Wednesday, March 28, 2018




Assalamu’alaikum teman. Apa kabarnya, nih ? Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal’afiat, ya. Aamiin.

Dari Sa’id bin Sulaim r.a secara mursal bahawa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada pemberi syafaat (penolong) yang lebih utama derajadnya di sisi Allah pada hari Kiamat daripada AL Qur’an. Bukan Nabi, bukan Malaikat dan bukan pula yang lain.
(HR. Abdul Malik bib Habib-Syarah Ihya)

Dalam buku Fadhillah Amal, bab Fadhillah Al Quran tertulis hadits ke-8, yang artinya : Dari Abdur Rahman bin Auf r.a dari Nabi SAW, “Ada tiga hal yang akan berada di bawah naungan Arsy Ilahi pada hari kiamat: (1) Al Qur’an yang akan membela hamba Allah dan ia mempunyai zhahir dan batin: (2) Amanat: dan (3) Silaturahmi yang akan berseru, “Ingatlah! Siapa yang menghubungkan aku, maka Allah menghubunginya, maka Allah memutuskannya.”

Jadi jelas disebutkan, ya. Bahwa Al Qur’an itu nantinya di hari kiamat akan memberi pembelaan atau syafaat untuk orang-orang yang memuliakan Al Qur’an, menunaikan hak-hak Al Qur’an dan mengamalkan isinya.

Di zaman yang serba sibuk sekarang, sangat disayangkan sudah banyak orang yang mengabaikan keberadaan Al Qur’an ini. Di tengah geliat para orang tua yang berlomba untuk menjadikan anaknya seorang hafidz Al Qur’an, justru tidak sedikit juga orang tua yang sama sekali tidak membaca Al Qur’an. Kesibukan berkerja berada di urutan pertama menjadi kambing hitam mengapa mereka tidak membaca Al Qur’an.

Padahal dengan iringan kemajuan teknologi, sebenarnya tidak ada lagi alasan untuk tidak membaca Al Qur’an. Karena sekarang ini bagaikan jamur di musin hujan, sudah bertaburan aplikasi-aplikasi Al Qur’an digital yang bisa dipasang di gadget kita. Jadi di mana saja, dan kapan saja bisa banget membaca Al Qur’an. 

Nah, dari sekian aplikasi Al Qur’an digital, aku jatuh cinta dengan aplikasi My Quran.
Untuk mendapatkan aplikasi ini mudah banget, apalagi untuk para pengguna android karena bisa di unduh secara gratis di play store. Ukuran filenya pun tidak besar, jadi tidak akan memberatkan RAM. Jadi apa saja keunggulan dari aplikasi My Quran ini ?

Check this out, ya.

15 Keunggulan Aplikasi My Quran

Fitur Tajwid Warna
Ini adalah salah satu fitur unggulan yang paling aku suka, karena terasa membantu banget dalam memahami tajwid. Belajar mengaji di usia cantik ini kadang-kadang bikin tengsin juga lho, gais. Malu sama anak yang udah hapal juz 30, lha aku ibunya dari dulu masih aja 3 Qul, qul huwallaah, qul a’udzubirabbilfalaq, qul a’udzubirabbinnaas. Jadi biar ga malu-maluin karena ketahuan ga lancar tajwid, nah ... belajar tajwidnya di aplikasi My Quran aja. 

Fitur Tanda Batas Bacaan
Kalau di Al Qur’an yang berbentuk kitab, biasanya menandai batas bacaan kalo nggak dilipat ya pake tali yang memang udah tersedia. Tapi melipat lembaran buku saja tidak dianjurkan apalagi melipat lembaran kitab suci, kan ? Menandai batas bacaan dengan tali juga tidak efektif, karena ketika Al Qur’an digunakan oleh orang lain talinya pun berpindah. Jadi lupa deh batas bacaan sampai di mana.
Nah, di My Quran ini hal-hal itu tidak akan kejadian, gais. Karena memang telah disediakan fitur untun menandai batas bacaan. Bisa dengan menggunakan simbolnya langsung, atau ketuk layar dua kali pada ayat yang ingin ditandai. Simple banget kan, ya.

Fitur Arah Qiblat
Fitur yang satu ini akan sangat terasa manfaatnya saat berpergian kita tidak menemukan mesjid sedangkan waktu sholat sudah masuk. Kalau kita mau sholat di tempat terbuka suka bingung gitu kan saat menentukan qiblat. Naah, gunakan saja fitur arah qiblat di My Quran. Tetapi sebelum menggunakan fitur ini harus dilakukan dulu setingan lokasi keberadaan kita, dan pastikan gadget kita setingan GPSnya aktif ya. Setelah melakukan pengaturan lokasi, arah qiblat pun langsung didapat. Alhamdulillaah.

Fitur Azan dan Waktu Sholat
Setelah memperbaharui pengaturan lokasi, secara otomatis waktu sholat juga akan diperbarui karena terhubung dengan lokasi kita tadi. Di saat waktu sholat tiba azan pun berkumandang dengan indahnya. Dengan begitu kita gak akan pernah ketinggalan waktu sholat.

Panduan Makhraj
Sejalan dengan fitur tajwid warna warni tadi, panduan makhraj ini memudahkan para pengguna yang masih belajar cara membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Fitur makhraj ini bukan hanya sekedar keterangan yang menjelaskan dari mana asal huruf dibunyikan, tetapi juga dilengkapi dengan contohnya. Pengguna tinggal menekan gambar speaker yang ada disetiap huruf yang ingin diketahui cara bacanya.

Fitur Layar Gelap/Terang
Fitur ini sangat bermanfaat sekali karena meski di tempat gelap sekalipun, kita masih tetap bisa membaca Al Qur’an. Tinggal menekan gambar matahari atau bulan yang ada di layar bagian atas. Layar pun segera berubah sesuai kebutuhan.

Terjamin keabsahan aplikasinya
Sebagian ada yang meragukan keabsahan aplikasi Al Qur’an digital ini karena tidak ada lembaran pengesahan dari Kementrian Agama RI seperti yang ditemukan pada kitab Al Qur’an biasa. Jangan sangsi, gais. Aplikasi My Quran ini sudah terjamin keabsahannya karena telah diperiksa oleh Kementrian Agama RI. Lembaran Tashihnya bisa pengguna lihat di menu pengaturan aplikasi.

Bisa memilih Qori sesuka hati
Tidak seperti aplikasi Al Qur’an digital lainnya yang qorinya hanya 1 atau 2 orang. Nah, di aplikasi My Quran ini pengguna bisa memilih qori sesuai yang dia inginkan. Hanya saja fitur ini baru bisa digunakan pada aplikasi My Quran yang full version. Sedangkan untuk versi gratis, qori yang tersedia hanya satu.

Terjemahan ke dalam berbagai bahasa
Kalau ada yang bilang aplikasi My Qur’an ini hanya untuk orang Indonesia saja, salah besar mereka. Karena faktanya aplikasi My Quran telah menyediakan terjemahan ke dalam banyak bahasa. Jadi apapun kebangsaan kita, apapun bahasa yang kita kuasai tetap bisa memahami arti dari surah-surah yang kita baca.

Menyesuaikan Ukuran Huruf Arab dan Latin sesuai kebutuhan
My Quran juga menyediakan fitur penyesuaian ukuran huruf, baik untuk huruf Arab atau pun huruf latin. Jadi pengguna yang mengalami gangguan penglihatan tetap bisa membaca dengan nyaman karena ukuran hurufnya bisa disetel.

Terdapat kumpulan doa-doa pilihan dari Al Qur’an
Kita sudah tahu, kan. Bahwa di dalam Al Qur’an itu banyak terdapat doa-doa mustajab para nabi. Pernah mendengar doa Nabi Yunus ? Doa Nabi Ibrahiim ? Nah, itu semua ada dalam Al Qur’an. Dan oleh aplikasi My Quran semua doa-doa itu dikumpulkan jadi satu dalam satu menu, yaitu kumpulan doa.

Asmaul Husna lengkap dengan artinya                   
 Allah memiliki nama-nama yang baik dan juga indah, yang disebut juga Asmaul Husna. Aplikasi My Quran mengemas Asmaul Husna ini sedemikian rupa sehingga pengguna lebih mudah untuk menghafal dan memahaminya.

Rekam Jejak Hafalan
Ingin menjadi hafidz Al Qur’an ? Waaah ... keinginan yang sangat mulia itu, gais. Jangan dipendam keinginannya, ayo segera wujudkan dengan bantuan fitur hafalan dari aplikasi My Quran. Tinggal tekan tanda “+” kemudian pilih surah yang sudah dihafal berikut masukkan nomor ayatnya.

Tersedia Menu Pintasan yang memudahkan pengguna
Dalam satu baris langsung tersedia tombol tanda batas bacaan, copy, share, send by email, save dan info surat. Jadi meskipun sedang berada dalam lembaran ayat, pengguna bisa langsung mengeksekusi perintah dari menu pintasan ini.


Bagaimana teman ? Dengan semua kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi My Quran ini masihkah ada alasan untuk tidak membaca Al Qur’an ?

Ayo kita tingkatkan amalan membaca Al Qur’an ini, agar kelak di hari kiamat kita bisa menikmati syafaatnya. 

Kalau bukan sekarang kapan lagi, kan?
Nunggu besok ? Lusa atau tahun depan ?
Yakin besok pagi masih hidup ?
Satu jam lagi saja wallahuam.
Astaghfirullaah.

9 komentar

Wah ... ibadah bisa lebih mudah ya, karena sekarang ada aplikasi My Quran. Sekarang kita bisa dengan mudah membaca AL Quran.

REPLY

Masya Allah, terima kasih remindernya mba. Sekarang yang belum bisa baca quran pun sudah banyak jalan kemudahannya ya, termasuk adanya aplikasi ini. Whuaa jadi iri dengan pembuat apk nya jadi punya pasif pahala, barakallah untuk semuanya.

REPLY

Mbak, saya biasa pakai aplikasi sejenis tapi enggak selengkap My Quran ini. Terima kasih sharingnya. Langsung install ..:)

REPLY

Iya mbak. Aku bener2 udah ngerasain manfaatnya. Alhamdulillaah

REPLY

Bener mbaaak, pembuat aplikasinya udah punya amal jariah ya, selagi aplikasinya dipakai sama org, pahalanya ngaliiir terus. Subhanallaah

REPLY

Iya mbak dian, aku pun sebelumnya pake aplksi berbeda. Tp pas make My Quran inj terasa betul manfaatnya. Barakallaah.

REPLY

Wah lengkap ya, mbak aplikasinya. Jadi ingat dulu diajakin teman ikut sekolah menghafal qur'an trus pas ikutan kelasnya baru tahu kalau selama ini makhraj hurufku berantakan. Akhirnya belajar dari awal lagi deh

REPLY

memang banyak aplikasi ayng meumudahkan kita termasuk ini ya, membantu sekali

REPLY

Tulisannya bermanfaat banget mbak. Saya langsung install deh

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

adv

meirida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id