promo enfa

Friday, January 24, 2020

Identifikasi Keterlambatan Bicara dengan Program Assesment Online dari Dini.id



Keterlambatan bicara atau speech delay pada anak seringkali dipandang sepele oleh orangtua. Mereka beranggapan hal itu biasa karena akan diimbangi dengan perkembangan dari sisi lainnya.

Psikiater Konsultan Anak & Remaja, dr. Anggia Hapsari, SpKJ (K), mengatakan bahwa perkembangan berbicara pada anak memiliki tolak ukur. Saat usia  12-13 bulan, anak seharusnya bisa memiliki satu kosa kata baru selain ‘mama’ dan 'dada'.

Anak yang mengalami speech delay  memiliki resiko terkena bermacam gangguan, seperti depresi, ansietas atau kecemasan, bahkan gangguan kejiwaan.

Mereka merasa tidak nyaman, tetapi mengalami kesulitan untuk mengungkapkannya.

Speech delay bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah lingkungan yang deprivasi. Contohnya bisa terjadi pada anak yang diajarkan multilingual di usia terlalu dini.

Interaksi sosial merupakan pondasi besar bagi kemampuan verbal anak. Kualitas interaksi antara orangtua dan anak bisa mengasah kemampuan berbahasa anak, karena anak jadi lebih mudah mengenal bahasa baru dan maknanya. Itu juga sebabnya kebersamaan orangtua saat anak bermain lebih penting dari pada mainan yang mahal.

Dalam dunia anak, bermain merupakan sarana belajar. Di saat bermain ini orangtua bisa mengarahkan hal yang baik, dan mencegah hal yang buruk dengan mengenalkan kosakata beserta contoh dalam perbuatan. Dengan begitu anak lebih mudah menyerap dan mencontohnya. Inilah pentingnya interaksi dua arah antara orangtua dan anak.


Identifikasi Keterlambatan Bicara dengan Program Assesment Online dari Dini.id


Dini.id merupakan startup yang khusus dirancang untuk memberikan program stimulasi dan intervensi dalam tumbuh kembang anak dengan memadukan antara teknologi, ilmu psikologi, orangtua, dan tim ahli.

Beberapa program Dini.id adalah:

1.Sistem assessment online gratis di website www.dini.id yang dapat mengidentifikasi keterlambatan dan potensi dalam perkembangan anak.

2.Kelas stimulasi dan intervensi sambil bermain yang dilakukan di playground-playground mitra  yang dirancang untuk mengaktifkan neuron dalam otak sehingga meningkatkan perkembangan kognitif dan menjadi dasar perkembangan tahap selanjutnya terutama untuk belajar.

3.Program assesment, observasi dan  investigasi berkala yang disupervisi oleh psikiater dan psikolog klinis untuk mengoptimalkan perkembangan anak yang berbeda-beda dan unik.

Dengan stimulasi dan intervensi dalam tumbuh kembang anak, diharapkan speech delay dapat teratasi dan anak menjadi lebih lancar berbicara.

Berikut video tentang Mengatasi Speech Delay pada Anak Usia Dini yang aku sudah tonton.



Aku suka banget karena videonya benar-benar memberi pengetahuan baru sehingga aku jadi lebih mengerti bahwa stumulasi dan intervensi itu sangat penting untuk mengatasi speech delay pada anak.













No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.