Sunday, October 7, 2018

Hai, gaaisss. Sudah pernah dengar tentang PayPal belum?

PayPal adalah sistem pembayaran elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang. Mempunyai akun PayPal berarti sama halnya dengan memiliki rekening secara online yang dapat digunakan untuk membeli barang, menerima dana dari sesama pemilik rekening PayPal ataupun dari pemilik kartu kredit. Jadi PayPal itu kurang lebih sama dengan rekening bank, bisa membayar, mengirim ataupun menerima uang tetapi secara elektronik.

Jadi untuk kamu-kamu yang doyan transaksi belanja-belanji di e-commerce-nya luar negeri, aku saranin untuk buka rekening PayPal aja. Karena selain mudah, transaksi pembayaran dengan rekening PayPal juga lebih aman dari pada transaksi menggunakan kartu kredit.



Tapi, sebelum membuat rekening PayPal, ada 5 hal yang kamu harus ketahui tentang PayPal. Apa saja, ya ?

Check this out, gais.

1. Untuk membuat rekening Paypal tidak harus memiliki kartu kredit.


Nah, awal-awal berdirinya dulu, PayPal memang sedikit selektif nih, gais. Kita ga akan bisa membuat rekening PayPal kalo tidak punya kartu kredit berlogo Visa, Mastercard, Cirrus dan lainnya. Sekarang sih jauh lebih mudah. Cukup bermodalkan email yang valid dan bisa diakses kita sudah bisa membuat rekening PayPal sendiri. Nanti setelah akun selesai dibuat, akan ada menu tambahan untuk menautkan rekening Paypal dengan rekening bank lokal. Jadi, saldo yang ada di rekening PayPal bisa ditarik ke rekening bank lokal kapan saja.

2. Pastikan nama di rekening PayPal sama dengan nama yang ada di kartu identitas dan nama yang tertera di rekening bank lokal.

Membuat rekening PayPal memang sangat mudah ya, gais. Cuman modal email aja udah bisa. Tapi meski begitu tidak berarti dibikin mudah semua, sampai-sampai urusan nama pun dibuat asal-asalan. Ingat ya, gais. Ini akun untuk traksaksi keuangan, lho. Bukan untuk update status layaknya akun media sosial. Hehehe. 

Karena, jika nama yang kamu daftarin di rekening PayPal beda dengan nama yang ada di kartu identitas, maka siap-siap aja dengan resiko pinaltinya nanti. Pinaltinya apa? Lanjut di poin berikutnya, ya.

3. Wajib mengisi data 'Nama Depan' dan 'Nama Belakang'.

Duuuuh, dua kolom utama ini bener-bener neraka bagi orang-orang yang namanya terdiri dari satu kata sepertiku. Karena sudah pasti kolom 'nama belakang' ga bisa diisi, kan. 

Nah, karena belagak sok tau saat itu, untuk kolom 'nama belakang' ini pun aku isi sama dengan 'nama depan'. Jadinya, nama yang tertera di rekening PayPal itu 'Merida Merida'. Padahal nama yang terdaftar di rekening bank lokal hanya 'Merida' aja. Akibatnya, transaksi penarikan dana ke rekening bank lokal pun ditolak. Hiks...hiks...

Jadi, apa dong solusi bagi orang yang gak punya 'nama belakang'? 
  • Pecah nama kamu menjadi nama depan dan nama belakang. Contoh: Merida. Tuliskan 'Meri' di nama depan, dan 'da' di nama belakang.
  • Tambahkan Mr/Ms. Contoh: Nama Merida, jadi ditulis Ms. Merida. Di kolom nama depan tuliskan 'Ms', dan 'Merida' di kolom nama belakang.
  • Tuliskan tanda baca koma (,) pada kolom nama belakang

4. Penarikan dana yang gagal dikenai pinalti sebesar Rp50.000,-

Nyeseeeek banget pas ngalamin ini. Jadi waktu itu ada saldo sekitar $14 di rekening PayPalku. Mumpung nilai tukar dollar lagi tinggi, aku pun berniat mencairkannya ke rekening bank lokal. Kan lumayan banget, yah. Dan emang bener, waktu di konversi, dana yang $14 itu bernilai sekitar Rp188.000 setelah dipotong biaya sekitar nol koma sekian dollar. Its okay, lah. Pikirku saat itu. 

Setelah klik tombol pencairan dana, aku pun menerima notifikasi via email bahwa permintaan pemindahan dana sedang diproses, dan akan memakan waktu kurang lebih 2-4 hari.

Dua hari berselang, aku menerima email lagi, yang isinya "penarikan ditolak". Pas aku cek saldo rekening di PayPal, berkurang hampir $5 dollar, cuuuy. Duaduuuh.. sedihnya. Ilmu itu emang mahal, yah. Hiks...



5. Ganti nama rekening PayPal dengan melampirkan dokumen resmi.

Kalau sudah begini urusannya memang rada ribet ya, gais. Mau ga mau kita harus merubah nama di rekening PayPal. Tapi, seperti yang aku bilangin sebelumnya, inikan menyangkut tentang rekening ya, jadi urusan ganti nama ya jelas aja ga sesederhana ganti nama akun media sosial. 

Ada 3 pilihan perubahan nama di rekening PayPal ini. 
  • Pertama, mengganti nama karena perubahan status pernikahan. 
  • Kedua, mengganti nama dari nama panggilan menjadi nama lengkap yang sesuai dengan kartu identitas.
  • Ketiga, mengganti nama karena kesalahan penulisan. Khusus poin ini dibatasi hanya untuk perubahan 1-2 karakter saja. Misalnya, nama yang seharusnya 'Merida', tapi terketik 'Merryda'. Nah, jika kejadiannya seperti ini maka bisa gunakan opsi yang ketiga ini.
Yang pasti apapun opsi yang kamu ambil, harus melampirkan foto kartu identitas yang berlaku, dilengkapi dengan surat nikah, atau dokumen pendukung lainnya. Sssst ... pastikan image yang diunggah gak lebih dari 2MB ya, gais. Jadi sebelum unggah, kompres dulu imagenya di tinypng.com.


Nah, itulah 5 hal yang harus kamu ketahui tentang PayPal ini. 
Ada yang ingin ditambahkan, gais?
Silahkan drop di kolom komentar, ya.

28 komentar

Aku belum pernah punya PayPal Mbak..Tapi suami pernha punya pas kami tinggal di Maerika dulu. Sekarang sih enggak dipakai lagi hihihi..
Tapi baru tahu dari sini tips untuk solusi nama belakang. Karena memang selalu ada kolom nama depan dan belakang. Padahal orang Indonesia ada juga yang bernama tunggal dan kita bukan seperti orang bule yang namanya ada nama keluarganya di belakang :)

REPLY

Kayanya saya pernah bikin juga, tapi untuk ngecek gimana caranya ya?

REPLY

Setahu saya, urusan dengan perbankan memang harus menggunakan kartu identitas. Karena segala transaksi harus sesuai dg data tsb. Gitu kan Mba?

REPLY

Ahhh makasih infonya. Baru tau kl skrg udah bisa tanpa CC.

REPLY

Woow thank you mbak info tentang Paypal ini. Selama ini belum punya paypal sendiri, seringnya nebeng suami ihihihi. Ternyata ga susah ya buat paypal ini

REPLY

Saya punya mba. Tapi pake paypay bikin saya pusing wkwkwk. Lebih enak transfer atm biasanya. Mungkin pusing karena belum tetbiasa hihihi

REPLY

Wah infonya lengkap banget nih. Dari dulu aku penasaran gimana caranya bikin aku paypal. Tapi mau bikin juga blm tau mau buat apa hahaha. Aku bookmark dulu ya mba.

REPLY

Bener Mbak Dian. Makanya cukup membingungkan bagi org dengan nama tunggal. Karena kolom nama belakang itu wajib diisi, ga boleh kosong. Makanya kejadian samaku, waktu belum tau rulesnya, kolom nama belakang aku repeat nama depan aja. Eh ... Efeknya jadi gagal narik dana deh. Hihi.

REPLY

Coba login di paypal[dot]com aja Mbak. Kalo emang pernah buat, pasti datanya terbaca.

REPLY

Bener banget Mbak. Cuma karena Paypal ini rekening online, kadang-kadang ada sedikit kekhawatiran jika harus memberikan data asli. Untungnya transaksi di Paypal ini aman.

REPLY

Bisa Mbak. Pake email aja bisa jadi kok. Aku udah buktiin sendiri 😊

REPLY

Iya Mbak Sin. Ga susah kok, malah mudah banget sih menurutku.

REPLY

Pake PayPalnya untuk transaksi mata uang asing aja bun yen. Misalnya ada job artikel dr bule, nah mereka kan bayar pake dollar, biar transaksi kita cepat pakenya PayPal.

REPLY

Awal bikin dulu aku juga ga tau sih buat apaan Mbok. Tp siapa nyangka, takdir membawa blogku menerima job dr luar. Alhamdulillaah, ketika klien minta no rek Paypal aku udah ready. Hihi. Hayok, buat Mbok. Dirimu kan banyak jobnya.

REPLY

Masak sih, mbak, nggak perlu CC, verifikasi nya kan pakai CC. CC-ku lama dah expired, dan itupun konfirm ulangnya musti pakai CC, ga bisa sekedar rekening bank

REPLY

Weh, ternyata gampang banget ya. pengin bikin juga ah, buat beli tempalte kan mayan nih, cakep2 soalnya.

REPLY

Jadi tahu trik menambahkan nama jika hanya memiliki nama tunggal. Makasih infonya mbak.

REPLY

beneran mbaaak. aku udah buktiin sendiri. mungkin awal2 dulu emang harus pake CC ya, tapi aku sendiri buat akun paypal ini tahun 2016 udah ga pake CC lagi lho.

REPLY

Lha, punyaku kenapa ya? Konek rekening sih, udah, tapi tetep kalau verifikasi akun harus CC. Jadi ga bisa konek sama akun aku di lapak lain. Plus ga bisa narik dana jadinya
Punya mbak Merry bank mana, si mandi sendiri atau yg antrinya lama?

REPLY

Wah, aku gak ngerti tentang PayPal nih. Jadi tambah ilmu. Hehehe. Jadi ini pakai dollar ya. Wah, masih buta banget saiahh

REPLY

Dulu aku pernah buat tapi ga bisa gara2 harus pakai kartu kredit. Sekarang udah ga pakai kartu kredit yo mbak

REPLY

saya pake BCA MBak, dan bener-bener ga perlu verifikasi CC lho. Coba Mbak buat akun baru lagi deh, pake email yang berbeda, di Paypal[dot]com.

REPLY

Dollar itu mata uang utamanya Mbak. TApi ada pengaturan konversi kok Mbak. Kalau kita mau setiap uang yg masuk otomatis di konversi ke mata uang pilihan kita, tapi kena charge biaya gitu. CMIIW.

REPLY

Saya buat rekening PayPal ini tahun 2016 Mbak, saat itu ga pake kartu kredit.

REPLY

Bener Mbak, kalo mo trx pake dollar emang lebih nyaman dg PayPal ini. Cepat dan efisien sih menurutku.

REPLY

Punya kalo engga salah, akun paypal. Tapi lupa, dulu dipakai apa yah? Pernah kena phising uy gara² paypal. Coba saya cek lagi...

REPLY

kena phising mbak ? Wah, share ceritanya dong mbak, biar kita bisa hati-hati.

REPLY

sama-sama mbak.

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

adv

Meirida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id