayai inventory, piutang atau proyek.

-          Kredit Investasi
Fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, dan/atau kebutuhan khusus terkait investasi.

-          Kredit BPR
Kredit pembiayaan modal kerja kepada BPR (Bank Perkreditan Rakyat) untuk digunakan dalam rangka penyaluran kredit kepada usaha kecil dalam bentuk Executing atau Asset Buy.

-          Kredit KopKar
Pinjaman modal kerja yang diberikan kepada Koperasi Karyawan untuk disalurkan kepada para anggotanya guna berbagai keperluan.

-          Kredit Syariah
Pembiayaan kredit syariah modal kerja, investasi dan trade finance dengan skema Mudharabah dan Murabahah untuk UMKM).

Untuk lebih lengkapnya tentang Pinjaman UKM CekAja.com ini silahkan klik aja link berikut ini ya, https://www.cekaja.com/small-business-banking.

Dengan beragam kemudahan di depan mata kita, seharusnya masalah modal bukan lagi menjadi kendala utama dalam mengembangkan usaha. Mari tingkatkan kualitas diri dengan terus belajar agar apapun usaha yang kita jalani akan tetap survive dalam menjawab tantangan zaman.

Bagaimana, gais?
Siap untuk menjadi pengusaha?


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Meirida Blog - Review dan Lifestyle . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id