Tuesday, January 30, 2018



Kesibukan mengurus anak dan rumah tangga kerap dijadikan alasan oleh sebagian ibu rumah tangga untuk tidak melakukan perawatan khusus bagi dirinya. Ditambah lagi dengan penghasilan suami yang pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari. “Boro-boro untuk perawatan ke salon, bisa ganti celana dalam yang sobek aja udah syukur !” tandas seorang ibu disebuah kolom komentar.

Sssst ... gak perlu emosi, bu. Celana dalam sobek tetap bisa dijahit, kan ? Tapi kalau suami minggat karena istrinya gak pandai merawat diri lebih berabe, kan ?

Merawat diri itu kan butuh modal, mbak.


Ah ... kalo dasarnya si suami suka main mata mah, mau yang di rumah bening kayak kaca pun tetap aja selingkuh !

Begituuuu terus sampai ayam jantan bertelur.

Kalau di pikiran kita yang tertanam adalah pikiran yang negatif, apa pun saran dan solusi disarankan ya hasilnya bakal negatif ya, Mak. Belum juga dikasih saran, eh ... udah menolak duluan. Itu namanya menyerah sebelum mencoba. Kalau mak-mak emang pada dasarnya mau merawat diri, singkirin deh tuh semua pikiran negatif. Toh kita merawat diri bukan untuk orang lain, kan. Kalau tubuh kita terawat, yang bahagia sebenarnya adalah kita sendiri lho, Mak. Cobain deh kalo gak percaya.

Tapi gimana caranya ? Uang dari suami pas-pasan banget, gimana mau perawatan ?

Aku punya solusi yang jitu untuk mak-mak semua. Tetap bisa cantik terawat tapi tetap bisa berhemat. Hmm ... pasti jadi kepo, kan.

Merawat Kecantikan Kulit dengan Bumbu Dapur

Pakai bumbu dapur ? Beneran nih, bisa ?

Iya, Mak. Bumbu dapur yang sering kita gunakan sehari-hari dalam memasak sebenarnya bisa banget digunakan untuk merawat kecantikan. Asalkan mau bersabar dan telaten dalam memakainya, 8 bumbu dapur berikut terbukti mampu membuat kecantikan waktu gadis dulu kembali lagi.
Penasaran apa saja bumbu dapurnya ? Check this out ya, Mak.

1.       Merica
Bumbu yang identik dengan rasa pedas dan panas ini selain cocok sebagai bumbu aneka masakan, juga berkhasiat banget untuk menghilangkan komedo.
Ingin kulit mulus bebas komedo, yuk ... mari kita buat scrub dari merica ini. Caranya, haluskan bubuk merica terlebih dahulu, kemudian campurkan dengan plain yogurt secukupnya. Oleskan secara merata pada bagian berkomedo. Diamkan beberapa saat kurang lebih 7 menit. Hindari menggunakan merica bubuk instant ya, Mak. karena biasanya merica bubuknya sudah gak original lagi alias udah dicampur dengan tepung. Ntar khasiat mericanya jadi gak maksimal.

2.       Jahe
Sebenarnya jahe udah cukup familiar ya digunakan untuk obat diet. Tetapi selain itu jahe sebenarnya juga berkhasiat untuk membersihkan kulit secara mendalam apa lagi untuk mak-mak yang memiliki jenis kulit berminyak.
Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup oleskan irisan jahe langsung di permukaan kulit yang ingin dirawat. Diamkan sekitar 15-20 menit sampai semua sari-sari jahe itu meresap ke kulit. Setelah itu seka dengan handuk basah.

3.       Kunyit
Mirip dengan jahe, kunyit juga bukan hal yang asing lagi dalam urusan diet. Tetapi selain untuk melangsingkan tubuh kunyit juga ampuh untuk menghilangkan kerutan dan juga mencerahkan kembali lingkaran hitam pada mata. Kandungan Vitamin C-nya yang tinggi membuat kunyit mampu melawan radikal bebas.
Cara menggunakannya, buatlah masker atau lulur dengan cara haluskan kunyit menjadi sebanyak 2 sdm. Kemudian campurkan dengan 1 sdm tepung beras, 1 sdm susu segar dan 1 sdm jus tomat. Oleskan hingga rata ke seluruh tubuh. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan rutin minimal 2x seminggu untuk hasil yang maksimal.

4.       Garam
Bagaikan sayur tanpa garam. Hambar ya, Mak. Hehehe. Semoga hidup kita tetap penuh rasa berkat adanya garam ini.
Tekstur garam yang khas ini ternyata bisa digunakan sebagai scrub badan untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati, dan juga dapat menghaluskan kembali tumit yang kering dan pecah-pecah.
Tuangkan 2-3 sdm garam ke dalam panci yang berisi air hangat. Rendamkan kaki sambil digosok-gosok dengan sikat atau batu apung. Kemudian diamkan selama 10 menit.
Untuk kulit yang kering, campurkan garam dan minyak zaitun kemudian gunakan sebagai scrub. Dan pastinya lakukan secara rutin ya, Mak. agar hasilnya maksimal.

5.       Cengkeh
Cengkeh ini multifungsi nih, Mak. Karena selain berguna sebagai bumbu dapur, cengkeh juga bisa digunakan untuk membersihkan kulit dan juga aroma terapi. Nah, lho ! Bermanfaat banget, yak.
Caranya rendam cengkeh dengan air hangat, kemudian oleskan ke wajah sebagai cleanser. Kandungan polifenolnya yang tinggi sangat bagus sebagai antioksidan kulit. Sedangkan aromanya yang khas sangat baik untuk aroma terapi.

6.       Pala
Pala bisa digunakan untuk merawat kulit yang mengalami inflamasi, iritasi atau peradangan akibat terbakar sinar matahari.
Campurkan bubuk pala dengan 1 sdt madu murni, kemudian oleskan pada kulit yang bermasalah, diamkan selama 20 menit. Maka rasa nyeri akibat iritasi itu akan berkurang. Selain itu noda-noda bekas jerawat juga ikut tersamarkan.

7.       Bawang putih
Bumbu dapur yang satu ini sangat kaya khasiat. Karena bisa menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, menghilangkan komedo, menyamarkan noda bekas luka dan juga bisa mencegah gejala penuaan.
Haluskan 1 siung bawang putih kemudian oleskan pada bagian-bagian yang ingin dirawat. Jika ingin hasil maksimal, gunakanlah pada malam hari.

8.       Gula merah
Percaya gak, Mak ? Gula merah juga bisa membuat kulit wajah semanis rasanya, lho. Orang-orang tua dulu kan jarang yang makeup-an tuh mak, tapi kulit mereka kok bisa mulus bin kinclong, ya. Ternyata salah satu rahasia mereka adalah scrub gula merah ini.
Gula merah kan manis. Kalo ntar dirubungi semut gimana ?
Gak perlu khawatir, Mak. ntar gula merahnya dicampur dengan madu murni, lalu oleskan pada wajah sambil dipijat. Khasiatnya bisa memperkecil pori-pori, lho. Cocok banget untuk kita-kita yang kulitnya berminyak ini.

Bagaimana, Mak ? Masih bilang perawatan kecantikan itu mahal ?
Enggak dong, ya. Sekarang solusi udah ada, gilirannya untuk aksi.
Ayok, Mak. Buruan, bikin kulit masa mudamu kembali agar suami gak berpaling ke lain hati.
Eeeaaa ...


========
Referensi : ledisia.com
========


12 komentar

Wah lengkap bamget, betul mbaa cantik nggak harus mahal asal kreatif. Barang di dapur pun bisa kita manfaatkan.

REPLY

Wah saya baru tahu kalo merica bisa menghilangkan komedo..

REPLY

Coba ah semuanya. Sempat kaget dengan judulnya. Salam kenal

REPLY

Wah asik bisa cantik pakai bumbu dapur. Miss sukai nih .praktek yg mana dulu ya

REPLY

Setuju. Jadi apa kabar dompet ? Aamaan. Hehehe

REPLY

Iya mbaaa, ternyata bisa.

REPLY

Wahahaha... Judulnya bikin yg punya salon naik tensi ya mbaak. Salam kenal juga mba, makasih udah mampir.

REPLY

Ayo miiiis, praktekin. Ntar share ke kita yaa

REPLY

Ternyata banyak banget ya Bumbu2 dapur yang bermanfaat buat merawat diri. Makasih tulisannya Mbaa, noted kalo suatu saat membutuhkan

REPLY

Wah beneran bisa dicoba nih...

REPLY

Aduuuuh...komedo komedo komedo. Mau nyoba deh. Aku bookmark ya, Mba. Lumayan nih daripada facial yang sakit banget itu huehe

REPLY

Aku pakai kalau kunyit, asam jawa, garam buat scrub,tapi kalau bawang outuh ngerih, mba. Pernah kulitku gosoooong perih karena panas. Efeknya justru berbekas sampai seminggu, kalau jahe&merica ngeri juga karena efeknya panas. Untuk gula merah belum coba,kayaknya ok

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

adv

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id