Thursday, September 6, 2018

Lo ... Halo, gais!

Bulan September ini memang cocok disebut sebagai September ceria, karena di bulan ini banyak banget event wisata yang bisa dinikmati bersama seluruh anggota keluarga. Jadi bagi orangtua yang pengen mengenalkan banyak hal kepada anak, event-event wisata ini adalah pilihan yang tepat.

Nah, apa saja sih event wisata yang berlangsung di bulan September ini ?

Event Wisata Seru di Bulan September


  • Solo International Performing Arts (SIPA), Jawa Tengah
Solo International Performing Arts (SIPA) adalah salah satu event pertunjukan seni internasional yang sayang banget kalo dilewatkan. Berlangsung hanya selama 3 hari aja nih, gais. Mulai tanggal 6-8 September 2018 di Benteng Vastenburg, Surakarta.



Tahun 2018 ini tercatat ada 17 delegasi dari 7 negara yang akan menampilkan performa terbaik mereka. Diantaranya adalah Supa Kalulu Music of Zimbabwe and Beyond dari Zimbabwe, Capitol University Dance Troupe dari Filipina, Stefano Fardeli dari Italia, Filastine and Nova dari Spanyol, Liene Roebana Dance Company dari Belanda dan Chinese Touth Goodwill Association dari Taiwan.

Sedangkan dari dalam negeri akan ada penampilan oleh Flying Balloons Puppet, Gilang Ramadhan ft. Smiet, Studio Taksu, Boogie Papeda, dan banyak lainnya.

Khusus untuk tahun 2018 ini ada yang spesial nih, gais. Karena ada program SIPA Goes to Cafe dan SIPA Goes to Campus pada tanggal 4-5 September.

Dalam acara ini pengunjung bisa puas menyaksikan parade budaya dalam dan luar negeri. Tentu saja hal ini juga menarik minat para wisatawan mancanegara. Jadi jangan heran kalau selama acara berlangsung teman-teman bakal sering ketemu bule dari berbagai belahan dunia. Yang hobi merajut pertemanan antar benua, ini kesempatan banget lho. 

So, don't miss it, gais.


  • Makasar International Eight Festival (MIEF), Sulawesi Selatan
Tadi kita sudah lihat event di sebelah barat Indonesia, sekarang saatnya event dari timur Indonesia. Yup, kali ini ada event dari Sulawesi Selatan yaitu Makasar International Eight Festival (MIEF) atau dikenal juga dengan Eight Festival. Event yang diselenggarakan pada tanggal 6-10 September 2018 ini akan memadukan semua indutri kreatif di bidang Fashion, Film, Food & fruit, Fiction writers & fonts, Fine art, Folk, Fusion music dan Flora & fauna. Sudah pasti bakalan seru dan unik nih, gais.

Fashion Section bakal menampilkan Seni Lontara, Seni Batik Parang, Sunset Catwalk dan juga Exotic Urban.

Sedangkan Food & Fruit Section akan menyuguhkan Phinisi Dining Experience yaitu sensai santapan di kapal Phinisi di tepi pantai Losari. Ada Waterfront Cafes yang akan menyoroti banyak cafe disepanjang jalan raya Losari. Kemudian Traditional Food Vaganza yang sangat cocok untuk penikmati kuliner asli Makasar. Ada juga Seaside Marketplace yang menampilkan berbagai kerajinan tangan yang pastinya cocok untuk dijadikan cenderamata, dan juga Waterfront Food Festival alias festival makanan tepi laut yang akan berdiri disepanjang pantai Losari menghadirkan berbagai makanan laut yang lezat.

Fiction Writers and Font Section akan menampilkan sejumlah program menarik seperti pembacaan puisi, membaca cerita pendek, cerita rakyat, pantun, rhyme, puisi musikalisasi, monolog, lomba menulis, pameran buku, dan lain-lain.

Fine Arts Section adalah momen khusus bagi para pengrajin terbaik dari Indonesia ataupun negara lainnya karena berkesempatan memajang hasil karya terbaik mereka. Pada sesi ini akan ada Live Painting oleh 50 pelukis, ody painting, painting exhibition, 3D art instalations, sculptures and murals instalation dan juga fine art touring. 

Folk Section sendiri akan mengungkap segala sesuatu yang berhubungan dengan orang-orang Makasar seperti pertunjukan musik rakyat, kolaborasi musik dan pertunjukan seni, aksi komunitas, permainan dan tantangan kreatif, festival kuliner rakyat dan banyak lagi.

Fusion Music akan menampilkan pertunjukan musik dari berbagai genre seperti jazz, rock, pop, dangdut, dan keroncong dalam satu panggung spektakuler.

Buat teman-teman yang berjiwa kekinian ayo jangan sampai ketinggalan event ini ya. Catat tanggalnya, gais.


  • Malang Flower Carnival (MFC), Jawa Timur
Ingin melihat uniknya festival kostum bunga yang besar? Malang Flower Carnival ini adalah saat yang tepat, gais. Dalam event ini kita bakal disuguhkan parade kreasi dari berbagai bunga. Jadi sudah dipastikan bakal penuh dengan warna-warni yang cerah. Cocok deh dengan tema September ceria. Catat tanggalnya ya, gais. Festival Bunga Malang ini akan berlansung pada tanggal 16 September 2018 disepanjang jalan Ijen Kota Malang.

Khusus untuk tahun 2018 ini, MFC mengangkat tema "Eksotika Bunga Nusantara" sebagai upaya branding Malang adalah Kota Bunga.

MFC ini masuk dalam daftar kalender 100 Calender of Events (CoE) Wonderful Indonesia Kementrian Pariwisata Indonesia lho, gais. Jadi sayang banget kalau dilewatkan.


  • Festival Tabot, Bengkulu


Event yang satu ini adalah tradisi budaya yang terus dipertahankan oleh masyarakat Bengkulu sejak tahun 1685. Acaranya berlangsung cukup lama nih, gais. Mulai tanggal 10-20 September 2018. 

Tabot Bengkulu ini masuk dalam kalender 100 Calender of Events (CoE) Wonderful Indonesia Kementrian Pariwisata Indonesia. Oleh masyarakat Bengkulu sendiri, acara ini mengembalikan ingatan mereka tentang masa perjuangan, kepahlawanan serta kematian cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan melawan pasukan Ubaidilah di Padang Karbakala, Irak pada tanggal 10 Muharram 61 Hijriah atau tahun 681 M.

Tak hanya menarik dalam aspek ritual agama, Tabot Bengkulu ini juga menjadi daya tarik wisata karena tidak hanya ritual Tabot, dalam festival ini juga akan ada berbagai pertunjukan seni, dan perlombaan tradisional yang diikuti oleh sepuluh kabupaten se-provinsi Bengkulu.

Karena waktu yang cukup panjang, wisatawan juga memiliki kesempatan untuk mengujungi objek-objek wisata lainnya seperti wisata sejarah di Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno dan juga Rumah Fatmawati Ibu Negara Pertama Indonesia.

Selain itu wisatawan juga berkesempatan untuk menjajal wisata alam seperti panjat tebing di Bukit Kandis, arung jeram dan juga pusat pelatihan Gajah Seblat.

Wah, sekali merengkuh dayung, tiga pulau terlampaui nih ceritanya.

Bagaimana dengan kotamu teman-teman?
Ada keseruan apa saja di bulan September?
Sharing dooong.





11 komentar

Waaah...banyak banget acara serunya. Di Bandung apa yaaa?...

REPLY

Wah info berguna banget nih, jadi ga susah cari info buat liburan. Makasih mba

REPLY

Wadaw! Aku mupeng euy sama acaranya. Jadi pengen cari tiket. SIPA di Kampung halaman tuh padahal. Bogor ada apa, yaaa? Du du du, ketahuan Kan ngumpet aja di dalam kamar.

REPLY

Wow, jadi pingin ke malang di jalan Ijen, soalnya lokasi paling dekat dari rumah saya Sidoarjo 😊

REPLY

Wah seru yaa lihat event-event yang keren-keren. Oya terkait dengan Malang Flower Carnival di Malang memang sebelumnya planning atau kalender tahunan event Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang diadakan tgl 9 Septber. Tapi kemarin saya dapat kabar jafinya diselenggarakan tgl 16 September 2018. Dengan demikian info saya tentang MFC sudah sy luruskan ya mba thx ...

REPLY

Banyak acaranya seruuu ..
Ke pulau jawa baru sampai Jakarta dan Bogor
Hmm belum sampai ke surakarta

Semoga bs keliling jawa

REPLY

Woww event wisatanya menarik yaaa....Untuk Malang Flower Carnival digelar tgl 16 September 2018. Yuk mb nonton ke Malang...😊

REPLY

Kalo di sekayu ada Muba Ekspo, dalam rangka ulangtahun kabupaten Muba. Festival yang di Makassar itu kayaknya seru banget, ya

REPLY

Wah menanti info acara yang diselenggarakan di Jogja ya mba. makasih..

REPLY

Wih seru banget yaa. Jadi pengen ikutan deh event Septembernyaa.

REPLY

Wah asik ya tiap daerah ada event kece gini. Kalo di Surabaya bulan September jadi tuan rumah United Cities and Local Government. Sebuah Forum Internasional se-Asia Pasifik ttg tata kota dan Public space. Nah makanya Surabaya jalan dan taman makin dipercantik mba Mer :)

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

adv

meirida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id