Friday, September 14, 2018

5 Alasan Mengapa Cicilan Tanpa Kartu Kredit Lebih Menguntungkan Bagi Milenial




Hai, gais.
Jumpa lagi dalam tema finance. Kali ini aku ingin membahas tentang cicilan tanpa kartu kredit. Hm, pernah dengar kan, ya?

Bagi milenial yang saat ini berada di rentang usia produktif, memiliki kartu kredit mungkin masih jadi tujuan utama, baik untuk mendukung gaya hidup ataupun memenuhi kebutuhan, misalnya sebagai akses untuk kredit barang.

Sayangnya, di tengah-tengah penghasilan yang belum terlalu tinggi dan histori serta skor kredit yang belum terbentuk, milenial lebih berpotensi besar untuk ditolak oleh bank saat apply kartu kredit. Ditambah lagi dengan kemampuan mengatur finansial yang belum mumpuni, milenial juga lebih rentan boros dan tidak bijak dalam menggesek kartu kredit.

Namun, nggak perlu khawatir, gais! Kalau kamu pernah dengar fasilitas cicilan tanpa kartu kredit seperti yang ditawarkan Kredivo, itu bukan hoax dan benar adanya, lho. Nggak perlu memaksakan pengajuan kartu kredit apabila tujuan kita hanya untuk bisa ambil cicilan barang idaman.

Selain lebih mudah dan praktis, fasilitas cicilan tanpa kartu kredit juga punya keuntungan lebih yang ditawarkan bagi milenial. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini, ya.

Langkah awal yang paling mudah dalam membangun skor kredit positif

Diatur dan dikembangkan oleh Bank Indonesia, skor kredit adalah sistem ukur yang merekam histori serta performa kredit di bank dan semua lembaga keuangan. Dengan adanya sistem skor kredit ini, pihak lembaga peminjam bisa menentukan apakah seseorang layak diberi pinjaman atau tidaknya sekaligus memperhitungkan risiko yang akan terjadi. Penting sifatnya untuk menjaga skor kredit kita tetap baik dan berkembang ke arah yang positif. Skor kredit yang baik bisa sangat membantu kita di masa depan untuk mendapat pinjaman dalam jumlah besar, misalnya untuk berbisnis, beli rumah, biaya pendidikan, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, kartu kredit adalah salah satu instrumen yang mudah digunakan sebagai langkah awal membangun skor kredit kita nih, gais. Positif atau negatifnya skor kredit bergantung erat pada ketepatan waktu dalam membayar setiap tagihan yang dikirimkan. Meski mudah digunakan, bukan berarti mudah didapatkan. Pasalnya, kita harus melewati berbagai proses untuk bisa dapat kartu kredit, mulai dari mendaftar, mengkopi berkas-berkas yang diperlukan, datang ke bank, hingga survei. Belum selesai sampai situ, kesempatan kita pun masih 50:50, pengajuannya bisa diterima ataupun ditolak.

Jangan khawatir, di sinilah peran fasilitas cicilan tanpa kartu kredit seperti yang ditawarkan Kredivo bisa diandalkan. Sebagai kartu kredit digital yang berfungsi untuk kredit barang, Kredivo adalah instrumen yang paling mudah untuk membangun skor kredit dibanding kartu kredit konvensional. Karena berbasis online, kita nggak perlu susah-susah melewati proses kopi aneka berkas dan juga survei. Dengan Kredivo, kita cukup daftar secara online melalui aplikasi dan upload foto beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, bukti penghasilan (slip gaji, rekening koran), dan bukti tempat tinggal (STNK & KK). Kalau mau cara yang lebih mudah lagi, kita bisa memilih cara express, yaitu dengan mengunggah foto KTP, menyambungkan akun e-commerce yang sudah pernah dipakai bertransaksi (sebagai bukti tempat tinggal), dan menghubungkan internet banking (sebagai bukti penghasilan). Lalu, tunggu proses approval kredit dalam waktu 1 x 24 jam.

Berlatih mengelola utang dan memprioritaskan kebutuhan

Dengan Kredivo, kita juga bisa melatih keahlian dalam mengatur dan mengelola utang. Misalnya kita ambil kredit gadget atau cicilan hp tanpa kartu kredit dengan Kredivo di merchant online rekanan seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, JD.id, atau Bhinneka. Dari tenor 3/6/12 bulan dengan suku bunga 2,95% yang ditawarkan, kita memilih tenor cicilan 6 bulan saja.

Dalam waktu 6 bulan tersebut, kita bisa berlatih komit pada diri sendiri untuk selalu membayar tagihan tepat waktu agar skor kredit nanti bagus. Selain itu, sama dengan kartu kredit konvensional, plafon kredit di Kredivo akan kembali seperti semula jumlahnya apabila kita sudah menyelesaikan tenor cicilan.

Misalnya, plafon kredit Rp 10 juta dan sudah digunakan Rp 7 juta untuk beli hp dengan tenor 6 bulan. Plafon kredit akan kembali menjadi Rp 10 juta apabila kita sudah melunasi cicilan dalam waktu 6 bulan. 

Sebagai generasi milenial yang lingkungan pergaulannya penuh godaan untuk hangout dan belanja, hal ini sekaligus juga bisa melatih kita agar menentukan prioritas, mana barang yang dibutuhkan dan perlu dicicil dan mana yang tidak, serta mencegah kamu bertindak boros dengan membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Tidak ada biaya tambahan yang besar seperti kartu kredit konvensional

Berbeda dengan kartu kredit yang memiliki tagihan tetap per bulannya, mulai dari iuran bulanan dan biaya tambahan lainnya, fasilitas cicilan online tanpa kartu kredit dari Kredivo tidak memiliki tagihan tambahan selain angsuran kredit dari transaksi yang dilakukan. Tidak ada biaya bulanan, biaya tahunan, ataupun biaya kartu. Jadi, kalau kita nggak pernah melakukan transaksi, maka kita nggak akan punya tagihan apa pun di Kredivo. Kita bisa lebih berhemat dan mengalokasikan dana untuk keperluan lain yang lebih penting.

Keamanan lebih terjamin

Pernah mendengar modus penipuan kartu kredit skimming? Penipuan yang menggunakan alat elektronik berupa chip khusus yang ditempel di mesin EDC atau mesin ATM dan kemudian merekam setiap data kartu kredit yang digesek atau dimasukkan ke mesin tersebut. Metode penipuan yang satu ini termasuk yang sulit dideteksi. Lengah sedikit, kita pun bisa jadi korban.

Dengan kartu kredit digital dan online dari Kredivo, semua transaksi dilakukan secara online melalui aplikasi resmi Kredivo tanpa adanya kartu fisik. Selain ada jaminan 100% enkripsi data pribadi dan data transaksi, kita akan diminta menginput dua password setiap melakukan transaksi dengan Kredivo. Satu password adalah PIN akun yang dibuat saat daftar dan satu lagi adalah OTP (One Time Password) yang secara real time akan dikirim lewat sms ke hp kita apabila terdeteksi ada transaksi yang dilakukan.

Fleksibel digunakan kapanpun hanya dengan smartphone

Sebagai generasi muda yang dinamis dan mobile, smartphone pastinya sudah jadi teman sehari-hari yang digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari komunikasi, aktivitas banking, sampai belanja. Dengan aplikasi Kredivo, nggak hanya bisa untuk beli barang apa saja secara kredit di merchant online rekanan, kita juga bisa menggunakan plafon kredit dari Kredivo untuk isi pulsa, data internet, token listrik, bayar BPJS, sampai bayar tagihan telepon pasca bayar. Untuk harga barang di bawah Rp 1,5 juta, kamu bisa menggunakan opsi kredit “Bayar dalam 30 hari” dengan tanpa bunga dari Kredivo. Kalau kepepet butuh pulsa sekarang juga, beli via Kredivo, bayarnya nanti pas gajian!


Duuuh, enak banget sih pake Kredivo ini.
Hayuk, gais. Gak usah ragu lagi menggunakan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit ini.
Mumpung masih banyak promo yang bertebaran, kita shopping yuuuk.
Teman-teman mau beli apa nih?

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.