Friday, November 30, 2018


Memiliki usaha sendiri bisa dikatakan adalah impian banyak orang saat ini. Besarnya tekanan dan terbatasnya waktu yang dimiliki kerap membuat orang-orang yang berkerja di perusahaan mengalami stress. Karena itulah, memiliki usaha sendiri tentu saja bagaikan sebuah solusi di tengah-tengah rasa stress yang melanda.

Berbicara tentang usaha, sudah pasti kaitannya adalah modal. Banyak orang yang telah memimpikan untuk memiliki usaha sendiri, tapi urung terwujud karena terkendala modal usaha. Tidak bisa dipungkiri memang, modal adalah faktor utama yang harus dimiliki jika ingin membuka usaha sendiri. Besar atau kecilnya modal, tentu saja tergantung jenis usaha apa yang akan didirikan.

Hidup di zaman yang modern saat ini tentu saja merupakan sebuah keberuntungan bagi kita, karena untuk mendapatkan modal usaha tidak melulu harus dengan cara konvensional seperti mengajukan pinjaman ke bank. Saat ini banyak cara bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha, asalkan ada kemauan, ada kreatifitas, maka modal yang dicita-citakan pun akan berada di tangan.

Minim Resiko, Berikut Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha


Menabung
Menabungkan sebagian penghasilan adalah salah satu cara mendapatkan modal usaha dengan cara aman dan bebas resiko, karena tidak perlu pusing memikirkan cicilan dan bunga pinjaman. Meskipun membutuhkan waktu, tetapi jika cara ini konsisten dilakukan setiap bulan maka modal yang diimpikan pasti didapat. Misalnya, saat ini kamu adalah seorang karyawan yang menerima gaji setiap bulannya. Sisihkan 30% dari gajimu untuk dijadikan tabungan modal usaha. Tetapi sebelumnya, tentu saja kamu harus punya dulu gambaran usaha yang ingin dibuat, sehingga bisa memetakan besaran modal yang dibutuhkan. Dengan begitu kamu juga bisa memprediksi jangka waktu yang dibutuhkan untuk menabung.

Menjual Aset
Tidak sabar untuk segera memulai usaha, tetapi jika menunggu tabungan terkumpul rasanya masih lama,  maka menjual aset adalah salah satu cara mendapatkan modal dengan cara mudah, aman dan minim resiko. Sama halnya dengan tabungan, setiap bulannya kita tidak perlu pusing memikirkan cicilan dan bunga pinjaman. Coba, deh. Amati sekeliling rumah kita. Ada ga sih barang-barang berharga tapi jarang digunakan, yang bisa ‘dilepas’ untuk mendapatkan modal. Seperti gadget merk lama, elektronik tua, kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Menggadaikan Aset
Merasa sayang menjual aset? Hm... wajar, sih. Aku sendiri juga termasuk tipikal orang yang merasa sayang kalo ingin menjual barang-barang milik pribadi. Selain sulit mendapatkannya, barang-barang tersebut juga terlanjur memiliki nilai history sendiri. Jadi daripada menjual, menggadaikan aset mungkin bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan modal usaha. Hanya saja, nilai gadai tentu saja tidak sebesar nilai jual, kan. Tapi jika modal yang dibutuhkan tidak begitu besar, menggadaikan aset ini merupakan cara yang sangat aman. Seperti gadai BPKB mobil, gadai perhiasan, gadai tanah, bahkan gadai elektronik juga bisa dilakukan. Jangan lupa siapkan dokumen-dokumen resmi seperti faktur pembelian disaat menggadaikan aset ya, gais.

Pinjam dari Kerabat
Salah satu cara mendapatkan modal usaha tanpa resiko adalah dengan pinjaman dari kerabat seperti teman dan keluarga dekat. Meskipun sulit untuk mendapatkan dalam jumlah besar, tetapi pinjaman dari kerabat tentu saja bebas bunga dan juga jangka waktu yang lebih fleksibel. Tetapi, untuk mendapatkan pinjaman dari kerabat ini tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan kepercayaan yang besar dari mereka sehingga mau meminjamkan uang kepada kita. Jadi jika ingin mendapatkan modal dengan cara ini, pastikan track record kamu bagus. Jujur, disiplin, perkerja keras, taat beribadah, dan hemat adalah beberapa poin yang kudu kamu miliki untuk mendapatkan kepercayaan dari orang. Jika hal-hal tersebut luput dari kepribadian kamu, sepertinya akan sulit mendapatkan modal dengan cara ini.

Joint Venture
Masih sulit untuk mendapatkan modal dengan 4 cara tersebut di atas? Cara yang ke-5 ini layak banget kamu pertimbangkan, yaitu Joint Venture. Kamu bisa mengajak teman atau saudara untuk membuka usaha bersama dengan patungan modal. Cara ini menguntungkan, karena modal dan perkerjaan akan dibagi rata, termasuk resiko seperti kerugian. Untuk menghindari kesalahpahaman dikemudian hari, pastikan untuk membuat perjanjian tertulis tentang segala sesuatu hal yang berkaitan dengan kerjasama ini. Mulai dari pembagian tanggung jawab, hasil dan resiko yang kemungkinan terjadi.

Modal dari Pelanggan
Wah, apakah cara ini mungkin dilakukan? Mungkin banget, ya. Tetapi tentu saja dengan syarat usaha sudah berjalan. Caranya yaitu dengan meminta uang muka atas jasa yang kamu jual. Nah, uang muka ini bisa digunakan sebagai modal untuk memproses perkerjaan hingga selesai sampai mendapatkan pembayaran seluruhnya. Beberapa contoh usaha yang bisa menerapkan cara ini adalah bengkel, katering, laundry dan sablon.

Modal dari Vendor
Jika usaha sudah berjalan, tapi kesulitan modal, maka berbekal kepercayaan bisa banget mendapatkan modal dari vendor barang. Misalnya usaha katering, bisa lho menggunakan sistem ‘pay later’ dengan toko-toko langganan yang menjual bahan. Begitu pembayaran diterima dari konsumen, baru deh bahan-bahan yang digunakan tadi dibayar. Pastikan kamu melakukan pembukuan yang jelas untuk semua transaksi yang dilakukan, ya.

Nah, demikian cara mudah mendapatkan modal usaha yang minim resiko. Dari 7 poin di atas, kamu nyamannya yang mana, gais?




Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Meirida Blog - Review dan Lifestyle . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id