Follow Us @soratemplates

Wednesday, June 26, 2019

Susu Soya, Solusi Nutrisi untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

Hai, Gais.

Pernah mendengar istilah alergi dan alergen? Aku yakin banget kamu pasti udah sering mendengar dua istilah medis tersebut. Alergi adalah reaksi berlebihan yang ditunjukkan oleh daya tahan tubuh ketika bersinggungan dengan alergen atau zat yang memicu alergi.


Ada beberapa gejala alergi yang harus diwaspadai:

- Gejala alergi pada pencernaan.
Jika alergi pada pencernaan, maka penderita akan menunjukkan gejala seperti nyeri perut, kolik, mual, muntah, kembung, diare, dan juga sembelit. Reaksi alergi ini biasanya muncul setiap habis memakan sesuatu yang mengandung zat alergen.

- Gejala alergi pada kulit
Reaksi alergi juga bisa muncul di kulit. Gejalanya muncul bentol-bentol merah di permukaan kulit yang disertai rasa gatal, atau dermatitis atopik (eksim) berupa ruam-ruam merah dan kasar yang biasanya muncul di pipi, siku bagian dalam dan belakang lutut.

- Gejala alergi pada saluran pernafasan
Reaksi alergi yang muncul di saluran pernafasan merupakan reaksi alergi yang paling harus diwaspadai, karena jika tidak mendapat penanganan yang tepat bisa berakibat fatal bahkan berujung pada kematian.

Waspadailah gejala yang muncul seperti sesak napas berulang, batuk pilek berulang, napas berbunyi, bersin-bersin, gatal pada hidung, atau hidung tersumbat yang timbul disaat tubuh sedang tidak mengalami infeksi sama sekali.



Alergi bisa menghampiri siapa saja termasuk anak-anak, balita, bahkan pada bayi. Pada bayi yang masih mengonsumsi susu formula, alergi ini sering disebabkan susu sapi.

Alergi susu sapi adalah kondisi di mana sistem imunitas tubuh memberikan respons yang berlebihan terhadap kandungan protein di dalam susu.

Tentu saja hal ini tidak baik untuk bayi karena susu adalah makanan utama untuk bayi. Jika kebutuhan nutrisinya tidak dipenuhi, bayi bisa beresiko mengalami gizi buruk. Untuk itu diperlukan solusi yang tepat agar nutrisi bayi terpenuhi tanpa menimbulkan alergi pada tubuhnya.



Susu Soya, Solusi Nutrisi untuk Anak yang Alergi Susu Sapi


Ketika anak didianosis mengidap alergi susu sapi, biasanya dokter akan menyarankan susu formula kedelai sebagai pengganti susu sapi. Hal ini disebabkan susu formula kedelai mengandung berbagai zat gizi yang bisa mendukung kebutuhan nutrisi anak.

Susu formula kedelai sering juga disebut dengan susu soya.



Susu soya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut nutrisi yang tergandung dalam susu soya.

- Protein

Kandungan protein pada susu soya cukup tinggi, bahkan lebih berkualitas daripada sumber protein nabati lainnya. Bahkan hampir setara dengan protein pada susu sapi. Selain itu, kandungan karbohidrat pada susu soya juga lebih rendah, sehingga tidak akan meningkatkan resiko obesitas.


- Lemak baik

Bukan hanya protein, lemak baik juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nah, susu soya ini memiliki kandungan lemak baik berupa Omega 3 dan Omega  6 yang pastinya akan sangat bagus dalam menunjang tumbuh kembang bayi.


- Vitamin dan mineral

Susu soya juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang pastinya sangat dibutuhkan tubuh. Sumber protein nabati ini kaya dengan kandungan kalium, kalsium, zat besi, dan mineral lainnya; di antaranya adalah vitamin E, vitamin K, dan vitamin B kompleks.


- Isoflavon

Isoflavon banyak juga yang mengenalnya sebagai zat antioksidan yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Isoflavon banyak ditemukan dalam kacang-kacangan, dan kedelai merupakan satu jenis kacang-kacangan yang mengandung isoflavon paling tinggi. Inilah yang menyebabkan susu soya jadi produk susu yang kualitasnya tidak kalah dengan susu sapi.

Nah, itulah empat nutrisi penting yang terdapat dalam susu soya sehingga susu soya ini pun bisa menjadi solusi nutrisi bagi anak yang mengidap alergi susu sapi.

Tapi ada satu hal yang tetap harus menjadi perhatian serius. Mintalah saran dokter sebelum memutuskan memberi bayi susu soya kepada bayi yang terlihat menunjukkan gejala alergi. Karena sekalipun susu soya aman untuk anak, tetapi pemberiannya tetap harus sesuai arahan dokter.

Oke, Gais. Sekarang tidak perlu bingung lagi ya jika melihat ada anak yang alergi susu sapi karena susu soya bisa dijadikan solusi pemenuhan nutrisinya.









No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.