Follow Us @soratemplates

Friday, May 31, 2019

5 Cara Mengatasi Stress Tanpa Harus Mengonsumsi Obat

May 31, 2019 0 Comments


Bicara tentang stress, bisa dikatakan hampir semua orang mengalaminya. Hanya saja tingkatannya yang berbeda-beda. Ada yang mengalami stress ringan, sedang, hingga stress berat. Waspadailah jika kamu sudah memasuki fase stress berat ini, karena bisa menyebabkan depresi yang kerap menjadi pemicu orang untuk melakukan bunuh diri.

Stress adalah kondisi mental seseorang yang terganggu akibat tekanan yang muncul dari kegagalan dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Dalam hal ini tekanan bisa berasal dari dalam diri sendiri atau pun dari luar diri.

Sesuai tingkatannya tadi stress sebenarnya tidak selalu berdampak buruk. Bagi sebagian orang tekanan yang ia terima justru menjadi motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan yang ia inginkan. Namun bagi sebagian yang lain tekanan justru menjadi momok menakutkan yang terus menghantuinya sehingga ia gagal untuk memfokuskan diri dalam mencapai tujuan.

Memang tidak bisa dipungkiri level stress setiap orang berbeda-beda tergantung sumber masalah yang ia hadapi. Tetapi satu yang pasti apa pun yang menjadi penyebabnya, stress ini tetap bisa diatasi.



5 Cara Mengatasi Stress Tanpa Harus Mengonsumsi Obat




Ketika merasa stress dengan masalah yang dihadapinya, tidak sedikit orang yang mengambil jalan pintas dengan mengonsumsi obat penenang agar stressnya berkurang. Padahal mengonsumsi obat penenang ini tidak baik karena memiliki efek samping. Terlalu sering mengonsumsi obat penenang bisa menyebabkan gangguan daya ingat, gangguan penafasan, hingga ketergantungan. Jika sudah begini stress bukannya menjadi hilang justru semakin meningkat karena hadirnya penyakit sebagai sumber masalah yang baru.

Jadi jika stress masih bisa diatasi secara alami, hindarilah mengonsumsi obat. Berikut 5 cara alami mengatasi stress tanpa harus mengonsumsi obat.


Istirahat dan tidur yang nyenyak

Istirahat yang cukup dan tidur yang nyenyak merupakan salah satu cara mengatasi stress. Namun hampir semua orang yang mengalami stress menyatakan mereka kesulitan untuk tidur. Stress dan tidur ini memang mirip- mirip dengan teori ayam dan telur. Tidur yang tidak berkualitas bisa memicu stress, dan stress bisa menyebabkan orang sulit untuk tidur.

Tetapi pilihan ada di tangan kita, ingin stress berlanjut atau berhenti sampai di sini. Jika tidak ingin stress berlanjut, usahakanlah untuk tidur. Persiapkan tempat tidur yang baik dengan suasana yang nyaman. Kemudian berbaring dan pejamkanlah mata. Kosongkan pikiran dari semua masalah, bayangkanlah hal-hal yang indah. Untuk menciptakan kantuk, putarlah musik-musik klasik dengan nada lembut, atau bagi kamu yang beragama Islam bisa juga memutar murotal Al Quran.



Gerakkan tubuh dengan iringan musik


Cara lain mengatasi stress adalah dengan menggerakkan anggota tubuh diiringi dengan musik. Bisa dengan berolah raga atau pun menari. Jadi pilihlah musik yang ceria, yang membangkitkan semangat, kemudian bergeraklah mengikuti irama musik. Dalam waktu 5 menit efeknya sudah bisa dirasakan. Ketika bergerak dan berkeringat, tubuh mengeluarkan hormon endhorphins yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, aktifitas mengeluarkan keringat ini juga membuahkan bonus berupa kesehatan. Peredaran darah lancar, tubuh pun menjadi lebih bugar.



Konsumsi buah-buahan dan makanan yang mengandung Omega-3


Buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, dan juga anti oksidan. Karena itulah mengonsumsi buah-buahan bisa membantu menghadirkan rasa lega dalam pikiran. Jadi konsumsilah buah-buahan seperti stroberi, jeruk, anggur, dan alpukat.

Selain itu mengonsumsi makanan dengan kandungan Omega-3 yang tinggi juga bisa mengurangi stress karena Omega-3 merupakan jenis lemak tidak jenuh yang sangat baik dalam membantu memperbaiki aliran darah, dan pembentukan sel otak baru.

Pada orang yang stress, kondisi aliran darahnya ke otak tidak lancar. Nah, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Omega-3 aliran darah ke otak bisa kembali lancar.

Omega-3 ini bisa didapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian, dan juga pada beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna.



Jauhi media sosial, berkumpullah dengan orang yang mencintai kamu

Ketika sedang mengalami stress sangat disarankan untuk menjauhi media sosial karena media sosial ini seringkali menjadi penyebab tidak stabilnya emosi. Terlebih lagi dalam fase politik yang panas seperti pasca pemilu. Perang status dan komentar warganet di media sosial sangat tidak baik bagi orang yang sedang mengalami stress. Jadi jauhilah media sosial, kemudian perbanyaklah waktu untuk berkumpul dengan orang-orang yang mencintaimu.

Pernah mendengar ungkapan ‘lebih baik dicintai daripada menyintai’?

Menyintai seseorang membuat kita berada dalam posisi pemberi cinta, yang seringkali harus melakukan pengorbanan demi kebahagiaan orang yang dicintai.

Sebaliknya dicintai seseorang membuat kita berada diposisi menerima limpahan cinta, orang yang menyintai akan berbuat semaksimal mungkin untuk membuat kita bahagia. Nah, berkumpul dengan orang yang menyintai kita bisa menghadirkan rasa bahagia sehingga bisa menghilangkan stress.



Bahagiakan diri dengan ‘me time’

Tidak jarang stress itu hadir justru karena tidak tersedianya waktu untuk diri sendiri. Jadi luangkanlah waktu untuk membahagiakan diri dengan ‘me time’. Carilah hal-hal yang menghibur. Bisa dengan menonton tayangan favorit, melakukan hobi, atau hangout dengan teman-teman dekat. Bagi yang hobinya traveling, lakukanlah perjalanan singkat. Bagi yang hobinya menonton bisa segera hunting film-film terbaru. Bagi yang hobinya bernyanyi bisa pergi ke tempat karaoke. Pokoknya lakukanlah semua hal-hal yang menyenangkan agar stres bisa berkurang.



Nah, itulah 5 cara alami mengatasi stress tanpa harus mengonsumsi obat. Mengonsumsi obat penenang memang bisa mengurangi stress namun sifatnya hanya sementara. Begitu efeknya hilang, maka stress akan kembali datang. Jika dikonsumsi dalam waktu yang lama, obat penenang justru bisa menjadi pemicu datangnya beragam penyakit lainnya. Jadi jika cara-cara alami masih memungkinkan maka jadikanlah obat sebagai pilihan terakhir.





Thursday, May 30, 2019

Susu Sumber Bakteri Baik yang Bagus untuk Pencernaan

May 30, 2019 0 Comments



Secara umum si Kecil bisa dinyatakan sehat jika usus dan pencernaan anak sehat. Oleh karena itu orangtua pun berlomba-lomba untuk selalu berusaha memilih dan memberikan asupan makanan yang tepat agar usus dan pencernaan anaknya selalu sehat. Nah, salah satu sumber nutrisi yang dipercaya bisa membantu kesehatan pencernaan anak adalah susu.

Ketika pencernaan anak sedang bermasalah banyak orangtua yang was-was dalam memberikan makanan dan minuman kepada anak. Mereka takut salah pilih, sehingga kondisi pencernaan anak semakin memburuk. Dalam kondisi ini susu bisa menjadi salah satu pilihan, tetapi untuk amannya cobalah berikan dalam jumlah sedikit terlebih dahulu, lalu lihat apakah diare si Kecil memburuk setelah ia meminumnya. Pasalnya, sekitar 20% kasus gangguan pencernaan pada anak adalah virus yang menyebabkan anak mengalami intoleransi laktosa. Kondisi ini bisa membuat anak mengalami sakit perut, kembung, dan kram. Apabila hal ini terjadi, carilah pengganti susu yang bebas laktosa hingga feses si Kecil kembali normal. Orangtua juga bisa mencoba memberikan produk probiotik seperti yoghurt, untuk membantu memulihkan kondisi bakteri baik dalam usus si Kecil. Jika si Kecil masih mengonsumsi ASI, tidak masalah untuk tetap memberikan ASI, karena ASI ini mengandung antibodi dan nutrisi yang dapat membantu menyembuhkan sistem pencernaan.

Lingkungan juga merupakan salah satu penyumbang masalah pencernaan pada anak karena lingkungan telah menjadi sarang bakteri jahat. Maka dari itu bakteri baik melawan bakteri jahat, bisa menjadi solusi masalah pencernaan pada anak. Orangtua tinggal memberikan asupan makanan dan minuman yang banyak mengandung bakteri baik untuk anak agar masalah pencernaan anak segera bisa diatasi.

Setelah si Kecil sembuh dan kondisinya membaik, orangtua jangan sampai lupa untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Tetaplah waspada dan rutin menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Karena meskipun kondisi si Kecil telah membaik, bisa saja bakteri dan virus masih berdiam dalam sistem pencernaan si Kecil selama beberapa hari bahkan minggu. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan diri si Kecil dan juga orang-orang serta lingkungan di sekitarnya. Mintalah si Kecil untuk rutin mencuci tangannya dengan cara yang benar dengan menggunakan sabun. Apabila si Kecil masih menggunakan popok, pastikan orangtua selalu membersihkan tangan setelah mengganti popoknya.

Oh, ya. Ketika si Kecil masih mengalami diare, jangan menggunakan handuk atau alat makan secara bersamaan dengan si Kecil untuk menghindari terjadinya penularan. Selain itu, perhatikan pula benda-benda seperti gagang pintu atau mainan si Kecil, karena benda-benda tersebut bisa menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit. Bersihkan secara rutin, jika perlu lakukan disinfeksi agar kuman tidak berkembang biak di sana.

Nah, itulah hal-hal yang orangtua harus lakukan ketika menangani si Kecil yang sedang mengalami gangguan pencernaan. Si Kecil mungkin memang sulit mendeskripsikan bagaimana kondisinya, tetapi jangan sampai hal tersebut membuat orangtua gegabah melakukan penanganan sehingga membuat kondisinya semakin parah. Jagalah kebersihan dan berilah anak asupan gizi yang baik, salah satunya dengan susu sumber bakteri baik yang bagus untuk pencernaan.

Saturday, May 25, 2019

Hal-hal Penting dalam Penerapan Gaya Hidup Sehat

May 25, 2019 0 Comments


Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang ingin menderita penyakit dan tidak bisa hidup sehat. Sebab, saat kita sehat, kita bisa melakukan berbagai aktivitas secara lebih mudah. Namun, kesehatan bukanlah hal yang mudah didapat mengingat kita harus memiliki gaya hidup sehat agar dapat memiliki tubuh yang sehat. Lalu, bagaimana cara untuk menerapkan gaya hidup sehat? Inilah dia beberapa hal yang bisa kita lakukan jika ingin menerapkan gaya hidup sehat sehari-hari.

Menghindari stress


Kesehatan tubuh sangat ditentukan oleh mental yang kita rasakan. Sebab, mental atau psikis juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik tubuh kita. Agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, kita perlu menghindari stress dalam rutinitas sehari-hari. Sehingga, pola hidup yang sehat pun akan tercipta dengan mental yang lebih tenang dan terhindar dari stress.

Agar dapat menghindari stress, kita bisa mengalihkan hal-hal yang berpotensi menimbulkan stress dengan aktivitas lainnya. Pengalihan fokus bisa berdampak bagus karena akan mencegah diri kita dari stress dan membuat pikiran jadi lebih tenang. Jadi, hindari stress agar tubuh tetap sehat dan kita pun bisa terhindar dari penyakit akibat mental yang tidak terjaga.

Membatasi kafein dan gula


Sering mengonsumsi minuman berkafein atau memiliki kadar gula yang tinggi? Konsumsi minuman berkafein mungkin terasa bermanfaat karena dapat menyegarkan tubuh dengan cepat. Selain itu, minuman yang manis juga terasa lezat hingga disukai oleh setiap orang. Tapi, jika ingin menerapkan pola hidup sehat, sebaiknya batasi konsumsi kafein agar tidak berlebih setiap harinya. Selain itu, kita juga perlu membatasi konsumsi gula harian agar tidak membawa penyakit kedalam tubuh kita. Sehingga, tubuh kita akan terasa lebih sehat dan kita pun bisa terhindar dari penyakit akibat konsumsi gula dan kafein berlebih sepanjang hari. 



Sebagai pengganti kafein dan gula, kita bisa mengonsumsi susu UHT setiap harinya. Karena, kita bisa mendapatkan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh saat mengonsumsi susu UHT. Silahkan cek link https://www.frisianflag.com/ untuk mengetahui varian susu terlengkap dari Frisian Flag.

Friday, May 24, 2019

Resep Kue Nastar Selai Kacang Skippy

May 24, 2019 0 Comments
Lebaran sebentar lagi, baju baru belum dibeli, tapi gak apa, yang penting toples sudah terisi.

Hahaha.

Hayo-hayo siapa yang bikin kue lebarannya malam hari? Bikin kue lebaran di siang hari itu gak asyik cuuy, kan lagi puasa, mana bisa nyicipin. Mana aromanya menggoda luar biasa ya, khaaan. Jadi bikin kue lebaran itu asyiknya malam-malam, sehabis tarawih di mesjid, pulang ke rumah baru deh bikin. Kan enak bisa nyicipin langsung. Hahaha.

Ngomongin kue lebaran, nih, apa sih kue favorit kamu?
Kalo aku tuh paling suka kue nastar, putri salju, dan keripik bawang.

Aku punya sedikit cerita nih tentang aku dan kue nastar.

Waktu itu aku masih SD kelas 2, masih belajar puasa dan berjuang keras untuk puasa penuh karena sama nenek diiming-imingi hadiah. Siang itu cuaca sangat terik, pengennya sih ngadem di kamar sambil baca komik. Tapi keinginan tinggal keinginan aja, karena tiba-tiba ibu menyuruhku pergi ke warung untuk membeli minyak goreng. Awalnya aku menolak keras, "duh Mak kenapa gak kakak aja yang pergi, kakinya kan lebih panjang jadi bisa lebih cepat," protesku dengan mulut manyun. Tapi sanggahanku percuma karena kakak dengan wajah penuh kemenangan mengulurkan kedua tangannya yang belepotan adonan. Akhirnya dengan berat hati aku pergi juga ke warung yang jaraknya lumayan dari rumah. Mana zaman itu belum ada ojek, gojek, dan teman-temannya itu, jadi aku terpaksa jalan kaki di bawah matahari yang terik itu.

Mungkin karena hati yang kurang ikhlas, perjalanan menuju warung itu terasa lamaaaa sekali. Mana sepanjang jalan aku mencium aroma-aoma yang lezat lagi. Maklum sih, karena para tetangga juga sudah sibuk membuat kue lebaran. Bisa kebayang betapa tersiksanya aku di sepanjang jalan menahan panas yang membakar kulit, menahan lapar dan haus, plus godaan aroma kue kering yang menggoyahkan iman. Alhasil, semua ujian itu berhasil membuat sistem daya ingatku error. Sesampai di warung, aku menjadi blank, tidak ingat sama sekali apa yang disuruh oleh ibu. Aku mencoba sekuat tenaga untuk mengingat-ingat kata-kata ibu sebelum berangkat tadi, tapi sia-sia karena di pelupuk mataku aneka kue nastar dan kawan-kawannya menari-menari dengann riang. Setelah beberapa menit berlalu aku masih saja bengong, akhirnya ibu pemilik warung mengambil inisiatif untuk menelepon ibu di rumah. Duh, malunya. Sejak saat itu, setiap melihat kue nastar aku selalu saja teringat kisah errornya aku karena aroma kue nastar ini.

Meskipun memiliki kenangan yang memalukan dengan kue nastar ini, bukan berarti aku jadi menghindari kue nastar. Justru aku jadi termotivasi untuk membuat kue nastar yang lain dari biasanya. Jika kue nastar biasa berisikan selai nanas, maka kue nastar yang aku pengen buat adalah kue nastar selai kacang. Penasaran dengan resepnya? Yuk, kepoin sama-sama.

Resep Kue Nastar Selai Kacang Skippy

Bahan-bahan:

  • 100 gr Skippy peanut butter
  • 100 gr Brown sugar
  • 150 gr Chocochips
  • 50 gr Butter
  • 50 gr Gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sdt Vanila
  • 150 gr Terigu
  • 1/2 sdt Baking soda
  • 1/2 sdt Baking powder
  • 1/2 sdt Garam
Cara Membuat:

1. Lelehkan mentega dengan api kecil, masukkan Skippy Peanut Butter, aduk rata.





2. Masukkan gula, dan brown sugar, aduk hingga gulanya larut.

3. Matikan api, tambahkan telur dan vanila, aduk dengan cepat.



4. Masukkan terigu dan chocochips, aduk hingga adonan tercampur rata.



5. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik wrap, diamkan di freezer selama 10 menit.
6. Setelah 10 menit, keluarkan adonan dari freezer, bentuk sesuai selera.
7. Siapkan loyang, alas dengan kertas baking, kemudian panggang pada suhu 180 derajat Celcius hingga terlihat kering berwarna kecoklatan.



8. Kue nastar selai coklat siap untuk dihidangkan.


Nah, teman. Ini dia resep kue nastar selai kacang Skippy ala Meirida, ya. 
Penasaran pengen nyicip?





Thursday, May 23, 2019

Mengintip Uniknya Motor Matic Terbaru dari Yamaha

May 23, 2019 0 Comments


Yuhuuu, ada kabar gembira nih untuk para pecinta motor matic, karena Yamaha baru-baru ini meluncurkan motor matic skuter terbaru yang diberi nama Yamaha Latte. Hihihi. Namanya mirip dengan varian rasa kopi, yah.

Motor matic terbaru berbentuk skuter ini didesain unik dan elegan khas skuter Eropa dengan ciri-ciri sudutnya dibentuk membulat dari belakang hingga depan.

Didukung oleh mesin Blue Core 125cc, 4 stroke, satu silinder, injeksi, dan juga sistem pendingin udara, membuat motor matic Yamaha Latte ini diklaim memiliki tenaga setara 8,3 ps di 6500 rpm dan torsi 9,7 Nm di 5009 rpm. Tentu saja pergerakannya jadi gesit dan lincah.

Untuk performa di jalanan, motor berbentuk skuter ini memiliki profil ban tubeless dengan ukuran 90/90-12 di bagian depan, dan 100/90-12 di bagian belakang. Dengan dukungan ban tubeless ini membuat para pengguna jauh lebih hemat dibandingkan dengan ban biasa.

Sebagai bentuk proteksi bagi pengguna, skuter ini dilengkapi dengan sistem pengereman yang menggunakan cakram hidrolik pada roda depan, dan tromol pada roda belakang.

Menjawab kebutuhan kaum hawa yang merupakan mayoritas pengguna, Yamaha Latte hadir dengan fitur yang dilengkapi dengan sejumlah teknologi modern. Ada Smart Motor Generator yang membuat proses penyalaan motor berjalan mulus. Kemudian ada juga One Push Start dan juga Smart Key. Motor pun semakin canggih dengan adanya fitur digital pada bagian panel instrumen yang memberikan informasi status bahan bakar dan trip meter.

Selain itu Yamaha Latte ini juga menawarkan ukuran velg yang lebih kecil sehingga ukurannya cenderung lebih mungil dari skuter matic Yamaha lainnya. namun tentu saja itu adalah hal yang wajar, karena Yamaha Latte ini memiliki bobot tidak lebih dari 100 kg. Wah, cukup ringan juga, ya.

Satu keunikan dari Yamaha Latte ini adalah tempat pengisian bahan bakarnya yang sangat berbeda dengan motor matic lainnya yaitu di bagian depan. Untuk wanita yang memakai rok biasanya agak sulit untuk naik-turun motor saat pengisian bahan bakar. Nah, dengan motor Yamaha Latte ini semua itu menjadi mudah, karena tidak perlu turun dari motor, bahan bakar bisa langsung diisi.





Nah, ada satu lagi nih kabar baiknya, khususnya bagi para pengguna wanita karena motor Yamaha Latte ini dilengkapi dengan bagasi yang bisa menampung hingga 37 liter. Dengan kapasitas bagasi yang besar ini, wanita jadi lebih nyaman saat berkendara karena tas, dompet, handphone, dan lainnya bisa masuk ke dalam jok, sehingga bisa terhindar dari tindak pencopetan. Pengguna ga perlu lagi menyandang-nyandang tas selama di perjalanan. Selain ribet dan bisa mengganggu konsentrasi, hal ini juga bisa mengundang kejahatan. Jadi tasnya tinggal diletakkan di bagasi, kemudian pengendara bisa fokus berkendara.






Bagi perkerja kantoran, bagasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan dokumen tanpa harus khawatir dokumen akan lecek dan rusak karena bagian bawah bagasi ini di desain rata seukuran kertas A4.

Dengan semua fitur canggihnya yang unik, tidak salah memang jika Yamaha Latte ini akan menjadi motor matic yang populer.

Oh, ya. Bagaimana dengan harga? Di tempat peluncurannya, Yamaha Latte ini dibandrol dengan harga VND 37,9 juta atau setara 23 juta Rupiah. Masih sangat terjangkau, ya. Sayangnya saat ini Yamaha Latte masih belum ada di Indonesia, nih. Sejak dirilis pertama kali di Vietnam pada awal tahun ini, belum ada info yang memberitakan Yamaha Latte ini available di Indonesia. Semoga dalam waktu dekat Yamaha Latte bisa memuaskan rasa penasaran para pencinta skuter matic di Indonesia.





Monday, May 13, 2019

Me Time Seru dengan Kreasi dari Stick Bekas

May 13, 2019 0 Comments
Yuhuuu!

Apa kabar puasanya hari ini? Semoga lancar terus, ya.

Kalo aku puasa kali ini terpaksa harus nyerah dulu, karena masih dalam periode ASI ekslusif untuk si bayik. Sempat sih puasa 2 hari, tapi dampaknya si bayik rewel seharian. Padahal jumlah ASI sih ga berkurang, tapi mungkin berperngaruh ke rasanya, ya. Karena memang keliatan banget, si bayik ga nyaman  waktu menyusu. Satu dua kali hisap, dia langsung lepaskan lagi. Setelah itu dia menangis. Begitu terus dari siang sampai malam. Si bayik baru tenang setelah tengah malam, mungkin karena capek menangis seharian, akhirnya dia tidur pulas juga.

Merasa ada something wrong dengan ASI akhirnya aku pasrah untuk ga puasa Ramadhan kali ini.

Okey, back to topic.

Teman-teman, pernah ga merasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari?

Kalo aku jujur aja nih, akhir-akhir ini mudah sekali merasa jenuh. Mungkin karena sedang riweh dengan si bayik, ya, rasanya duniaku bener-bener jalan di tempat. Berputar hanya antara kamar tidur, ruang keluarga, dan kamar mandi. Begituuuuu setiao harinya. Kadang timbul juga rasa iri liat temen-temen di media sosial pada posting foto jalan-jalan dan makan-makan di luar. Hati kecil terkadang berbisik, kapan ya bisa jalan-jalan seperti mereka?

Tetapi hidup memang seperti ini ya, kan.

Tidak selamanya kita bisa bebas bergerak kemana saja. Ada kalanya kita harus terikat pada satu hal, berdiam diri pada satu titik, hanya bisa melihat dari kejauhan, hanya bisa mengomentari tanpa bisa terlibat langsung.

Jenuh? Pasti.

Tapi tidak mungkin juga rasa jenuh ini dibiarkan berlarut-larut. Karena jika dibiarkan, akan banyak pihak yang dirugikan nantinya. Yang paling merugi adalah diri sendiri, karena bisa berdampak badmood, hilang semangat, kemudian emosi kepada siapa saja.

See? Mudharatnya banyak sekali.

Jadi daripada larut dalam kejenuhan mengapa tidak mencari kegiatan untuk menghilangkan kejenuhan?

Alhandulillah, aku tipikal orang yang suka mengerjakan hal-hal sepele yang bagi sebagian orang gak penting, tapi bagiku justru bisa jadi terapi dari kejenuhan. Salah satu yang paling suka aku lakukan adalah membuat kreasi dari barang-barang bekas.

Nah, me time seruku kali ini adalah membuat kreasi dari stik bekas.

Kebetulan bulan puasa ini lumayan sering membeli es krim stik, alhasil stik-stiknya lumayan juga kalo di kumpulin. Daripada menyumbang sampah, mengapa stick bekas ini tidak dimanfaatkan saja?

Berikut kreasi ala-ala Meirida dari stick bekas.


Tempat pensil dari stick bekas


tempat pensil dari stick



Rumah dari stick bekas



rumah dari stick


Mengapa aku memilih untuk me time dengan kreasi dari stick bekas?

  • Menyenangkan, karena bisa menghasilkan sesuatu dari barang yang sebelumnya sudah dijadikan sampah.
  • Bermanfaat, bisa mengurangi sampah.
  • Tidak butuh modal besar, hanya lem kayu, karton, dan stick.
  • Meningkatkan kesabaran.
  • Meningkatkan kreatifitas.


Me time ini sangat penting untuk pemulihan jiwa agar terhindar dari stress. Akhir-akhir ini beban hidup semakin berat, dan rentan memicu stress. Jika tidak dikendalikan secepatnya, stress ini bisa berdampak fatal.

Me time ini bisa dilakukan dengan banyak cara ya, gais. Tidak harus berkreasi dari barang bekas seperti yang aku lakukan. Bisa juga dengan menonton, bisa dengan mendengarkan musik, bisa dengan jalan-jalan, hangout bareng sahabat, dan hal-hal lainnya yang menyenangkan.

Nah, inilah cerita me time-ku kali ini.
Kalau kamu me timenya ngapain aja, nih?


Kaos, Item Fashion yang Tak Lekang Oleh Zaman

May 13, 2019 0 Comments
fashion kaos



Kaos dikenal juga dengan istilah t-shirt adalah sejenis baju atasan yang bisa digunakan oleh pria dan wanita. Namanya diambil dari bentuk badan dan lengan yang menyerupai huruf T. Awalnya kaos identik dengan lengan pendek, garis leher yang bulat tanpa kerah dan kancing. Biasanya kaos terbuat dari bahan yang ringan dan mudah dibersihkan.

Sebagai pakaian yang didesain tanpa kerah dan kancing, kaos oblong pertama kali muncul pada perang Spanyol dan Amerika sekitar tahun 1898-1913, saat itu angkatan laut AS menyatakannya sebagai baju dalaman.

Baju kaos pun menjadi dikenal sebagai pakaian dalam untuk perkerja di berbagai industri. Kaos ini pakaian yang mudah dikenakan, bahannya ringan, perawatannya mudah, dan juga harganya yang terjangkau, sehingga baju kaos ini pun disukai semua kalangan termasuk anak-anak muda. Baju kaos yang awalnya polos, mulai dibuat dengan desain yang menarik. Ditambahkan warna, gambar, hingga kalimat-kalimat yang menarik perhatian.



Kaos, Item Fashion yang Tidak Lekang Oleh Zaman


Saat ini baju kaos semakin berevolusi. Hadir dengan bermacam-macam model sehingga memenuhi harapan orang-orang yang ingin memakainya.

Berikut adalah macam-macam model kaos, yang membuatnya menjadi salah satu item fashion yang tak lekang oleh zaman.

1. T-Shirt O-Neck

Kaos oblong yang satu ini cocok dikenakan oleh semua orang mulai dari anak-anak hingga dewasa, laki-laki atau pun perempuan. Kaos dengan leher berbentuk bulat atau O ini memang jenis yang standar.



2. T-Shirt V-Neck

Kaos oblong yang satu ini merupakan modifikasi dasi kaos O-Neck. Menjawab kebutuhan para pemakainya yang mengalami kejenuhan, maka lahirlah desain baru dengan leher berbentuk huruf V. Awalnya hanya kaum pria yang memakai kaos dengan desain V ini, namun seiring perkembangan zaman kaum hawa pun mulai melirik kaos dengan leher huruf V ini, dengan ukuran tinggi titik puncak V yang bervariasi.



3. T-Shirt U-Neck

Selain model O-Neck dan V-Neck, juga ada kaos dengan leher berbentuk huruf U. Kaos ini memang tidak bisa dikatakan berbentuk V karena tidak ada titik sudut yang membentuk huruf V, bagian bawah leher berbentuk tumpul.



4. T-Shirt Y-Neck

Kaos dengan leher berbentuk huruf Y ini tampil beda dari 3 kaos pendahulunya karena dilengkapi dengan kancing pada bagian kaki huruf Y. Sebenarnya lubang lehernya menyerupai kaos V-Neck, namun ditambah belahan ke bagian bawah sampai dada, sehingga menyerupai huruf Y.



5. T-Shirt Turtleneck

Kaos ini memiliki leher berbentuk leher kura-kura yang panjang . sebenarnya kaos leher kura-kura ini mirip dengan kaos O-Neck, hanya saja panjang dari bahan pinggiran lubang leher atau ribs-nya lebih panjang.



6. Kaos Raglan

Kaos raglan memiliki model leher berbentuk O, hanya saja memiliki model lengan yang berbeda. Pada kaos standar, sambungan tangannya tegak lurus dari ketiak ke pundak, tetapi pada kaos raglan sambungan tangannya berbentuk miring dari ketiak langsung ke lubang leher. Biasanya warna bagian tangan ini pun dibedakan dengan bagian kaos lainnya.



7. Kaos Kerah atau Wangky

Kaos kerah atau wangky juga sering dikenal dengan sebutan Polo Shirt. Ciri khasnya adalah memiliki kerah di bagian lubang lehernya, dan juga dilengkapi dengan kancing.



Itulah macam-macam kaos yang berada dipasaran. Modelnya akan lebih banyak lagi jika mau membedakannya dengan bentuk lengan. Ada yang lengan pendek, lengan panjang, dan juga lengan ¾. Dengan semua variasi model dari kaos yang ada semakin membuktikan bahwa kaos merupakan salah satu item fashion yang tidak lekang oleh zaman.



Nah, kalau kamu suka model kaos yang mana nih, gais?

Friday, May 10, 2019

Tips Menjual Mobil Innova yang Masih Kredit

May 10, 2019 0 Comments
Yuhuuuu, bentar lagi lebaran, nih. Udah ada rencana mau beli mobil baru, belum?
Melakukan pembelian mobil di zaman sekarang ini sudah dapat dilakukan dengan cara mudah ya, gais. 

Bagaimana tidak? 

Sekarang ini sudah ada banyak perusahaan seperti leasing atau pembiayaan yang bisa membantu para calon konsumennya untuk melakukan pembelian mobil yang baru ataupun yang bekas. Pembiayaan yang dilakukan tersebut pada biasanya berupa kredit. 



Dari sekian banyak jenis mobil keluarga di pasaran, salah satu mobil keluarga yang paling banyak diincar yaitu Innova. Banyak yang mencari gambar Innova png yang dikenal memiliki body stylish dan elegan. 

Salah satu temanku bercerita kalau dia sedang galau banget. Dia pengen ganti mobil gitu, deh. Sejak nyupirin bosnya yang make Innova, dia jadi pengen ganti mobil ke Innova juga. Tapi dia pusing karena mobil yang dia punya sekarang masih ngutang alias kredit.

Nah, untuk kamu yang berencana ingin menjual mobil yang dimiliki namun masih dalam kredit, jangan mengkhawatirkan hal ini, deh. Kamu bisa mengatasi permasalahan ini dengan baik asalkan tahu caranya.

Pengen tahu caranya, kan?
Lanjuuut.

Berikut ini cara menjual mobil yang masih kredit, diantaranya yaitu:

1. Jual pada orang yang tepat

Kamu yang masih memiliki tanggungan mobil kredit namun tidak mampu untuk membayarnya, jangan biarkan leasing menarik mobil kamu ya, gais. Jika hal ini terjadi, maka kamu lah yang akan merugi nantinya. Untuk itu, jual mobil pada orang yang tepat. Artinya, pastikan bahwa orang tersebut memiliki kemampuan dalam membayar cicilan selanjutnya. Cara ini akan menjauhkan kamu dari kata rugi. 

Saran aku sih, jualnya kepada orang-orang yang benar-benar bisa dipercaya seperti orangtua, keluarga, atau sahabat dekat.



2. Konfirmasi ke pihak leasing

Ketika kamu akan menjual mobil yang masih kredit ke orang lain, jangan asal menjualnya saja, karena kamu harus melakukan konfirmasi ke pihak leasing. Hal ini bertujuan supaya apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, tidak berimbas pada diri kamu, gais. Dengan konfirmasi perihal over kredit tersebut, data yang ada di leasing dapat diubah, khususnya perihal kewajiban dalam melakukan pembayarannya.



3. Penuhi persyaratan

Mobil kredit yang ingin kamu jual harus memenuhi persyaratan yang telah di tetapkan, yaitu mobil sudah berjalan selama beberapa bulan. Jika kamu belum memahami akan hal ini, hubungi leasing kamu untuk mendapatkan solusinya, ya.

Menjual mobil yang masih kredit tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi bagi pemilik mobil yang masih kredit sebelum menjualnya. 

Intinya, jangan malu untuk bertanya, deh. Buang jauh-jauh semua perasaan dan prasangka buruk. Tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa over kredit jauh lebih baik dari pada sok-sok an bertahan jaga gengsi tetapi faktanya tidak sanggup bayar cicilan. Daripada suatu saat mobil kamu ditarik, mending over kredit aja, toh kamu masih bisa kasih alasan mau ganti mobil. Hehehe.


5 Sikap Suami yang Bisa Memicu Depresi Seorang Istri

May 10, 2019 0 Comments



Sebuah berita di televisi mengejutkanku siang itu. Seorang ibu nekat melompat ke sungai sambil menggendong anaknya yang baru berusia 4 bulan. Tak ayal jantungku langsung menciut membayangkan bayi malang yang sebaya dengan Dzikri anak keduaku. Ya Allah, tega sekali ibunya. Itulah kata-kata yang terbersit dalam pikiranku waktu itu.

Berita selanjutnya memberikan informasi yang lebih mengenaskan, sang ibu ternyata sedang mengalami depresi berat, sehingga tanpa pikir panjang mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Sampai detik ini, aku masih bergidik ngeri membayangkan kronologi kejadian yang mengoyak hati itu.

Depresi, memang tidak bisa dianggap sepele. Sudah banyak korban yang berjatuhan karena penyakit kejiwaan yang satu ini. Tetapi sayang, tidak sedikit orang-orang yang bukannya menunjukkan simpati dan empati, justru bertindak bagaikan hakim yang memberikan vonis kepada terdakwa. Menyalahkan korban tanpa mencari tahu terlebih dahulu apa hal yang menyebabkan ia depresi.

Sayangnya, ketika seorang istri mengalami depresi banyak orang yang beranggapan hal itu disebabkan karena hal domestik semata, yaitu kerepotan mengurus anak dan rumah tangga. Tetapi hal itu tidaklah benar semuanya, karena fakta di lapangan membuktikan bahwa suami juga memegang peran besar dalam depresinya seorang istri. Tanpa sadar suami sering menuntut banyak hal kepada istri, tanpa melihat keadaan yang sedang dihadapi istri. Hal ini membuat istri merasa sendiri, terabaikan, juga tidak dibutuhkan sehingga timbullah stres.



5 Sikap Suami yang Bisa Memicu Depresi Seorang Istri


1. Menghindari istri karena menganggap istri cerewet.

Tidak bisa dipungkiri, perempuan memang lebih banyak bicara dari pada laki-laki. Apalagi jika perempuan ini telah menjadi seorang istri atau pun ibu, boleh dikatakan hampir setiap hari akan terdengar omelan dari mulutnya ketika melihat hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsipnya. Sayangnya, omelan istri sering dianggap sebagai sikap cerewet oleh suami, sehingga suami pun menghindar dan mengurangi waktu untuk bersama-sama dengan istri.

Sikap suami yang seperti inilah yang bisa membuat istri stres lalu menjadi depresi karena istri merasa sendirian menghadapi keriuhan dalam mengurus rumah tangga.

Seharusnya suami menanggapi omelan istri dengan bijak. Suami harus tahu bahwa seorang istri mengomel pasti ada alasan yang kuat. Salah satunya adalah dia sedang meminta sedikit perhatian dari suaminya. Istri berkeluh kesah dalam bentuk omelan di depan suami bukan karena dia membenci suaminya, tetapi justru karena dia percana bahwa suaminya akan menjadi tempat sandaran baginya untuk menumpahkan semua rasa lelah setelah mengurus anak dan rumah seharian.



2. Suami menganggap sepele perkerjaan rumah tangga yang dikerjakan oleh istri.

Tidak sedikit suami yang beranggapan bahwa dirinyalah yang paling penat dalam mencari nafkah. Setelah seharian berjibaku dengan perkerjaan, bagi suami rumah adalah surga tempatnya melepaskan semua rasa penat itu. Sedikitpun suami tidak memandang rasa lelah yang dialami oleh istrinya karena baginya perkerjaan rumah tangga itu adalah perkerjaan yang mudah tanpa ada tekanan dari pihak lain.

Padahal perkerjaan rumah tangga adalah perkerjaan yang tidak mengenal kata libur. Mulai dari membuka mata di pagi hari, hingaga menutup mata di malam hari, perkerjaan rumah tangga akan selalu ada. Apalagi jika memiliki anak-anak yang masih kecil. Bahkan untuk tidur dengan nyenyak pun akan sulit untuk dilakukan oleh istri.

Sikap cuek dan tak acuh dari suami ini turut memicu depresi yang dirasakan oleh istri. Ketika raganya lelah seharian, dia berharap akan mendapat uluran tangan dari suami untuk sekedar meregangkan otot sejenak. Tetapi hal itu tidak ia dapatkan, dan hal itu terpendam dari waktu ke waktu sehingga menjadi cikal bakal stress dan akhirnya berujung pada depresi.



3. Membantu istri tanpa rasa ikhlas

Sifat istri itu memang tidak ada yang sama, ada yang tipenya pendiam dan memendam rasa sendiri, namun ada juga yang lebih terbuka. Nah, terkait dengan kondisi di atas, merasa tidak tahan dengan tekanan perkerjaan rumah tangga yang tidak ada habisnya, akhirnya istri memberanikan diri meminta suami untuk membantunya.

Di sinilah dituntut keihklasan suami. Ketika suami dengan senang hati mau membantu mengerjakan sebagian perkerjaan istrinya, maka hal itu akan jadi pengobat lelah bagi sang istri. Tetapi, sebaliknya. Ada juga suami yang merasa terganggu dengan permintaan istrinya. Walaupun permintaan istrinya dituruti, tetapi terlebih dahulu melontarkan kata-kata yang menyakitkan. Hal ini tentu saja menimbulkan trauma di hati istri, sehingga membuat istri merasa jera untuk meminta bantuan kepada suami.



4. Menyerahkan pengasuhan anak sepenuhnya kepada istri.

Tidak sedikit suami yang menyerahkan pengasuhan anak ke pundak istri saja. Tetapi di sisi lain, suami menuntut kesempurnaan dari hasil asuhan istri. Anak tidak boleh sakit, anak tidak boleh bandel, anak harus pintar, anak harus berprilaku baik. Anak sakit, yang disalahkan istri. Anak tidak menurut, yang disalahkan istri. Anak tidak memahami pelajaran, yang disalahkan juga istri. Istri selalu dijadikan kambing hitam dalam kegagalan anak. Sementara suami tidak mau tahu, karena merasa tugasnya hanya mencari nafkah.

Mencari nafkah memang adalah tugas dan kewajiban suami. Tetapi mengurus dan mendidik anak adalah tugas dan tanggung jawab bersama. Suami tidak boleh menyerahkan anak sepenuhnya kepada istri. Jika semuanya dibebankan kepada istri, tentu saja membuat istri menjadi kewalahan.



5. Menyalahkan istri ketika uang belanja habis sebelum waktunya.

Setiap bulannya suami memberikan sejumlah uang kepada istri untuk kebutuhan rumah tangga. Dalam perkiraan suami, jumlah yang dia berikan akan cukup hingga periode gajian berikutnya. Tapi faktanya istri sudah mengatakan uang habis sebelum waktunya. Kemudian dengan emosi suami kemudian bertanya, “Kok cepet banget habisnya? Kamu beli apa aja, sih?” Tanpa bertanya terlebih dahulu suami langsung menyalahkan istri.

Memang mengelola keuangan rumah tangga adalah tanggung jawab istri. Tetapi bukan berarti suami lepas tangan begitu saja begitu uang belanja sudah diberikan. Sesekali ceklah harga barang-barang pokok di pasaran, tanyakan kepada istri berapa tagihan listrik, air, telepon yang harus dibayarkan tiap bulannya. Dengan begitu suami akan mengetahui penyebab tidak cukupnya uang belanja yang diberikan setiap bulannya.



Pada dasarnya rumah tangga harmonis adalah dambaan semua pasangan suami istri. Tapi tentu saja hal ini tidak bisa diwujudkan secara sepihak. Butuh kerjasama dan pengertian masing-masing pihak dalam menjalankan perannya. Tingkatkan komunikasi, kurangi ego, saling terbuka satu sam lain, dan perbanyaklah quality time bersama pasangan, sehingga sekecil apapun masalah yang sedang dihadapi oleh salah satu pasangan bisa diketahui sedini mungkin.

Sebagaimana hadist Rasululullah s.a.w. yang berbunyi, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istri-istrinya.” (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi)

Aku setuju dengan quote yang dituliskan Mbak Nurul Fitri di salah satu artikelnya yang berjudul Menjadi Istri yang Ideal Demi Restu Suami.

“Restu/ridha suami merupakan kunci kebahagiaan dunia dan akhirat bagi seorang istri.”

Memang benar ridhanya suami adalah kunci kebahagiaan istri, tetapi jangan lupa bahwa ridha dan kebahagiaan istri merupakan kunci rejeki bagi suami.

Istri yang bahagia dapat diandalkan untuk mendidik anak-anaknya menjadi anak yang bahagia dan berguna bagi orang lain. Rezeki bisa datang dari mana saja termasuk dari anak. Rezeki bukan hanya berupa uang tetapi juga berupa anak-anak sholeh yang menemui orangtuanya dalam wajah yang bahagia setiap hari.

Tuesday, May 7, 2019

Tempat Berbuka Puasa Favorit di Kota Duri

May 07, 2019 0 Comments
Yuhuuu, garis finish ramadhan hari kedua udah mulai kelihatan, niih. Sudah punya rencana untuk berbuka di mana?

Bukan hal yang aneh lagi, ya. Setiap bulan ramadhan tiba pasti ada pasar ramadhan. Pasar yang dibuka beberapa jam sebelum berbuka ini menjual beraneka ragam menu berbuka puasa alias takjil. Bukan hanya itu, aneka lauk pauk juga ada lho. Jadi bagi kamu yang sibuk berkerja, dan ga punya waktu yang cukup untuk memasak menu berbuka dan sahur, bisa membeli lauk pauknya di sini.

Tetapi, satu alasan yang membuat aku merasa enggan mengunjungi pasar ramadhan ini adalah macet. Duaduuuuh...macetnya jalan dari dan ke pasar ramadhan ini udah menyaingi macetnya jalanan ibu kota, deh. Kendaraan ga bisa melaju cepat, semua merayap pelan dengan kecepatan paling minim. berangkat dari rumah pukul 4 sore, nyampe di rumah lagi nyaris isya. Huft.

Akhirnya aku memutuskan untuk mencari tempat berbuka puasa lainnya saja, dan ternyata di Duri ini juga banyak tempat berbuka puasa yang tempatnya asyik, menunya pun lezat.

Nah, untuk teman-teman yang suatu saat mengunjungi Kota Duri, biar ga bingung mau makan dan jajan enak di mana, boleh banget baca rekomendasi aku berikut ini.

Tempat Berbuka Puasa Favorit di Kota Duri


Kolding Bakso Sinar Langkat

Kolding merupakan singkatan dari kolak dingin, merupakan menu berbuka puasa yang menyegarkan juga mengenyangkan. Kolding ini adalah kolak manis dengan beragam isian seperti kolang-kaling, ketan, roti tawar, rumput laut, dan agar-agar,  yang disajikan dingin dengan potongan es batu. Rasanya yang manis sangat menyegarkan, sedangkan isinya bisa mengenyangkan perut yang lapar.

Selain kolding, di sini juga ada bakso yang rasanya nendang banget.

Lokasinya berada di pusat kota, tepat di pinggir jalan besar. Silahkan buka google maps, kamu pasti bisa menemukannya dengan mudah.



Ropisbak Ghifari Duri


Sumber : IG @ropisbak

Ropisbak atau roti pisang bakar, adalah salah satu tempat berbuka favorit di Kota Duri. Tempatnya bagus, rapi, dan cukup luas. Beralamat di jalan Desa Harapan Duri, Ropisbak Ghifari buka setiap hari. Mereka siap melayani pelanggan hingga pukul 10 malam.

Ropisbak Ghifari ini cocok banget dijadikan tempat buka puasa bersama dengan teman-teman dan keluarga karena tempatnya yang luas, dan juga ada mushola. Jadi betapa pun serunya acara bukber kamu, kamu ga perlu kuatir akan ketinggalan sholat.

Menu yang ditawarkan pun beragam, mulai dari roti pisang bakar, mie jawa, ayam penyet, kwetiau sapi, dan banyak lagi yang lainnya. Jangan khawatir untuk minuman juga tersedia beragam jenis minuman yang menyegarkan dan menghangatkan.



Papa Ibam Pizza Duri


Sumber: IG @papaibampizza


Papa Ibam Pizza ini termasuk pendatang baru di perkulineran Kota Duri, meskipun bukan orang baru, karena sebelumnya Papa Ibam Pizza juga sudah memiliki gerai di Dumai. Lokasinya sangat mudah dijangkau, berada tepat di pinggir jalan Mawar, Duri.

Di sini tersedia aneka pizza dengan aneka topping yang menggugah selera. Bagi kamu yang gak suka pizza gak usah khawatir karena Papa Ibam Pizza juga menawarkan menu-menu lezat lainnya seperti mie goreng seafood, kwetiau goreng, nasi goreng, nasi ayam lada hitam, dan lain-lainnya.



Pokat Kocok Duri


Sumber: IG @pokatkocokduri


Bagi makan di area outdoor, Pokat Kocok Duri merupakan tempat yang tepat untuk kamu. Menu andalan mereka adalah jus pokat. Hanya saja jus pokatnya disajikan dengan secara unik, bukan diblender seperti biasanya, tetapi dikocok manual dengan menggunakan sendok, kemudian diberi topping.

Sumber: IG @pokatkocokduri


Selain pokat kocok, disini juga tersedia varian minuman lainnya seperti es jagung manis, dan lain-lainnya.

Untuk makanan, di sini tersedia makanan cepat saji seperti mie goreng.



Hulala Cafe



Hulala Cafe merupakan tempat makan yang sedang populer di Kota Duri. Tempatnya yang instagramable sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong bareng teman dan keluarga.

Menu andalan Hulala Cafe adalah Ice Rolls Thailand, yaitu ice cream dengan cita rasa yang unik. Selain itu juga ada menu lainnya seperti ayam geprek mozarella, ayam geprek sambal matah, steak ayam crispy, nasi goreng hulala, dan banyak lagi lainnya.

Untuk mencapai Hulala Cafe ini tidak sulit ya, gais. Berada di jalan Desa Harapan, Hulala Cafe ini berada tidak jauh dari Ropisbak.


Nah, itu dia tempat-tempat berbuka puasa favorit di Kota Duri. Berbuka puasa tidak masalah untuk dilakukan di mana saja, asalkan tempatnya nyaman, bersih, dan yang pasti menu-menunya halal. Tetapi jika bisa berbuka puasa bersama dengan orang-orang terkasih di tempat yang menjual menu dengan rasa yang lezat, tentu saja semakin meningkatkan nilai kebersamaan yang ada.


#BPN30DayRamadhanBlogChallenge
#Day2
#TempatBerbukaPuasaFavorit







Cara Memilih Polis Asuransi yang Tepat

May 07, 2019 0 Comments
polis asuransi


Dewasa ini kebutuhan akan asuransi semakin meningkat. Orang-orang semakin sadar akan pentingnya sebuah jaminan untuk kondisi yang tidak menguntungkan. Tapi sayangnya, tidak banyak orang yang paham tentang produk asuransi yang ada, sehingga tidak jarang asuransi yang mereka pilih tidak tepat guna.

Asuransi sendiri memang merupakan sebuah hal yang sangat rumit, dibutuhkan pemahaman dan pertimbangan yang matang sebelum menggunakannya. Asuransi memiliki banyak istilah-istilah yang tidak mudah dikuasai oleh orang awam. Inilah yang membuat pengguna asuransi salah paham, sehingga asuransi yang mereka gunakan pun akhirnya tidak tepat guna.

Maka dari itu, sebelum memilih produk asuransi ada baiknya kita memahami dulu istilah-istilah yang ada dalam asuransi itu sendiri.

Salah satu istilah dalam asuransi yang begitu populer didengar adalah polis asuransi. Bagi yang tidak paham, ada yang menganggap bahwa polis asuransi adalah besarnya dana yang akan dibayarkan oleh nasabah ke perusahaan asuransi setiap bulannya. Tentu saja hal ini adalah salah besar. Besarnya dana yang dibayarkan nasabah setiap bulan itu adalah premi asuransi, bukan polis asuransi.

Polis asuransi adalah bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh perusahaan asuransi atau penanggung dengan nasabah pengguna layanan asuransi atau tertanggung. Isinya menjelaskan tentang semua hak dan kewajiban yang mengikat kedua belah pihak.



Cara Memilih Polis Asuransi yang Tepat




Jika diamati dengan jeli, begitu banyak jenis layanan asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kepada calon nasabahnya. Hal ini tentu saja memberi kemudahan kepada nasabah untuk memilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan yang dimilikinya.

Beda perusahaan asuransi, maka berbeda pula kebijakan yang mereka terapkan dalam produk asuransi yang mereka jual. Oleh karena itu, sangat penting bagi nasabah untuk memahami setiap detail dari isi polis asuransi sebelum memutuskan untuk membelinya.

Berikut adalah cara yang bisa dipertimbangkan untuk memilih polis asuransi yang tepat.

1. Sesuai dengan kebutuhan.

Bermacam-macam jenis layanan asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, maka sebagai calon nasabah terlebih dahulu harus paham jenis asuransi seperti apa yang dibutuhkan. Apakah asuransi pendidikan, asuransi kendaraaan, atau asuransi lainnya. jangan pernah tergiur dengan benefit yang ditawarkan, padahal kita tidak membutuhkan jenis asuransi tersebut. Sebagai contoh, kita sudah memiliki asuransi pendidikan, namun karena asuransi unit link menawarkan benefit yang menggiurkan maka kita pun beli asuransi itu. Padahal jika terjadi resiko pada tertanggung, tidak bisa dilakukan double claim, sehingga produk asuransi yang dibeli pun menjadi sia-sia.


2. Pilih asuransi yang prosedur klaimnya fleksibel.

Rata-rata perusahaan asuransi menerapkan prosedur yang ketat dalam proses klaim. Salah satu syarat yang mereka minta adalah dokumen asli seperti kwitansi asli rumah sakit. Nah, carilah asuransi yang lebih fleksibel, yang mau menerima fotocopy dokumen dalam proses klaim. Dengan begitu nasabah bisa menggunakan produk asuransi yang sama dari perusahaan yang berbeda.


3. Satu polis untuk semua anggota keluarga.

Salah satu tantangan terbesar bagi nasabah asuransi adalah dalam hal pembayaran premi. Semakin banyak anggota keluarga, maka semakin banyak juga jumlah premi yang harus dibayarkan. Agar lebih hemat, maka pilihlah polis asuransi yang men-cover semua anggota keluarga. Jadi nasabah cukup membayar satu premi saja setiap bulannya.


4. Pahami jenis pertanggungan yang bisa di-klaim

Meskipun polis asuransi memuat begitu banyak hal, namun yang paling penting untuk kita pahami adalah jenis-jenis pertanggungan yang bisa di-klaim, berikut dengan cara atau prosedur klaim-nya. Jangan sampai karena gagal paham, kita jadi mengalami kerugian karena ternyata jenis pertanggungannya tidak bisa di-klaim.



Oke, itu dia 4 cara untuk memilih polis asuransi yang tepat. Jika masih ada yang belum dipahami dari polis asuransi kita, jangan pernah ragu untuk menanyakannya kepada pihak ketiga yang lebih paham agar kelak premi yang kita bayarkan tidak sia-sia.



So, polis asuransi apa saja yang sudah kamu miliki?




Monday, May 6, 2019

Segarnya Buka Puasa dengan Varian Menu Chocolatte Duri

May 06, 2019 0 Comments


Assalamu’alaikum, Man-teman.

Alhamdulillah, Allah masih pertemukan kita di Ramadhan kali ini ya. Semoga amal ibadah kita di bulan suci ini berjalan lancar dari awal sampai akhir. Aamiin.

Buat aku sendiri Ramadhan kali ini terasa semakin istimewa karena hadirnya bayi yang lucu, dan insyaa Allah sehat. Ramadhan tahun lalu sayang sekali tidak bisa penuh aku jalani. Waktu itu usia kehamilan jalan 4 bulan, dan aku diuji dengan beragam sakit yang membuat aku tidak kuat untuk puasa. Mulai dari flek, sakit kepala, sampai sakit gigi yang datang bertubi-tubi. Karena itulah, Ramadhan tahun ini aku pengen sekali berpuasa penuh meskipun dalam kondisi sedang menyusui. Mohon doanya ya, teman-teman.

Sebenarnya berpuasa dalam keadaan menyusui bukan kali ini sih aku jalani. Dulu waktu menyusui Aira aku bisa berpuasa penuh dari awal sampai akhir. Alhamdulillah, ASI tidak berkurang bahkan berlimpah. Berbekal pengalaman yang ada, aku pun semakin yakin puasa kali ini bisa aku jalankan dengan lancar. Semoga Allah ridhoi niatku dalam beribadah ini, semoga Allah cukupkan ASI untuk Dzikri. Aamiin.

Hmm... kalau sudah ngomongin puasa, sudah pasti tidak akan bisa lepas dari yang namanya buka puasa. Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu setiap harinya. Beberapa menit menjelang berbuka biasanya kami sudah duduk manis di ruang makan, dengan hamparan menu berbuka di depan mata. Begitu suara bedug terdengar, mulut langsung menyuarakan doa berbuka puasa, kemudian tangan-tangan pun berlomba meraih segelas teh hangat untuk melepaskan dahaga yang telah menyekat di tenggorokan. Momen ini adalah momen yang paling membahagiakan saat berpuasa, berbuka bersama orang-orang terkasih.

Puasa kali ini terasa semakin istimewa karena salah satu temanku turut meramaikan perkulineran berbuka puasa dengan lapaknya yang bernama Chocolatte. Gerai franchise yang menjual minuman berbasis coklat ini benar-benar cocok dijadikan tempat ngabuburit menjelang berbuka puasa. Selain minuman coklat juga terdapat varian minuman lainnya yang tidak kalah menggoda seperti Creamy Chocolate, Coffee Caramel, Iced Fruit Black Tea with Lemon, Hot Chocolatte, Matcha Green Tea, Americano Espresso, Peppermint, dan banyak lagi yang semuanya cocok dijadikan sebagai minuman segar untuk berbuka puasa.



So, untuk warga Duri dan sekitarnya silahkan langsung cuss ke tkp- yaaah. Alamatnya mudah banget ditemuin kok. Ga perlu sampe buka google maps segala lho. . Tapi bagi pendatang baru di kota Duri boleh banget ikutin panduan di google maps.

Meluncur aja ke Taman Angsana di Simpang Rangau, nah ... Chocolatte ini berada persis di depan Taman Angsana itu. Tempatnya juga cozy banget buat hangout bareng teman atau pun keluarga. 



Soal harga, variatif ya gais. Tetapi buat aku pribadi nih segelas kesegaran saat berbuka puasa itu tidak bisa dinilai dengan rupiah. Hohoho.

Ssst, aku saranin kamu ga usah lama-lama liatin foto-fotonya, yah. Ntar kalo ngences trus puasanya batal aku ga tanggung jawab, lho.

Jadi, kamu suka varian yang mana nih?



#BPN30DayRamadhanBlogChallenge
#Day1 
#BukaPuasa