Tuesday, January 23, 2018


Aira termasuk tipikal picky banget soal makanan untuk bekal ke sekolah. Maunya yang gak bikin kotor tangan, gak basah alias berkuah dan mudah dikunyah. Karena gigi susunya udah banyak yang lepas. Dan juga karena waktu istirahat mereka memang tidak lama. Makanya menu favorit dia, kalo nggak nasi goreng, ya, mie goreng. Tapi nggak mungkin juga tiap hari itu-itu aja, kan.

Sebagai ibu apa lagi yang bisa dilakukan selain putar otak ? Hehehe. Demi bekal sehat si buah hati, aku pun bereksperimen di dapur kecil kami.

Kunci utama dalam menyiapkan bekal ini adalah sehat dan simple. Karena aku harus menyiapkan bekal untuk ayahnya juga. Jadi kalau waktu tersita banyak diproses pembuatan bekal Aira, bisa-bisa ayah puasa makan siang. Iya kalo si ayah beneran puasa. Lha, kalo dia bikin pilihan lain, semisal jajan di luar ? #EhGimana.

Jadi yang buatnya cepat, dan hasilnya juga pasti sehat. Itu yang terpenting.

Setelah bereksperimen seharian, akhirnya aku dapat tiga macam menu yang simple dan sehat untuk Aira.

Apa aja, ya.
Yuk, ikutin aku.

3 Menu Bekal Anak yang Simple dan Sehat.

1. Roti Lapis Suka Hati



Bahan :
* Roti tawar, 2 lbr
* Telur, 1 butir
* Selada, 1 lembar
* Mentega, secukupnya

Cara membuat :
* Ambil telur, pisahkan putih dan kuningnya.
* Buat telur ceplok dari putih telur.
* Buat telur dadar dari kuning telur, gulung dan iris kecil.
* Oleskan mentega ke roti tawar pada semua sisi.
* Panggang roti tawar hingga berwarna kuning muda.
* Susun roti tawar, telur ceplok, dan selada membentuk lapisan. Masing-masing lapis oleskan saus tomat, saus sambal dan kecap.
* Panggang kembali hingga berwarna coklat muda
* Taburi irisan telur dadar
* Siap masuk kotak bekal.

2. Nasi Gulung Crispy



Bahannya :
* Nasi hangat
* Wortel, telah direbus, diiris panjang
* Timun, diiris panjang
* Sosis, telah digoreng, diiris panjang
* Tepung bumbu crispy
* Air secukupnya
* Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
* Lumuri nasi dengan sedikit garam, aduk hingga rata
* Hamparkan nasi di atas plastik sambil ditekan-tekan.
* Susun memanjang wortel, timun dan sosis di atas nasi.
* Gulung nasi, hingga semua bahan terbungkus, kemudian potong. Tebalnya sesuai selera, ya.
* Campurkan tepung bumbu crispy dan air, hingga kekentalannya pas. Jangan terlalu encer, tidak pula terlalu padat. Aduk rata.
* Celupkan potongan nasi gulung ke dalam tepung, goreng dengan api sedang hingga coklat keemasan.
* Siap masuk bekal.


3. Sate Sosimi



Bahan :
* Mie telur
* Bawang merah
* Bawang putih
* Merica bubuk
* Garam
* Kentang, goreng, potong dadu
* Wortel, rebus, potong dadu
* Timun, potong dadu
* Sosis
* Telur
* Minyak untuk menggoreng
* Tusuk sate

Cara membuat :
1. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
2. Rebus mie telur hingga cukup lunak, angkat dan tiriskan, lumuri dengan minyak goreng, aduk hingga rata.
3. Tumis bawang yang sudah dihaluskan tadi hingga harum, tambahkan sedikit air, masukkan mie, bubuhi merica bubuk dan garam. Aduk- aduk hingga airnya kering.
4. Lilitkan mie ke sosis siap makan, celupkan ke telur yang sudah dikocok. Goreng dengan api sedang. Angkat dan potong menjadi 3-4 bagian
5. Tusuk dengan tusuk sate, selang-seling dengan kentang, wortel dan timun.
6. Siap masuk bekal.

Nah, itulah hasil kreasi mak-mak yang tak sudi rempong ini. Hahaha.
Mbuhlah. Yang penting sehaaat.
Yang penting simpeeel.
Yang gak kalah penting lagi anaknya suka.

Kalo mak-mak yang lagi baca ini nyiapin apa untuk bekal anak ?



6 komentar

Wah bahannya sederhana tapi bs dibikin menarik gt ya mbak. Cocok buat anak GTM. harus disimpan niiih. Buat contekan kedepan hihi :D Sate sosimi pasti anak sy suka. Secara dia suka sosis :) makasih mba sudah sharing.

REPLY

Alhamdulillaah, walo pun bentuknya rada2, tp rasanya enak lho, kata anak saya. Hahaha
Btw ... Anak GTM itu apaan mbaaa ?
*asli kudet*

REPLY

noted, tiap hari sy juga siapin bekal buat anak :)

REPLY

bisa ditiru nih bwt bekal aisyah nanti klo sekolah

REPLY

Pengen coba nasi gulungnya. Kayaknya enak dan komplit.

REPLY

wah kreatif menunya, mbak. anak-anak kadang memang suka sama makanan yang bentuknya lucu-lucu yaa

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

adv

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id