Sunday, January 28, 2018

Tips Packing Praktis untuk Perjalanan Dinas




Hola !

Pernah menerima instruksi dadakan untuk tugas ke luar kota gak, gais ? Semacam perjalanan dinas gitu, lho.

Aku pernah.
Pertama kali mengalaminya, waktu itu aku langsung panik, karena belum packing, dan tidak punya persiapan apa pun. Bawa pakaian yang mana ? Trus selain pakaian apa aja yang harus dibawa ?

Mau protes ke pimpinan pun percuma, sebagai bawahan bisa apa sih, selain ngomel sepanjang jalan dari kantor hingga rumah. Hahaha.

Berbekal pengalaman yang super crowded itu, aku bikin catatan kecil, agar next time jika bos kasih instruksi dadakan lagi aku siap.

Hal-hal yang harus dipastikan sebelum pergi perjalanan dinas.

- Agenda kegiatan apa
Pastikan dulu agenda kegiatan selama di luar kota itu apa ? Acara formal atau non formal. Ini penting diketahui agar bisa prepare jenis pakaian yang dibawa. Jangan sampai nanti salah kostum pas di acaranya. Malu-maluin banget, kan ?

- Berapa lama perjalanan dinas berlangsung
Ini tidak kalah penting, karena berhubungan dengan jumlah pakaian yang akan dibawa. Acara untuk seminggu, ga mungkin bawa pakaian cuma 3 pasang. Apa iya, underwearnya harus side by side ? Hahaha.

- Di kota mana acara berlangsung, disediakan penginapan atau tidak.
Beda daerah biasanya beda cuacanya ya, gais. Makanya perlu banget tahu di mana tempat acara diadakan. Jangan sampai kejadian yang aku alami dulu terulang sama kamu, lho.

Waktu disuruh bos untuk ikut meeting ke kantor pusat, akunya langsung berangkat tanpa memastikan tempatnya di kantor atau di tempat lain. Dan bener aja, ternyata meetingnya di Puncak, disalah satu villa milik direktur.

Untuk tidur kamar dan kasur sih udah ada, tapi ga ada selimutnya. Ya sutra, lengkaplah penderitaan. Aku ga bawa selimut sama sekali. Sukses deh menggigil kedinginan dari malam sampe pagi. Hahaha.

Setelah memastikan tiga hal di atas, selanjutnya adalah packing.

Agar packingnya berjalan lancar, lakukan langkah-langkah berikut, ya.

- Pisahkan pakaian atasan dan bawahan. Sebisa mungkin bawa atasan yang warnanya bisa untuk saling mix and match dengan bawahan, sehingga bisa mengurangi jumlah bawahan yang dibawa.
- Pilah pakaian berdasarkan agenda acara.
- Letakkan toiletries dan kosmetik dalam tempat khusus yang kedap air.
- Susun rapi di dalam koper atau tas. Bahan yang tidak mudah kusut sebaiknya digulung dengan tujuan menghemat ruang. Sedangkan bahan yang mudah kusut dilipat rapi, dan letakkan dibagian atas tumpukan baju.
- Letakkan barang-barang yang berat di bagian paling bawah.
- Yang paling sering digunakan letakkan pada bagian terluar.
- Jangan lupa, bawa kantong plastik untuk meletakkan pakaian kotor.
Nah, demikian tips packing praktis untuk perjalanan dinas dari aku. Ada yang mau nambahin ?

Feel free to comment, guys.






No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.