Wednesday, June 26, 2019



Susu formula merupakan salah satu makanan yang sebaiknya anak konsumsi selepas ASI. Namun, sufor juga bisa menjadi makanan utama ketika Ibu tidak bisa memberikan ASI pada anak. Jika demikian, maka Ibu harus segera memilih sufor terbaik bagi si anak. Ada banyak jenis susu formula yang tersedia di pasaran. Ibu dapat lebih mudah memilihnya, namun juga bisa mengalami kesulitan menentukan sufor mana yang lebih baik. Sebab, jika salah memilih susu formula, akan menyebabkan reaksi alergi yang ditunjukkan oleh tubuh sang anak. Untuk menghindarinya, Ibu harus tahu tips memilih susu formula terbaik bagi si anak berikut ini!

Pahami Dulu Bebagai Jenis Susu Formula

Di pasaran, memang ada banyak susu formula yang beredar dengan beragam merek dagang. Namun, pada intinya, tiap susu formula memiliki perbedaan bahan dasarnya seperti sufor dari susu sapi, sufor dari susu kedelai, sufor bebas laktosa, dan sufor hidrolisat parsial/ susu hipoalergenik (HA).

Sufor dari Susu Sapi

Sebagian sufor terbaik yang kini ada berasal dari bahan susu sapi. Susu formula ini mengandung protein, lemak, dan karbohidrat dalam komposisi yang seimbang. Jangan khawatir, protein yang terdapat pada sufor ini sudah diolah sehingga mudah dicerna oleh usus bayi.

Sufor dari Susu Kedelai

Selanjutnya, susu formula yang terbuat dari susu kedelai. Meski tidak banyak, namun sufor in dibutuhkan bagi anak yang mengalami intoleransi terhadap laktosa sementara, alergi susu sapi, maupun kekurangan laktase bawaan.

Sufor Bebas Laktosa

Bagi beberapa anak tertentu, memerlukan jenis sufor bebas laktosa karena mangalami intoleransi bebas laktosa atau ketidakmampuan mencerna laktosa. Sehingga, kandungan gula dalam sufor terbaik ini diganti dengan gula jenis, misalnya sirup jagung.

Sufor Hidrolisat Parsial/ Susu Hipoalegenik (HA)

Bagi anak yang memiliki masalah terhadap penyerapan nutrisi atau alergi protein susu, maka membutuhkan jenis susu hidrolisat parsial atau susu hipoalergenik (HA). Jenis susu ini mengandung protein yang telah dipecah atau terhidrolisis sehingga mudah dicerna oleh usus anak.

Jenis Sufor Terbaik bagi Anak

Nah, dari ulasan di atas, maka anak disarankan untuk memilih sufor yang terbuat dari susu sapi, dengan catatan tidak mengalami masalah terhadap pencernaan susu. Namun, apabila anak Ibu mengalami masalah terhadap protein susu atau intoleransi laktosa, sebaiknya berikan pilihan susu formula dari kedelai, sufor bebas laktosa, atau sufor hidrolisat (HA).

Disamping memperhatikan bahan susu formulanya, pastikan Ibu juga memastikan kandungan gizinya lengkap. Beberapa kandungan yang sebaiknya ada dalam susu formula yaitu zat besi, probiotik dan prebiotik, serta DHA dan ARA. Kandungan tersebut penting bagi tumbuh kembang anak serta perkembangan otaknya.

Ingat, ketika memilih sufor bagi anak, pastikan produk tersebut belum melewati tanggal kadaluwarsa serta tidak rusak kemasannya. Jika demikian, akan merusak kualitas dari sufor tersebut.

Cara Mengetahui Sufor yang Dipilih Sudah Tepat

Mungkin, Ibu masih harus menyesuaikan jenis sufor yang dipilih dengan anak. Maka, perhatikan perubahan tubuh anak setelah mengonsumsi sufor. Apabila anak mengalami diare, lebih rewel, muntah, serta cepat lelah, bisa jadi pertanda anak Ibu tidak cocok dengan sufor tersebut. Jika demikian, segera ganti sufor lainnya.

Sebagai rekomendasi, sufor terbaik yang dapat Ibu pilih adalah Morinaga Chil Kid yang tersedia dalam beragam varian seperti Chil Kid Platinum, Chil Kid Gold, Chil Kid P-HP, dan Chil Kid Soya. Kandungannya lengkap dan mendukung kecerdasan multitalenta anak, tumbuh kembang optimal, serta pertahanan tubuh ganda.


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Meirida Blog - Review dan Lifestyle . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id