Follow Us @soratemplates

Tuesday, March 5, 2019

Hal Kecil yang Suami Bisa Lakukan untuk Meringankan Perkerjaan Ibu Rumah Tangga

Perkerjaan ibu rumah tangga boleh dibilang adalah perkerjaan yang ga ada habisnya. Mulai dari mengurus rumah, memasak, mengasuh anak-anak dan banyak lagi lainnya. Apalagi jika memiliki anak balita yang pastinya menuntut ibu rumah tangga untuk memiliki effort extra dalam melakukannya.

Makanya tidak heran jika banyak ibu rumah tangga yang mengeluhkan semua tugas dan tanggung jawab itu, karena memang tidak mengenal kata habis.

Selesai cuci piring pagi, menjelang siang udah numpuk lagi piring kotor. Selesai membersihkan rumah, selang beberapa menit kembali berantakan oleh anak. Baru saja kelar memasak menu sarapan, eh ... menu makan siang pun sudah menanti untuk di eksekusi. Belum lagi tumpukan kain kotor yang kalo tiap lembarnya dirupiahkan bisa bikin jadi jutawan dalam sehari. Hehehe. Bahkan untuk BAB saja sulit untuk melakukannya dengan leluasa, karena ada si kecil yang selalu merengek ketika tidak melihat mamanya. Alhasil terpaksa deh membawa serta si kecil kemana pergi.

Ada sebagian ibu rumah tangga yang beruntung karena memiliki asisten rumah tangga, atau yang lebih beruntung lagi punya suami yang pengertian dan turut membantu untuk mengerjakan sebagian perkerjaan.

Sayangnya fakta berbicara lebih banyak yang tidak beruntung dari pada yang beruntung. Bahkan malah ada yang sial. Udahlah ga punya asisten rumah tangga, eh ... suami malah cuek bebek dengan semua kerempongan istrinya. Yang lebih menyedihkan lagi ada sebagian suami yang berprinsip urusan rumah tangga adalah kewajiban istri saja, tugas suami hanya mencari nafkah. Baginya mengerjakan perkerjaan rumah tangga itu melukai harga dirinya sebagai laki-laki.

*Preeet*

Makanya sebuah waktu luang yang bernama 'me time' itu bener-bener menjadi surga yang sangat sulit untuk diwujudkan bagi ibu rumah tangga.

Padahal kalau si suami mau bantu, tanpa harus mengerjakan semua tetap bisa, kok. Karena meringankan kerja istri juga udah sangat membantu istri dalam mengerjakan perkerjaan rumah tangga.

Nah, suami, jika ingin rumah selalu terlihat rapi, anak-anak terurus dengan baik, makanan terhidang tepat waktu, yuk lakukan hal kecil yang berdampak besar ini.


Hal Kecil yang Suami Bisa Lakukan untuk Meringankan Perkerjaan Ibu Rumah Tangga



1. Basahi piring kotor setelah makan.

Sisa-sisa minyak sambal, nasi, dan ikan yang menempel di piring setelah makan,  kalau tidak segera dibersihkan akan membutuhkan waktu dalam mencuci karena lengket dan berminyak. Nah, untuk memudahkan istri waktu mencuci piring, suami bisa bantu basahi piring kotor setelah makan agar noda minyaknya tidak lengket lagi.

2. Tumpuk di tengah.

Untuk menghemat waktu dalam merapikan meja makan, bantu istri dengan menumpuk piring kotor di tengah. Tetapi sebelumnya pastikan semua sisa makanan yang ada di piring kotor sudah dipindahkan ke wadah terpisah. Hal ini secara tidak langsung juga sudah membantu perkerjaan istri dalam memilah sampah, lho.

3. Masukkan pakaian kotor ke keranjang.

Salah satu bad habbit suami yang mendunia adalah suka menggantung pakaian sekali pakai di belakang pintu, yang tanpa disadari dalam waktu seminggu udah berhasil memindahkan isi lemari ke belakang pintu. Hihihi.

So, suami ga usah terlalu sayang ya sama baju kotornya. Walaupun baru sekali pakai, yang namanya keringat kan udah nempel, ya. Jadi tetap aja ga higienis untuk dipakai kembali.

Dari pada ditumpuk di belakang pintu, mending langsung masukkan ke keranjang cucian. So, anytime mo pake lagi bajunya udah bersih dan wangi ga apek lagi. Cie..cie... suami siapa tu yaaaa.

Hal ini jika suami lakukan udah membantu istri banget, lho, karena ga perlu harus keliling rumah untuk mencari pakaian kotor setiap kali akan mencuci.

4. Don't smoking at home.

Bagi istri yang anti rokok, punya suami perokok adalah satu tantangan lainnya dalam hidup. Terlebih lagi jika si suami tipikal laki-laki pesulap yang dalam sekejap mampu merubah seluruh ruangan dalam rumah jadi asbak raksasa. Pergi ke ruang tamu ketemu puntung rokok, ke ruang keluarga ketemu abu rokok, bahkan di toilet pun ada puntung rokok. Kesel? Super duper pastinya.

Nah, suami, pliiis ringankan tugas istrinya sehubungan dengan rokok ini ya. Kalau memang rokok itu adalah belahan jiwa kedua, maka merokoklah di luar rumah. Jangan tambah lagi penderitaan istrinya. Udahlah kebagian asap, eh masih juga kebagian ngurusin sampahnya. Pikirkan juga efek negatif rokok itu bagi anak-anak. So, silahkan merokok di luar rumah, setelah berada di rumah bebaskanlah rumah dan seisinya dari rokok dan aneka turunannya itu. 

So, Gais. Itulah 4 hal sederhana yang suami bisa lakukan untuk meringankan tugas ibu rumah tangga sang istri. 



Ga susah kan, ya. Istri terbantu, istri pun jadi bahagia. Dan kebahagiaan istri akan semakin berlipat ganda kalo suami kasih kejutan via Promo Mantap Tokopedia. Bulan Maret ini ada promo Tap Tap Mantap Tokopedia yang pastinya sayang banget untuk dilewatkan. So, don't miss it, yah.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.