Friday, May 31, 2019



Bicara tentang stress, bisa dikatakan hampir semua orang mengalaminya. Hanya saja tingkatannya yang berbeda-beda. Ada yang mengalami stress ringan, sedang, hingga stress berat. Waspadailah jika kamu sudah memasuki fase stress berat ini, karena bisa menyebabkan depresi yang kerap menjadi pemicu orang untuk melakukan bunuh diri.

Stress adalah kondisi mental seseorang yang terganggu akibat tekanan yang muncul dari kegagalan dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Dalam hal ini tekanan bisa berasal dari dalam diri sendiri atau pun dari luar diri.

Sesuai tingkatannya tadi stress sebenarnya tidak selalu berdampak buruk. Bagi sebagian orang tekanan yang ia terima justru menjadi motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan yang ia inginkan. Namun bagi sebagian yang lain tekanan justru menjadi momok menakutkan yang terus menghantuinya sehingga ia gagal untuk memfokuskan diri dalam mencapai tujuan.

Memang tidak bisa dipungkiri level stress setiap orang berbeda-beda tergantung sumber masalah yang ia hadapi. Tetapi satu yang pasti apa pun yang menjadi penyebabnya, stress ini tetap bisa diatasi.



5 Cara Mengatasi Stress Tanpa Harus Mengonsumsi Obat




Ketika merasa stress dengan masalah yang dihadapinya, tidak sedikit orang yang mengambil jalan pintas dengan mengonsumsi obat penenang agar stressnya berkurang. Padahal mengonsumsi obat penenang ini tidak baik karena memiliki efek samping. Terlalu sering mengonsumsi obat penenang bisa menyebabkan gangguan daya ingat, gangguan penafasan, hingga ketergantungan. Jika sudah begini stress bukannya menjadi hilang justru semakin meningkat karena hadirnya penyakit sebagai sumber masalah yang baru.

Jadi jika stress masih bisa diatasi secara alami, hindarilah mengonsumsi obat. Berikut 5 cara alami mengatasi stress tanpa harus mengonsumsi obat.


Istirahat dan tidur yang nyenyak

Istirahat yang cukup dan tidur yang nyenyak merupakan salah satu cara mengatasi stress. Namun hampir semua orang yang mengalami stress menyatakan mereka kesulitan untuk tidur. Stress dan tidur ini memang mirip- mirip dengan teori ayam dan telur. Tidur yang tidak berkualitas bisa memicu stress, dan stress bisa menyebabkan orang sulit untuk tidur.

Tetapi pilihan ada di tangan kita, ingin stress berlanjut atau berhenti sampai di sini. Jika tidak ingin stress berlanjut, usahakanlah untuk tidur. Persiapkan tempat tidur yang baik dengan suasana yang nyaman. Kemudian berbaring dan pejamkanlah mata. Kosongkan pikiran dari semua masalah, bayangkanlah hal-hal yang indah. Untuk menciptakan kantuk, putarlah musik-musik klasik dengan nada lembut, atau bagi kamu yang beragama Islam bisa juga memutar murotal Al Quran.



Gerakkan tubuh dengan iringan musik


Cara lain mengatasi stress adalah dengan menggerakkan anggota tubuh diiringi dengan musik. Bisa dengan berolah raga atau pun menari. Jadi pilihlah musik yang ceria, yang membangkitkan semangat, kemudian bergeraklah mengikuti irama musik. Dalam waktu 5 menit efeknya sudah bisa dirasakan. Ketika bergerak dan berkeringat, tubuh mengeluarkan hormon endhorphins yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, aktifitas mengeluarkan keringat ini juga membuahkan bonus berupa kesehatan. Peredaran darah lancar, tubuh pun menjadi lebih bugar.



Konsumsi buah-buahan dan makanan yang mengandung Omega-3


Buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, dan juga anti oksidan. Karena itulah mengonsumsi buah-buahan bisa membantu menghadirkan rasa lega dalam pikiran. Jadi konsumsilah buah-buahan seperti stroberi, jeruk, anggur, dan alpukat.

Selain itu mengonsumsi makanan dengan kandungan Omega-3 yang tinggi juga bisa mengurangi stress karena Omega-3 merupakan jenis lemak tidak jenuh yang sangat baik dalam membantu memperbaiki aliran darah, dan pembentukan sel otak baru.

Pada orang yang stress, kondisi aliran darahnya ke otak tidak lancar. Nah, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Omega-3 aliran darah ke otak bisa kembali lancar.

Omega-3 ini bisa didapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian, dan juga pada beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna.



Jauhi media sosial, berkumpullah dengan orang yang mencintai kamu

Ketika sedang mengalami stress sangat disarankan untuk menjauhi media sosial karena media sosial ini seringkali menjadi penyebab tidak stabilnya emosi. Terlebih lagi dalam fase politik yang panas seperti pasca pemilu. Perang status dan komentar warganet di media sosial sangat tidak baik bagi orang yang sedang mengalami stress. Jadi jauhilah media sosial, kemudian perbanyaklah waktu untuk berkumpul dengan orang-orang yang mencintaimu.

Pernah mendengar ungkapan ‘lebih baik dicintai daripada menyintai’?

Menyintai seseorang membuat kita berada dalam posisi pemberi cinta, yang seringkali harus melakukan pengorbanan demi kebahagiaan orang yang dicintai.

Sebaliknya dicintai seseorang membuat kita berada diposisi menerima limpahan cinta, orang yang menyintai akan berbuat semaksimal mungkin untuk membuat kita bahagia. Nah, berkumpul dengan orang yang menyintai kita bisa menghadirkan rasa bahagia sehingga bisa menghilangkan stress.



Bahagiakan diri dengan ‘me time’

Tidak jarang stress itu hadir justru karena tidak tersedianya waktu untuk diri sendiri. Jadi luangkanlah waktu untuk membahagiakan diri dengan ‘me time’. Carilah hal-hal yang menghibur. Bisa dengan menonton tayangan favorit, melakukan hobi, atau hangout dengan teman-teman dekat. Bagi yang hobinya traveling, lakukanlah perjalanan singkat. Bagi yang hobinya menonton bisa segera hunting film-film terbaru. Bagi yang hobinya bernyanyi bisa pergi ke tempat karaoke. Pokoknya lakukanlah semua hal-hal yang menyenangkan agar stres bisa berkurang.



Nah, itulah 5 cara alami mengatasi stress tanpa harus mengonsumsi obat. Mengonsumsi obat penenang memang bisa mengurangi stress namun sifatnya hanya sementara. Begitu efeknya hilang, maka stress akan kembali datang. Jika dikonsumsi dalam waktu yang lama, obat penenang justru bisa menjadi pemicu datangnya beragam penyakit lainnya. Jadi jika cara-cara alami masih memungkinkan maka jadikanlah obat sebagai pilihan terakhir.






Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Meirida Blog - Review dan Lifestyle . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id