promo enfa

Wednesday, October 14, 2020

5 Ciri Kulit Sensitif dan Cara Tepat Merawatnya




Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Selain sebagai pelindung, kulit juga berfungsi sebagai pengatur suhu, sekresi berbagai komponen zat pembentuk vitamin D, serta fungsi estetika atau keindahan. So, tidak heran, jika kulit yang sehat dan indah bisa meningkatkan rasa percaya diri, ya.

Btw ... Bagaimana sih ciri-ciri kulit yang sehat itu? 

Apakah putih dan kinclong itu ciri-ciri kulit sehat?

Kulit sehat itu tidak harus putih, namun secara kasat mata harus tampak bersih, tanpa satupun jerawat, komedo, dan flek dipermukaannya.

Warna kulit yang merata juga merupakan salah satu ciri kulit sehat. Jika ada bagian kulit yang tampak lebih gelap terutama pada bagian yang tertutup, itu menandakan pigmen kulit tidak terdistribusi dengan baik. Pada area kulit yang lebih gelap, telah terjadi penumpukan pigmen yang berlebihan. Begitu juga sebaliknya, jika ada bagian kulit yang lebih pucat dari area lainnya, itu menandakan aktivitas melanin atau pigmen sangat kurang.

Elastisitas yang baik, tekstur yang halus, serta tidak adanya rasa yang mengganggu seperti gatal, nyeri, dan perih.

Jika pada kulit timbul rasa yang memicu perhatian seperti gatal, perih, dan nyeri dalam kondisi tertentu, maka patut diwaspadai, karena bisa jadi kamu memiliki kulit sensitif.



Apa itu kulit sensitif, dan apakah penyebabnya?


Kulit sensitif merupakan suatu kondisi dimana kulit bereaksi berlebihan terhadap produk dan lingkungan tertentu. Reaksi itu muncul berupa iritasi, rasa gatal, perih, serta kulit terasa kencang.


Kulit sensitif bisa dipicu oleh beberapa faktor, yaitu:


1. Paparan sinar matahari dan polusi udara.

2. Perubahan suhu udara yang drastis dan terus menerus.

3. Kurang istirahat dan terlalu banyak begadang.

4. Perubahan hormon pada masa menstruasi.

5. Tingkat stres yang tinggi.

6. Dehidrasi.

7. Produk perawatan kulit yang mengandung pewangi, alkohol, dan etanol.




Ciri-ciri Kulit Sensitif


Ciri kulit sensitif beberapa di antaranya adalah berikut ini:


1. Muncul bercak atau ruam pada kulit.

Bercak atau ruam muncul pada kulit setiap kali memakai produk tertentu. Atau pada perubahan suhu yang ekstrim. Jika kamu mengalami hal ini, waspadailah karena itu merupakan tanda bahwa kamu memiliki kulit sensitif. Berhati-hatilah, terutama dalam hal menggunakan produk perawatan kulit.


2. Kulit tidak menyerap wewangian.


Ketika menggunakan wewangian, kita berharap aromanya menempel lama di kulit. Tetapi pada orang dengan kulit sensitif, aroma wewangian ini tidak terserap dengan baik.

Hati-hati ya, gais. Jangan paksakan diri untuk menggunakan wewangian dengan aroma yang kuat, karena pada kulit sensitif wewangian dengan aroma yang kuat bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi.




3. Kulit memerah dan terasa panas.


Kulit memerah dan terasa panas setelah menggunakan produk perawatan kulit merupakan pertanda bahwa kamu memiliki kulit sensitif.

Untuk amannya, sebaiknya kamu menghindari produk-produk dengan bahan kimia yang kuat. Pertimbangkanlah untuk menggunakan produk dengan bahan-bahan alami



4. Timbul rasa gatal dan iritasi.


Jika kulit terasa gatal dan iritasi setelah menggunakan produk tertentu, waspadalah karena besar kemungkinan kamu memiliki kulit sensitif.


Sebaiknya hentikan penggunaan produk sementara waktu, agar kondisi kulit normal kembali.


5. Kulit sering mengelupas.


Jika kulit sering mengelupas itu menandakan kelembaban kulit kamu bermasalah.

Kulit mengelupas karena mengalami dehidrasi. Gunakanlah pelembab yang mengandung asam hyaluronic agar kekeringan kulit teratasi.







Cara Merawat Kulit Sensitif



1. Tes produk baru sebelum digunakan.


Sebelum menggunakan produk baru, pastikan untuk menguji reaksi kulit kamu terlebih dahulu. Oleskan pada lengan bagian dalam. Jika kulit kamu sensitif, kulit akan menunjukkan reaksi dalam waktu 3-5 hari.


2. Jaga kebersihan kulit.


Kotoran berupa debu, asap, dan sisa-sisa make up bisa memicu terjadinya kulit sensitif. Jagalah kebersihan kulit dengan rajin mencucinya. Hindari paparan debu dan polusi. Jangan lupa bersihkan sisa-sisa make up dengan semaksimal mungkin.



3. Jaga kelembaban kulit.


Pastikan mengonsumsi air putih yang cukup agar kulit tidak dehindrasi. Jika perlu, lengkapi dengan penggunaan pelembab berbahan dasar air.


4. Gunakan produk dengan bahan alami.


Produk-produk berbahan alami umumnya aman untuk kulit sensitif. Pastikan untuk memilih produk dengan bahan-bahan yang kaya antioksidan.

Kandungan alami tersebut, selain melindungi kulit, juga meningkatkan proses perbaikan sel di kulit.



5. Gunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan.


Kulit sensitif tidak bersahabat dengan sinar matahari. Berada di bawah sinar matahari langsung beresiko membuat kulit sensitif mengalami sunburn.


Untuk mencegahnya, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan.




6. Hindari produk yang mengandung alkohol dan pewangi yang kuat




Alkohol dan pewangi yang kuat bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi. Gunakanlah produk-produk yang khusus untuk kulit sensitif.




7. Konsultasi dengan dokter.




Solusi terbaik untuk masalah kulit sensitif adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Daripada kulitmu jadi ajang coba-coba, sebaiknya kamu mendapatkan saran dan arahan yang tepat dari dokter.




Nah, itulah ciri-ciri kulit sensitif dan cara tepat untuk merawatnya. Memang tidak nyaman pastinya, namun jika dirawat dengan baik reaksi-reaksi yang tidak diinginkan tersebut bisa dihindari.




Semoga bermanfaat, ya.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Bye.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.