Wednesday, September 26, 2018



Hai, Gais.

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh dunia internasional. Bahkan sudah terdaftar sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. Tapi sayangnya hingga saat ini masih banyak anak-anak muda yang merasa enggan memakai pakaian bermotif batik ini. Karena bagi mereka batik masih terkesan old fashion dan membuat penampilan mereka terlihat tua.

Meskipun bagi kebanyakan wanita batik sudah bisa dijadikan berbagai model gaun, tetapi tidak bagi pria. Selama ini para pria cenderung mengkombinasikan batik hanya dengan celana panjang formal. Makanya tidak heran kalau sebagian besar pria beranggapan bahwa batik itu adalah pakaian orangtua, karena jauh dari kata modis.
Padahal saat ini sudah banyak pilihan model pakaian batik untuk pria yang keren, stylish dan bisa dipadu-padankan dengan berbagai model celana panjang terbaru saat ini.

Sebelum memadu-padankan batik dengan celana panjang pria terbaru, sebelumnya harus tahu dulu nih, gais. Bagaimana sih model celana panjang pria di tahun 2018 ini?

Ada 8 jenis celana panjang pria yang disukai akhir-akhir ini, yaitu :
·         Celana panjang formal
·         Celana panjang khaki
·         Celana panjang corduroy
·         Celana panjang cargo
·         Celana panjang chino
·         Celana jeans
·         Celana drawstring
·         Celana jogger

Nah, bagaimana cara memadu-padankan batik dengan celana panjang pria ini?
Bagaimanakah pemilihan model dan motif yang cocok?
Penasaran? Check this out, yah.


Tips Padu Padan Batik dan Celana Panjang untuk Pria yang Berjiwa Modis


1.      Kemeja Batik Lengan Panjang dan Celana Panjang Formal

Padu padan yang pertama ini sudah seperti rumus baku dalam matematika. Memang padu padan ini adalah yang paling utama digunakan jika ingin menghadiri acara-acara formal. Tetapi untuk teman-teman yang berjiwa modis, hindari memilih celana panjang formal dengan lipitan ya, gais. Karena celana panjang formal dengan lipitan ini akan membuat tubuh tampak gemuk dan tua. Jadi pilihlah celana panjang formal yang flat tanpa lipitan.




Selain itu agar tidak terkesan tua dan old fashion, pemilihan motif batik harus diperhatikan. Nah, pilihlah batik dengan motif anak muda seperti motif parang dan fauna agar terlihat fresh.


2.      Kemeja Batik Lengan Pendek dengan Celana Panjang Khaki

Khaki atau khakis sebenarnya adalah nama turunan dari warna coklat yaitu campuran dari kuning dan coklat muda yang pada umumnya berwarna seperti pasir. Celana khaki merupakan salah satu celana panjang pria terbaru yang disukai akhir-akhir ini. Desainnya mirip dengan celana formal, hanya saja bahannya lebih skinny dan juga ukurannya tidak terlalu lebar pada bagian kaki.




Celana khaki ini cocok dipakai untuk acara formal dan semi formal seperti ke kantor ataupun pesta. Agar terlihat stylish, padankan dengan kemeja batik lengan pendek model slimfit atau pas body dengan motif Batik Pekalongan. Dijamin penampilanmu bakal terlihat muda dan gaya.


3.      Kemeja Batik Lengan Pendek dengan Celana Chino

Celana panjang chino adalah salah satu model celana panjang pria terbaru yang sangat digemari akhir-akhir ini. Celana chino ini terbuat dari bahan yang lebih sintetis dari pada celana khaki. Bentuknya menyempit ke bagian pergelangan kaki, dan warnanya pun lebih beragam mulai dari yang terang hingga gelap. Karena itu celana chino lebih banyak dipakai pada acara-acara non formal dan kasual.




Celana chino ini cocok dipadankan dengan batik modern atau batik dengan motif kombinasi. Pilihlah baju batik model slimfit agar terlihat modis.


4.      Kaos Batik dengan Celana Drawstring

Celana drawstring adalah celana yang cocok digunakan untuk bersantai karena biasanya terbuat dari bahan katun. Ciri khas celana ini adalah adanya ikatan tali pada bagian pinggangnya. Celana drawstring ini pas banget dipakai saat hangout dengan teman-teman. Oh, iya. Jangan memakai celana drawstring terlalu ketat ya, gais. Agar tetap nyaman saat beraktifitas. Nah, jika ingin memadankannya dengan batik, teman-teman bisa pilih batik berbahan kaos dengan motif kombinasi. Jadi tetap bisa tampil gaya, kan?





5.      Batik dengan Celana Jeans

Celana jeans adalah jenis celana yang fleksibel untuk dipasangkan dengan baju batik model apapun. Baik itu kemeja ataupun kaos. Hanya saja celana jeans ini kurang pantas dikenakan pada acara-acara formal. Karena lebih nyaman untuk acara-acara santai, maka celana jeans ini bisa dipadankan dengan kemeja batik lengan pendek ataupun batik berbahan kaos.


6.      Batik dengan Celana Corduroy

Celana corduroy sebenarnya model celana yang bukan tergolong baru. Karena bahannya yang tebal terbuat dari beludru. Tetapi bukan berarti celana model ini membuat pemakainya tampak old fashion. Padu padan yang pas justru membuat pemakainya tampak elegan dan glamor.  Motif batik yang cocok untuk celana ini adalah seperti Batik Cirebon dan Batik Cilacap. Pilihlah kemeja batik lengan panjang dengan model slimfit, sehingga membuat temans tampak gagah dan berwibawa.


7.      Batik dengan Celana Jogger

Celana jogger memiliki ciri pada bagian kakinya yaitu terdapat karet, sehingga memberikan kesan ramping pada kaki. 




Celana ini cocok dipakai untuk acara santai bersama teman-teman. Agar tidak terkesan tua, pilihlah batik kaos dengan motif kombinasi. Atau bisa juga memadankannya dengan kemeja batik lengan pendek slimfit motif kombinasi. Hindari memakai kemeja batik yang longgar, karena akan membuat badan tampak tenggelam.


8.      Batik dengan Celana Cargo

Celana cargo memiliki ciri khas yaitu terdapat beberapa kantong besar di bagian paha. Karena memiliki desain army look, celana cargo ini memang kurang pas kalau dipadankan dengan kemeja batik. Tetapi akan tetap tampak stylish jika dipadankan dengan kaos batik slimfit motif kombinasi. Agar terlihat matching, usahakan warna desain batik selaras dengan warna celana, ya.




Nah, demikian tema fashion untuk pria ala Meirida kali ini, ya. Terbukti kan, batik itu ternyata gak old fashion dan tetap bisa keren dan modis jika dipadu-padankan dengan celana panjang pria model apapun.

Kalau temans paling suka dengan padu-padan yang nomor berapa, nih?

=====
Image Source :
https://www.mataharimall.com/p-287/celana-panjang
https://jurnal.maskoolin.com/jurnal/fashion/fashion-advice/mengenal-8-jenis-celana-pria/
=====

15 komentar

Wah padu padannya bagus bagus...mau coba nih buat misua hehhehe

REPLY

Penasaran mbak gimana jadinya kalau batik dipadupadankan dengan celana jogger dan celana cargo. Kalau ayangbeb ku mau coba gimana yah? Semoga beliau setuju. Tua-tua bergaya nggak apa kan? hehehe...

REPLY

Style ke-5 palingbsering dipake sama suami dan anakku.

REPLY

Kalau suamiku biasa pakai padu padan nomor satu Mbak dengan celana formal untuk ke kantor tiap hari Rabu. Atau dipadukan dengan celana jeans saat acara yang enggak terlalu resmi

REPLY

Wah, banyak juga padu padannya. Lha suamiku kok gak pernah kreatif kek begini, aku juga sih, heheheh. Jadi pensaran gimana kalau doi mencoba salah satu gaya ini.

REPLY

Bisa juga ya batik dipadu padankan dg bermacam model celana. Cb gbr yg ditampilkan pakai batiknya juga spy bs jelas terlihat

REPLY

Uuu menambah wawasanku. Aku taunya celana formal, chino, joger aja hihi. Suami kebetulan pecinta celana formal. Enak katanya ga sempit padahal doi montok kurang cocok ( curhat ) >.<

REPLY

Wah padu padannya oke nanget nih
termasuk tipsnya..siip M9

REPLY

Keren ternyata banyak padu pada untuk batik cowok.salam


REPLY

Buatku batik itu juaraaa. Ah ya, namanya juga perempuan muda. Ye kan, ye kan?

Kalau nggak mau terlihat old, bisa banget juga ya memilih motif batik modern atau pilih warna yang cerah. Bule-bule aja suka pakai batik, kita harus lebih dong, yaaa.

REPLY

Wah yg celana jogger bisa sekalian bisa buat olahraga atau santai

REPLY

Wah jadi tahu jenis2 celana panjang, ternyata ada banyak ya namanya. Padu padan batik emang ga ada habisnya ya mba.

REPLY

Kalau suami saya, lebih senang menggunakan kemeja batik dengan celana panjang formal. Lebih pas, katanya hehehe

REPLY

Boleh dicoba sama suami sya nih. Thanks yaa

REPLY

Baru tahun macam2 atau jenis celana. Hehe... Maklum suamiku gak terlalu modis jadi apa aja dipakai.imbasnya istrinya gak terlalu butuh info. Wkwkw

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Meirida Blog - Review dan Lifestyle . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id