promo enfa

Monday, December 21, 2020

Gusi Bengkak dan Berdarah? Waspadai 4 Macam Penyakit Gusi




Gusi bengkak dan berdarah mungkin pernah dialami oleh sebagian besar masyarakat kita. Entah saat menggosok gigi, ataupun saat menggunakan benang gigi. Sayangnya, kesadaran masyarakat akan kondisi ini masih cukup rendah, sehingga mereka cenderung mengabaikannya.

Gusi merupakan bagian yang sangat penting dalam mulut. Kesehatan gusi tidak hanya berperan dalam kesehatan gigj, tetapi juga dalam kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Gangguan pada gusi semestinya tidak diabaikan, karena apapun bentuk dan penyebabnya, gusi yang bengkak dan berdarah bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit pada gusi.


Penyebab Gusi Bengkak


Gusi membengkak ditandai dengan adanya bagian gusi yang membesar, menggelembung, dan menonjol. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sisa-sisa makanan

Kebiasaan tidak menggosok gigi dengan teratur menyebabkan sisa-sisa makanan tertinggal di sela-sela gigi dan gusi, sehingga mengundang kuman dan bakteri masuk. Jika diabaikan, bakteri dan kuman ini akan menumpuk sehingga bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi.

2. Perubahan hormon

Perubahan kadar hormon juga bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi. Hal ini biasa terjadi pada wanita, khususnya wanita hamil. Namun kondisi ini bersifat sementara saja, jadi tidak perlu panik. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut, gigi, dan gusi agar peradangan gusi tidak meluas.


3. Obat-obatan

Penggunaan beberapa jenis obat-obatan juga bisa menyebabkan pembengkakan gusi, salah satunya adalah obat-obatan penurun tekanan darah. Obat-obatan tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan.

4. Iritasi

Reaksi alergi terhadap makanan tertentu bisa memicu terjadinya iritasi, sehingga menyebabkan jaringan gusi menjadi merah, dan membengkak.

5. Tumpukan plak dan karang gigi

Plak merupakan lapisan lunak yang tidak terlihat, dan melekat erat pada permukaan gigi. Plak ini dibentuk oleh bakteri dalam mulut.

Kebersihan mulut yang tidak terjaga menyebabkan plak ini menebal, sehingga menimbulkan zat warna kuning pada gigi. Plak yang menebal dan mengeras membentuk karang gigi, sehingga menyebabkan gusi menjadi bengkak.

6. Kekurangan vitamin C

Vitamin C berperan dalam menguatkan jaringan ikat seperti gusi. Kekurangan vitamin C bisa membuat gusi mengalami pembengkakan.


4 Macam Penyakit Gusi yang Perlu Diwaspadai


1. Radang gusi (gingivitis)

Radang gusi (gingivitis) adalah salah satu penyakit gusi yang sering terjadi. Ciri-cirinya meliputi iritasi pada gusi, berwarna kemerahan, serta ditemukan adanya benjolan. Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik adalah penyebab utama penyakit gusi ini terjadi.

Meski sering terjadi, namun jangan disepelekan, karena faktanya penyakit radang gusi ini justru bisa menyebabkan penyakit gusi yang lebih serius seperti periodontitis.

2. Mukokel (mucocele)

Mukokel atau kista mukosa merupakan benjolan berisi cairan yang sering muncul di bibir, mulut, dan gusi.

Hal ini terjadi karena saluran kecil pada kelenjar ludah rusak atau tersumbat. Salah satu penyebabnya yang sering tanpa sadar kita lakukan adalah kebiasaan menggigit bibir, atau mengisap bibir bawah.

Pada awal-awal terjadi, mukokel bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi perlu dilakukan tindakan pengobatan saat tingkat keparahan kista mukosa meningkat.

Agar infeksi dan kerusakan jaringan tidak terjadi, jangan pernah mencoba untuk membuka atau mengeluarkan cairan kista sendiri tanpa bantuan dokter.

3. Abses gusi

Abses gusi terjadi ketika terdapat kumpulan nanah di dalam gigi, gusi, atau tulang yang menahan gigi. Penyebab utamanya adalag infeksi bakteri.

Sebelum menyebar ke bagian tubuh yang lain, pastikan untuk segera mendapatkan pertolongan pertama dari dokter, karena abses gusi tidak bisa sembuh dengan sendirinya.

4. Oral lichen planus

Oral lichen planus merupakan penyakit gusi yang ditandai dengan adanya bercak putih, benjolan, atau luka terbuka pada area mulut bagian dalam seperti pipi bagian dalam, gusi, lidah, serta jaringan dalam bibir.

Kondisi ini juga tidak mungkin untuk sembuh sendiri, itu sebabnya kita membutuhkan bantuan dari dokter untuk mengatasinya.


Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Berdarah secara Alami


Sebelum berubah menjadi penyakit gusi yang serius, sebaiknya kita segera mengatasi masalah gusi bengkak dan berdarah ini dengan sebaik mungkin.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi gusi bengkak dan berdarah yang Meirida ketahui.

1. Berkumur Dengan Air Garam

Sejak zaman dahulu, garam dipercaya bisa mengobati gusi bengkak dan berdarah. Cukup siapkan segelas air hangat, kemudian tambahkan satu sendok garam, aduk hingga rata.

Berkumurlah dengan air garam ini 3 kali dalam sehari, lakukan secara rutin hingga benjolan pada gusi hilang. Namun, jika lebih dari 3 hari bengkak pada gusi tidak juga hilang, segeralah temui dokter.

2. Kompres Dengan Es atau Air Hangat

Cara lain untuk mengatasi gusi yang membengkak adalah dengan mengompres gusi dengan es batu atau air hangat.

Gunakan kompres es batu disaat gusi bengkak tanpa disertai rasa nyeri, dan gunakan kompres air hangat disaat gusi bengkak disertai dengan rasa nyeri dan berdenyut.

Hati-hati jangan terbalik, ya.


3. Berkumur Menggunakan Lemon

Kandungan asam pada lemon bermanfaat untuk mengatur kadar keseimbangan pH dalam mulut, sehingga bisa membasmi bakteri-bakteri penyebab gangguan pada gigi dan gusi.

Berkumurlah dengan perasan lemon yang dicampur dengan air, gunakan 3 kali sehari.

Agar proses penyembuhan berjalan dengan baik, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut, gigi, dan gusi dengan cara menggosok gigi dengan teratur.

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa memperburuk kesehatan gigi seperti makanan dan minuman yang terlalu panas, alkohol, rokok, serta junkfood.


Penutup

Sejatinya hidup itu adalah sebuah pilihan, dan setiap orang pastinya memiliki pilihan yang berbeda untuk hidupnya. 

Tapi, menjaga kesehatan semestinya bukan pilihan, tetapi sebuah keharusan. Karena ketika diajukan pertanyaan, pilih 'sehat' atau 'sakit', semua orang di dunia ini pasti memilih 'sehat'.

Jika sehat adalah keinginan semua orang, maka menjaga kesehatan adalah kewajiban setiap orang. 

Mari jaga kesehatan diri kita dengan baik, karena tubuh yang sehat adalah salah satu modal untuk hidup bahagia.













No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.