Follow Us @soratemplates

Sunday, June 23, 2019

Bukan untuk Pelarian, Inilah 5 Peluang Karir Bagi Lulusan Agribisnis


Di tengah gempuran teknologi digital, akhir-akhir ini para calon mahasiswa cendrung berkliblat pada jurusan teknologi informasi, dan mengabaikan jurusan yang berhubungan dengan pertanian. Mereka beranggapan lulusan dari ilmu pertanian ini tidak memiliki prospek kerja yang bagus.

Padahal jika mau membuka mata, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki sumber daya alam melimpah. Kontur tanah yang subur selalu cocok untuk ditanami beranek macam tanaman. Makanya sangat disayangkan jika jurusan yang berhubungan dengan pertanian menjadi pilihan akhir, bahkan jadi pelarian semata dengan dalih daripada tidak kuliah.

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Agribisnis

Agar tidak terjadi gagal paham yang berkepanjangan, mari kita mengenal lebih jauh jurusan agribisnis ini.

Agribisnis sendiri berasal dari kata 'agriculture' dan 'business'. Secara kasat mata, agribisnis ini bisa diartikan ilmu yang mempelajari tentang bisnis yang berhubungan dengan dunia pertanian. Tetapi jangan dikira dunia pertanian itu hanya mencakup tentang cocok tanam saja. Dalam agribisnis ini kamu akan diajarkan pada hal-hal yang berhubungan dengan strategi penjualan hasil pertanian sehingga mendapatkan keuntungan. Jadi kuliah jurusan agribisnis tidak berarti kamu harus pegang cangkul, lho.

Agribisnis juga merupakan cabang ilmu yang terhubung dengan cabang ilmu lainnya, salah satunya adalah jurusan teknologi pangan. Urusan pangan ini memang tidak akan ada matinya karena berhubungan dengan hajat hidup orang banyak. Karena itulah peluang bisnis yang berhubungan dengan agribisnis akan selalu terbuka lebar.


5 Peluang Karir untuk Lulusan Agribisnis


Sudah memahami tentang agribisnis? Sekarang saatnya kamu mengetahui peluanf karir untuk lulusan agribisnis ini.

1. Pengusaha

Hoho, peluang karir ini berada di urutan pertama nih, gais. Berbekal ilmu-ilmu bisnis yang memadai makan sangat terbuka peluang bagi kamu untuk menjadi seorang pengusaha di bidang pertanian. Dengan memahami kebutuhan petani, kamu bisa menjadi penyedia bahan-bahan dan peralatan pertanian yang pastinya akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun.

2. Peneliti

Dunia semakin berkembang? Begitu juga halnya dunia pertanian. Mau tidak mau tuntutan zaman akan meminta adanya perubahan dan inovasi dalam bidang pertanian. Untuk itu dibutuhkan tenaga-tenaga ahli untuk melakukan penelitian agar dunia pertanian selalu berkembang. So, bergabunglah sebagai tenaga peliti di lembaga riset seperti LIPI. Tidak usah khawatir dengan penghasilan, karena sudah terbukti saat ini para peneliti telah mendapatkan upah yang sangat sepadan.

3. Dosen

Kamu bisa memiliki karir sebagai tenaga pendidik yang ahli di bidang Agribisnis. Menjadi seorang dosen akan membuat karirmu menanjak sebab kamu bakal dibayar dengan gaji besar ditambah tunjangan lain. Jangan heran jika gaji pokok seorang dosen ditambah tunjangan sertifikasi lain bisa mencapai kisaran belasan juta rupiah.

4. Konsultan Pertanian

Kamu bisa menjadi seorang konsultan pertanian yang bisa memberikan pengetahuan dan wawasan pada masyarakat luas terkait ilmu Agribisnis. Seorang konsultan handal yang mampu memberikan arahan, bimbingan dan analisis yang tepat akan mendapatkan bayaran yang sebanding dengan kemampuan tersebut.


5. Penulis Tentang Agribisnis

Kamu pasti tahu bahwa kekuatan tulisan menjelma menjadi pundi rupiah di era digital seperti saat ini. Jika Kamu tidak mendapatkan pekerjaan sesuai harapan, bisa menjadi penulis kok.

Kalau Kamu memiliki kemampuan menulis yang baik, bisa mencoba menulis artikel, tutorial dan lain-lain tentang Agribisnis. Semakin banyak yang tertarik pada tulisanmu maka semakin besar pula penghasilan Kamu nantinya.

Nah, itulah 5 peluang karir bagi kamu yang lulusan agribisnis. Jadi bagi kamu yang masih ragu cari-cari jurusan kuliah yang cocok, sekarang saatnya kamu menentukan pilihan.



Khusus untuk kamu yang berada di Bandung dan sekitarnya, jurusan agribisnis di Bandung bisa kamu dapatkan di Ma'soem University yang beralamat di Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor. Untuk informasi bisa dihubungi pada nomor WA 08156033022.







No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.