promo enfa

Saturday, October 3, 2020

Tips Cegah Diare dan Sakit Perut Saat di Perjalanan


Tips Cegah Diare dan Sakit Perut Saat di Perjalanan


Sebagian orang mungkin pernah mengalami diare saat di perjalanan. Biasanya hal ini sering terjadi ketika musim mudik atau libur panjang yang membuat banyak orang bepergian ke luar kota. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan diare saat di perjalanan, yakni cuaca yang belum bersahabat, tubuh yang lelah, serta makanan yang tidak jelas higienitasnya.


Hal utama yang harus diperhatikan akibat dampak diare adalah dehidrasi. Bolak balik buang air besar bisa menghabiskan cairan di dalam tubuh sehingga kita rentan diare.


Bayangkan, bagaimana rasanya harus sulit menahan hasrat ingin bolak balik ke kamar mandi saat sedang di perjalanan? Atau rasanya lemas karena dehidrasi lantaran diare di tengah perjalanan? Sangat menyiksa, bukan?


Untuk itu, sebelum hal tersebut terjadi, pastikan kamu menerapkan langkah-langkah pencegahan agar diare tidak lagi menyerang di tengah perjalanan jauh. Apa saja yang harus kamu lakukan? Yuk, simak selengkapnya! 


Tips Mencegah Diare Saat di Perjalanan


Perjalanan yang aman dan nyaman akan sangat mengasyikan. Sebab mood seketika bisa hilang jika tubuh merasa tidak nyaman atau menunjukkan gejala adanya penyakit. Untuk menikmati perjalanan dengan tenang, yuk cegah diare dengan cara-cara berikut ini! 


Memperhatikan higienitas makanan


Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu penyebab diare adalah adanya infeksi bakteri, virus dan parasit. Mikroorganisme tersebut bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi ketika di perjalanan. Pastikan bekal yang kamu bawa merupakan makanan yang bersih serta aman dari bahaya mikroorganisme yang dapat menyebabkan diare.

Jika kamu tidak sempat membawa bekal, pastikan kamu tidak membeli makanan terbuka di pinggir jalan. Sebab, makanan terbuka yang belum dipastikan kebersihannya merupakan pantangan diare yang wajib dihindari. 


Membawa Bekal Makanan dengan Porsi Kecil


Selama berada di perjalanan, pastikan bekal yang kamu bawa adalah makanan dengan porsi kecil alias sekali habis. Makanan dengan porsi besar memberikan peluang masuknya bakteri akibat sering dibuka dan ditutup. Jika diperkirakan kurang, kamu bisa membawa lebih dari satu.
Memilih Jenis Makanan yang Dapat Mencegah Diare

Ketika hendak melakukan perjalanan jauh pastikan kamu memilih bekal jenis makanan yang dapat mencegah diare. Kamu bisa membawa berbagai makanan berikut ini. 

1. Nasi

Nasi putih memiliki karbohidrat yang tinggi serta rendah serat sehingga dapat mencegah diare ketika sedang bepergian jauh. Selain mencegah diare, nasi putih juga dapat membuat kamu tidak lemas karena adanya cadangan energi dari karbohidrat yang terkandung di dalam nasi putih. 

2. Kentang Rebus

Kentang rebus memiliki rasa yang hambar, tinggi karbohidrat namun rendah serat. Makanan yang satu ini bisa dijadikan cemilan sehat ketika kamu sedang ingin bepergian. Selain sehat, membawa kentang rebus sebagai bekal di perjalanan akan sangat menghemat keuangan kamu. 

3. Daging ayam

Nggak selalu harus hambar untuk mencegah diare saat bepergian. Bawalah daging ayam sebagai lauk atau bisa dijadikan cemilan untuk bekal kamu di perjalanan. Wah semakin semangat nih menempuh perjalanan nyaman dan aman.
 
4. Jahe

Jika kamu mempunyai wadah yang dapat menahan suhu panas air (termos), kamu bisa membawa air jahe sebagai bekal saat hendak perjalanan jauh. Jahe memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk dalam mengatasi mual dan muntah hingga diare. Selain bebas diare, kamu juga tidak perlu khawatir dihantui rasa mual dan muntah saat di tengah perjalanan. Jika kamu tidak punya termos, cukup konsumsi segelas air jahe sebelum berangkat ya. 

5. Yoghurt

Sebagian orang mengira bahwa yoghurt justru akan memperlancar sistem pencernaan sehingga dapat menyebabkan diare jika dikonsumsi secara berlebihan. Padahal, bakteri baik yang terdapat yoghurt justru sangat baik untuk memperbaiki kondisi lambung. Namun perlu diperhatikan bahwa yoghurt tidak bisa berlama-lama di suhu ruang untuk mempertahankan bakteri baik di dalamnya tetap hidup dan bermanfaat bagi tubuh.



Jika kamu termasuk orang yang sering diare ketika perjalanan jauh, tidak ada salahnya kamu membawa obat diare, contohnya seperti entrostop yang bisa kamu beli di toko obat terdekat. Meskipun sudah melakukan tindakan pencegahan, berjaga-jaga pun tidak ada salahnya. Kini, kamu siap bepergian tanpa khawatir lagi!





No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.