Follow Us @soratemplates

Friday, July 26, 2019

Insto Dry Eyes Solusi untuk Atasi Gejala Mata Kering




Teman-temaaaan, pernah gak kalian merasakan tidak nyaman pada mata? Seperti ada yang mengganggu di permukaan mata. Mata juga terasa lebih pegel dan lelah. Jika dibawa untuk membaca lama, mata terasa sepet dan perih. Waspadailah, Teman, karena itu semua adalah gejala mata kering.

Gejala mata kering inilah yang aku rasakan seminggu terakhir ini. Sebagai seorang blogger, aktifitas di depan layar gadget memang sulit untuk dibatasi. Apalagi jika batas waktu penulisan artikel mepet deadline, membuat aku terkadang harus begadang untuk menyelesaikannya. Lama di depan layar gadget, ditambah lagi dengan begadang semalaman, lengkap sudah aku memforsir mata dalam bertugas. Akibatnya mataku terasa pegal, dan perih.

Satu, dua hari berlalu rasa pegal dan perih di mata yang kurasakan itu masih aku abaikan, karena berpikir ini hanya temporary, tidak lama lagi juga bakal hilang.

Ternyata aku salah besar, kenyataannya dihari ketiga mataku terasa semakin tidak nyaman. Mataku terasa sepet. Melihat aku yang berusaha mengedipkan mata berkali-kali, mama mertua pun heran.

"Mata kamu kenapa, Mer?"

"Ga tau, Mah. Ini rasanya perih banget. Bola mata pun rasanya pegal sekali," jawabku menjelaskan.

"Nih, coba pakai Insto ini. Mama sih kalo udah merasa ga nyaman gitu di mata, mama kasih Insto aja," mama menyodorkan Insto kepadaku. Di botolnya tertulis jelas Insto Dry Eyes.

Tanpa banyak tanya lagi aku pun segera meneteskan Insto Dry Eyes ke mata. Setelah beberapa saat, alhamdulillah rasa perih sudah berkurang.

"Wah, efektif ya, Ma. Kok mama tau kalau obatnya Insto?" tanyaku penasaran.

"Ya, taulah. Sejak kamu masih kecil Insto itu kan sudah ada," jawab mama santai sambil berlalu.

Duh, kalah update deh dari mama.

😅


Apa itu Mata Kering?

Mata kering adalah sebuah kondisi di mana mata tidak mendapat pelumasan maksimal dari air mata. Akibatnya mata mengalami kesulitan untuk menghilangkan debu dan benda asing lainnya yang mengganggu.


Normalnya ketika berkedip, kornea mata akan dialiri oleh air mata yang mengandung senyawa campuran dari air, lemak, lendir, dan lebih dari 1500 protein. Nutrisi dari air mata inilah sejatinya yang bisa melindungi kornea dari lingkungan luar, membuat permukaan mata tetap licin dan halus.


Apa sih yang menyebabkan mata kering?


Mata kering bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti perubahan hormon, proses penuaan, kondisi medis, efek samping dari mengonsumsi obat dan masalah pada struktur kelopak mata. Selain itu penggunaan lensa kontak dan kosmetik juga bisa menyebabkan mata kering.


Tetapi, sebenarnya ada beberapa kondisi dari aktivitas harian kita yang justru membuat gejala mata kering semakin parah. Nah, lho. Apa saja itu, ya?


Mata terpapar debu


Ketika beraktifitas di luar ruangan, paparan debu adalah salah satu hal yang menyebabkan mata kering. Selain itu debu juga bisa mengiritasi mata, karena itu hindari mengucek mata disaat mata sedang terpapar debu. Partikel debu yang sangat halus sedang menempel di mata, nah... jika di kucek maka akan membuat mata tergores. Fatalnya, kornea mata bisa rusak, hingga beresiko pada kebutaan. Na'udzubillahi mindzalik.


Mata terpapar angin


Cuaca yang panas otomatis membuat badan kita terasa gerah. Pengennya segera mencari tempat yang adem untuk menyegarkan diri. Kipas angin dan AC adalah benda yang paling dicari saat ini. Nah, tanpa disadari mata yang terpapar angin kipas dan udara dingin dari AC itu bisa membuat mata menjadi kering.


Mata terpapar asap


Salah satu sumber asap yang sering diabaikan orang adalah rokok. Duh, Gusti. Rokok ini benar-benar lah, ya. Sudahlah merusak organ tubuh dengan zat yang di dalamnya, asapnya juga bisa merusak mata. Asap rokok bisa mengiritasi mata sehingga merusak lapisan minyak yang melindungi mata. Tapi udah tahu efek negatif rokok itu banyak,orang-orang masih saja menghisapnya tanpa rasa sesal. Huft!


Jadi meskipun kamu bukan perokok aktif, hanya perokok pasif tetap saja resiko mata kering bisa kamu alami karena berada di sekitar orang-orang merokok membuat mata kamu terpapar asap. Coba saja berdiri di dekat orang yang sedang merokok. Ga perlu lama, karena dalam hitungan detik asapnya pasti berhasil membuat mata perih.


Mata terpapar radiasi layar

Nah, ini adalah salah satu penyebab mata kering yang paling banyak saat ini. Penggunaan gadget yang telah menyentuh semua lapisan umur membuat siapa saja beresiko mengalami mata kering. Radiasi layarnya beresiko membuat mata pegel.

radiasi layar komputer bisa menyebabkan mata kering


Disaat menggunakan gadget, tanpa disadari orang-orang akan jarang berkedip. Hal ini tentu saja tidak baik untuk mata, karena sesungguhnya berkedip bisa melancarkan aliran air mata ke permukaan mata.

Selain itu, pancaran cahaya dari layar gadget lambat laun akan mempengaruhi kemampuan penglihatan, sehingga membuat mata sepet dan silau terkena cahaya.


Mata kurang istirahat

Seperti halnya tubuh, mata juga membutuhkan istirahat yang cukup agar terhindar dari resiko mata lelah. Aktifitas seharian yang padat membuat mata terus berkerja tanpa henti, sehingga otot-otot mata pun menjadi tegang. Ditambah lagi dengan kebiasaan begadang, maka resiko mata kering pun semakin bertambah.


Jika karena perkerjaan membuat kita harus begadang, maka berilah waktu untuk mata istirahat sejenak. Pejamkan mata sekitar 30 menit, agar otot mata yang tegang kembali kendur.


Insto Dry Eyes Solusi untuk Atasi Gejala Mata Kering


Paparan radiasi layar, paparan angin, dan paparan asap adalah tiga kondisi yang sulit terelakkan saat ini. Orang-orang sulit untuk menghindar dari paparan radiasi layar gadget karena hampir semua aktivitas di zaman digital ini pasti melibatkan gadget.

Orang juga sulit untuk menghindar dari penggunaan AC dan kipas angin karena keduanya merupakan benda yang sangat dibutuhkan dalam kenyamanan beraktivitas dalam ruangan.

Rendahnya kesadaran orang akan pentingnya menjaga kesehatan, membuat jumlah perokok semakin meningkat setiap tahunnya. Karena itulah semakin sulit rasanya untuk melepaskan diri dari para perokok ini.

Lantas apakah solusi yang tepat bagi para penderita mata kering ini agar tetap bisa survive dalam semua keadaan?

Bersiaplah untuk meneriakkan "Bye mata kering!" dengan lantang.

Dengan cara mengantongi Insto Dry Eyes di mana saja kita berada. 
Jadi begitu mata tidak terasa nyaman, mata pegel, mata lelah, mata perih, mata sepet, semua itu adalah gejala mata kering ya, Teman. Segera teteskan Insto Dry Eyes agar semua keluhan mata kering berkurang.

Bye Mata Kering!


Ini serius ya, Teman.


Insto Dry Eyes mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl selulose atau dikenal juga dengan sebutan Hypromellose dan Benzalkonium Chloride. Kedua zat ini bermanfaat untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata.

Hypromellose ini selain mengatasi mata kering, juga digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan mata seperti radang kornea (keratitis) dan penurunan sensitivitas kornea. Zat ini akan mengembalikan dan menjaga kelembapan mata, membantu melindungi mata dari cedera dan infeksi, dan mengurangi gejala mata kering, seperti sensasi terbakar, gatal, dan iritasi.

Hypromellose ini memiliki karakteristik seperti air mata alami. Kandungan methyl dan hyrdoxypropyl di dalamnya dapat mencegah kerusakan konjungtiva dan kornea yang terajadi akibat ketidak stabilan sekresi dari kelenjar lakrimal.

Benzalkonium Chloride adalah zat amonium yang umumnya terdapat dalam antiseptic. Zat ini berkerja dengan menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri, virus, dan jamur yang bisa membahayakan tubuh. Selain itu zat ini juga digunakan sebagai bahan penyusun produk obat yang bermanfaat sebagai bahan untuk pengamatan (preparat) mulut, dan juga menangani gangguan ringan pada mata.

Dengan kandungan kedua zat aktif tersebut di atas, Insto Dry Eyes mampu berkerja efektif mengatasi mata kering. Cara pakainya pun mudah sekali ya, Teman. Cukup teteskan 1-2 tetes pada mata yang sakit, lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

teteskan Insto Dry Eyes untuk mengurangi gejala mata kering


Untuk pemakaian pertama, mata akan terasa sedikit gatal dan perih. Jangan khawatir, itu adalah hal yang wajar karena proses detoksifikasi sedang berlangsung. Tidak lama kok, Teman. Paling hanya sekitar 1 menit saja. Setelah itu yakin deh kita bisa ucapin "Bye Mata Kering!" dengan gembira.

Ingat ya, Teman. Jangan kucek mata di saat cairan Insto Dry Eyes ini sedang berkerja, karena akan mengganggu proses pengobatan.

Kemasan Insto Dry Eyes ini juga mungil banget ya, jadi mudah deh untuk dibawa-bawa. Dimasukin ke dompet bisa, dimasukin ke kantong juga bisa, apalagi dimasukin ke tas, bisa banget pastinya.

Satu lagi yang aku suka dari kemasan Insto Dry Eyes ini adalah penampilannya yang cukup transparan. Jadi tanpa perlu mengocok dulu, kita udah bisa tau berapa banyak cairan yang tersisa di dalamnya.

Untuk harga juga ga memberatkanlah. Beberapa hari yang lalu aku beli di apotik harganya Rp15.000, di minimarket Rp14.500. Jadi masih sangat terjangkau, kok.


Tips Mencegah Mata Kering


Apapun kondisinya, mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Pepatah lama ini juga berlaku untuk kasus mata kering.

Jika bisa dihindari, mengapa harus mengobati?

Nah, berikut tips mencegah mata kering ala Meirida, ya.

  1. Gunakan kaca mata pelindung saat beraktifitas di luar ruangan.
  2. Sering-seringlah berkedip di saat berada di ruangan ber-AC.
  3. Kurangi penggunaan kosmetik di sekitar area mata.
  4. Batasi penggunaan lensa kontak.
  5. Tidur yang cukup.
  6. Atur waktu penggunaan gadget. Jangan terpaku berjam-jam di depan layar, hentikan aktifitas sejenak, pejamkan mata sekitar 10-15 menit setiap satu jam sekali.
  7. Jauhi rokok dan asapnya.
  8. Konsumsi vitamin A yang cukup.

Mata adalah organ vital yang harus dijaga dengan baik agar bisa berfungsi maksimal hingga akhir hayat kita. Akan sangat disayangkan jika organ vital ini rusak akibat kebiasaan-kebiasaan buruk kita sendiri. So, mari kita jaga kesehatan mata kita dengan senantiasa menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak mata. Jika gejala mata kering sudah terasa, jangan tunda dan buang waktu lagi. Segara lakukan pengobatan agar gejalanya tidak semakin parah.






























1 comment:

  1. Mata kering pasti gak nyaman banget. Untung ada insto yang menjadi solusi :)

    ReplyDelete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.