promo enfa

Thursday, January 9, 2020

Kenali, Penyebab Keringat Berlebih yang Beresiko Penyakit



Keringat merupakan hal yang normal, sebagai pertanda bahwa tubuh sehat karena saat berkeringat tubuh sedang mengeluarkan zat sisa metabolisme. Tetapi, jangan abaikan jika volume keringat lebih dari biasanya. Keringat berlebih patut diwaspadai, karena beresiko menyebabkan penyakit. Ayo, kenali lebih dekat penyebab keringat berlebih pada tubuh.

Tubuh bisa mengeluarkan keringat yang berlebih ketika kita sedang mengonsumsi makanan pedas, berolahraga, atau saat cuaca panas. Itu adalah hal yang wajar karena tubuh sedang melakukan proses mekanisme yang seharusnya. Tapi, waspadailah jika tubuh berkeringat disaat cuaca dingin, atau saat berada di ruangan ber-AC. Bisa jadi itu pertanda bahwa tubuh kita mengidap penyakit tertentu.


Kenali, Penyebab Keringat Berlebih yang Beresiko Penyakit


1. Kadar gula rendah

Normalnya, kadar gula darah berada pada kisaran angka 70-100 miligram per desiliter. Jika kadar gula darah berada di bawah 70, maka tubuh akan mengeluarkan keringat berlebih, terutama pada bagian belakang leher.  Segeralah makan dan minum, agar kadar gula darah kembali normal.

Jangan dibiarkan berlarut-larut karena akan beresiko menyebabkan hipoglikemia akut, yang beresiko mengakibatkan penurunan kesadaran dan kejang, hingga kerusakan permanen pada otak.


2. Stress

Stress juga bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat berlebih. Waspadailah jika kamu mengalami serangan panik dan stress dengan kehidupan sehari-hari, karena itu bisa menjadi gejala awal anxiety atau gangguan kecemasan. Segeralah hubungi tenaga profesional untuk membantu kamu mengendalikan rasa stress agar kelebihan keringat bisa dikontrol.


3. Hipertiroid

Hipertiroid terjadi ketika kelenjar tiroid menjadi hiperaktif sehingga memproduksi hormon tiroid dalam jumlah banyak. Akibatnya, proses-proses dalam tubuh pun berlangsung dengan lebih cepat, termasuk proses metabolisme. Sehingga menyebabkan keringat berlebih pada tubuh.

Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena kelebihan hormon tiroid ini juga bisa memicu penyakit lainnya seperti jantung berdebar keras, sulit tidur, diare, penglihatan menurun, dan banyak lagi lainnya.


Itulah beberapa penyebab keringat berlebih yang patut kita waspadai ya, Teman. Ayo, tingkatkan pola hidup yang baik dan sehat agar kita selalu terjaga dari berbagai gangguan kesehatan. Dan satu hal yang perlu diingat, jika mengalami keringat berlebih dalam situasi normal, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.