Thursday, January 24, 2019



Yamaha Freego merupakan produk skuter matik terbaru dari PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Skuter matik dengan teknologi terbaru ini memiliki mesin 125 cc SOHC dengan sistem pengapian injeksi. Penggunaan sistem injeksi terbaru yang diberi nama Yamaha Blue Core ini diklaim mampu membuat pemakaian bahan bakar menjadi sangat hemat. Mesin ini mengeluarkan tenaga 9,3 tk pada putaran 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada putaran 5.500 rpm. Perbandingan kompresinya sendiri ada di angka 9,5:1.

“Karena sudah menggunakan teknologi Blue Core, jadi lebih irit 50 persen dibandingkan karburator,” ujar Manager Marketing YIMM, Antonius Widiantoro, sebagaimana dilansir viva.co.id, Rabu 9 Januari 2019.


Metode Tes Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar Motor 125 cc dengan mesin Yamaha Blue Core terbilang identik. Salah satu hal yang membedakannya adalah di Yamaha FreeGo ini terdapat fitur SSS (stop and start system). Fitur SSS akan membuat motor jadi lebih irit. Ketika berhenti saat macet atau di lampu merah, dalam waktu lima detik mesin akan mati. Saat tuas gas kembali dibuka, mesin otomatis hidup lagi. Agar fitur ini bekerja kita cukup mengaktifkan tombol yang berada di sisi kanan kemudi.


Dilansir dari laman Kompas.com , Rabu 9 Januari 2019, Hasil pengujian yang dilakukan selama beberapa hari menunjukan bahwa mesin Yamaha FreeGo cukup memberikan tenaga di jalan perkotaan. Di putaran tengah, limpahan tenaga terasa cukup besar. Beberapa kali pengendara menggunakan Freego menuju area parkir gedung bertingkat yang melewati jalan menanjak. Matic Freego dengan mudah melewati jalanan dengan tingkat kesulitan macam itu.


Pengujian ini menggunakan metode full to full. Pertama motor diisi bensin Pertamax sampai leher tangki, kemudian dipakai beberapa kilometer, lalu diisi lagi bensin hingga ke posisi semula. Dari jumlah bensin yang diisikan tersebut akan dibagi dengan jarak yang ditempuh.


Hasil Tes Konsumsi Bahan Bakar

Pada pengujian pertama, fitur SSS tidak diaktifkan alias motor bekerja layaknya skutik biasa. Setelah menempuh jarak 116,8 kilometer, bensin yang dihabiskan sebanyak 2,898 liter. Kalau dikalkulasi, maka konsumsinya menjadi 40,303 kilometer per liter. Pengujian kedua, fitur SSS diaktifkan. Setelah menempuh jarak 109,4 kilometer, pengisian bensin sebanyak 2,44 liter. Ini artinya konsumsi rata rata menjadi 44,8 liter. Terlihat memang penggunaan mode SSS cukup berpengaruh pada rata-rata konsumsi bahan bakar motor.


Pengujian ini dilakukan dengan pengendara berbobot 80 kilogram. Pola berkendara disamakan dengan pengguna harian dalam kondisi jalan beragam dan digunakan sendiri maupun berboncengan. Hasil yang tidak sama mungkin bisa ditemukan dengan kondisi berbeda.


Spesifikasi Teknis Yamaha Freego

Yamaha Freego yang diberi julukan The Amazing Matic ini dibanderol dengan harga Rp 22,5 juta ini memiliki ukuran tangki sebesar 4,2 liter. Tangki tersebut berada di bawah dek, namun dengan posisi leher berada dekat kemudi bagian kiri. Keamanan tangki ini terjamin karena diberikan plat pelindung tambahan. Pengisian bensin sangat mudah dengan hanya menekan tombol di sisi tuas Smart Key. FreeGo menggunakan ban bertipe tubeless sehingga mampu menyalurkan tenaga mesin dengan baik dan dengan feeling berkendara yang lebih mantap.


Untuk pengereman, skutik yang memiliki jarak sumbu roda 1.275 mm ini menggunakan rem depan single disc dan rem belakang drum brake. Spesifikasi rem ini cukup untuk memperlambat deselerasi motor yang berbobot kosong 100 kilogram. Nilai tambah keamanan pengereman juga ditunjang fitur ABS yang mempermudah deselerasi maupun mencegah roda terkunci saat jalanan licin. Tersedia juga fitur smart lock yang difungsikan di tuas kiri pengereman untuk keamanan berhenti di lampu merah atau turunan dan tanjakan.



Sumber:

· https://otomotif.kompas.com/read/2018/12/15/080200315/konsumsi-bahan-bakar-yamaha-freego-untuk-harian-cukup-mengejutkan
· https://www.viva.co.id/otomotif/motor/1091573-mau-tahu-konsumsi-bbm-yamaha-freego-ini-bocorannya
· https://www.viva.co.id/otomotif/motor/1091573-mau-tahu-konsumsi-bbm-yamaha-freego-ini-bocorannya


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Meirida Blog - Review dan Lifestyle . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id