Follow Us @soratemplates

Friday, August 2, 2019

Tips Menjaga Kesehatan Retina Mata




Teman-temaaan, Tuhan telah menganugerahkan lima panca indra kepada kita manusia. Indra penglihatan (mata), pendengaran (telinga),  pembau (hidung), pengecap (lidah) dan indar peraba (kulit). Segala perangkat indra yang diberikah oleh-Nya tentunya wajib kita jaga sebaik-baiknya. Salah satu indra yang harus dijaga adalah mata.  Bagaimana tips menjaga kesehatan retina mata di era kini di mana kita acap terpapar dengan segala bentuk polusi. Selain itu, perkembangan zaman juga semakin banyak membiaskan makanan. Yang dulu aman-aman saja, menjadi tidak biasa dikonsumsi dan menjadi dampak buruk bagi kesehatan.

Waktu kecil, acap diajarkan jika wortel adalah salah satu makanan untuk kesehatan mata. Aku jadi teringat masa kecil dulu, ketika pulang sekolah dan saat musim panen aku gak segan meminta dan mencari sendiri wortel yang tidak lagi digunakan oleh petani. Ada yang dibiarkan begitu saja, ada juga yang aku harus mencabut sendiri. Lalu betulkah wortel bisa menjadi vitamin mata? Makanan apa saja yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata?

Berikut akan diulas sedikit mengenai tips kesehatan retina mata. 

  1. Menjaga olahraga mata
Olahraga mata merupakan salah satu cara yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Mata juga sama seperti bagian tubuh lainnya yang memiliki otot. Jadi, olahraga mata merupakan salah satu kepentingan seperti olahraga untuk tubuh. Memutar bola mata adalah salah satu olahraga mata yang dianjurkan. Untuk lebih meyakinkan diri bagaimana olahraga mata yang baik, tentu saja kita wajib mendatangi dokter supaya mendapatkan tips terbaik. Mengistirahatkan mata sebentar dari terus menerus menghadap komputer adalah salah satu bentuk olahraga mata.


  1. Kurangi setres
Setres adalah sumber dari segala sumber penyakit. Kesehatan mata juga bisa dipengaruhi oleh hal tersebut. Setres, tekanan mental dan kelelahan yang berlebihan bisa menyebabkan mata kurang sehat. Coba saja kita mengurangi jatah tidur, tak sedikit kantung mata menjadi hitam. Istirahat yang cukup bisa memberikan sedikit ketenangan kepada mata karena mata tak lelah diajak terus menerus bekerja.
 

  1. Rawat Mata Kita
Berapa jam Anda menghadap komputer dalam sehari? Dalam masa menghadap komputer tersebut, apakah tidak pernah melakukan istirahat? Jika, ya, Anda menjadi orang yang kejam kepada hak badan. Bagaimana pun mata juga ada lelahnya seperti bagian tubuh yang lain. Ia butuh istirahat seperti anggota badan yang lain. Untuk yang menggunakan lensa mata, pastikan bahwa lensanya rajin dibersihkan. Pun bagi perempuan yang menggunakan make up, hati-hatilah saat memakai eye liner dan seumpama lainnya di dekat mata. Jangan lupa untuk memakai kacamata pelindung di tengah panas teriknya matahari.


  1. Jaga kesehatan makanan
Pola makan berlebihan bisa merugikan badan. Berusahalah menjaga pola makan yang seimbang karena itu sangat penting untuk penglihatan yang lebih sehat. Bagaimana pun, nutrisi makanan akan diserap oleh tubuh hingga sampai ke mata. 

Pesan orang tua dahulu mengenai wortel untuk kesehatan mata ada benarnya juga. Karena selain sayur berwarna hijau, wortel juga menjadi salah satunya. Wortel adalah salah satu sayur yang banyak  mengandung vitamin A. Selain vitamin A untuk mata, ada juga vitamin C, E juga antioksidan untuk kesehatan badan. Sayur mayur berwarna hijau juga kacang-kacangan. Usahakanlah ia menjadi konsumsi berganti-ganti  setiap hari.


  1. Berhenti merokok
Selama ini, kita hanya tahu jika rokok menyebabkan penyakit kanker dan gangguan janin. Ternyata bahayanya bukan cuma itu, nikotin dalam rokok bisa memperlambat aliran darah ke retina dan dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah di sekitar mata. Kejaidan ini bisa menimbulkan degenarsi makula dan penyakit mata yang tak diharapkan. Dan prosesnya bisa tiga kali lebih cepat ketika penderita merokok. Jangan segan untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan mata Anda.


  1. Periksalah Mata Secara rutin
Menjaga kesehatan memang mahal. Salah satunya ya menjaga mata ini. Untuk keberlangsungan kesehatan mata kita, tak ada salahnya kira rajin berkunjung ke dokter setidaknya enam bulan sekali. Nggak semua penyakit mata memiliki keluhan, salah satunya adalah glaukoma. Kalau sudah memeriksakan mata secara rutin, kita bisa lebih dini mengetahui dan pencegahan bisa lebih maksimal. Dengan begitu, tingkat kesembuhan pun bisa semakin baik. Salah satu klinik mata yang bisa dipercaya adalah KMN EyeCare. Di klinik ini Anda bisa mendapatkan layanan yang berkaitan dengan mata termasuk retina.


Tips menjaga kesehatan retina mata bisa dilakukan sejak dini oleh diri sendiri. Tapi berkunjung kepada ahlinya sangat dianjurkan. KMN EyeCare salah satu layanan kesehatan mata terpercaya yang berada di beberapa daerah di Jakarta sangat direkomendasikan untuk Anda. Dilayani oleh perawat dan dokter-dokter yang berpengalaman, KMN EyeCare menjadi salah satu tempat untuk memeriksakan kesehatan mata yang bisa dipercaya. 

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.