Thursday, December 27, 2018

sumber: hspirit.com

Bagi sebagian orang, makan enak di akhir bulan itu hanya impian. Kebanyakan mengeluh uang bulanan sudah menipis dan hanya bisa pasrah menunggu waktu gajian tiba. Akhirnya jatah makanlah yang harus dihemat agar bisa bertahan hidup sampai bulan berikutnya.


Dengan jatah anggaran untuk makan yang tinggal sedikit tersebut, sepertinya sulit ya untuk bisa makan dengan menu lezat? Padahal, ada banyak strategi yang bisa dipakai agar tetap bisa makan enak dan hemat di akhir bulan lho. Ada baiknya sobat simak terlebih dahulu beberapa tips di bawah ini.

Siasat Makan Hemat namun Tetap Enak di Akhir Bulan



Cobalah untuk Berkreasi dengan Masakan Sendiri

sumber: cdn.idntimes.com

Makan enak biasanya diidentikkan dengan makanan mahal di restoran atau menu kekinian di kafe tempat nongkrong favorit. Terkadang ada satu menu yang menjadi andalan ketika menyambangi tempat-tempat makan itu dan sobat idam-idamkan saat akhir bulan. Nah, jika sudah hafal dengan bentuk makanan favorit tersebut dan rasanya, mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah?

Memasak sendiri di rumah tentu akan lebih menghemat uang dibanding harus jajan di luar. Sobat tinggal membeli bahan-bahan yang dibutuhkan lalu mencontek resep masakan yang kini banyak berseliweran di internet. Selain murah, ada kepuasan tersendiri saat mengetahui bahwa rasa masakan sobat bisa sama enaknya dengan menu favorit di restoran. Hal ini tentu juga akan bisa jadi mood booster di akhir bulan meski belum gajian.

Jika sobat tidak terbiasa memasak, justru inilah saatnya mengasah keterampilan demi berhemat. Mulailah dengan mencoba menu yang sederhana, sandwich misalnya. Sobat tinggal menggoreng telur dan sosis atau daging ham sebagai isian, lalu menambahkan selada dan tomat serta saus di antara tumpukan dua roti tawar sebagai pelengkapnya. Atau, coba juga untuk memasak nasi dan lauk sederhana seperti sup ayam. Selain enak dan murah, dengan bahan yang dibeli sendiri sobat bisa memasaknya untuk beberapa porsi sekaligus.


Bawalah Hasil Masakan Sobat Sebagai Bekal ke Tempat Kerja


Setelah lancar memasak, coba bawa bekal makanan tersebut ke tempat kerja. Dengan demikian, sobat akan lebih menghemat anggaran untuk makan siang. Selain itu, bekal yang dibawa tentu lebih sehat dan higienis. Jika ada rekan kerja yang bertanya, katakan dengan bangga bahwa makanan tersebut adalah hasil masakan sendiri. Siapa tahu mereka kemudian tertarik untuk mencicipi. Jika kemudian masakan sobat diakui kelezatannya, itu bisa menjadi peluang sobat untuk mencoba berbisnis makanan, lho.


Selalu bawa bekal minuman dalam botol milik sendiri
sumber: i.pinimg.com
Jika dicermati, sebenarnya yang menyumbang harga mahal di restoran atau tempat makan kebanyakan adalah harga minumannya. Nah, siasat yang satu ini bisa sobat terapkan untuk berhemat. Dengan demikian, sobat tak perlu takut anggaran membengkak jika ada yang mengajak makan di luar saat akhir bulan karena telah membawa minuman sendiri. Tak usah merasa malu, katakan saja jika sobat sedang memulai gaya hidup sehat. Pada kenyataannya, air putih yang dimasak sendiri di rumah memang lebih menyehatkan dan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh sehari-hari.

Sediakan mi instan untuk berjaga-jaga 

sumber: loop.co.id
Nah, kalau yang satu ini, hampir semua orang pasti setuju. Mi instan selalu menjadi menu yang tidak pernah gagal memuaskan lidah, harganya pun murah. Apalagi kini telah ada bermacam rasa yang unik seperti rasa rendang, sambal goreng, salted egg, dsb. Tak ada salahnya memilih mi instan saat akhir bulan untuk menyiasati anggaran. Namun, sebaiknya jangan terlalu mengandalkan menu mi instan agar sobat tidak kekurangan nutrisi. Seminggu dua kali sudah cukup untuk bisa makan mi instan enak. Cara lain, sobat bisa menambahkan bahan tambahan seperti telur dan sayuran agar gizinya tetap terjaga.

Manfaatkan promo KFC terbaru dari Shopback 

sumber: momtraveler.com

Terbayangkah sobat bahwa di akhir bulan masih bisa menikmati menu istimewa seperti olahan ayam lezat dari KFC? Namun, bagaimana dengan anggaran belanja yang menipis? Tenang saja, jika mau sedikit rajin mencari, kini ada banyak promo potongan harga murah berseliweran di internet. Salah satunya bisa sobat cek di https://www.shopback.co.id/kfc

Selain informasi tentang promo KFC terbaru, sobat juga bisa mengecek promo dari gerai makanan lain yang akan membantu penghematan di akhir bulan. Apalagi jika berbelanja online melalui Shopback, sobat berkesempatan mendapat cashback tiap kali habis transaksi. Wah, sangat menguntungkan bukan?

Perhitungkan anggaran makan sejak awal bulan

sumber: moneycrashers-com

Saat menerima gaji di awal bulan, sebaiknya sobat sudah memperkirakan dan memisahkan berapa anggaran yang akan dipakai untuk makan ataupun kebutuhan lain. Jika sudah dipisah, konsistenlah dengan rancangan anggaran tersebut. Jangan hanya karena lapar mata lalu sobat menghabiskan sebagian besar gaji di awal untuk hal yang tidak perlu. Jika bisa berhemat di awal bulan, saat akhir bulan tiba sobat tidak akan khawatir dan bahkan bisa menikmati makan enak karena uang gaji masih banyak tersisa.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk menyiasati anggaran makan di akhir bulan. Sebenarnya, kunci utama makanan itu terasa enak atau tidak ada pada rasa syukur kita terhadap makanan. Bersyukurlah jika sobat masih bisa makan hari itu, meski dengan menu yang sederhana. Ada banyak orang di luar sana yang mungkin tidak bisa makan sama sekali. Selain itu, jangan membuang-buang makanan yang sudah tersedia karena mendapatkannya tidaklah mudah. Selamat mencoba, ya!





Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Meirida Blog - Review dan Lifestyle . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id