promo enfa

Saturday, October 3, 2020

Cara Kerja dan Tips Menggunakan Genset Supaya Tahan Lama





Yuhuuu, siapa yang kesel kalau listrik padam? Aku yakin boleh dikatakan kita semua pasti kesel banget kalau ada pemadaman listrik. Apalagi kalau kita sedang melakukan perkerjaan penting, tiba-tiba listrik padam, beeeuuhh ... bisa ngomel panjang lebar, tuh.Trus menghayal, deh. Coba kalau ada genset, listrik padam gini ya no problemo. Hehehe. 

Genset memang menjadi alat yang paling dibutuhkan pada saat terjadi pemadaman listrik, khususnya di daerah yang ramai, seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, dan rumah sakit. Tapi, mengoperasikan genset ini juga tidak bisa sembarangan, ya. Salah-salah mengoperasikan, listrik tidak menyala, bahkan instalasi atau mesin gensetnya bisa rusak.

Maka dari itu, sebagai daya listrik cadangan, ada baiknya kita mengetahui bagaimana prinsip kerja genset ini agar kita tidak salah dalam mengoperasikannya dan tahu cara memakainya dengan baik dan benar.

Simak penjelasan berikut, ya. 


Jenis-jenis Genset

Genset itu terdiri atas dua jenis, yaitu generator listrik dinamo (DC) dan generator listrik alternator (AC).

1. Generator Listrik Alternator (AC)

Jenis arus listrik yang dihasilkan oleh alternator ini adalah jenis alternatif dengan bentuk gelombang. Amplitudo tergantung pada kekuatan medan magnet, jumlah putaran kawat dan luas penampang kumparan dan frekuensi putaran kumparan sama dengan frekuensi poros. 


2. Generator Listrik Dinamo (DC)

Cara kerja genset listrik DC mirip dengan cara kerja generator listrik AC. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa sumber daya DC ini menggunakan cincin split atau umumnya saklar di bagian output.



Cara Kerja Mesin Genset

Cara kerja mesin genset, mesin (engine) memutar rotor dalam sebuah generator, hal ini akan menimbulkan medan magnet pada kumparan generator. Setelah itu medan magnet ini akan membuat rotor berputar yang kemudian akan menghasilkan arus listrik.

Ketika listrik sudah hidup kembali, switch yang terdapat pada genset secara otomatis akan mengalihkan powersupply dari genset ke PLN dan akan mematikan genset dalam 5 detik. Switch yang secara otomatis bisa mengalihkan powersupply dari genset ke PLN itu adalah ATS (Automatic Transfer Switch).

Itulah cara kerja mesin genset sehingga ketika terjadi pemadaman listrik, lampu akan tetap menyala tanpa harus khawatir mengganggu aktivitas. 


Tips Menggunakan Genset Supaya Tahan Lama

Saat ini banyak sekali yang menyediakan genset berbagai spesifikasi tergantung dari kekuatannya, contohnya ada genset yang berkekuatan 5000 watt, genset 2000 watt, dan genset 1000 watt, serta masih banyak pilihan tegangan listrik yang lain, sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Untuk memaksimalkan penggunaan genset agar tidak menimbulkan bahaya, sebelum menggunakan genset, harus mengetahui cara kerjanya genset terlebih dahulu.

Bingung cara mendapatkan informasinya di mana?

Gak usah galau, Temanku. 

Informasi lengkap sehubungan dengan cara kerja genset bisa didapat melalui https://sewatama.com/produk/power-rental/sewa-genset-solusi-kelistrikan/ agar genset dapat bekerja secara efisien sehingga genset bisa tahan lama.

Selain itu, kunjungi sewa loadbank disini agar dapat mengendalikan genset sesuai dengan tegangan listriknya.







No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.