Wednesday, September 2, 2020

E-Commerce dan Jasa Logistik, sebuah Simbiosis Mutualisme

Perusahaan logistik


Peran Penting Logistik dalam Perkembangan E-Commerce


Perusahaan logistik dan industri e-commerce bisa dikatakan,  merupakan sebuah simbiosis mutualisme, di mana mereka harus saling ada dan saling membutuhkan untuk terus maju dan berkembang. Industri e-commerce tidak akan bisa berjalan tanpa ada layanan logistik. Usaha logistik pun berkembang dengan semakin banyaknya pesanan e-commerce yang harus dikirimkan.


Perkembangan industri e-commerce di Indonesia beberapa tahun terakhir ini sangat pesat. Berdasarkan data yang dirilis oleh Bank Indonesia pada tahun 2018, transaksi e-commerce tercatat mengalami peningkatan hingga 151%. Angka ini sudah bisa dipastikan akan terus meningkat seiring dengan perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja yang dari awalnya offline menjadi online.


Perkembangan industri e-commerce yang meningkat tajam ini, membuat kebutuhan akan layanan logistik juga meningkat. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya pesanan produk yang harus segera dikirim ke alamat tujuan.


Ditambah lagi, ketika pandemi covid-19 melanda dunia di awal tahun 2020 ini, yang mengharuskan masyarakat untuk beraktifitas dari rumah. Aktifitas-aktifitas sebelumnya yang biasa dilakukan secara offline, akhirnya dilakukan secara online. Sebut saja contoh kecilnya seperti berbelanja kebutuhan dapur yang biasanya langsung di pasar, namun demi terhidar dari penyebaran virus, masyarakat pun berbelanja kebutuhan online via aplikasi, atau berbelanja langsung via aplikasi chat dengan pedagang di pasar.


Yang pasti, apapun bentuk transaksi pembelian online saat ini, semuanya membutuhkan layanan logistik agar pesanan yang dibeli sampai ke rumah dengan selamat.


Tetapi, sejatinya layanan logistik itu tidak hanya sebatas layanan pengiriman barang ke konsumen. Logistik mencakup hal yang jauh lebih luas, mulai dari pergudangan, manajemen inventori, penagihan, pengemasan, label, cash on delivery, dan banyak lagi lainnya.


Tantangan yang dihadapi perusahaan logistik juga sangat beragam, tidak hanya sebatas memastikan barang konsumen sampai dengan selamat, tetapi juga memberikan layanan berupa pengembalian produk cacat, penukaran tipe barang, dan lain-lain.


Itu sebabnya para penyedia jasa logistik bersaing memberikan layanan terbaiknya kepada pengguna jasa mereka. Semakin lengkap dan baik layanan yang diberikan, maka akan semakin banyak juga konsumen yang berkerjasama dengan perusahaan mereka.




SERA, Perusahaan Logistik Terpercaya Member Group Astra


PT. Serasi Autoraya (SERA) merupakan anak perusahaan PT. Astra International Tbk yang bergerak di bidang layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia.


Selain bisnis solusi transportasi dan penjualan kendaraan bekas, di bawah bendera SELOG, SERA hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa logistik end-to-end dengan layanan yang berbeda-beda.


SERA menyediakan layanan logistik terintegrasi mulai dari perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring melalui jasa contract logistics.


SERA sudah dilengkapi dengan Warehouse Management System (WMS). Dengan adanya sistem ini, pelanggan sangat diuntungkan karena SERA memiliki kemampuan dalam proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, dan pesanan yang sudah selesai.


Tidak hanya sampai di situ, sistem WMS juga memudahkan pelanggan melihat status persediaan barang hingga tingkat persediaan terendah secara real time.


Layanan Kurir yang Lengkap sesuai Kebutuhan


Paham dengan kebutuhan masyarakat yang sangat beragam, SERA memberikan layanan kurir ekspres yang disupport kendaraan-kendaraan di sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.


Layanan kurir yang SERA berikan terbagi atas dua, yaitu:

1. Layanan standar, meliputi Same Day Service, Next Day Service, dan Regular Service.

2. Layanan solusi, meliputi VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau paket dan barang-barang yang terlalu besar untuk dikirim dengan kargo biasa.


Untuk alat berat dan kargo lainnya, SERA menyediakan jasa pengiriman dengan berbagai jenis moda pengangkutan, baik untuk wilayah dalam negeri ataupun luar negeri.


Pelanggan tidak perlu cemas dengan dengan kondisi paket yang dikirimkan karena SERA memberi jaminan berupa keamanan (safety), tepat waktu (ontime), dan zero defect.


Dengan semua layanan yang diberikan oleh SERA ini, maka pelanggan bisa fokus dengan peningkatan mutu sehingga bisa bersaing merebut hati konsumen. Dengan begitu peningkatan keuntungan bisnis pun tercapai.


















No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.