Wednesday, September 5, 2018



Hai, gais!

Sudah punya blog ? Jika sudah, sekarang saatnya nih untuk mulai menikmati hasil jerih payah itu dengan menghasilkan uang lewat blog.

Blog bisa menghasilkan uang ?

Bener banget. Blog adalah salah satu sumber penghasilan yang sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik. Bagaimanakah cara mengelola blog yang baik ?
·         Miliki konten blog yang berkualitas, original dan bebas copy paste.
·         Manjakan pengunjung dengan tampilan blog yang menarik.
·     Bangun kedekatan dengan pembaca blog. Tanggapi komentar pembaca dengan ramah, dan beri solusi saat mereka membutuhkan.
·         Bergabung dengan komunitas-komunitas blogger dan aktif di media sosial.

Setelah menerapkan empat poin di atas, selanjutnya adalah mencari tahu sumber-sumber penghasilan blog.

Sumber-sumber Penghasilan Blog

Ada dua jenis sumber penghasilan blog, yaitu secara langsung dan secara tidak langsung.

1.     Penghasilan Blog Secara Langsung adalah jenis penghasilan yang diperoleh oleh pemilik blog langsung dari blog itu sendiri.

Sumber-sumber penghasilan blog secara langsung adalah sebagai berikut :
a.         Memasang Iklan
Memasang iklan di blog adalah salah satu cara yang paling populer dilakukan oleh para bloger. Ada dua jalan yang bisa dipilih yaitu bergabung ke program Advertising Networks atau jaringan periklanan, dan Direct Advertising atau menawarkan secara langsung untuk memasang iklan di blog kita.

Advertising Networks
Advertising Networks atau jaringan periklanan adalah sebuah program layanan yang menghubungkan antara pemasang iklan dengan pemilik website atau blog.

Jika ingin menghasilkan uang lewat cara ini, teman-teman tinggal mendaftarkan diri sebagai publisher (penayang iklan) ke jaringan periklanan, setelah itu teman-teman akan mendapatkan sebuah kode iklan untuk dipasangkan di blog. Selanjutnya teman-teman akan dibayar setiap ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut.

Program Advertising Networks yang paling populer di Indonesia adalah Google Adsense.

Direct Advertising
Direct Advertising adalah sebuah metode menghasilkan uang di blog dengan cara menawarkan langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog kita.

Kelebihan dari metode ini adalah jumlah uang yang kita hasilkan bisa lebih tinggi karena pembayaran iklan tidak melalui pihak ketiga, tetapi langsung ke rekening kita. Tapi, kekurangannya adalah kita harus berusaha sendiri mencari calon pemasang iklan agar mau beriklan di blog kita.

Salah satu cara sederhananya adalah kita menyediakan space iklan berupa banner kosong yang dilengkapi dengan informasi bahwa blog kita menerima pemasangan iklan.

b.        Artikel Berbayar
Artikel berbayar adalah salah satu cara menghasilkan uang lewat artikel yang ada di blog.

Ada dua jenis artikel berbayar, yaitu Content Placement dan Paid Review.

Content Placement
Content Placement adalah sebuah cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog dengan cara menerima tawaran penempatan artikel dari pihak lain. Di dalam artikel tersebut terdapat kata tertentu yang jika diklik oleh pembaca blog kita, maka akan terhubung kepada website lain.

Biasanya, artikel telah disediakan oleh pihak pemberi tawaran, pemilik blog tidak perlu menulis lagi. Hanya saja sebelum dipublish di blog, sebaiknya lakukan self editing dulu agar artikel yang mereka berikan sesuai dengan blog kita. Baik itu gaya bahasanya ataupun tema artikelnya. 

Paid Review
Berbeda dengan Content Placement, Paid Review adalah cara menghasilkan uang lewat artikel yang mengulas tentang produk, event ataupun jasa dari pihak lain.

Artikel ini ditulis sendiri, sehingga untuk tarifnya pun biasanya lebih besar dari tarif Content Placement. Tetapi adakalanya bayaran tidak melulu berupa uang, bisa juga berupa produk yang direview. Semuanya adalah tergantung hasil kesepakatan antara Akita dan pemberi tawaran.

Tetapi satu yang pasti, baik itu Content Placement ataupun Paid Review, tarifnya sangat bervariasi, tergantung dengan nilai Domain Authority, Page Authority, dan jumlah trafik yang blog dimiliki.

c.       Jualan Produk atau Jasa Sendiri
Menjual produk sendiri merupakan salah satu cara monetize blog yang paling menjanjikan, karena dengan menjual produk sendiri kita bisa mendapatkan penghasilan berkali-kali lipat lebih besar dari pada cara lainnya.

Di sini blog berfungsi sebagai media untuk mempromosikan produk yang kita jual.

Produk-produk yang ditawarkan lewat blog pun sangat bervariasi. Bisa berupa fisik atau digital. Bahkan skill yang dimiliki pun bisa dijadikan sebagai produk jualan.

Beberapa contoh produk yang bisa dijual lewat blog adalah sebagai berikut :
·         Produk fashion
·         Produk kesehatan
·         Produk-produk kecantikan
·         e-book (buku eletronik)
·         Software
·         Theme website
·         Desain gambar
·         Dll

d.      Bergabung Sebagai Marketer Afiliasi
Marketer Afiliasi adalah cara lain berjualan di blog tanpa harus memiliki produk sendiri. Cara ini sangat cocok untuk teman-teman yang ingin berjualan di blog tetapi tidak memiliki produk atau jasa sendiri untuk dijual.

Afiliasi adalah sebuah program dimana teman-teman bertugas untuk mempromosikan produk atau jasa milik orang lain dan teman-teman akan mendapatkan komisi jika berhasil menjual produk atau jasa tersebut.

Untuk mengikuti program afiliasi ini juga tidak sulit. Cukup mendaftar kepada penyedia produk atau jasa afiliasi atau bisa juga melalui Affiliate Networks.

Beberapa penyedia program afiliasi yang bisa teman-teman ikuti adalah :
·         www.asianbrain.com
·         www.accesstrade.com
·         www.involve.asia
·         www.ipaymu.com
·         www.dewaweb.com
·         www.tipshamil.com
·         www.lazada.co.id
·         www.blibli.com
·         www.mataharimall.com
·         www.zalora.co.id
·         www.hijabenka.com
·         www.pegipegi.com
·         www.tripadvisor.com
·         www.orami.co.id
·         Dll

e.       Program Membership

Program Membership ini adalah salah satu cara menghasilkan uang di blog yang membutuhkan keahlian tertentu. Karena biasanya diterapkan oleh pemilik blog dengan profesi tertentu juga.

Program Membership adalah suatu metode monetisasi blog dengan cara menyediakan konten premium di blog kita dan konten premium itu hanya bisa di akses oleh pengunjung yang sudah menjadi member dengan membayar dengan tarif yang kita tetapkan.

Pada blog yang menerapkan program membership ini biasanya ditandai dengan artikel-artikel yang menuntut rasa ingin tahu yang besar di kepala pembaca. Rasa penasaran pembaca inilah yang harus dimanfaatkan, dengan menerapkan sejumlah biaya untuk membaca artikel lebih lanjut.

f.       Jualan Blog
Cara terakhir untuk menghasilkan uang lewat blog adalah dengan jualan blog.

Jadi teman-teman mendapatkan penghasilan dengan cara membuat blog, kemudian menjual blog itu kepada orang lain. Agar blog yang Anda buat bernilai jual, pastikan bahwa konten blog original dan bebas copy paste.

Blog yang memiliki tema tertentu biasanya lebih diminati oleh calon pembeli karena memiliki artikel yang saling berhubungan. Selain memiliki pembaca yang setia, blog dengan tema tertentu juga memiliki point view yang lebih baik di search engine.

2.      Penghasilan Blog Secara Tidak Langsung adalah jenis penghasilan yang didapat ketika blog dan profil kita telah terkenal dan sering berada pada posisi teratas di search engine. Ketika berada diposisi ini kita telah bisa menjual jasa untuk menjadi pembicara ataupun konsultan di bidang yang  dikuasai. Selain itu kita juga bisa berkolaborasi dengan pihak penerbit untuk menulis buku sendiri. Kita juga bisa menghasilkan uang dengan mengadakan event tertentu. Semua penghasilan ini diperoleh tidak langsung dari blog kita, tetapi karena adanya blog kita.

Demikianlah cara-cara menghasilkan uang dengan blog. 
Bagaimana teman-teman? Tertarik untuk mencoba?

14 komentar

Wah lengkap memang monetize blog ini yaaa..
Saya belum coba semua Mbak, baru CP dan Paid Review. Harus dicoba yang lainnya juga nih :)

REPLY

Boleh nggak sih postingan komentar seperti ini?

"Asyiiik ... Dapat bocoraaan ..."

REPLY

Keren ulasannya lengkap banget mba, pengen nyoba CP tapi belum ada tawaran wkwk

REPLY

Mantaaap jiwaaa ... Ternyata banyak jalan menuju penghasilan blog, ya? 😍

REPLY

Wew...mauuuuu!
Bisa dibintangin gak ya post ini? Hahaha...

Aku belum pernah coba semua kecuali liputan online, dan kayaknya aku makin kepengen blog aku bagus biar bisa bisa terima job keren jugak. Thanks mba infonya :*

REPLY

Blog bisa sangat menghasilkan pemasukan ya mba, semangat benahin blogku nih.

REPLY

Wah ternyata banyak ya mba cara berpenghasilan dari blog ya mba .. makasih infonya.

REPLY

Waah...makasih pencerahannya..saya jadi tambah mengerti ttg penghasilan dr blog.

REPLY

Baru tahu, dari blog bisa juga mendapat penghasilan. Terima kasih sharenya

REPLY

Makasih ya tips nya wah dapet ilmu baru.

REPLY

Waaah banyak jalan menghasilkan uang dari Blog ya. Sumpah ini detail banget, ulasannya. Hmm, moga besok2 blogku bs dipasang iklan hwhee. Mimpi dikit boleh lah.

REPLY

Lengkap banget bun. Saya baru mulai ngeblog. Belum icip2 uang rasa blog.hehehe

REPLY

Merasa beruntung sekali ya mbak bisa punya blog. Hehe... Semoga blog bisa terus berjaya. Amiin

REPLY

Info yang menarik, Mbak. Karena blog saya masih unyu2, yg pernah saya lakukan sih baru "jualan produk sendiri". Ini pas saya promo novel perdana saya dulu. Alhamdulillah, lumayan hasilnya. Makasih sudah berbagi :)

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

adv

meirida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id