Follow Us @soratemplates

Sunday, September 8, 2019

Fakta-Fakta Menarik Dibalik Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur



Setelah pertimbangan secara matang mengenai bagian lokasi Indonesia manakah yang layak untuk dijadikan sebagai ibu kota baru pengganti Jakarta, keputusanpun telah ditetapkan untuk menjadikan Provinsi Kalimantan Timur, yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Sebagian Kabupaten Kutai Negara sebagai Ibu Kota Baru Republik Indonesia.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hingga kini kegiatan seluruh perekonomian berpusat di Pulau Jawa, khususnya di Jakarta, yang membuat Pulau Jawa semakin padat dibandingkan di pulau-pulau lainnya. Hal ini tentunya menimbulkan kesenjangan karena secara tidak langsung kemajuan perubahan infrastruktur pun juga menjadi lebih berpusat kepada pulau Jawa, yang membuat pulau-pulau di bagian Indonesia lainnya menjadi lebih tertinggal.

Maka dari itu, sekaligus dalam rangka pemerataan, bapak Joko Widodo (Jokowi) selaku Presiden Republik Indonesia memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Baru ke luar pulau Jawa, yakni dengan keputusan akhir yaitu di Pulau Kalimantan, lebih tepatnya di Kalimantan Timur.

Dikarenakan inilah, Pulau Kalimantan menjadi buah bibir yang saat ini tengah banyak dibicarakan oleh masyarakat luas. Lalu, apa saja sih fakta-fakta menarik dibalik pindahnya Ibu Kota ke Kalimantan Timur? Yuk kita simak ulasannya bersama-sama.


Fakta-Fakta Menarik Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur




1. Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai Lokasi Ibu Kota Baru

Sesuai dengan yang telah diumumkan oleh Presiden Jokowi pada hari Senin, 26 Agustus silam, ibu kota baru akan resmi dipindahkan ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Menurut Jokowi itu sendiri, keputusan tersebut diambil setelah pemerintah melakukan kajian dan mengintensifkan studi selama tiga tahun terakhir.

Mengapa Kalimantar Timur? Selain memasuki urutan ke-3 sebagai pulau terbesar di dunia, pulau Kalimantan juga dinilai aman dari bencana alam seperti gempa bumi yang saat ini sudah mulai mengancam Jakarta. Dihuni oleh berbagai kelompok etnis yang beragam juga membuat Kalimantan memiliki karakteristik keberagaman budaya dengan mencerminkan ‘Bhineka Tunggal Ika’ yang dianut oleh Indonesia saat ini.

2. Mengusung Konsep ‘Green City’

Pemerintah tengah mempersiapkan desain moda transportasi massal yang pada nantinya akan siap melayani para penduduk di calon ibu kota baru Indonesia kelak. Transportasi massal tersebut juga akan saling terintegrasi dengan konsep ramah lingkungan. Tujuannya agar moda angkutan massal ini akan dijadikan sebagai pilihan utama bagi masyarakat dalam bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.



Jenis moda transportasi yang saat ini tengah dipersiapkan ialah dimulai dari MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit), hingga BRT (Bus Rapid Transit). Nah, keinginan Jokowi dalam membangun kota ramah lingkungan tidak hanya diwujudkan dengan menyediakan berbagai fasilitas moda transportasi, melainkan juga dengan dibangunnya RTH (Ruang Terbuka Hijau) dan memperbaiki kawasan konservasi hutan.

3. Jakarta Akan Menjadi Pusat Bisnis

Layaknya kota New York di Amerika, Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis dan perdagangan, baik itu di ranah nasional maupun internasional, sehingga perbaikan infrastruktur pun akan tetap dilakukan di Jakarta. Perpindahan ibu kota hanya berpengaruh terhadap pusat pemerintahan saja, tetapi tidak kepada pusat bisnis.

Mulai dari kemacetan yang tidak terkontrol, peningkatan jumlah penduduk, hingga terjadinya gempa bumi membuat Jakarta sudah tidak layak untuk dijadikan sebagai ibu kota, dan hal inilah yang mendasari Presiden Jokowi untuk memindahkan ibu kota ke pulau yang jauh lebih aman dan nyaman, khususnya sebagai pusat pemerintahan.

Perpindahan ibu kota sepertinya menjadi langkah terbaik agar jumlah penduduk tidak terlalu melonjak di pulau Jawa saja. Perlu diketahui bahwa sebelum Indonesia, ada beberapa negara lainnya yang juga pernah memindahkan ibu kota nya dan telah terbukti lebih memajukan negara mereka lho, seperti Australia yang pernah memindahkan ibu kotanya dari Melbourne ke Canberra atau Brazil yang memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke kota baru bernama Brasilia.

Banyak sekali fakta-fakta dibalik pindahnya ibu kota baru yang menarik untuk kamu ketahui. Ingin mengetahui fakta-fakta lainnya? Baca saja berita lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/ibu-kota-baru-di-kalimantan-timur-ini-fakta-faktanya/


Note:
Image source: https://nasional.sindonews.com/read/1400059/12/ibu-kota-pindah-dari-jakarta-ke-luar-jawa-akan-diseriusi-1556588317

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.