Follow Us @soratemplates

Tuesday, July 30, 2019

Apa Itu Masa Tunggu Asuransi Kesehatan dan Kenapa Penting Banget

July 30, 2019 0 Comments


Asuransi kesehatan bukan lagi barang baru di era sekarang. Lebih-lebih saat pemerintah menggalakkan program BPJS Kesehatan. Orang jadi ngeh bahwa asuransi kesehatan itu perlu buat semua kalangan. Buktinya, pemerintah mewajibkan semua warganya ikut BPJS Kesehatan.
Bahkan bayi orok juga semestinya langsung didaftarkan BPJS Kesehatan. 

Mereka yang tergolong masyarakat miskin juga wajib ikut, tapi mendapat subsidi dari pemerintah alias tak perlu bayar premi. Meski begitu, pelayanan BPJS Kesehatan yang dianggap belum sekeren asuransi kesehatan swasta membuatnya dipandang sebelah mata. Padahal BPJS Kesehatan gak kalah penting dibanding asuransi swasta. Keduanya malah bisa disatukan dalam program coordination of benefit. Jadi peserta bisa menyedot manfaat asuransi kesehatan swasta dan BPJS Kesehatan sekaligus. Toh, dua-duanya bertujuan sama, yaitu melindungi peserta asuransi dari risiko yang mengancam keuangan di masa depan.

Bicara soal kesamaan, ada satu poin lagi yang sama antara BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan. Hal itu adalah masa tunggu alias masa aktivasi polis. 

Jadi gini. 

Setelah mendaftar dan membayar premi pertama, polis kita gak otomatis langsung aktif. Itu berarti kita gak bisa langsung menggunakan asuransi itu buat berobat.

Masa Tunggu BPJS Kesehatan

Menurut Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2015, pembayaran iuran premi pertama paling cepat 14 hari setelah pendaftaran. Setelah membayar, kartu peserta baru bisa dicetak dan diambil.
Pengambilan kartu ini sekaligus menandai aktivasi akun BPJS Kesehatan peserta itu. Dengan demikian, masa tunggu BPJS Kesehatan minimal 14 hari setelah pendaftaran.

Masa Tunggu Asuransi Kesehatan Swasta

Di asuransi kesehatan swasta, masa tunggu bervariasi karena setiap perusahaan asuransi punya kebijakan sendiri-sendiri. Umumnya masa tunggu asuransi kesehatan swasta berlaku selama 30 hari.
Masa tunggu dihitung dari terbitnya polis setelah pembayaran premi pertama. Namun masa tunggu asuransi kesehatan swasta dibeda-bedakan menjadi setidaknya empat poin.
Sebab, layanan asuransi kesehatan swasta lebih kompleks. Selain asuransi utama, ada rider alias asuransi dengan manfaat tambahan.



Masa tunggu asuransi utama dan rider berbeda. Begitu juga untuk manfaat asuransi pre-existing condition.

1. Masa tunggu awal

Hampir semua perusahaan asuransi punya ketentuan serupa mengenai masa tunggu awal, yakni 14 hingga 30 hari. Harus digarisbawahi bahwa masa tunggu ini hanya berlaku untuk penanganan rawat inap di rumah sakit.

Jadi kalau harus opname karena sakit tifus, misalnya, gak bisa langsung pakai asuransi untuk biaya perawatan kalau belum lewat masa tunggu. Namun ada pengecualian khusus buat korban kecelakaan atau insiden tak terduga.

Jika peserta asuransi mengalami kecelakaan dan harus dirawat inap, bisa langsung pakai asuransi kesehatan yang dipunyai. Ini berlaku untuk asuransi kesehatan dengan sistem reimburse ataupun cashless.

2. Masa tunggu pre-existing condition

Beberapa produk asuransi menerima peserta yang punya kondisi medis sebelum mendaftar asuransi (pre-existing conditon). Kondisi medis ini adalah gangguan kesehatan yang bisa mempengaruhi peserta asuransi di kemudian hari.

Misalnya punya riwayat penyakit jantung. Suatu saat, penyakit itu bisa saja kumat dan membuat peserta asuransi kudu diopname dan menjalani pengobatan intensif yang butuh biaya segunung.
Pihak asuransi akan memeriksa riwayat medis calon peserta untuk mengetahui ada-tidaknya pre-existing conditon ini. Dalam pemeriksaan itu akan diperiksa level dan frekuensi kondisi medis tersebut.

Nah, masa tunggu untuk pre-existing condition tergantung hasil pemeriksaan medis tersebut. Masa tunggu tercepat adalah satu bulan. Sedangkan terlama bisa sampai dua tahun.
Bagusnya, masa tunggu pre-existing condition bisa ditawar. Jadi jaminan mendapat tanggungan perawatan untuk kondisi medis itu bisa lebih cepat diperoleh.


3. Masa tunggu penyakit kritis

Mirip dengan pre-existing condition, masa tunggu penyakit kritis lebih lama daripada masa tunggu asuransi utama. Biasanya perlindungan atas penyakit kritis dalam asuransi tergolong rider atau tambahan.

Adapun contoh penyakit kritis dalam asuransi antara lain gagal ginjal, diabetes, stroke, alzheimer, dan multiple sclerosis. Pihak asuransi punya daftar penyakit kritis yang bisa ditanggung.
Umumnya masa tunggu penyakit kritis antara 1 bulan dan 2 tahun. Ada pula yang sampai 3 tahun. Baca dulu polis asuransi dengan teliti biar gak salah paham.

4. Masa tunggu persalinan

Khusus masa tunggu ini berlaku untuk asuransi kesehatan yang menjamin biaya persalinan. Masa tunggunya paling cepat sembilan bulan, sesuai dengan usia kandungan rata-rata sebelum bersalin.
Ada juga asuransi yang menerapkan masa tunggu hingga 12 bulan. Karena itu, jika berharap mendapat perlindungan dari asuransi untuk persalinan, segera daftar sebelum merencanakan kehamilan.

Asuransi kesehatan menawarkan segudang manfaat, tapi penting untuk mengetahui segala ketentuan yang menyertai. Salah satunya soal masa tunggu ini.

Dengan begitu, kita gak keliru mengartikan manfaat asuransi yang dijanjikan saat mendaftarkan diri. Sebaiknya teliti satu per satu penawaran asuransi kesehatan untuk mencari masa tunggu dengan durasi tersingkat bila ingin segera menyedot manfaatnya.


Apa Pengaruh Cahaya Lampu untuk Kesehatan Mata?

July 30, 2019 0 Comments


Apa Pengaruh Cahaya Lampu untuk Kesehatan Mata? Lampu adalah spektrum cahaya tampak dengan panjang gelombang terpendek dan energi tertinggi, dan mirip dengan sinar ultraviolet, lampu memiliki manfaat dan bahaya.

Kali ini aku akan mencoba untuk berbagi berinformasi tentang pengaruh cahaya lampu bagi kesehatan mata.

So, berikut adalah tujuh hal penting yang harus kamu ketahui tentang lampu.


Lampu ada di mana-mana

Sinar matahar yang merupakan sumber utama cahaya, juga merupakan sumber lampu terbesar di dunia ini. Berada di luar ruangan pada siang hari adalah saat sebagian besar dari kita mendapatkan paparan maksimum terhadap lampu. Tetapi ada juga banyak sumber cahaya buatan manusia di dalam ruangan, termasuk lampu neon dan LED dan televisi layar datar.

Terutama, layar tampilan komputer, notebook elektronik, smartphone, dan perangkat digital lainnya memancarkan lampu dalam jumlah yang signifikan. Jumlah cahaya HEV yang dipancarkan perangkat ini hanya sebagian kecil dari yang dipancarkan oleh matahari.

Tetapi jumlah waktu yang dihabiskan orang menggunakan perangkat ini dan kedekatan layar ini dengan mata pengguna, adalah penyebab keprihatinan bagi banyak dokter mata dan profesional perawatan kesehatan lainnya.



Sinar cahaya HEV membuat langit terlihat biru

Sinar cahaya dengan panjang gelombang pendek dan berenergi tinggi di ujung biru spektrum cahaya tampak lebih mudah tersebar daripada sinar cahaya tampak lainnya ketika mereka menyerang molekul udara dan air di atmosfer. Semakin tinggi tingkat penyebaran sinar-sinar ini membuat langit tak berawan tampak biru.



Mata tidak bisa memblokir cahaya lampu

Struktur anterior manusia dewasa mata (kornea dan lensa) sangat efektif dalam menghalangi sinar UV dari mencapai retina yang peka terhadap cahaya di bagian belakang bola mata. Faktanya, kurang dari satu persen radiasi UV dari matahari mencapai retina, jika Anda tidak memakai kacamata hitam.


Apa Saja Pengaruh Cahaya Lampu untuk Kesehatan Mata?


Ingat, kacamata hitam yang menghalangi 100 persen UV sangat penting untuk melindungi bagian mata ini dan lainnya dari kerusakan yang dapat menyebabkan katarak dan bahkan kanker. Di sisi lain, hampir semua lampu yang terlihat melewati kornea dan lensa dan mencapai retina.






Paparan sinar biru dapat meningkatkan risiko degenerasi makula

Fakta bahwa lampu menembus hingga ke retina (lapisan dalam belakang mata) adalah penting, karena penelitian laboratorium menunjukkan bahwa terlalu banyak terpapar lampu dapat merusak sel-sel peka cahaya di retina.

Ini menyebabkan perubahan yang menyerupai degenerasi makula, yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan permanen.

Banyak penyedia perawatan mata khawatir bahwa paparan lampu yang ditambahkan dari layar komputer, smartphone, dan perangkat digital lainnya dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami degenerasi makula di kemudian hari.

Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk menentukan berapa banyak lampu alami dan buatan manusia adalah "terlalu banyak lampu" untuk retina.



Lampu berkontribusi terhadap ketegangan mata digital

Karena panjang gelombang pendek, energi tinggi lampu lebih mudah tersebar daripada cahaya tampak lainnya, ia tidak mudah fokus. Saat Anda melihat layar komputer dan perangkat digital lainnya yang memancarkan lampu dalam jumlah besar, "noise" visual yang tidak fokus.

Ini mengurangi kontras dan dapat berkontribusi pada ketegangan mata digital . Penelitian telah menunjukkan bahwa lensa yang menghalangi lampu dengan panjang gelombang kurang dari 450 nm (lampu-ungu) meningkatkan kontras secara signifikan.

Oleh karena itu, dalam Cahaya Lampu dengan menggunakan kacamata komputer dengan lensa berwarna kuning dapat meningkatkan kenyamanan saat Anda melihat perangkat digital untuk jangka waktu yang lama.

So, Gais.

Mari jaga kesehatan mata kita, karena mata merupakan organ yang paling vital dalam hidup kita. Akan menjadi penyesalan yang begitu besar dalam hidup kita nanti jika mata ini mengalami gangguan hingga kebutaan hanya karena kelalaian kita dalam menjaganya. 

Friday, July 26, 2019

Insto Dry Eyes Solusi untuk Atasi Gejala Mata Kering

July 26, 2019 0 Comments



Teman-temaaaan, pernah gak kalian merasakan tidak nyaman pada mata? Seperti ada yang mengganggu di permukaan mata. Mata juga terasa lebih pegel dan lelah. Jika dibawa untuk membaca lama, mata terasa sepet dan perih. Waspadailah, Teman, karena itu semua adalah gejala mata kering.

Gejala mata kering inilah yang aku rasakan seminggu terakhir ini. Sebagai seorang blogger, aktifitas di depan layar gadget memang sulit untuk dibatasi. Apalagi jika batas waktu penulisan artikel mepet deadline, membuat aku terkadang harus begadang untuk menyelesaikannya. Lama di depan layar gadget, ditambah lagi dengan begadang semalaman, lengkap sudah aku memforsir mata dalam bertugas. Akibatnya mataku terasa pegal, dan perih.

Satu, dua hari berlalu rasa pegal dan perih di mata yang kurasakan itu masih aku abaikan, karena berpikir ini hanya temporary, tidak lama lagi juga bakal hilang.

Ternyata aku salah besar, kenyataannya dihari ketiga mataku terasa semakin tidak nyaman. Mataku terasa sepet. Melihat aku yang berusaha mengedipkan mata berkali-kali, mama mertua pun heran.

"Mata kamu kenapa, Mer?"

"Ga tau, Mah. Ini rasanya perih banget. Bola mata pun rasanya pegal sekali," jawabku menjelaskan.

"Nih, coba pakai Insto ini. Mama sih kalo udah merasa ga nyaman gitu di mata, mama kasih Insto aja," mama menyodorkan Insto kepadaku. Di botolnya tertulis jelas Insto Dry Eyes.

Tanpa banyak tanya lagi aku pun segera meneteskan Insto Dry Eyes ke mata. Setelah beberapa saat, alhamdulillah rasa perih sudah berkurang.

"Wah, efektif ya, Ma. Kok mama tau kalau obatnya Insto?" tanyaku penasaran.

"Ya, taulah. Sejak kamu masih kecil Insto itu kan sudah ada," jawab mama santai sambil berlalu.

Duh, kalah update deh dari mama.

😅


Apa itu Mata Kering?

Mata kering adalah sebuah kondisi di mana mata tidak mendapat pelumasan maksimal dari air mata. Akibatnya mata mengalami kesulitan untuk menghilangkan debu dan benda asing lainnya yang mengganggu.


Normalnya ketika berkedip, kornea mata akan dialiri oleh air mata yang mengandung senyawa campuran dari air, lemak, lendir, dan lebih dari 1500 protein. Nutrisi dari air mata inilah sejatinya yang bisa melindungi kornea dari lingkungan luar, membuat permukaan mata tetap licin dan halus.


Apa sih yang menyebabkan mata kering?


Mata kering bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti perubahan hormon, proses penuaan, kondisi medis, efek samping dari mengonsumsi obat dan masalah pada struktur kelopak mata. Selain itu penggunaan lensa kontak dan kosmetik juga bisa menyebabkan mata kering.


Tetapi, sebenarnya ada beberapa kondisi dari aktivitas harian kita yang justru membuat gejala mata kering semakin parah. Nah, lho. Apa saja itu, ya?


Mata terpapar debu


Ketika beraktifitas di luar ruangan, paparan debu adalah salah satu hal yang menyebabkan mata kering. Selain itu debu juga bisa mengiritasi mata, karena itu hindari mengucek mata disaat mata sedang terpapar debu. Partikel debu yang sangat halus sedang menempel di mata, nah... jika di kucek maka akan membuat mata tergores. Fatalnya, kornea mata bisa rusak, hingga beresiko pada kebutaan. Na'udzubillahi mindzalik.


Mata terpapar angin


Cuaca yang panas otomatis membuat badan kita terasa gerah. Pengennya segera mencari tempat yang adem untuk menyegarkan diri. Kipas angin dan AC adalah benda yang paling dicari saat ini. Nah, tanpa disadari mata yang terpapar angin kipas dan udara dingin dari AC itu bisa membuat mata menjadi kering.


Mata terpapar asap


Salah satu sumber asap yang sering diabaikan orang adalah rokok. Duh, Gusti. Rokok ini benar-benar lah, ya. Sudahlah merusak organ tubuh dengan zat yang di dalamnya, asapnya juga bisa merusak mata. Asap rokok bisa mengiritasi mata sehingga merusak lapisan minyak yang melindungi mata. Tapi udah tahu efek negatif rokok itu banyak,orang-orang masih saja menghisapnya tanpa rasa sesal. Huft!


Jadi meskipun kamu bukan perokok aktif, hanya perokok pasif tetap saja resiko mata kering bisa kamu alami karena berada di sekitar orang-orang merokok membuat mata kamu terpapar asap. Coba saja berdiri di dekat orang yang sedang merokok. Ga perlu lama, karena dalam hitungan detik asapnya pasti berhasil membuat mata perih.


Mata terpapar radiasi layar

Nah, ini adalah salah satu penyebab mata kering yang paling banyak saat ini. Penggunaan gadget yang telah menyentuh semua lapisan umur membuat siapa saja beresiko mengalami mata kering. Radiasi layarnya beresiko membuat mata pegel.

radiasi layar komputer bisa menyebabkan mata kering


Disaat menggunakan gadget, tanpa disadari orang-orang akan jarang berkedip. Hal ini tentu saja tidak baik untuk mata, karena sesungguhnya berkedip bisa melancarkan aliran air mata ke permukaan mata.

Selain itu, pancaran cahaya dari layar gadget lambat laun akan mempengaruhi kemampuan penglihatan, sehingga membuat mata sepet dan silau terkena cahaya.


Mata kurang istirahat

Seperti halnya tubuh, mata juga membutuhkan istirahat yang cukup agar terhindar dari resiko mata lelah. Aktifitas seharian yang padat membuat mata terus berkerja tanpa henti, sehingga otot-otot mata pun menjadi tegang. Ditambah lagi dengan kebiasaan begadang, maka resiko mata kering pun semakin bertambah.


Jika karena perkerjaan membuat kita harus begadang, maka berilah waktu untuk mata istirahat sejenak. Pejamkan mata sekitar 30 menit, agar otot mata yang tegang kembali kendur.


Insto Dry Eyes Solusi untuk Atasi Gejala Mata Kering


Paparan radiasi layar, paparan angin, dan paparan asap adalah tiga kondisi yang sulit terelakkan saat ini. Orang-orang sulit untuk menghindar dari paparan radiasi layar gadget karena hampir semua aktivitas di zaman digital ini pasti melibatkan gadget.

Orang juga sulit untuk menghindar dari penggunaan AC dan kipas angin karena keduanya merupakan benda yang sangat dibutuhkan dalam kenyamanan beraktivitas dalam ruangan.

Rendahnya kesadaran orang akan pentingnya menjaga kesehatan, membuat jumlah perokok semakin meningkat setiap tahunnya. Karena itulah semakin sulit rasanya untuk melepaskan diri dari para perokok ini.

Lantas apakah solusi yang tepat bagi para penderita mata kering ini agar tetap bisa survive dalam semua keadaan?

Bersiaplah untuk meneriakkan "Bye mata kering!" dengan lantang.

Dengan cara mengantongi Insto Dry Eyes di mana saja kita berada. 
Jadi begitu mata tidak terasa nyaman, mata pegel, mata lelah, mata perih, mata sepet, semua itu adalah gejala mata kering ya, Teman. Segera teteskan Insto Dry Eyes agar semua keluhan mata kering berkurang.

Bye Mata Kering!


Ini serius ya, Teman.


Insto Dry Eyes mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl selulose atau dikenal juga dengan sebutan Hypromellose dan Benzalkonium Chloride. Kedua zat ini bermanfaat untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata.

Hypromellose ini selain mengatasi mata kering, juga digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan mata seperti radang kornea (keratitis) dan penurunan sensitivitas kornea. Zat ini akan mengembalikan dan menjaga kelembapan mata, membantu melindungi mata dari cedera dan infeksi, dan mengurangi gejala mata kering, seperti sensasi terbakar, gatal, dan iritasi.

Hypromellose ini memiliki karakteristik seperti air mata alami. Kandungan methyl dan hyrdoxypropyl di dalamnya dapat mencegah kerusakan konjungtiva dan kornea yang terajadi akibat ketidak stabilan sekresi dari kelenjar lakrimal.

Benzalkonium Chloride adalah zat amonium yang umumnya terdapat dalam antiseptic. Zat ini berkerja dengan menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri, virus, dan jamur yang bisa membahayakan tubuh. Selain itu zat ini juga digunakan sebagai bahan penyusun produk obat yang bermanfaat sebagai bahan untuk pengamatan (preparat) mulut, dan juga menangani gangguan ringan pada mata.

Dengan kandungan kedua zat aktif tersebut di atas, Insto Dry Eyes mampu berkerja efektif mengatasi mata kering. Cara pakainya pun mudah sekali ya, Teman. Cukup teteskan 1-2 tetes pada mata yang sakit, lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

teteskan Insto Dry Eyes untuk mengurangi gejala mata kering


Untuk pemakaian pertama, mata akan terasa sedikit gatal dan perih. Jangan khawatir, itu adalah hal yang wajar karena proses detoksifikasi sedang berlangsung. Tidak lama kok, Teman. Paling hanya sekitar 1 menit saja. Setelah itu yakin deh kita bisa ucapin "Bye Mata Kering!" dengan gembira.

Ingat ya, Teman. Jangan kucek mata di saat cairan Insto Dry Eyes ini sedang berkerja, karena akan mengganggu proses pengobatan.

Kemasan Insto Dry Eyes ini juga mungil banget ya, jadi mudah deh untuk dibawa-bawa. Dimasukin ke dompet bisa, dimasukin ke kantong juga bisa, apalagi dimasukin ke tas, bisa banget pastinya.

Satu lagi yang aku suka dari kemasan Insto Dry Eyes ini adalah penampilannya yang cukup transparan. Jadi tanpa perlu mengocok dulu, kita udah bisa tau berapa banyak cairan yang tersisa di dalamnya.

Untuk harga juga ga memberatkanlah. Beberapa hari yang lalu aku beli di apotik harganya Rp15.000, di minimarket Rp14.500. Jadi masih sangat terjangkau, kok.


Tips Mencegah Mata Kering


Apapun kondisinya, mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Pepatah lama ini juga berlaku untuk kasus mata kering.

Jika bisa dihindari, mengapa harus mengobati?

Nah, berikut tips mencegah mata kering ala Meirida, ya.

  1. Gunakan kaca mata pelindung saat beraktifitas di luar ruangan.
  2. Sering-seringlah berkedip di saat berada di ruangan ber-AC.
  3. Kurangi penggunaan kosmetik di sekitar area mata.
  4. Batasi penggunaan lensa kontak.
  5. Tidur yang cukup.
  6. Atur waktu penggunaan gadget. Jangan terpaku berjam-jam di depan layar, hentikan aktifitas sejenak, pejamkan mata sekitar 10-15 menit setiap satu jam sekali.
  7. Jauhi rokok dan asapnya.
  8. Konsumsi vitamin A yang cukup.

Mata adalah organ vital yang harus dijaga dengan baik agar bisa berfungsi maksimal hingga akhir hayat kita. Akan sangat disayangkan jika organ vital ini rusak akibat kebiasaan-kebiasaan buruk kita sendiri. So, mari kita jaga kesehatan mata kita dengan senantiasa menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak mata. Jika gejala mata kering sudah terasa, jangan tunda dan buang waktu lagi. Segara lakukan pengobatan agar gejalanya tidak semakin parah.






























Tuesday, July 23, 2019

Tips Aman Mengajukan Pinjaman Dana Online

July 23, 2019 0 Comments


Ketika kebutuhan hidup semakin tinggi, dimana penghasilan sudah tidak lagi mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, disaat inilah orang-orang tergiur untuk mengajukan pinjaman. Apalagi di zaman sekarang ini mengajukan pinjaman sangatlah mudah, tanpa harus mendatangi pihak penyedia dana, pinjaman sudah bisa didapat secara digital. Hal ini terjadi karena pinjaman dana online tumbuh subur bagaikan jamur di musim hujan.

Namun seiring dengan menjamurnya pinjaman dana online, ternyata tidak semuanya aman. Bahkan tidak sedikit orang yang mengalami kerugian besar ketika melakukan transaksi di pinjaman dana online ini. Suku bunga yang sangat besar, denda pembayaran yang mencekik leher, sampai data kontak di ponsel peminjam yang bisa mereka akses dengan sangat bebas. Ketika si peminjam mengalami kesulitan dalam membayar angsuran, maka semua nomor yang ada di daftar kontak pun menerima notifikasi bahwa si peminjam mengalami masalah dengan pinjamannya. Tentu saja hal ini sangat memalukan bagi si peminjam dana online.

Oleh karena itulah banyak orang yang akhirnya merasa takut untuk mengajukan pinjaman dana online ini. Padahal pinjaman dana online bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan uang dalam waktu singkat, karena pinjaman dana online ini tidak membutuhkan persyaratan yang banyak. Terlebih lagi bagi para pemilik usaha yang mungkin ingin mengembangkan usahanya namun terkendala modal, maka pinjaman dana online ini merupakan salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan.

Nah, agar kamu-kamu tidak perlu lagi merasa takut dengan pinjaman dana online ini, aku punya tipsnya nih, gais.



Tips Aman Mengajukan Pinjaman Dana Online



1. Pastikan aplikasi pinjaman online tersebut resmi.

Sebelum memutuskan untuk mengunduh aplikasi pinjaman online, terlebih dahulu kamu harus pastikan keabsahan aplikasi pinjaman online tersebut. Kamu harus cari tahu apakah perusahaannya terdaftar di OJK atau tidak. Jika perusahaan pemilik aplikasi pinjaman online tersebut tidak terdaftar di OJK, maka kamu akan beresiko mengalami penipuan yang berkedok pinjaman dana online.


2. Pilih pinjaman online yang suku bunganya rendah.

Pinjaman online yang syaratnya sangat mudah biasanya justru memberikan suku bunga yang tinggi. Namun karena kebutuhan terkadang calon peminjam tidak menyadarinya, karena lebih fokus pada syarat-syarat yang begitu mudah.

Nah, hati-hatilah, gais.

Selain syarat-syarat pengajuan pinjaman yang mudah, pastikan juga suku bunga yang ditawarkan tidak tinggi, karena hal ini akan berdampak pada besarnya angsuran yang nanti harus dibayar.

Salah satu cara untuk mengetahui perbandingan suku bunga ini kamu bisa lihat di CekAja.com nih, gais.

pinjaman dana online


CekAja.com adalah portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang tepat.


3. Catat tanggal jatuh tempo pembayaran angsuran.

Banyak pelaku pinjaman dana online ini yang terjebak pada masalah karena lupa dengan tanggal jatuh tempo pembayaran. Akibatnya peminjam pun dikenakan denda keterlambatan pembayaran, bahkan mendapatkan teror dari debt collector.

Nah, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ini, pastikan kamu mencatat tanggal jatuh tempo pembayaran setiap bulannya. Tanggal mulai dan tanggal akhir membayar angsuran.


4. Catat jumlah pinjaman dan masa tenor.

Dua hal ini sangat penting untuk selalu diingat, karena itu agar tidak salah dikemudian hari pastikan kamu mencatat jumlah pinjaman, masa pinjaman atau tenor, besarnya angsuran, dan jangan lupa untuk menyimpan semua bukti transaksi. Jangan sampai kamu sudah membayar lunas, tetapi masih saja menerima tagihan pembayaran. Jika kamu memiliki catatan khusus untuk semua transaksi yang sudah dilakukan, maka jika suatu saat terjadi selisih data dengan pemberi pinjaman kamu akan aman.


5. Siapkan dana untuk pembayaran angsuran sedini mungkin.

Satu hal yang sering menjadi masalah saat meminjam dana online ini adalah tidak tersedianya dana disaat tanggal jatuh tempo tiba. Akibatnya angsuran pun tidak bisa dibayar tepat waktu. Jika hal ini terjadi jangan disesali jika kamu menerima tagihan dari pihak pemberi pinjaman.

Agar hal ini tidak terjadi, maka pastikan uang angsuran sudah tersedia sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran tiba. Caranya, selalu sisihkan uang senilai angsuran saat gaji kamu terima.



Pinjamlah untuk Kebutuhan Produktif, Bukan Konsumtif


Pada dasarnya sah-sah saja jika kamu mengajukan pinjaman dana online disaat butuh. Apalagi jika kebutuhan kamu ini berhubungan dengan hal-hal krusial dalam hidup kamu. Untuk biaya pengobatan, misalnya. Adalah hal yang wajar jika kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana online ini.

Saranku untuk pembaca blog Meirida tersayang, akan lebih bijak jika pinjaman dana online ini kamu manfaatkan untuk kebutuhan produktif seperti modal usaha, pemenuhan sarana bisnis, dan lain-lain yang bisa menghasilkan uang kembali.

Sebaiknya hindari mengajukan pinjaman dana online untuk kebutuhan konsumtif seperti sekedar ganti model ponsel, liburan, dan lain-lain. Mengajukan pinjaman dana online untuk kebutuhan konsumtif hanya akan membuatmu terjebak dalam pusaran hutang tanpa henti.

Lalu bagaimana jika minjam uang online ini untuk biaya pendidikan anak? Pengobatan anggota keluarga yang sakit?

Well, jika memang pinjaman online adalah satu-satu jalan tersisa yang kamu punya, ya, silahkan saja. Yang penting selalu hati-hati, dan jangan lupa ikuti tips aman yang sudah aku bagikan di atas, ya.

So, cerdas dan bijaklah dalam mengajukan pinjaman dana online. Jangan mudah tergiur dengan kemudahan syarat yang diberikan, tetap waspada dan tingkatkan kehati-hatian agar bisa memilih perusahaan penyedia pinjaman online dengan bijak. Salah satu caranya adalah melihat perbandingan terlebih dahulu di https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online.

Jangan takut lagi ya, gais.



Monday, July 22, 2019

Review K-Drama: Perfume, Roman Comedy yang Dibalut Misteri

July 22, 2019 0 Comments
Yuhuuu, udah lama juga ya, aku gak bikin review drama Korea. Padahal koleksi drama Korea yang aku tonton itu udah bikin penuh memori kepala, nih. Tangan rasanya udah gatel pengen nulis review, tapi si bayik lagi minta perhatian ekstra. Jadi kudu bersabar dulu, biar nulis reviewnya jadi asyik.

So, mumpung si bayik lagi anteng sama neneknya, aku sempatin nih nulis review drama Korea.

Nah, gais. Drama Korea yang pengen aku bahas kali ini judulnya Perfume. Ini drama asli bikin gregetan banget, lho. Mengusung genre roman mix fantasi, drama ini cocok banget untuk kamu-kamu yang masih suka malu-malu lihat adegan roman, plus suka ketawa terpingkal-pingkal di depan layar kaca.




Perfume, Roman Comedy yang Dibalut Misteri


Kalau menonton drama korea Perfume ini, kesan pertama yang kita rasa adalah ini artis-artis papan atas Korea reunian di sini? Didukung dengan pemain-pemain kelas atas, Perfume yang tayang sejak 3 Juni 2019 lalu ini memiliki total 32 episode yang selalu ditunggu para pecinta drama Korea. 

Dengan genre utama romance yang di-mix dengan genre fantasi dan juga komedi, Perfume ternyata mampu menyimpan misteri yang membuat penonton tidak sabaran untuk menyaksikan episode lanjutannya.

Siapa Saja sih Pemeran Drama Korea Perfume?

Shin Sung Rok



Siapa yang tidak ketagihan dengan keahlian Shin Sung-Rok dalam bermain peran? Pemeran antagonis di drama My Love from The Star, dan pemeran raja di Last Empress ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitas aktingnya. 

Kali ini, Shin Sung-Rok mengemban peran Seo Yi-Do yang memiliki kepribadian super unik. Bagaimana tidak? Seo Yi-Do merupakan seorang gwanjong yang sangat terobsesi untuk menjadi pusat perhatian dan hidupnya dipenuhi dengan bagaimana sih caranya biar dapat perhatian? Dengan tampilan fisik juga suara yang sempurna, Seo Yi-Do diceritakan berprofesi sebagai seorang desainer yang begitu terkenal. Seo Yi-Do yang tak hanya tampan namun juga dibekali kejeniusan yang tidak main-main ini ternyata memiliki total 52 fobia yang berwarna-warni plus 32 alergi yang sangat kocak. Jadi siap-siapin aja tissu untuk menonton drama ini ya, gais. Karena aku yakin banget kamu bakal banjir air mata karena tertawa. Hahaha.


Go Won Hee



Bergabungnya Go Won-Hee yang memainkan peran Min Ye-Rin, membuat drama Perfume semakin menjadi drama romansa yang sangat manis. Padahal jujur aja nih, aku ga begitu akrab dengan drama Go Won Hee sebelumnya. Tapi melihat akting Go Won Hee di drama Perfume ini membuat drama berikutnya cukup pantas untuk dinantikan. 

Jika kamu membayangkan Go Won Hee akan memerankan karakter gadis manis biasa yang jatuh cinta dengan CEO muda semata, kamu salah. Kamu gak akan pernah menyangka, Min Ye-Rin yang dikisahkan sebagai seorang model hits di Korea Selatan ini justru aslinya adalah seorang wanita paruh baya. Di sinilah letak misteri pertama dari Perfume. Min Ye-Rin ternyata memiliki parfum ajaib yang membuatnya memiliki kesempatan kedua untuk memiliki tampilan fisik yang kembali muda!

Ha Jae Sook

Sedangkan Min Jae-Hee yang diperankan oleh Ha Jae-Suk merupakan identitas asli dari seorang Min Ye-Rin. Asalnya, Min Jae-Hee merupakan seorang wanita paruh baya yang hidupnya sangat akrab dengan yang namanya kekacauan. Kehidupan rumah tangganya yang telah gagal, membuat wanita gemuk ini sangat frustasi sampai akhirnya parfum ajaib yang ia temukan mengubah hidupnya dan identitasnya menjadi seorang Min Ye-Rin yang akrab dengan sebutan wanita yang paling diinginkan di Korea Selatan.

Alur Cerita Menarik Perfume

Sama halnya dengan drama-drama Korea lainnya yang selalu menampilkan suatu sisi profesi secara totalitas, Perfume juga menampilkan profesi desainer di segala aspek. Di sini kita akan dihadapkan pada suka duka menjadi desainer terkenal dan betapa stres ternyata profesi yang penuh tuntutan ini.
Bekerja di dalam industri kreatif memang sangat membahayakan kesehatan mental, apalagi untuk seorang Seo Yi-Do yang merupakan seorang gwanjong yang haus perhatian! Ditambah lagi Seo Yi-Do yang selalu ingin tampil sempurna di mata media, padahal di balik itu semua, Seo Yi-Do harus mati-matian menyimpan berbagai rahasianya. Apalagi dengan fobia-fobia anehnya yang bisa mematikan kharismanya apabila sampai media mengetahui.

Selain dihadapkan pada kemewahan dan kehidupan glamour, kita juga dibawa oleh Perfume untuk mendalami kehidupan rumah tangga yang tidak mudah. Min Ye-Rin sebelum menemukan parfum ajaibnya, hanyalah seorang ibu rumah tangga yang kehilangan cita-citanya menjadi seorang model hanya karena perubahan berat badannya yang naik drastis ketika ia hamil. Ternyata, perubahan fisiknya yang menjadi tidak terurus membuat Min Ye-Rin disia-sia oleh lingkungan sekitarnya, terutama suaminya sendiri.
Perfume juga mengemas alur mundur yang menguak kalau Seo Yi-Do pada masa SMA pernah menyukai diri Min Ye-Rin ketika masih menjadi Min Jae-Hee. Justru ketika masih SMA, Seo Yi-Do memiliki fisik yang gendut dan jelek. Berkebalikan dari Min Jae-Hee yang menjadi Min Ye-Rin yang cantik luar biasa setelah menemukan parfum ajaib. 

Hmm... jadi penasaran, deh. Kalau saja Seo Yi-Do mengetahui identitas asli Min Ye-Rin, apa yang akan terjadi, ya?








Tabungan atau Investasi, Mana yang Lebih Menguntungkan?

July 22, 2019 0 Comments
Beberapa hari yang lalu aku mendapat kabar dari kakak bahwa dana mereka di salah satu asuransi tidak bisa kembali utuh. Menurut hitungan kakak, dia memperkirakan jumlah dana yang bisa dia cairkan sekitar 24 juta rupiah. Tetapi pihak asuransi menyatakan bahwa dana yang bisa ditarik hanya sekitar 13 juta saja. Padahal di awal bergabung, agen asuransi  mengatakan bahwa setelah 5 tahun,  premi yang mereka bayarkan bisa ditarik dan nominalnya utuh, bahkan berpotensi untuk bertambah sekian persen.

Mungkin karena penjelasan yang kurang lengkap, atau kakak yang kurang paham tentang produk asuransi yang dia pilih. Yang pasti, penjelasan akhir dari pihak  asuransi adalah bahwa premi yang dibayarkan selama ini hanya 50% yang dibayarkan untuk investasi, 50%nya lagi terbagi untuk berbagai asuransi perlindungan. Jika selama masa asuransi berjalan, terjadi sesuatu hal tidak diinginkan, misalnya sakit atau meninggal dunia, maka pihak penanggung bisa melakukan klaim. Nah, disaat inilah asuransi itu bermanfaat. Jika tidak terjadi klaim sampai masa asuransi berakhir, maka premi yang dibayarkan pun hangus. Oleh karena itulah, maka dana yang bisa dicairkan tersisa sekitar 50% saja.

Oleh pihak asuransi, dana kakak yang tersisa itu pun disarankan untuk di investasi saja kembali.

Kakak yang masih galau dengan rumitnya perhitungan asuransi yang ia alami memutuskan untuk pikir-pikir dahulu.

So, berkaca dari kejadian yang kakakku alami, aku menyorot saran dari pihak asuransi yaitu tentang investasi.

Mengapa harus investasi?
Apa bedanya investasi dengan tabungan?
Antara tabungan dan investasi, mana yang lebih menguntungkan?

Untuk menjawab semua pertanyaan di atas, mari kita bahas satu persatu.

Tabungan





Menurut UU Perbankan No.10 Tahun 1998 tabungan adalah simpanan yang pada penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang telah disepakati, namun tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

Tabungan merupakan media penyimpanan uang yang sangat familiar di masyarakat, dan bank adalah lembaga yang dipercaya masyarakat untuk menyimpan tabungan mereka.

Tabungan ini juga banyak macamnya. Apapun jenis tabungannya, satu yang pasti semuanya mendapatkan bunga tabungan, yang besar dan syaratnya berbeda setiap bank.

Dari sekian banyak jenis tabungan yang dimiliki oleh bank, deposito adalah yang paling populer di kalangan masyarakat. Deposito ini memiliki bunga tabungan yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Tetapi tabungan deposito ini tidak bisa dilakukan penarikan semau hati, karena ada jangka waktu deposito yang mengikat dana nasabah, sehingga penarikan baru bisa dilakukan apabila telah jatuh tempo. Jika penarikan dilakukan sebelum jatuh tempo, maka bank akan mengenakan sanksi berupa denda.

Selain itu tabungan deposito juga lebih diminati karena resikonya lebih rendah, sebab dijamin oleh LPS (lembaga penjamin simpanan) yang apabila bunga deposito di bawah suku bunga penjaminan dan nominalnya di bawah Rp 2 miliar, maka ketika bank penerbit deposito tutup maka dana deposito dan bunganya akan diganti oleh LPS. Inilah yang membuat masyarakat  merasa uang mereka lebih aman.

Jika deposito begitu menggiurkan, lantas seberapa menjanjikankah investasi?


Investasi




Investasi merupakan aktivitas penempatan dana dalam periode tertentu dengan tujuan penggunaan dana tersebut bisa menghasilkan keuntungan atau meningkatkan nilai investasi. Oleh masyarakat awam, investasi disebut juga dengan istilah penanaman modal.

Investasi ini bisa dilakukan secara langsung, dengan cara menyerahkan sejumlah dana pada sebuah perusahaan. Namun akhir-akhir ini, investasi cara langsung ini tidak lagi begitu populer karena resiko yang ditanggung investor cukup besar. Maka dari itu, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, investasi pun bisa dilakukan dalam banyak cara, salah satunya adalah lewat asuransi. Bukan hal yang asing lagi saat ini banyak asuransi yang juga menawarkan investasi.

Apakah perbedaan menabung di bank dengan investasi?

Menabung di bank adalah aktivitas menyimpan uang di bank dengan tujuan jangka pendek. Suku bunga yang ditawarkan oleh bank lebih kecil, keuntungannya nasabah bisa melakukan penarikan kapan saja lewat fasilitas ATM, hanya saja tidak bisa dalam jumlah besar.

Sedangkan investasi itu mengalokasikan dana yang tujuannya untuk jangka panjang. Suku bunga yang ditawarkan juga jauh lebih besar. Tetapi untuk melakukan penarikan, nasabah harus mengikuti ketentuan yang berlaku.

Dalam hal resiko, jelas menabung di bank lebih kecil resikonya dibandingkan investasi, karena tabungan masyarakat di bank dilindungi oleh LPS. Sedangkan untuk investasi resiko akan jauh lebih besar. Bahkan ada kemungkinan juga dana investasi yang disetorkan hilang tidak berbekas, seperti investasi saham misalnya.


Tabungan atau Investasi, Mana yang Lebih Menguntungkan?


Tabungan atau Investasi, Mana yang Lebih Menguntungkan? Semua itu tergantung dari tujuan kita dalam melakukan aktivitas tersebut. Jika untuk jangka panjang, kita bertujuan untuk mengembangkan aset yang ada, maka bergabunglah dengan investasi yang menawarkan suku bunga lebih besar.

Tetapi jika untuk jangka pendek, tujuannya kita hanya sebatas mengamankan uang simpanan, hanya sebatas mempersiapkan dana darurat, tanpa mengharap perkembangan jumlah dana yang besar, maka produk tabungan adalah jawabannya.

Akan tetapi, kalau boleh aku kasih saran, nih, ya. Jika ingin di hari tua hidupmu makmur dan berdaya secara finansial, maka milikilah tabungan dan investasi ini sekaligus. Jika tabungan bisa digunakan untuk dana darurat, maka investasi bisa dimanfaatkan untuk modal kebutuhan jangka panjang.

So, sebelum masalah keuangan membelit kehidupan kita, giatlah menabung sejak dini dan sisihkan dana untuk berinvestasi.










Tuesday, July 16, 2019

Cara Mudah Cantik Bersinar dalam Sekejap dengan Shannen

July 16, 2019 0 Comments

Gais, you know ga sih? Aku lagi jatuh cinta. Bener-bener jatuh cinta sama yang namanya berdandan.
Padahal selama ini aku bener-bener ga pernah merasa tertarik untuk berdandan atau merias diri. Satu-satunya proses makeup yang pernah aku jalani adalah waktu pesta nikah dulu. Dan kamu tau ga gimana perasaan aku waktu itu? Tersiksa banget, gaiiiis. Selama kurang lebih 6 jam duduk di pelaminan itu aku merasa wajahku berat, tebal dan gatal karena riasan. Sejak itu aku Gais, you know ga sih? Aku lagi jatuh cinta. Bener-bener jatuh cinta sama yang namanya berdandan.


Padahal selama ini aku bener-bener ga pernah merasa tertarik untuk berdandan atau merias diri. Satu-satunya proses makeup yang pernah aku jalani adalah waktu pesta nikah dulu. Dan kamu tau ga gimana perasaan aku waktu itu? Tersiksa banget, gaiiiis. Selama kurang lebih 6 jam duduk di pelaminan itu aku merasa wajahku berat, tebal dan gatal karena riasan. Sejak itu aku bener-bener kapok dengan yang namanya makeup.

Dua produk makeup yang tetap aku pakai hanya bedak dan lipstik. Sedangkan foundation, moisturizer, blush on, eye shadow, maskara, pensil alis, eye liner, dan lain-lain itu tidak pernah aku pakai sama sekali. Aku merasa alat-alat makeup ini ribet dan buang-buang duit.

Yes, se-sarkastik itulah aku dengan yang namanya makeup.

Tapi itu dulu, sekitar 10 tahun yang lalu. Sekarang aku merasa terlahir jadi wanita baru yang suka merias diri. Sekarang aku merasa bahagia karena bisa membuat tampilan wajahku menjadi semakin lebih baik. Dan ini semua bisa terjadi karena Shannen.

Shannen adalah produk kosmetik yang menurut aku bener-bener menawarkan kepraktisan. Mengapa begitu? Karena cukup dengan 2 jenis produk saja, aku sudah bisa mendapatkan wajah cantik bersinar dalam sekejap. Tanpa harus pakai alas bedak, blush on, dan eye shadow khusus. 

Kedua produk Shannen yang aku maksud itu adalah Cushion dan Lip Paint.



Ayo, kita bahas satu persatu.

CUSHION

Bedak cushion Shannen ini mengandung partikel halus yang dapat diserap oleh kulit dengan sempurna. 

Cushion Shannen ini sudah terdaftar di BPOM dan juga sudah mendapat sertifikat halal dari MUI. Sebagai pengguna jelas tentu saja aku merasa sangat aman dan nyaman memakai cushion ini. 

Dengan memakai cushion ini, kita ga perlu lagi menggunakan krim siang untuk perawatan kulit, karena dalam cushion ini terdapat kandungan Adenosine yang bermanfaat sebagai perawatan anti aging, SPF 25 PA++ yang  berfungsi sebagai sunscreen agent yang melindungi kulit dari sinar UV, dan  Niacinamide membantu mencerahkan wajah dan memudarkan bekas jerawat.

Selain itu dengan memakai cushion ini kita juga tidak lagi membutuhkan alas bedak dan pelembab, karena cushion ini terbuat dari Spherical Powder yang memiliki kemampuan menyerap minyak pada kulit sehingga cushion menjadi lebih tahan lama dan tidak luntur. 

Tersedia 3 pilihan warna sesuai warna kulit kita. Ada Light Rose, Sand Beige, dan Warm Honey. 

Lihat deh video aku berikut ini. Aku pakai Cushion Shannen 01 atau Light Rose. Sepintas warnanya seperti merah muda, tapi begitu disapukan ke wajah warnanya jadi menyatu dengan warna kulit.



Di video tampak jelas kan, ya. Perbedaan antara kulit wajah yang dipakaikan cushion dengan yang tidak. Bagian wajah yang pakai cushion tampak lebih mulus dan glowing.


Creamy Lip Paint

Shannen Creamy Lip Paint ini tersedia dalam 10 warna yang bisa dipilih sesuai kepribadian kita. 

Nah, kalo yang aku pake ini adalah Lip Paint No. 04 French Rose. Warna ini cocok untuk kita yang berkepribadian feminim namun percaya diri. Warnanya yang cerah membuat wajah terlihat segar sehingga kecantikan kita pun semakin terpancar.

Creamy lip paint ini multifungsi nih, gais.  Makanya disebut juga dengan 3 in 1 creamy lip paint. Selain berfungsi sebagai pewarna bibir, lip paint ini juga bisa digunakan sebagai eye shadow dan blush on. Jadi bener-bener praktis dan hemat, kan.

Lihat saja foto aku ini sebagai buktinya. Hanya dengan penggunaan tipis di kelopak mata dan pipi, hasilnya tampak semakin cantik, kan.



Duuh, jadi malu. Tapi beneran nih, aku ga pernah merasa sepercaya diri begini, lho. 


Nah, kalau kamu tertarik untuk memiliki produk Shannen ini gampang banget, gais. Bisa via aku, atau hubungi para reseller di kota kamu. Atau kamu ingin menjadi bagian dari tim marketing Shannen juga bisa, selain dapat produk kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan aneka bonus mulai dari uang hingga kendaraan. Wuah, menggiurkan, yah. So, jangan ragu untuk klik link berikut ini, ya.


Ayo, kita raih sukses bersama.











Sunday, July 14, 2019

Mau Traveling Tanpa Roaming? Pake Worldwide SIM dari Passpod, dong.

July 14, 2019 0 Comments
Traveling ke luar negeri sekarang ini bukan lagi hal yang mustahil untuk dilakukan, karena demi meningkatkan kunjungan wisatawan di negara mereka sudah banyak negara yang memberikan bebas visa untuk wisatawan. Kurang lebih ada 70 negara yang memberikan bebas visa untuk WNI. Dengan adanya bebas visa ini, maka para traveler bisa mengunjungi negara-negara tersebut dengan bebas kapan saja.

Selain itu pihak maskapai juga seakan berlomba-lomba memberikan promo tiket pesawat murah untuk penerbangan ke luar negeri. Hal ini tentu saja menjadi angin segar luar biasa bagi para penikmat traveling.

Namun, ditengah begitu banyaknya pintu kemudahan yang terbuka, masih saja ada satu yang memberatkan bagi para traveler, yaitu jalur komunikasi. Bukan hal yang asing pastinya ya, kalau kita menggunakan nomor selular lokal di luar negeri sudah pasti akan dikenakan tarif roaming yang biayanya fantastis. Padahal komunikasi saat traveling ini adalah satu hal yang sangat dibutuhkan. Apalagi bagi pelaku single traveling, komunikasi dengan orang-orang tercinta di tanah air sangat penting dilakukan.

Nah, sobat traveler sekalian. Sekarang sobat gak perlu galau lagi, ya, karena solusi untuk roaming ini sudah ada, lho.


Mau Traveling Tanpa Roaming? Pake Worldwide SIM dari Passpod, dong.


Apa itu Passpod?

Passpod adalah platform digital yang menyediakan kebutuhan traveler selama berada di luar negeri mulai dari tiket atraksi wisata, asuransi perjalanan, dan juga koneksi internet. Sesuai dengan taglinenya yaitu Digital Tourist Pass, passpod memang terkenal sebagai provider layanan koneksi internet.

Nah, yang akan kita kupas dengan tajam setajam silet di sini adalah tentang Worldwide SIM card dari Passpod.

Jadi apa itu Worldwide SIM?

Worldwide SIM adalah produk sim card untuk solusi internet saat berada di luar negeri. Cara menggunakannya tidak berbeda dengan SIM card pada umumnya, tinggal masukkan kartu SIM pada slotnya, maka kartu pun bisa langsung digunakan.

Setiap pemesanan Worldwide SIM, calon user akan mendapatkan satu set kartu berserta manual book-nya dan juga ejector SIM. Jadi kalau kamu kelupaan membawa pembuka slot kartu SIM, ga perlu pusing nyari jarum karena ejectornya sudah tersedia di dalam paket.



Selain itu, ukuran kartunya juga sudah tersedia dalam ukuran mikro atau pun nano, jadi tidak perlu dipotong lagi.

Mengapa harus membeli Worldwide SIM di Passpod?

1. Easy to book

Jadi untuk mendapatkan Woldwide SIM bisa via online di website atau pun aplikasi Passpod yang bisa diunduh secara gratis via playstore. Terdapat penawaran-penawaran harga istimewa yang pastinya sangat menguntungkan, mulai dari Rp100.000 untuk koneksi 5 hari dengan kuota 500mb.



Mahal?

Hmm, jangan dibandingkan dengan tarif lokal dong, gais. Inikan tarif untuk luar negeri yang kalau kamu bandingkan dengan tarif roaming sudah pasti jauh lebih hemat.

Contoh tarif roaming salah satu provider


2. Praktis, tidak perlu aktivasi

Satu hal yang paling menggemaskan disaat beli kartu perdana adalah proses aktivasi dan registrasinya yang ribet. Kudu masukin nomor KTP dan KK yang validasinya sering gagal.

Nah, Worldwide SIM ini memberi kemudahn dengan tidak adanya proses aktivasi.

3. Bisa digunakan di 80 negara lebih.

Paling enggak bangetlah ya kalo punya Worldwide SIM tapi tidak bisa digunakan di negara yang kita tuju. Jadi berasa useless banget gak, sih.

Nah, Worldwide SIM dari Passpod ini bisa digunakan di lebih dari 80 negara, gais. Jangkauannya sangat luas, jadi kamu bisa leluasa menggunakannya.

4. Support jaringan 4G

Khawatir koneksi internet bakal timbul tenggelam? Hm, buang semua kekhawatiranmu itu, sayang, karena Worldwide SIM dari Passpod sudah support jaringan 4G LTE. Jadi bisa dipastikan koneksi internet kamu bakalan lancar seperti jalannya MRT.

5. Easy to pick up

Setelah pesan online bingung kartunya mau ambil di mana? Duh, hari gini ga zamannya lagi pusing soal beginian ya, gais. Untuk pengiriman Woldwide SIM card ini kamu bebas memilih apakah via kurir, ekspedisi logistik, atau kalau rasa-rasanya dekat kamu juga bisa ambil sendiri di kantornya Passpod. Yang pasti semuanya gratis ongkos kirim, lho.

Gimana, gais?

Ga sulit kan untuk mendapatkan Worlwide SIM card dari Passpod ini.

Nah, untuk kamu pembaca setia blog Meirida ada kabar gembira, nih. Ada diskon 10% untuk pembelian Wordwide SIM card di Passpod dengan menggunakan kode voucher MEIRIDA.

So, mau traveling tanpa roaming, kartunya ganti aja dengan Worldwide SIM card dari Passpod.
















Wednesday, July 3, 2019

Hati-hati, Batuk Juga Bisa Jadi Tanda Difteri

July 03, 2019 0 Comments


Batuk tak kunjung reda harus diwaspadai. Jangan-jangan yang kamu alami adalah tanda difteri.

Penyakit difteri sempat mewabah kembali di Indonesia pada November 2017 lalu. Salah satu tanda difteri yang perlu diwaspadai adalah kondisi batuk yang tak kunjung mereda.

Dilansir dari BBC, data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa pada 2017 terdapat 95 kabupaten dan kota dari 20 provinsi melaporkan kasus difteri. Bila data tersebut digabungkan, terdapat sekitar 622 kasus difteri, dan 32 di antaranya meninggal dunia.

Hal ini karena menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, difteri ternyata dapat membuat kerusakan pada jaringan jantung, otak dan saraf di area tenggorokan, setelah bakteri Corynebacterium diphtheriae masuk ke dalam tubuh selama beberapa jam. Bakteri ini menyerang saluran pernapasan pada umumnya. Lalu, apa saja kah tanda penyakit difteri?



Penularan penyakit difteri sendiri dapat melalui droplet yang berasal dari batuk penderita, kontaminasi benda yang dipakai penderita dan belum dicuci, serta kontaminasi barang rumah tangga yang digunakan bersama.

“Bakteri yang masuk ke dalam tubuh tersebut akan berkembang biak pada permukaan selaput pernapasan, lalu memproduksi racun yang kemudian merambat ke jaringan di sekelilingnya. Jika tak segera ditangani, racun akan menyebar ke seluruh tubuh melalui darah,” jelas wanita yang akrab dipanggil dr. Vita tersebut.

Bila racun yang diproduksi terlalu banyak, maka infeksi akan membentuk pseudomembran berwarna putih keabu-abuan, yang sulit diangkat dan mudah berdarah. Dari kondisi ini, sebaiknya batuk penderita semakin diwaspadai.


Kenali batuk yang merupakan tanda difteri

Batuk yang dimaksud di sini tentunya berbeda dengan batuk biasa. Pada penderita difteri, biasanya batuk terjadi dalam 2-5 hari setelah infeksi, dan disertai dengan demam yang menggigil, munculnya kelenjar bengkak di leher (bull neck), sakit tenggorokan serta suara yang serak.

Selain itu, berdasarkan pemaparan dr. Vita, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai juga, yakni kondisi penderita yang sulit menelan dan kerusakan otot jantung. Sebaiknya, penanganan difteri dilakukan sebelum penderita mengalami kedua hal tersebut.


Penyakit difteri yang telah mewabah di Indonesia lebih dari sekali tak bisa dianggap sepele. Oleh sebab itu, kenali berbagai tanda difteri, yang salah satunya adalah batuk dengan kondisi tertentu. Dengan mengenali tanda-tanda yang telah dijelaskan oleh dr. Vita di atas, harapannya kamu menjadi lebih waspada. 

Terakhir, jangan lupa vaksin difteri, ya!

Ide Oleh-oleh Haji dan Umrah

July 03, 2019 0 Comments


Beribadah ke tanah suci merupakan keinginan semua umat muslim. Apalagi ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang ke-5, di mana semua umat muslim yang mampu wajib menunaikan ibadah ini.

Masa tunggu ibadah haji yang mencapai belasan tahun, membuat sebagian umat muslim yang tidak mampu menahan hasratnya untuk mengunjungi tanah suci itu memilih untuk melakukan ibadah umrah. Ibadah umrah memang paling mudah untuk dilakukan siapa saja, karena tidak harus menunggu dalam waktu lama, asalkan ada uang, kesehatan memadai, semua dokumen persyaratan terpenuhi, maka ibadah umrah pun bisa dilakukan kapan saja.

Selesai menunaikan ibadah haji atau umrah, sebelum pulang ke tanah air kegiatan yang biasanya dilakukan jamaah adalah belanja oleh-oleh. Biasanya oleh-oleh itu nanti dibagikan ke keluarga, tetangga, teman, atau untuk diri sendiri.

Biar belanjanya nanti tidak ribet, sebelum berangkat ke tanah suci kamu bisa merencanakan akan membeli apa saja untuk oleh-oleh. Tulisan di bawah ini bisa membantumu menentukan pilihan buah tangan yang cocok dan sesuai budget kamu.

Air Zamzam

Jika kamu pulang haji atau umrah dan tidak membawa air Zamzam, orang-orang bisa heran. Karena sudah menjadi semacam kebiasaan yang melekat bahwa jamaah haji dan umrah oleh-oleh wajibnya adalah air Zamzam.



Jika kamu berumrah menggunakan jasa travel seperti di Nur Dhuha Wisata, biasanya travel akan memberikan jatah air Zamzam sebanyak 5 liter. Kalau kurang, karena orang yang kamu bagi air Zamzam ada banyak, kamu bisa juga mendapatkannya di tanah air. Cukup banyak toko-toko di Indonesia yang menyediakan air Zamzam.


Kurma Ajwa

Rasanya jarang sekali orang Isalm yang tidak mengenal kurma ini. Kurma Ajwa disebut dalam beberapa hadits, diantaranya menceritakan tentang khasiatnya.





Kurma Ajwa akan menjadi oleh-oleh yang istimewa. Orang yang kamu oleh-olehi kurma ini akan senang karena selain Ajwa bukan kurma biasa, ia juga sukar didapat dibanding kurma jenis lain.


Siwak

Seperti kurma Ajwa, siwak juga disebutkan di beberapa hadits. Siwak merupakan potongan kayu kecil yang digunakan untuk menggosok gigi. Siwak merupak sunah dari Rasulullah. Siwak ini adalah oleh-oleh yang bisa kamu dalam jumlah banyak, karena harganya murah sekali dan ukurannya kecil. Kayu siwak dijual per ikat dan yang dibungkus dalam kotak kertas.


Sajadah

Di tanah suci kamu bisa beli sajadah yang bagus-bagus kualitasnya. Memberi sajadah sebagai oleh-oleh juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan amal jariyah. Setiap kali orang shalat di atas sajadah pemberianmu, Insya Allah kamu akan mendapat pahala.


Baju Muslimah

Ini oleh-oleh yang sangat mungkin disukai oleh teman atau keluarga perempuanmu. Biasanya wanita suka sekali belanja baju, jadi jika dikasih baju gratis mereka akan senang. Kamu bisa membeli abaya atau jilbab untuk dibawa pulang, jangan lupa beli yang ukurannya sesuai dengan orang yang akan kamu oleh-olehi.


Thawb

Thawb adalah semacam gamis pria yang panjangnya semata kaki dan umumnya berlengan panjang. Pakaian ini umum dipakai pria-pria Arab. Hadiahi ayah atau mertua laki-lakimu thawb yang bagus yang bisa mereka pakai untuk shalat Jum’at.


Parfum

Banyak sekali jenis parfum yang bisa kamu beli baik di Makkah, Madinah, maupun Jeddah. Ada parfum untuk pria dan wanita, dari yang harganya murah hingga yang mahal berkelas. Jika budgetmu terbatas kamu bisa membeli parfum oles (roll on) dalam botol kecil yang harganya terjangkau.


Perhiasan Emas

Bagaimana kira-kira reaksi istri atau ibumu jika kamu membawakannya perhiasan emas dari tanah suci? Mereka akan senang sekali dan merasa diistimewakan. Saat haji atau umrah kamu bisa berbelanja perhiasan emas di toko-toko di tanah suci.

Oke, kamu mungkin sudah dapat ide apa saja yang akan dibeli untuk oleh-oleh. Tapi mungkin kamu bertanya belinya di mana?

Jangan khawatir, di Makkah, Madinah, dan Jeddah banyak pasar, toko, dan supermarket yang menjual barang-barang di atas. Beberapa tempat harganya bisa ditawar bahkan ada yang menerima rupiah sebagai pembayaran. 

Satu hal yang harus kamu waspadai saat berbelanja di toko-toko tersebut, usahakanlah membayar dengan uang pas. Apabila karena keadaan kamu harus membayar dengan uang besar, simaklah baik-baik kata-kata pedagang disaat kamu membayar. Jika dia berkata 'halal', jawab 'no'. Kata halal yang mereka maksudkan adalah uang kembalian kamu halal untuk mereka, jadi mereka tidak kembalikan lagi, Jika kamu jawab 'no', maka mereka akan berikan uang kembalian kamu.

Nah, itu saja beberapa ide oleh-oleh haji dan umrah yang bisa kamu rencanakan. Semoga bermanfaat, selamat beribadah, ya.