Follow Us @soratemplates

Monday, April 8, 2019

5 Hal Yang Tidak Disukai Pengunjung Blog



Sebagai bloger, hal yang paling membahagiakan adalah ketika blognya banyak yang mengunjungi. Dan semakin semangat untuk terus menulis ketika para pengunjung itu juga meninggalkan jejak kunjungannya berupa komentar.

Untuk mendatangkan pengunjung yang banyak, bloger pun rela melakukan berbagai riset, bahkan melengkapi artikelnya dengan berbagai foto penunjang dan membuat video khusus demi kepuasan pembaca yang membaca artikelnya.

Selain itu tidak sedikit bloger yang juga memperindah tampilan blognya demi membuat betah para visitor yang sedang berkunjung. Mereka melengkapi blognya dengan berbagai widget, yang mengundang pengunjung untuk terus mengeksplor blog mereka. Hal ini tentu saja bagus, karena meningkatkan indeks sesi kunjungan blog, dan juga bisa memperkecil rasio pentalan di Google Analytics.

Tapi semua hal tersebut di atas tetap saja bukan jaminan akan membuat pengunjung menjadi setia dan terus kembali ke blog kita.


5 Hal Yang Tidak Disukai Pengunjung Blog



Ada 5 hal yang tidak disukai oleh pengunjung blog yang bloger harus hindari, yaitu:



1. Proses loading yang lambat

Kecepatan proses loading sangat menentukan betah atau tidaknya seorang pengunjung di sebuah blog. Para pakar perblogan pernah mengatakan, 4 detik adalah ambang batas maksimal seorang pengunjung menunggu halaman blog terbuka, lebih dari itu pengunjung memilih untuk leave. Oleh karena itu pemilik blog harus jeli mengatur blognya agar proses loading-nya cepat. Salah satu caranya adalah menguragi widget-widget tidak penting atau mengurangi ukuran image yang ada di dalam artikel.



2. Terlalu banyak iklan

Tidak bisa dipungkiri iklan adalah salah satu cara mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi bloger. Namun pemasangan iklan yang tidak pada tempatnya justru akan mengganggu tampilan artikel. Akibatnya pengunjung menjadi jengah karena artikel yang akan dibaca tertutupi oleh iklan. Untuk menyiasatinya, tempatkanlah iklan di sisi kiri-kanan atau bagian atas dan bawah blog. Jika ingin meletakkan iklan di tengah-tengah artikel, maka buatlah jarak yang cukup dengan paragraf atas dan bawah, sehingga tidak mengganggu penampilan artikel.



3. Bahasa yang alay

Artikel yang ditulis dengan bahasa santai memang lebih menyenangkan bagi pengunjung, karena terasa lebih akrab dan tidak kaku. Tapi bukan berarti bloger bebas menggunakan bahasa gaul alay yang tidak dipahami semua pembaca. Bloger harus ingat satu hal bahwa pengunjung blognya berasal dari beragam usia, mulai dari remaja hingga dewasa. Jadi gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai PUEBI. Menggunakan istilah-istilah gaul boleh saja untuk mengurangi kekakuan, tetapi gunakanlah sewajarnya jangan berlebihan.



4. Konten memuat kata-kata dan gambar yang tidak pantas

Content is the king. Bagi seorang bloger kualitas artikel adalah nomor satu karena itu hindari menggunakan kata-kata yang tidak sopan sekalipun artikel yang kamu tulis merupakan sebuah opini. Memang tidak ada aturan tertulis yang mengatur bagaimana bloger harus menulis artikel di blognya. Namun etika tetap tidak bisa diabaikan. Jika artikel memuat kata-kata dan gambar yang tidak pantas, bisa dijamin pengunjung akan merasa jengah kemudian memutuskan untuk menutup blog kamu.



5. Warna template yang melelahkan mata

Pada dasarnya template berfungsi untuk membuat tampilan blog menarik. Makanya tidak aneh jiga banyak bloger yang rela mengeluarkan uang untuk membeli template yang desainnya cantik dan unik. Sayangnya tidak semua bloger juga memahami pentingnya pengaturan warna template pada blog ini, sehingga menggunakan warna yang justru membuat mata pengunjung lelah bahkan sakit. Untuk itu gunakanlah warna-warna yang nyaman di mata, terutama warna untuk latar tulisan artikel. Sebaiknya gunakan warna yang lembut seperti putih atau krem. Hindari menggunakan warna-warna yang gelap atau terlalu terang seperti hitam, coklat, merah, dan strong colour lainnya.



Nah, itu dia 5 hal yang tidak disukai oleh pengunjung blog.

So, Gais. Ingin jumlah pengunjungmu banyak? Hindari 5 hal yang tidak disukai oleh pengunjung blog ini, ya. Oh ya, ada tambahan lagi gak, gais? Jangan sungkan tambahkan di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.



***

Artikel ini diikut sertakan dalam PAS JA Collab Blogging, sebagai tanggapan atas trigger post yang ditulis oleh Damar Aisyah dengan judul Selain Hobi Menulis, Berikut 5 Modal Menjadi Bloger.

3 comments:

  1. banyak iklan dan lambat emang bikin kesyel mba aku suka pusing loh baca yang dipenuhi dengan iklan hehehehe maaf yah :p

    ReplyDelete
  2. Iyes bangets ke-5 hal tersebut bikin saya bete kalau lagi BW kwkw
    Terutama bahasa yang terlalu alay
    kok enggak nyaman dibacanya yaaa
    Juga iklan yang berlebihan..duh berasa buka marketplace aja bukan blog. Hiks

    ReplyDelete
  3. Setuju, kadang gak betah lama baca blog yang latar belakang templatenya berwarna gelap dengan warna huruf putih. Capeek bacanya hihihi
    Saya juga gak begitu suka dengan blog yang terlalu banyak iklannya Cukup mengganggu kalau di seiap sudut ada iklannya.

    ReplyDelete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.