Sunday, January 21, 2018


Hai, gais.

Untuk kategori food kali ini aku mau membawa kamu untuk mencicipi menu khas dari Sumatera Barat. Untuk sebagian orang-orang di luar Sumatera, Sumatera Barat lebih identik dengan Padang, ya. Makanya orang Sumatera Barat pun disebut juga orang Padang. Padahal Sumatera Barat mah bukan Padang doang, ya, kan.

Selain itu, sebagian besar orang juga sering mengidentikkan masakan-masakan Padang itu dengan masakan yang tinggi kolesterol. Karena kebanyakan masakan itu diolah dengan menggunakan santan yang kental. Hayo, pasti sudah akrab dengan nama-nama masakan Padang seperti rendang, kalio, gulai cincang, dan pangek. Kalo kamu sering mengunjungi rumah makan Padang pasti ketemu deh dengan masakan-masakan yang aku sebutkan tadi.

Tapi, sebenarnya ada lho masakan dari Sumatera Barat yang juga gak kalah lezatnya dari masakan-masakan berlemak tadi. Yaitu Asam Padeh atau Asam Pedas.

Masakan ini diolah tanpa santan sehingga bebas kolesterol atau lemak jahat sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi menjadi lauk sehari-hari bagi penderita tekanan darah tinggi.

Lauk yang sering diolah dengan menggunakan bumbu Asam Pedas ini bisa bermacam-macam. Mulai dari ikan laut seperti tongkol, sotong, kerang, hingga ikan air tawar seperti ikan nila, ikan mas, gurami, gabus, patin, lele dan banyak lagi. Bahkan daging sapi pun juga bisa dimasak dengan bumbu Asam Pedas ini.

Untuk urusan mengolah dapur, urang awak ini memang terkenal sangat piawai mengolah beragam bumbu menjadi masakan yang menggiurkan. Salah satunya ya Asam Pedas ini. Aromanya segar, dan rasa asam dari asam kandisnya terasa pas di lidah dan aman di lambung. Cocok di makan saat cuaca panas atau pun dingin.

Nah, di weekend yang cerah ini aku akan berbagi resep Asam Pedas Ikan Tongkol ala keluarga kami.


Bahan :
750 gr                    Ikan tongkol                       (potong-potong sesuai selera)
250 gr                    Kentang                               (belah dua)
1200 ltr                  Air
--                            Garam                                  (secukupnya)

Bumbu dihaluskan :
50 gr                      Cabe Merah                       (bisa ditambah sesuai selera)
50 gr                      Bawang merah
30 gr                      Bawang putih
30 gr                      Jahe
1 ruas                    Lengkuas
2 butir                   Kemiri

Bumbu pelengkap :
1 btg                      Serai                                      (Memarkan)
1 lbr                       Daun kunyit
1 lbr                       Daun salam
3 lbr                       Daun jeruk
1 ptg                      Asam Kandis

Cara Membuat :
1.       Campurkan bumbu halus, air dan bumbu pelengkap, masak hingga mendidih
2.       Masukkan kentang, tunggu hingga setengah empuk
3.       Masukkan ikan
4.       Tambahkan garam sesuai selera
5.       Biarkan hingga ikan dan kentang matang.
6.       Angkat dan sajikan

Gimana, gais ?
Cara membuatnya cukup mudah, kan ?
Ga perlu minyak goreng, lho. Jadi pastinya irit juga.
Udah sehat, irit lagi. Waaah ... menu idaman para ibu nih.

Duh, jadi laper.

Oh ya, selain rendang masakan Padang yang kamu kenal apa aja, nih, gais ?







8 komentar

Ini makanan favorit saya, asam padeh. Ternyata tanpa santan buatnya. Terima kasih buat resepnya.

REPLY

Aiiihh, pas siang-siang begini baca makanan lagiih, bikin lapeerrrr... Makasih resepnya ya mba, semoga simbak di rumah bisa bikin ;)

REPLY

Suka asem padeh sayaaa...Anak-anak ayam pop dan ayam bakarnya. Juga telur dadar yang berbumbu itu. Syedaaap!
Makasih resepnya Mbak..nanti bisa dicoba nih:)

REPLY

Mbak Meridaaa.. Itu tongkolnya gak asin khan yaa? Waktu merantau ikan tongkolnya segar banget, disini gak ada ikan tongkol segar, adanya udah jadi pindang tongkol hiiiks

REPLY

Aku mau nyoba masakan ini kapan kapan ah...kayaknya enak nih.sesuai seleraku yang suka pedes

REPLY

Ayo mba cobaik yuk. Beneran enak lho

REPLY

Ga mba dira. Itu tongkol segar. Kalo tongkol asin kurang pas untuk di asam pedas, enaknya di bumbuin cabe ijo. Nah... Next time aku tulis itu ya

REPLY

Wah, ternyata ada masakan padang yang gak bersantan. Perlu dicoba nih. Kalau aku biasanya bikin tongkol kuah tapi bumbunua gak diulek, jadi cuman diiris aja.

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id