Follow Us @soratemplates

Tuesday, April 23, 2019

Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Moms Harus Siapkan Sebelum Melahirkan



Saat hamil anak pertama dulu, aku benar-benar blank dengan semua kebutuhan bayi. Sebagai ibu muda akhirnya aku mencari saran dari banyak pihak. Ada yang bilang harus beli ini, ada yang bilang harus beli itu. Karena takut kebutuhan bayi baru lahir tidak terpenuhi, aku pun ikuti semua saran yang mereka sebutkan. Ternyata tidak semua barang yang aku beli itu terpakai, lho. Bahkan ada beberapa barang yang akhirnya aku sumbangkan ke orang lain karena memang tidak berguna sama sekali.


Kebutuhan bayi baru lahir itu memang tidak sedikit ya, Moms. Banyak banget yang harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, ini bertujuan agar ketika melahirkan nanti semua yang dibutuhkan pun tersedia.

Berbekal pengalaman hamil anak pertama, waktu hamil anak kedua aku jadi jauh lebih siap dan mengerti mana yang urgent, mana yang primer, dan mana yang bisa ditunda pemenuhannya.

  • Pakaian bayi

Pakaian bayi ini adalah kategori kebutuhan bayi baru lahir yang harus ada, karena ga mungkin dong ntar pas baby-nya brojol dan selesai dimandikan dibiarkan telanjang begitu saja. Ada 6 kebutuhan utama pakaian bayi untuk bayi baru lahir yaitu:

- Baju bayi
- Popok
- Kain bedong
- Kaos kaki
- Sarung tangan
- Topi bayi

Selain itu ada beberapa jenis pakaian lainnya yang bisa ditunda hingga anak berusia beberapa minggu, yaitu:

- Singlet
- Celana panjang
- Celana pendek
- Jacket bayi



  • Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi ini sudah pasti adalah perlengkapan yang wajib ya, Moms, karena agar bayi selalu sehat dia harus dimandikan 2x sehari. Khusus untuk item nomor 5 dan 6, Moms akan butuhkan mulai dari newborn hingga bayi bisa duduk sendiri.

1. Handuk
2. Washlap
3. Sabun
4. Shampoo
5. Perlak/alas mandi
6. Ember mandi


Ada hal yang harus diperhatikan dengan detil ketika Moms memilih produk perlengkapan mandi seperti sabun mandi dan shampoo. Pastikan sabun mandi dan shampoo yang Moms pilih sudah teruji secara klinis aman untuk bayi. 


kebutuhan bayi baru lahir



  • Perlengkapan tidur

Kurang lebih sama dengan perlengkapan mandi, untuk perlengkapan tidur ini juga sangat dibutuhkan ya, Moms. Terutama jika Moms adalah tipikal orangtua yang tidak suka mengenakan diapers pada bayinya, maka item nomor 2 adalah barang wajib untuk disiapkan.

1. Kasur bayi
2. Terpal anti pipis
3. Selimut
4. Bantal guling



  • Perlengkapan sanitasi dan kesehatan

Perlengkapan sanitasi dan kesehatan ini juga tidak boleh lupa ya, Moms, agar bayi selalu terjaga kebersihannya. Jadi pastikan item-item dibawah ini sudah disiapkan sebelum bayi lahir, agar ketika dibutuhkan semua telah tersedia.

- Tissue basah
- Cotton bud
- Minyak telon
- Baby oil
- Keranjang pakaian kotor 


  • Perlengkapan menyusui

Perlengkapan menyusui ini tidak hanya dibutuhkan oleh Moms yang Non-ASI, tetapi juga bagi Moms yang memberikan ASI eksklusif untuk si bayi. Agar persediaan ASI selalu ada disaat Moms tidak berada di tempat, pastikan semua item ini disiapkan ya, Moms.

- Breastpump
- Botol penyimpan ASI
- Termos air panas
- Botol dot
- Alat steril botol 


  • Kebutuhan lain-lain

Terlepas dari semua kebutuhan pokok bayi baru lahir tersebut di atas, masih ada juga beberapa item yang perlu Moms siapkan. Hanya saja menurutku, nih, item-item ini sifatnya tidak mendesak ya, Moms. Jadi masih ada waktu untuk menyiapkannya meskipun bayi sudah berusia beberapa minggu atau bulan.

- Kain gendong
- Kereta bayi
- Tas bayi
- Baju pesta

Nah, itu dia ya Moms daftar kebutuhan bayi baru lahir yang Moms harus siapkan sebelum melahirkan. Ada tambahan lagi, Moms? Drop di kolom komentar, ya.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.