Sunday, October 7, 2018

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang PayPal

Hai, gaaisss. Sudah pernah dengar tentang PayPal belum?

PayPal adalah sistem pembayaran elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang. Mempunyai akun PayPal berarti sama halnya dengan memiliki rekening secara online yang dapat digunakan untuk membeli barang, menerima dana dari sesama pemilik rekening PayPal ataupun dari pemilik kartu kredit. Jadi PayPal itu kurang lebih sama dengan rekening bank, bisa membayar, mengirim ataupun menerima uang tetapi secara elektronik.

Jadi untuk kamu-kamu yang doyan transaksi belanja-belanji di e-commerce-nya luar negeri, aku saranin untuk buka rekening PayPal aja. Karena selain mudah, transaksi pembayaran dengan rekening PayPal juga lebih aman dari pada transaksi menggunakan kartu kredit.



Tapi, sebelum membuat rekening PayPal, ada 5 hal yang kamu harus ketahui tentang PayPal. Apa saja, ya ?

Check this out, gais.

1. Untuk membuat rekening Paypal tidak harus memiliki kartu kredit.


Nah, awal-awal berdirinya dulu, PayPal memang sedikit selektif nih, gais. Kita ga akan bisa membuat rekening PayPal kalo tidak punya kartu kredit berlogo Visa, Mastercard, Cirrus dan lainnya. Sekarang sih jauh lebih mudah. Cukup bermodalkan email yang valid dan bisa diakses kita sudah bisa membuat rekening PayPal sendiri. Nanti setelah akun selesai dibuat, akan ada menu tambahan untuk menautkan rekening Paypal dengan rekening bank lokal. Jadi, saldo yang ada di rekening PayPal bisa ditarik ke rekening bank lokal kapan saja.

2. Pastikan nama di rekening PayPal sama dengan nama yang ada di kartu identitas dan nama yang tertera di rekening bank lokal.

Membuat rekening PayPal memang sangat mudah ya, gais. Cuman modal email aja udah bisa. Tapi meski begitu tidak berarti dibikin mudah semua, sampai-sampai urusan nama pun dibuat asal-asalan. Ingat ya, gais. Ini akun untuk traksaksi keuangan, lho. Bukan untuk update status layaknya akun media sosial. Hehehe. 

Karena, jika nama yang kamu daftarin di rekening PayPal beda dengan nama yang ada di kartu identitas, maka siap-siap aja dengan resiko pinaltinya nanti. Pinaltinya apa? Lanjut di poin berikutnya, ya.

3. Wajib mengisi data 'Nama Depan' dan 'Nama Belakang'.

Duuuuh, dua kolom utama ini bener-bener neraka bagi orang-orang yang namanya terdiri dari satu kata sepertiku. Karena sudah pasti kolom 'nama belakang' ga bisa diisi, kan. 

Nah, karena belagak sok tau saat itu, untuk kolom 'nama belakang' ini pun aku isi sama dengan 'nama depan'. Jadinya, nama yang tertera di rekening PayPal itu 'Merida Merida'. Padahal nama yang terdaftar di rekening bank lokal hanya 'Merida' aja. Akibatnya, transaksi penarikan dana ke rekening bank lokal pun ditolak. Hiks...hiks...

Jadi, apa dong solusi bagi orang yang gak punya 'nama belakang'? 
  • Pecah nama kamu menjadi nama depan dan nama belakang. Contoh: Merida. Tuliskan 'Meri' di nama depan, dan 'da' di nama belakang.
  • Tambahkan Mr/Ms. Contoh: Nama Merida, jadi ditulis Ms. Merida. Di kolom nama depan tuliskan 'Ms', dan 'Merida' di kolom nama belakang.
  • Tuliskan tanda baca koma (,) pada kolom nama belakang

4. Penarikan dana yang gagal dikenai pinalti sebesar Rp50.000,-

Nyeseeeek banget pas ngalamin ini. Jadi waktu itu ada saldo sekitar $14 di rekening PayPalku. Mumpung nilai tukar dollar lagi tinggi, aku pun berniat mencairkannya ke rekening bank lokal. Kan lumayan banget, yah. Dan emang bener, waktu di konversi, dana yang $14 itu bernilai sekitar Rp188.000 setelah dipotong biaya sekitar nol koma sekian dollar. Its okay, lah. Pikirku saat itu. 

Setelah klik tombol pencairan dana, aku pun menerima notifikasi via email bahwa permintaan pemindahan dana sedang diproses, dan akan memakan waktu kurang lebih 2-4 hari.

Dua hari berselang, aku menerima email lagi, yang isinya "penarikan ditolak". Pas aku cek saldo rekening di PayPal, berkurang hampir $5 dollar, cuuuy. Duaduuuh.. sedihnya. Ilmu itu emang mahal, yah. Hiks...



5. Ganti nama rekening PayPal dengan melampirkan dokumen resmi.

Kalau sudah begini urusannya memang rada ribet ya, gais. Mau ga mau kita harus merubah nama di rekening PayPal. Tapi, seperti yang aku bilangin sebelumnya, inikan menyangkut tentang rekening ya, jadi urusan ganti nama ya jelas aja ga sesederhana ganti nama akun media sosial. 

Ada 3 pilihan perubahan nama di rekening PayPal ini. 
  • Pertama, mengganti nama karena perubahan status pernikahan. 
  • Kedua, mengganti nama dari nama panggilan menjadi nama lengkap yang sesuai dengan kartu identitas.
  • Ketiga, mengganti nama karena kesalahan penulisan. Khusus poin ini dibatasi hanya untuk perubahan 1-2 karakter saja. Misalnya, nama yang seharusnya 'Merida', tapi terketik 'Merryda'. Nah, jika kejadiannya seperti ini maka bisa gunakan opsi yang ketiga ini.
Yang pasti apapun opsi yang kamu ambil, harus melampirkan foto kartu identitas yang berlaku, dilengkapi dengan surat nikah, atau dokumen pendukung lainnya. Sssst ... pastikan image yang diunggah gak lebih dari 2MB ya, gais. Jadi sebelum unggah, kompres dulu imagenya di tinypng.com.


Nah, itulah 5 hal yang harus kamu ketahui tentang PayPal ini. 
Ada yang ingin ditambahkan, gais?
Silahkan drop di kolom komentar, ya.

2 comments:

  1. Selamat siang kak. Kenapa bisa ditolak pas penarikan Paypalnya ke rekening banknya? Apa ada kondisi yang mempengaruhi penarikannya gagal? Ini pertama kali aku pakai akun Paypal. Mohon bantuannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Selamat malam kak, saya mau ganti nama yang terdaftar di paypal bisa gak ya?

    ReplyDelete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.