Follow Us @soratemplates

Wednesday, July 3, 2019

Ide Oleh-oleh Haji dan Umrah



Beribadah ke tanah suci merupakan keinginan semua umat muslim. Apalagi ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang ke-5, di mana semua umat muslim yang mampu wajib menunaikan ibadah ini.

Masa tunggu ibadah haji yang mencapai belasan tahun, membuat sebagian umat muslim yang tidak mampu menahan hasratnya untuk mengunjungi tanah suci itu memilih untuk melakukan ibadah umrah. Ibadah umrah memang paling mudah untuk dilakukan siapa saja, karena tidak harus menunggu dalam waktu lama, asalkan ada uang, kesehatan memadai, semua dokumen persyaratan terpenuhi, maka ibadah umrah pun bisa dilakukan kapan saja.

Selesai menunaikan ibadah haji atau umrah, sebelum pulang ke tanah air kegiatan yang biasanya dilakukan jamaah adalah belanja oleh-oleh. Biasanya oleh-oleh itu nanti dibagikan ke keluarga, tetangga, teman, atau untuk diri sendiri.

Biar belanjanya nanti tidak ribet, sebelum berangkat ke tanah suci kamu bisa merencanakan akan membeli apa saja untuk oleh-oleh. Tulisan di bawah ini bisa membantumu menentukan pilihan buah tangan yang cocok dan sesuai budget kamu.

Air Zamzam

Jika kamu pulang haji atau umrah dan tidak membawa air Zamzam, orang-orang bisa heran. Karena sudah menjadi semacam kebiasaan yang melekat bahwa jamaah haji dan umrah oleh-oleh wajibnya adalah air Zamzam.



Jika kamu berumrah menggunakan jasa travel seperti di Nur Dhuha Wisata, biasanya travel akan memberikan jatah air Zamzam sebanyak 5 liter. Kalau kurang, karena orang yang kamu bagi air Zamzam ada banyak, kamu bisa juga mendapatkannya di tanah air. Cukup banyak toko-toko di Indonesia yang menyediakan air Zamzam.


Kurma Ajwa

Rasanya jarang sekali orang Isalm yang tidak mengenal kurma ini. Kurma Ajwa disebut dalam beberapa hadits, diantaranya menceritakan tentang khasiatnya.





Kurma Ajwa akan menjadi oleh-oleh yang istimewa. Orang yang kamu oleh-olehi kurma ini akan senang karena selain Ajwa bukan kurma biasa, ia juga sukar didapat dibanding kurma jenis lain.


Siwak

Seperti kurma Ajwa, siwak juga disebutkan di beberapa hadits. Siwak merupakan potongan kayu kecil yang digunakan untuk menggosok gigi. Siwak merupak sunah dari Rasulullah. Siwak ini adalah oleh-oleh yang bisa kamu dalam jumlah banyak, karena harganya murah sekali dan ukurannya kecil. Kayu siwak dijual per ikat dan yang dibungkus dalam kotak kertas.


Sajadah

Di tanah suci kamu bisa beli sajadah yang bagus-bagus kualitasnya. Memberi sajadah sebagai oleh-oleh juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan amal jariyah. Setiap kali orang shalat di atas sajadah pemberianmu, Insya Allah kamu akan mendapat pahala.


Baju Muslimah

Ini oleh-oleh yang sangat mungkin disukai oleh teman atau keluarga perempuanmu. Biasanya wanita suka sekali belanja baju, jadi jika dikasih baju gratis mereka akan senang. Kamu bisa membeli abaya atau jilbab untuk dibawa pulang, jangan lupa beli yang ukurannya sesuai dengan orang yang akan kamu oleh-olehi.


Thawb

Thawb adalah semacam gamis pria yang panjangnya semata kaki dan umumnya berlengan panjang. Pakaian ini umum dipakai pria-pria Arab. Hadiahi ayah atau mertua laki-lakimu thawb yang bagus yang bisa mereka pakai untuk shalat Jum’at.


Parfum

Banyak sekali jenis parfum yang bisa kamu beli baik di Makkah, Madinah, maupun Jeddah. Ada parfum untuk pria dan wanita, dari yang harganya murah hingga yang mahal berkelas. Jika budgetmu terbatas kamu bisa membeli parfum oles (roll on) dalam botol kecil yang harganya terjangkau.


Perhiasan Emas

Bagaimana kira-kira reaksi istri atau ibumu jika kamu membawakannya perhiasan emas dari tanah suci? Mereka akan senang sekali dan merasa diistimewakan. Saat haji atau umrah kamu bisa berbelanja perhiasan emas di toko-toko di tanah suci.

Oke, kamu mungkin sudah dapat ide apa saja yang akan dibeli untuk oleh-oleh. Tapi mungkin kamu bertanya belinya di mana?

Jangan khawatir, di Makkah, Madinah, dan Jeddah banyak pasar, toko, dan supermarket yang menjual barang-barang di atas. Beberapa tempat harganya bisa ditawar bahkan ada yang menerima rupiah sebagai pembayaran. 

Satu hal yang harus kamu waspadai saat berbelanja di toko-toko tersebut, usahakanlah membayar dengan uang pas. Apabila karena keadaan kamu harus membayar dengan uang besar, simaklah baik-baik kata-kata pedagang disaat kamu membayar. Jika dia berkata 'halal', jawab 'no'. Kata halal yang mereka maksudkan adalah uang kembalian kamu halal untuk mereka, jadi mereka tidak kembalikan lagi, Jika kamu jawab 'no', maka mereka akan berikan uang kembalian kamu.

Nah, itu saja beberapa ide oleh-oleh haji dan umrah yang bisa kamu rencanakan. Semoga bermanfaat, selamat beribadah, ya.


No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.