Wednesday, September 19, 2018

Yuhuuu, Meirida edisi food datang lagi.
Hm, kapan ya terakhir kali update tema ini?
Kayaknya nyaris satu dasawarsa yaaaa. Hahaha. Untung gak lumutan.

Kali ini aku mau berbagi resep yang simpel-simpel aja nih, gais, dan kamu pasti bisa praktekin juga di rumah. Karena kalo aku yang notabene ga bisa masak ini berhasil mengeksekusi resep di dapur, maka yakin dan percayalah bahwa resep itu memang mudah adanya. Buahaahaha.

Ups, kebanyakan ngakak, ya.

Yaudah, aku lanjutin ke resepnya aja, deh.

Tapi sebelumnya aku mau cerita dulu, kenapa aku membuat Roti Sobek ini. Nah, alasannya sederhana kok gais, sesederhana cara buatnya. Karena Roti Sobek ini bener-bener camilan yang serbaguna. Bisa dimakan pakai selai ataupun tidak. Bisa juga dicelupin ke teh atau susu. Jadi bermanfaat banget kan, ya. Selain itu bahan-bahannya pun gak banyak, dan yang pasti kandungan nutrisinya tetap baik bagi kesehatan. Teksturnya yang lembut membuat Roti Sobek ini mudah dikonsumsi oleh siapapun. Dari anak-anak yang belum tumbuh gigi, sampai aki-nini yang udah lepas gigi. Hehehe.

So, the reason why-nya bisa diterima, kaaaan.

Oke, biar curhatannya ga melebar kemana-mana, yang pengen tau resep mudahnya, cekidot yah.


Resep Roti Sobek Homemade


Bahan :
  • 500 gr Terigu protein tinggi
  • 100 gr Gula pasir (atau boleh ditambah jika ingin lebih manis)
  • 150 ml Susu cair full cream
  • 150 ml Air hangat
  • 75 gr Mentega
  • 2 butir Telur (1 utuh, 1 kuningnya saja)
  • 2,5 sdt Ragi instant
  • 1 sdt SP
  • 1,5 sdt Garam
Cara Membuat :
  • Campurkan semua bahan, uleni hingga kalis dan tidak lengket. Agar adonan mengembang sempurna, ulenilah selama 15-20 menit.
  • Siapkan wadah yang telah diolesi minyak makan.
  • Letakkan adonan di dalam wadah, tutup dengan plastik, biarkan selama 30 menit atau sampai adonan mengembang 2x lipat.
  • Siapkan loyang, alas dengan kertas roti
  • Kempeskan adonan, kemudian potong-potong, lalu bentuk bola-bola kecil, susun di dalam loyang. Jangan terlalu rapat ya, gais. Karena ntar bakal mengembang lagi.
  • Setelah selesai, tutup loyang dengan plastik. Biarkan selama 30 menit, atau tunggu sampai mengembang 2x lipat.
  • Sambil menunggu adonan mengembang, panaskan oven.
  • Proses pemanggangan kurang lebih 15 menit atau hingga berwarna kecoklatan.
  • Keluarkan loyang dari oven, olesi permukaan roti dengan mentega.
  • Selesai
Taraaaaa !
Roti sobek homemade ala Meirida udah jadi, nih.



Gimana, gais?
Mudah banget kan, ya?

Ada yang mau nyoba?

29 komentar

Mbak..aku lapeeer lihat rotinya hiks
Btw, ini nguleni pakai tangan atau pakai mikser dulu Mbak?

REPLY

Mbak, aku paling susah deh inget inget terigu protein tinggi proterin rendah. Kalau yg tinggi itu yg mana ya?😁

REPLY

Pake tangan aja mbak dian. Tapi kalo mau pake mixer juga bisa kok. Tapi aku lbh suka pake tangan biar dapat feel-nya. Halaaah. 😁

REPLY

Ada di kemasannya kok mbak. Tapi recommendednya para baker yg merknya cakra kembar mbak.

REPLY

Saya kalau bikin ndiri suka engga kuat nguleninya. Jadi kurang kali.
Mau nyoba lagi aah pakai resep mbak Mei...

REPLY

Rotinya bisa dikasih isi, ga, mba. Nguleninnya berat, ga?

REPLY

pasti weunaakk.
terima kasih resepnya.

REPLY

Wih roti sobek ternyata gampang yah ...baca resepnya, praktiknya sih belum tentu. Secara saya ini emak-emak malas masak. Aups..

REPLY

Bikin Roti Sobek sebenarnya emang gampang, tapi godaan babang roti yang tiap hari datang membuatku malas ngaduk adonan, heheheh. Ntap Mbak, menul2 rotinya

REPLY

Oh roti sobek itu ini ya. Aku baru tahu lho mba. Aduhhh si aku kemana aja. Aku tahu rotinya tapi ga tau namanya hihihi

REPLY

Ini kerjaannku dulu sebelum banting setir jadi sopir wakakakak. Mantan chef ala-ala sekarang jd sopir tembak. Btw hebat euy mba Meri ngulenin 500gr terigu pakek tangan. Aku 250gr aja palek mikser hahahaha. Makasih resepnya ya mba,ijin save.

REPLY

Makasih ya Mba resents, telor ya Ada 2 butir Yang satu putih ya Aja Yang satu kuning ya aja buat apa ya?

REPLY

Aduh aku pecinta roti sangaaaat. Liat ini ngiler ampun2 deh. Mau ah coba semoga enggak gagal hihi

REPLY

Eh btw ternyata sebenernya mudah ya bikinnya, duh mupeng nyobain dirumah mba Mer. Liat waktu bikinnya butuh waktu minimal 2 jam kayaknya ya, hmmm. Bismillah :)

REPLY

Waaaah ... anak-anak kalau dibikinin gini pasti seneng, nih. Lebih seneng lagi kalau pas bikin tuh bareng-bareng sama mereka ... pasti seruuuu. Makasih resepnya, mbaaak.

REPLY

Paling males pang nguleni nya nih, suka berat haha. Makasih resepnya mbak

REPLY

Bisa banget mbak. Isinya ditambahin pas mau masukin ke loyang tuh. Rencananya next project aku mo bikin yang versi pake isi nih. Hihi

REPLY

2 butir telor mbak. YAng satu utuh (putihnya ada, kuningnya juga ada ), yang satu lagi kuningnya aja.

REPLY

kalau babang roti rajin datang ngapain juga bikin mbaaaak. hahaha.
di tempatku kalo mo beli roti kudu keluar dulu mbak, di warung2 terdekat jarang ada.
maklum dah, diperkebunan sawit siapa yang mo jual roti. hihihi

REPLY

disebut roti sobek karena makannya bisa disobek-sobek bun yeni. hahaha

REPLY

hayuuu... cobain mbak. mudah banget kok, yakin deh ga bakalan gagal.

REPLY

dua jamnya ga perlu ditungguin kok mbak. jadi sementara nungguin adonannya ngembang masih bisa lah nyambil nonton drakor. eeeeaaaa

REPLY

waaah, kalo anak-anaknya udah bisa diajak aktifitas bersama bagus banget mbak. anakku krn masih belum bisa, jadi aku belum ajakin.

REPLY

emang rada pegel sih mbak tian. hahaha
*ngaku*

REPLY

silahkan mboook. kalo cuman 500gr masih sangguplah mbok, maklum nih tangan mantan kuli di mall waktu kuliah dulu, hahaha.

REPLY

toss kita mbak, aku aslinya juga malas masak sih. tapi karena rajin ngemil, akhirnya rasa malasnya kalah deh. hehehe

REPLY

in syaa Allah enak. cobain deh

REPLY

Baca resepnya kayanya mudah sih ya ini. Pengen coba, semoga aku juga berhasil seperti mbak Merida bikin roti nya

REPLY

duhh pengen banget nih ngerasain roti sobeknya, pasti enak

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

adv

Meirida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id