Follow Us @soratemplates

Sunday, December 23, 2018

Peran Penting Venture Capital bagi Startup Pemula



Halo, Sobat.

Pernah mendengar istilah Venture Capital?

Venture Capital (VC) merupakan lembaga keuangan permodalan yang mentargetkan perusahaan pemula atau yang dikenal sebagai perusahaan startup. Permodalan yang diberikan dalam bentuk dana yang akan dikelola secara manajerial dan diawasi oleh lembaga ini. VC memperoleh dana untuk dialokasikan dari para investor yang kemudian disebut Limited Partners (LP). Peran lembaga ini sangat penting dalam dunia permodalan bagi perusahaan pemula.

Cara kerjanya bagaimana, ya?


Berikut Alur Peran Venture Capital bagi Startup


Cara kerja lembaga ini sederhananya adalah sebagai berikut: investor meminjamkan dana kepada VC. VC kemudian mencari perusahaan startup yang layak untuk didanai dan tidak menutup kemungkinan perusahaan akan mendapat intervensi. Tujuannya agar perusahaan startup berhasil mengembalikan modal yang telah diberikan menjadi sebuah investasi jangka panjang kepada para investor (LP). Adapun berikut ini alur peran venture capital bagi para perusahaan startup.

1.     Rancangan Bisnis
Lembaga permodalan ini dapat menemukan perusahaan startup melalui rancangan bisnis yang diajukan oleh perusahaan startup yang membutuhkan permodalan. Proses seleksi akan memakan waktu kurang lebih satu bulan untuk memperoleh perusahaan startup yang dianggap layak mendapatkan sejumlah modal. Peran lembaga ini kemudian melihat potensi sebuah perusahaan startup dan meminimalkan probabilitas resiko yang terkandung dalam usaha agar modal perusahaan dapat kembali ke investor (LP).

2.     Due Dilligence dan Dokumen Perjanjian
Due Dilligence merupakan tahap dimana perusahaan startup yang lolos akan mendapat banyak evaluasi bisnis, wawancara, beserta detail lainnya terkait kelayakan bisnis startup dan prospeknya. Keseriusan perusahaan pada due dilligence akan menjadi pertimbangan oleh venture capital.Selanjutnya perusahaan startup yang lolos akan mendapat dokumen perjanjian untuk disetujui. Kontrak dapat dinegosiasi bersama agar kedua pihak yakni perusahaan dan VC mendapatkan keputusan terbaik.

3.     Investasi Tahap Seed Capital
Investasi pertama yang akan diberikan kepada perusahaan startup berupa investasi pendanaan untuk riset pasar terhadap produk perusahaan startup. Riset pasar dibutuhkan untuk menganalisa potensi produk di pasar dan skala kebutuhannya atau permintaan produk tersebut. Aspek ini perlu dilakukan riset agar produk yang ditawarkan ke pasar nantinya tidak flop atau tidak laku beserta rencana pengembangannya. Sejumlah modal tahap seed akan diberikan sebagai upaya mengenalkan produk kepada pasar.

4.     Investasi Tahap Startup Capital
Merupakan tahap investasi untuk perusahaan yang menghasilkan produk dan sudah memperoleh hasil. Pendanaan diberikan selain berkaitan untuk riset juga untuk mengoptimalkan performa produk. Ini bertujuan untuk menghasilkan produk terbaik sehingga mendapatkan atensi pasar dan menggaet sejumlah konsumen potensial yang dapat mengembalikan modal awal.

5.     Investasi Tahap Early Stage dan Expansion Capital
Early stage merupakan investasi untuk perusahaan yang sudah berjalan kurang lebih selama 3 tahun. Pendanaan digunakan sebagai optimalisasi produktivitas perusahaan dan meningkatkan efisiensi perusahaan untuk bekerja lebih baik. Sedangkan expansion capital adalah investasi diberikan oleh venture capital kepada perusahaan startup yang sudah berjalan dan beroperasi cukup stabil. Peran pendanaan dan intervensi VC akan berfokus pada optimalisasi sektor pemasaran perusahaan tersebut.

Itulah pentingnya VC bagi perusahaan startup sebagai sumber pendanaan serta membantu efisiensi operasi perusahaan. Perannya yang sangat vital akan membantu perusahaan startup untuk berkembang. Salah satu venture capital yang beroperasi di Indonesia adalah Convergence Ventures yang telah berpengalaman dalam membangun dan tumbuh bersama berbagai perusahaan startup di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Ingin tahu lebih banyak tentang Convergence Ventures?

Silahkan kunjungi  convergencevc.com, ya. Link itu merupakan website resmi Convergence Ventures untuk Sobat mengenal lebih dekat Convergence Ventures VC.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.