Wednesday, December 5, 2018

Hai, Gais.

Setiap ibu hamil, selama masa kehamilannya pastinya akan mengalami berbagai tanda-tanda kehamilan berupa gejala fisik yang akan ditunjukkan dengan terjadinya perubahan pada tubuh. Berbeda-bedanya gejala fisik yang ditimbulkan pada setiap usia kehamilan yang akan sangat berpengaruh terhadap proses perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan.

Gejala fisik yang akan berpengaruh terhadap kondisi ibu biasanya akan terjadi di awal masa kehamilan pada saat memasuki trimester yang pertama. Salah satu gejala di awal masa kehamilan yang akan menyebabkan ketidaknyamanan adalah terjadinya morning sickness atau mual muntah.

Terjadinya mual muntah ini akan menyebabkan ibu hamil kekurangan asupan nutrisi sehingga akan menyebabkan tubuh ibu hamil merasa lemas. Untuk mengatasi hal ini maka adanya beberapa minuman yang bisa meredakan terjadinya mual muntah.


Berikut beberapa minuman pereda rasa mual muntah pada ibu hamil diantaranya yaitu :



1. Air Putih

Jika selama mual tidak mampu mengonsumsi minuman apapun, maka pilihan terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air putih hangat yang tidak mengandung rasa apa pun. Selain bagus untuk kesehatan, air putih hangat juga bisa membantu mengurangi kelebihan air liur di mulut, sehingga rasa mual pun reda. Minumlah segelas air putih hangat saat bangun tidur, atau ketika rasa mual tidak tertahankan.








2. Teh Jahe

image : detikfood/iStock
Rasa mual akan dapat dikurangi dengan mengonsumsi teh jahe atau teh herbal. Tetapi pada saat mengonsumsinya harus diperhatikan jumlahnya karena kafein di dalam teh harus dihindari ibu hamil jika jumlahnya terlalu banyak. Untuk amannya, konsumsilah teh jahe ini disaat hangat, jangan sampai dingin apalagi dicampur es. Kandungan kafein di dalam teh akan menjadi sangat aktif disaat air telah menjadi dingin.







3. Jus Lemon

Rasa mual akan dapat ditekan dengan mengonsumsi campuran antara lemon dengan gula di dalam sebuah minuman jus lemon. Dengan mengonsumsi jus ini juga maka akan membantu di dalam mengembalikan energi tubuh yang telah hilang setelah terjadinya muntah pada ibu hamil. Tetapi harus diwaspadai jika ibu hamil memiliki riwayat penyakit maag ataupun gangguan lambung lainnya. Hindari meminum jus lemon ini disaat perut masih kosong. Minumlah jus lemon ini setelah makan nasi atau setelah mengonsumsi makanan berat lainnya.



4. Air Kelapa Muda

Mengonsumsi air kelapa muda tidak hanya membantu di dalam menekan rasa yang tidak nyaman pada bagian perut. Tetapi juga akan berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang telah hilang setelah terjadinya muntah. Kandungan ion yang berlimpah dalam air kelapa muda sangat bagus untuk mencegah dehidrasi, sehingga tubuh pun kembali segar. Selain itu, air kelapa muda juga memiliki rasa yang khas, yang mampu meredakan rasa mual, sehingga bisa mengurangi frekuensi muntah.








Nah, itulah beberapa minuman pereda rasa mual muntah pada ibu hamil. Selain itu masih ada minuman yang lainnya seperti minuman bersoda, tetapi minuman bersoda ini sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena kandungan zat aditif yang ada di dalamnya disinyalir memiliki efek samping negatif terhadap janin. Jadi, jika memang rasa mual itu bisa dikurangi dengan minuman yang alami, mengapa harus mengonsumsi yang buatan.

Bagaimana pun, yang alami jauh lebih baik, kan?


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Meirida Blog - Review dan Lifestyle . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id