Follow Us @soratemplates

Friday, September 6, 2019

Baru Pertama Kali Dapet Panggilan Interview? Tidak Perlu Gugup! Ini Dia Pertanyaan yang Paling Sering Muncul


Bagi fresh graduate, mencari kerja menjadi tantangan tersendiri yang mau tidak mau harus mereka hadapi, meskipun memang tidak mudah. Perlu diakui bahwa mencari kerja pertama bagi fresh graduate cenderung lebih sulit dibandingkan orang-orang yang telah memiliki pengalaman sebelumnya, apalagi bila fresh graduate tersebut sama sekali belum memiliki aktivitas yang berarti selama kuliah, seperti pengalaman magang, freelance, organisasi, dan sebagainya, yang tentunya harus mencari strategi bagaimana agar CV mereka dapat terlihat menarik dihadapan para HRD atau rekruiter.

Nah, bagi kamu yang saat ini tengah menanti telepon panggilan interview dari perusahaan incaran, janganlah hanya menunggu. Mending pelajari saja mengenai pertanyaan interview yang paling sering muncul dari HRD dan persiapkanlah jawabanmu sebaik-baiknya. Siapa tahu kamu bisa langsung diterima kerja.


Pertanyaan Interview yang Paling Sering Muncul




1. Ceritakan Tentang Dirimu

Meskipun terdengar sepele, menceritakan dirimu sangatlah penting bagi HRD untuk menilai latar belakang sekaligus caramu berkomunikasi. Tidak dapat dihindari, sesi interview di berbagai perusahaan manapun pasti akan dimintai untuk menceritakan dirimu secara merinci. Tetapi perlu diketahui bahwa jangan cerita terlalu dalam atau yang bersifat pribadi.

HRD tidak akan perduli dengan kisah percintaanmu atau konflik yang pernah kamu hadapi. Mereka hanya ingin tahu mengenai pendidikan serta pengalaman yang pernah kamu miliki sebelumnya agar dapat menilai apakah latar belakang yang kamu miliki akan cocok dengan perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

Jadi, kalau diminta untuk menceritakan mengenai dirimu, jangan bertele-tele dan langsung saja mengarah kepada keluarga, pendidikan, serta prestasi apa saja yang pernah kamu capai. Mulai dari pengalaman organisasi baik itu di dalam dan di luar kampus, pengalaman olimpiade yang pernah kamu ikuti, pertukaran pelajar, dan masih banyak lagi. 


2. Sebutkan Kelebihan dan Kekuranganmu

Jika diminta untuk menyebutkan kelebihan yang kamu miliki, berusahalah untuk tidak sombong dan tetap rendah hati. Cobalah untuk mencari kelebihan yang berhubungan dengan posisi yang tengah kamu lamar. Sebagai contoh bila kamu melamar sebagai finance, maka kamu bisa mengakatakan bahwa kelebihanmu adalah cepat berhitung dan teliti. Selain itu, kamu juga sebaiknya menyebutnya kelebihan seperti ‘mudah beradaptasi’, ‘fast learner’, dan sebagainya. Jangan lupa pula untuk memberikan contoh atau mendemonstrasikan bagaimana kamu dapat mengaplikasikan kelebihan tersebut ke dalam lingkungan pekerjaan.

Nah, sedangkan untuk menyebutkan kekurangan, sesi ini mungkin akan sedikit lebih sulit karena ketika kamu salah menyebutkan sebuah kata, bisa saja HRD justru akan menganggapmu sebagai sosok yang bermasalah dan tidak cocok bagi perusahaan. Untuk mensiasatinya, carilah sesuatu yang bukan menjadi keunggulanmu tetapi sedang berusaha kamu perbaiki. Semisal, kamu mengatakan bahwa kamu merupakan sosok yang pelupa, maka cara mensiasatinya ialah dengan selalu membawa buku catatan untuk mencatatat berbagai hal penting. Contoh lainnya bila kamu kurang berani dalam hal public speaking, kamu bisa menyebutkan bahwa saat ini kamu sudah membiasakan diri untuk bertemu dengan banyak orang di luar, seperti bergabung ke dalam organisasi atau komunitas.

3. Gaji yang Diinginkan

Mendapatkan gaji pertama setelah berjuang selama bertahun-tahun mengenyam pendidikan pasti merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Hanya saja, sebagai fresh graduate ada baiknya untuk tidak blak-blakan mengenai gaji yang diinginkan, apalagi bila kamu belum memiliki pengalaman ataupun skill yang terbilang mumpuni.

Bukannya tidak boleh, hanya saja seorang fresh graduate yang langsung meminta gaji tinggi terkadang akan menjadi bad impression di mata HRD. Sebagai permulaan, ada baiknya bila kamu diawali dengan menjawa ‘saya tahu bahwa kemampuan saya masih tergolong minim, maka saya akan menyesuaikan dengan standar perusahaan terlebih dahulu’.

Meskipun gaji pertama kamu masih diawali dengan sebatas UMR, angka tersebut akan semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya pengalaman dan skill yang kamu miliki. Makanya, jangan langsung rendah diri dulu ya.

Sesi interview memang merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu namun juga sekaligus menegangkan. Karena disinilah yang akan menjadi penentu apakah kamu akan berhasil mendapatkan pekerjaan atau tidak. Nah, agar momen interviewmu berjalan dengan lancar dan kamu berhasil mendapatkan pekerjaan yang telah menjadi impianmu, ada baiknya untuk mencari tahu beberapa hal yang berhubungan dengan pertanyaan interview sebelumnya.

Pastinya kamu tahu kan bahwa pewawancara tidak akan hanya menanyakan 3 pertanyaan yang telah disebutkan di atas? Selain ketiga poin yang baru saja disebutkan, masih banyak lagi jenis-jenis pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan oleh HRD ketika wawancara kerja. Ingin tahu jenis pertanyaan lainnya? Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/jangan-gugup-ini-10-pertanyaan-yang-sering-muncul-di-sesi-interview-kerja/



No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.