Sunday, February 18, 2018



Hai, gais. 
Jumpa lagi kita dalam kategori finance. Kali ini aku akan membahas tentang memulai bisnis dari nol hingga sukses. Mungkin ga, sih ?

Untuk zaman sekarang, apabila menunda-nunda niatan untuk berbisnis, bisa jadi Anda menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa meraih kesuksesan. Tapi, tetap saja kita perlu berpikir untung ruginya jika membuka sebuah usaha. Ini penting karena berkaitan dengan modal awal yang dimiliki. 

Apalagi jika tidak memiliki modal yang besar, maka kita perlu memikirkan secara matang tentang jenis usaha apa yang cocok untuk dicoba. Modal dalam memulai bisnis adalah hal yang sangat sensitif. Di samping karena masalah uang, dengan modal yang dimiliki juga berpengaruh pada hal-hal yang membuat kita berpikir berkali-kali untuk membuka suatu usaha yang sesuai dengan impian.

Yang membuat orang selalu menunda-nunda untuk membuka bisnis memang hal tersebut. Yaitu, uang. Uang untuk zaman sekarang bisa dikatakan adalah segalanya. Akan tetapi meski uang sudah memenuhi sebagian otak manusia, tidak semata-mata kita memiliki uang dengan cara yang tidak benar. Sekarang banyak sekali terjadi tindak kriminalitas karena satu sebab, yaitu uang. Jika pintar dalam mengatur uang, tentu uang yang sedikit, bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Karena itulah, sebelum membuka sebuah usaha, belajar itu sangat perlu. Belajar tidak harus di sekolah ataupun berkuliah hingga bertahun-tahun lamanya hanya untuk belajar bisnis. Akan tetapi, dengan orang yang berpengalaman saja dan banyak-banyak membaca buku mengenai bisnis, nantinya kita akan tahu sedikit demi sedikit mengenai bisnis.


Tips Membuka Usaha dengan Modal Kecil

Untuk calon pelaku bisnis yang mempunyai modal kecil, sebenarnya tak perlu merasa was-was ataupun merasa sudah gagal dan pupus harapannya karena hal tersebut. Yakinlah kita tetap bisa membuka usaha dengan modal yang kecil. Ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan jika ingin membuka sebuah usaha dengan modal yang minim. Berikut adalah tipsnya :

1.    Tentukanlah Jenis Usaha yang Akan Anda Buka.

Nah, ketika kita berniat untuk menjadi pembisnis, tentu berpikir, usaha apa yang pas untuk dilakukan. Menentukan jenis usaha yang akan dirintis itu penting juga, loh! Apalagi budget yang dimiliki tidaklah banyak, menentukan jenis usaha sudah menjadi kewajiban Anda. Usahakan Anda membuka sebuah bisnis berdasarkan minat, hobi, dan kesukaan Anda. Meski modal yang sedikit, jika melakukan sebuah bisnis yang disukainya, pasti nantinya akan suka.

Contohnya saja, apabila Anda sangat berminat dengan fashion dan menyukai hal-hal berbau Korean Idol. Anda bisa menjual fashion items yang berhubungan dengan Idola Korea yang sedang ngehits. Apalagi sekarang anak muda Indonesia sedang sangat digandrungi dengan idol-idol tampan Korea tersebut, fashion Korea pastinya akan banyak dicari. Jika bisa, Anda menjual baju-baju yang harganya murah, namun kualitasnya termasuk kualitas yang bagus.


2.    Turun Ke Lapangan Segera

Maksudnya di sini adalah, Anda harus turun ke lapangan dan langsung bertindak secara cepat untuk bisa membangun usaha Anda. Setelah Anda menentukan jenis usaha yang nanti akan Anda jalani, Anda harus melakukan survei untuk beberapa hal yang berkaitan dengan usaha Anda. Hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu, apa yang sedang tren di kalangan masyarakat saat ini dengan meneliti secara langsung pola konsumtif masyarakat yang sedang berjalan saat ini. Kemudian, Anda bisa tentukan lokasi dimana nanti Anda akan membuka usaha.

Untuk lokasi usaha, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Karena jika Anda salah memilih tempat, bisa jadi nantinya tidak ada pengunjung yang datang ke tempat bisnis Anda. Jadi, carilah lokasi yang strategis. Atau paling tidak, Anda harus mencari lokasi yang mudah ditemui oleh orang-orang jika mencarinya lewat aplikasi di ponsel. Setelah mencari lokasi, Anda juga harus mensurvei toko yang menjadi supplier Anda nanti. Janganlah asal pilih toko yang murah bila nanti jatuhnya malah mengecewakan. Jadi jika Anda ragu, Anda bisa minta pendapat dari orang yang sudah berpengalaman agar tidak salah pilih.

3.    Siapkanlah Modal
Setelah melakukan 2 tips yang ada di atas, Anda harus melihat modal yang Anda pegaang saat ini. Meski yang Anda pegang modalnya cukup sedikit, Anda tidak usah berkecil hati. Karena membuka usaha dari nol tidak serta merta semuanya harus ada dan lengkap. Akan tetapi ada beberapa hal yang mungkin tidak bisa untuk dilengkapi sekarang dan akan dilengkapi jika sudah balik modal. Kasarannya mungkin seperti ini, apabila Anda membuka usaha kuliner, di tempat Anda tempat duduk yang ada hanya sedikit dan tidak bisa menampung banyak pelanggan.Tapi karena Anda baru membuka bisnis tersebut, Anda percaya dirilah untuk tetap membukanya meski properti duduk baru sedikit. Jika pelanggan sudah banyak dan tempat Anda ramai, pasti bisa balik modal. Dan modal yang lebih itu bisa Anda gunakan untuk membeli meja dan kursi yang baru.

Jika mungkin tempat Anda kecil, usahakan desain ruangannya harus unik. Tidak perlu membeli barang mahal untuk bisa menghias ruangan menjadi lebih bagus. Dengan beberapa barang yang sudah tidak terpakai dan didaur ulang menjadi kreativitas, bisa jadi nanti barang tersebut hiasan yang unik dan memiliki nilai seni yang tinggi.

4.    Promosikan Bisnis Anda 
Jika bisnis Anda sudah berdiri, Anda tidak semestinya berdiam diri hanya menunggu pelanggan. Akan tetapi Anda haruslah mempromosikan bisnis Anda dengan cara-cara yang baik. Zaman digital sekarang ini, internet sudah sangat merebak di semua kalangan umur. Tidak hanya anak-anak, remaja, dan orang dewasa, orang tuapun kini juga sudah bisa melek teknologi. Maka dari itu, manfaatkanlah internet dengan sebaik mungkin untuk mempromosikan bisnis Anda.Jika memiliki media sosial yang banyak pengikutnya, Anda haruslah sering-sering mempromosikan bisnis Anda tersebut agar pengikut Anda merasa penasaran dan tertarik untuk datang dan membeli produk Anda. Buka juga jasa pembelian lewat online agar para pelanggan yang rumahnya jauh bisa terjangkau dengan adanya pemesanan online tersebut. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mempromosikan bisnis Anda. Tinggal Anda sendiri yang pintar-pintar dalam memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat.

Menjalani bisnis memang tidak mudah, apalagi jika sudah kebentur dengan modal alias uang. Jika Anda membutuhkan uang, Anda bisa meminjamnya dari bank atau ke perusahaan jasa peminjaman uang seperti Lonify dan Tien24. Di sana Anda bisa meminjam uang dengan mudah tanpa syarat-syarat yang nantinya akan menyulitkan Anda. Sekarang perusahaan yang meminjamkan uang tidak akan menyulitkan nasabahnya. Karena kebutuhan hidup semakin hari semakin banyak, jika meminjam uang saja harus disulitkan, pasti nantinya akan berpengaruh pada segala aspek. Akan tetapi, meski proses peminjamannya mudah, tidak berarti Anda bisa seenaknya saja dalam membayar hutangnya. Anda juga harus tepat waktu dalam membayar sebelum jatuh tempo agar kreditnya bisa lancar.

Nah, bagaimana gais ?
Sudah siap memiliki bisnis sendiri ?


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

adv

meirida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id