promo enfa

Thursday, October 29, 2020

5 Cara Hitung Berat Badan yang Tepat




Cara hitung berat badan yang tepat penting sekali kita ketahui agar hasil yang didapat akurat, sehingga kita bisa mengenali berat badan kita, apakah sudah ideal atau belum.

Berat badan ideal merupakan salah satu indikator tubuh dalam kondisi sehat. Berat badan berlebih atau terlalu kurus nyatanya tidak baik bagi kesehatan. Banyak resiko penyakit yang akan muncul ketika memiliki berat badan berlebih atau kurang.

Itu sebabnya, sangat penting bagi kita untuk rutin menimbang berat badan minimal 1 bulan sekali. Tetapi jika berat badan sudah berada di angka yang ideal, akan lebih baik jika dilakukan seminggu sekali untuk menjaga kestabilan berat badan.

Bagaimanakah cara hitung berat badan yang tepat?

Sebelum menghitung berat badan, pastikan kamu menyiapkan beberapa hal berikut:
- Alat timbang berat badan
- Buku catatan

Selain itu pastikan juga, kamu sudah mengetahui berapa ukuran tinggi badan kamu, ya. Ukuran tinggi badan ini wajib diketahui karena merupakan salah satu variabel penentu dalam penghitungan berat badan ideal. Faktor tinggi badan inilah yang menyebabkan berat badan ideal setiap orang itu berbeda-beda.

Oke, ya.

Berikut 5 cara hitung berat badan yang tepat.


1. Menggunakan Kalkulator BMI 




BMI merupakan singkatan dari Body Mass Index. 

Cara hitung berat badan yang tepat dengan BMI ini bisa dilakukan mulai usia 20 tahunan. Sementara untuk usia yang kurang dari 20 tahun cara hitungnya akan berbeda.

Menghitung berat badan ideal dengan BMI, harus menggunakan rumus tertentu di mana berat badan harus dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat.

Berikut kategori BMI tersebut:

  • Berat Badan Kurang = <18.5
  • Berat Badan Normal = 18.5-24.9
  • Berat Badan Berlebih = 25-29.9
  • Obesitas = >30 

Contoh:

BB 55 kg
TB 160 cm >>> 1,6 m

RUMUS:
BB : (TB)²

55 : (1,6)² = 55 : 2,56 = 21,5

Dari hasil perhitungan BMI di atas kamu mendapatkan angka 21,5 dimana jika berdasarkan standar World Health Organization (WHO), kamu termasuk kategori ‘normal’.


2. Hitung Menggunakan Rumus Broca




Rumus Broca ditemukan tahun 1871 oleh Dr. Pierre Paul Broca dan dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine pada 1970-an. 

Rumus Broca pada wanita berbeda dengan pria. Berikut adalah rumusnya:

a. Rumus Broca untuk wanita:

((tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100))

b. Rumus Broca untuk pria 

((berat badan – 100) – (10% x (tinggi badan -100))


3. Cara Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Ibu hamil memiliki perhitungan berat badan ideal yang berbeda dari wanita yang tidak hamil. Hal ini dikarenakan ada janin yang berkembang di dalam perut ibu hamil. 

Nah, untuk menghitun berat ideal ibu hamil adalah sebagai berikut:

Berat badan ideal ibu hamil = berat badan ideal + (usia kehamilan (dalam minggu) x 0,35)

Contoh:

Santi telah memasuki usia kehamilan minggu ke-20. Jika berat badan ideal normal Santi dihitung menggunakan rumus Broca maka hasilnya 57 kg. Maka berat badan Santi di minggu ke-20 kehamilannya yaitu:

Berat badan ideal = 57 + (20 x 0,35) = 64 kg

4. Perhitungan Berat Badan Ideal Anak Usia 0-12 Bulan

Selanjutnya ada cara khusus untuk menghitung berat badan anak usia 0-12 bulan. 

Berikut rumus dan contoh perhitungannya:

Berat badan ideal bayi = (umur saat ini (umur dalam satuan bulan) : 2) + 4

Seorang bayi berusia 7 bulan, maka berat badan idealnya:

Berat badan ideal = (7 : 2) + 4 = 7,5 kg

5. Perhitungan Berat Badan Ideal Anak Usia 1-10 Tahun

Cara ini digunakan bagi anak-anak yang mulai menginjak usia 1-10 tahun, dan perlu dilakukan pengawasan untuk nutrisi dan pola makannya. Berikut rumus perhitungannya:

Berat badan ideal anak = 2n + 8

*n = usia anak dalam satuan tahun

Contoh:

Seorang anak berusia 7 tahun 6 bulan, maka berat badan idealnya yaitu:

Berat badan ideal = (2 x 7,5) + 8 = 23 kilogram

Nah, itulah 5 cara hitung berat badan yang tepat. Dengan mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan ideal yang tepat, mulai hari ini mari atur pola makan kita dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dengan berolahraga, ya.

9 comments:

  1. Makasih nih sharingnya. Jadi tahu berat badan idealku harusnya berapa...Cara menghitungnya ada berbagai metode yah. Makasih sharingnya Mbak....

    ReplyDelete
  2. Wah makasih ulasannya mbak, jadi tahu cara menghitung berat badan ideal. Saya akhir2 ini baru seneng karena bb naik, biasanya di bawah 50kg.

    ReplyDelete
  3. Makasih banget sharingnya, jadi tahu cara hitung berat badan versi WHO juga wah sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  4. Lengkap sekali mbak cara menghitung berat badannya. Menurut saya memang penting sekali memantau berat badan ini. Tapi ya gitu kalau saya lebih memilih untuk tidak sering-sering menimbang badan karena biasanya bikin saya galau gitu hehehe.

    ReplyDelete
  5. Aku coba ngitung pake rumus BMI katanya masih normal tapi ngerasa udah beuraaat ini badan hihihi.Kayaknya harus mulai ngurangi lemak ama karbo sih..

    ReplyDelete
  6. Ternyata macam-macam ya, cara menghitung berat badan yang tepat. Selama ini saya kira hanya pakai timbangan badan saja.
    Saya termasuk yang jarang sekali nimbang badan, karena gak punya timbangannya hehehe

    ReplyDelete
  7. Nah ini, aku jadi gak berani ngitung, heuheuheu. Bulan ini beratku naik agak banyak. Gak tahu kenapa, aku juga shock pas nimbang. Ini lagi program menurunkan lagi. Bukan diet ketat sih. Cuma mengurangi karbo dan gula pasir aja.

    ReplyDelete
  8. Wah terima kasih sharingnya mbak. Bermanfaat banget buat saya yang lagi usaha nurunin BB. Simpen ah.

    ReplyDelete
  9. Aduh, selama ini jarang hitung berat badan ideal nih. Pada hal penting untuk bisa menerapkan pola makan, dll supaya lebih sehat ya? Diantaranya dengan memiliki berat badan ideal

    ReplyDelete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.