promo enfa

Sunday, September 20, 2020

Tips Keuangan Keluarga Guna Mempersiapkan Biaya Pendidikan yang Semakin Mahal

Tips keuangan keluarga


Tips keuangan keluarga

Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya biaya pendidikan semakin lama nilainya jadi semakin mahal atau tinggi. Hal inilah yang membuat para orangtua hendaknya harus mempersiapkan sedini mungkin bagaimana caranya agar tidak kelimpungan memikirkan mengenai biaya pendidikan mereka. Karena pastinya setiap orangtua sendiri juga menginginkan pendidikan yang terbaik bagi buah hatinya. Mengingat ini adalah investasi besar untuk masa depan mereka. 


Sehingga jangan disepelekan, pendidikan terbaik akan membantu mereka menuju masa depan yang lebih cerah.

 

Untuk itu ikuti beberapa tips keuangan keluarga dalam menyiapkan biaya pendidikan anak berikut ini, yaitu:

 

  • Tentukan sekolah yang diinginkan buah hati

Ada baiknya bagi kita untuk mulai merencanakan sekolah mana yang akan dimasuki oleh buah hati ke depannya. Apakah ingin disekolahkan ke negeri atau swasta sehingga hal ini akan mempermudah kita untuk melihat rincian biaya yang mungkin dikeluarkan untuk kebutuhan pendidikan buah hati.

  • Riset biaya pendidikan

Ingat bahwa biaya pendidikan setiap tahunnya akan selalu mengalami peningkatan, diantaranya adalah sekitar 10 persen, jadi semakin lama otomatis jadi semakin mahal. 

Itulah mengapa kita harus riset terlebih dahulu berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan untuk pendidikan buah hati tersebut, sehingga mempermudah kita untuk menabung.


  • Mengevaluasi kondisi keuangan

Selanjutnya adalah dengan mengevaluasi kondisi keuangan, mulai di antaranya adalah dari pemasukan sampai dengan pengeluaran keluarga kita. Sehingga akan tahu bagaimana posisi keuangan keluarga kita. 

Kita juga dapat mempersiapkan porsi yang akan ditabung ataupun juga diasuransikan sesuai dengan kondisi finansial tersebut.


  • Memilih antara asuransi atau tabungan pendidikan

Ada banyak sekali produk keuangan yang dapat kita jadikan sebagai pilihan untuk membantu mempersiapkan dana pendidikan bagi buah hati, diantaranya adalah dengan asuransi atau satu diantaranya adalah tabungan. 

Keduanya memiliki plus dan minusnya masing-masing, seperti tabungan pendidikan menjamin uang tetap aman, hanya saja suku bunganya relatif kecil. Asuransi pun pilihan jenisnya lebih banyak lagi, ada yang dwiguna dan juga jenis unit link yang disertai dengan adanya manfaat investasi.


  • Investasi 

Selain itu kita juga dapat mengimbanginya dengan investasi, karena hasilnya lebih jelas dan juga besar. 

Misalkan saja kita berinvestasi di sektor properti, meskipun modal yang harus dikeluarkan untuk memulainya cukup besar. Namun setara dengan pertambahan nilai yang terjadi dari tahun ke tahun, karena semakin besar dan kelak dapat dipersiapkan untuk biaya pendidikan anak.

 

Itulah setidaknya tips keuangan keluarga untuk mempersiapkan biaya pendidikan buah hati yang semakin mahal.

Tidak bisa dipungkiri memang kondisi pandemi Covid 19 seperti sekarang ini berdampak besar pada sumber pemasukan keluarga, sehingga berapapun pemasukan yang kita dapatkan hari ini harus dikelola dengan cermat agar semua kebutuhan tetap terpenuhi dengan baik.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.